Tips Cara Membuat Visa Tier 2 Dependent (Spouse Visa) Inggris

Setiap kejadian pasti ada hikmah dan pelajaran berharga, setiap kegagalan juga memang betul adalah keberhasilan yang tertunda.

Bagi yang udah lama ikutin blog saya pasti tau saya bulan Agustus lalu baru nikah dan emang ada rencana untuk pindah ke Inggris ikut suami. Salahnya, urusan visa itu gak terlalu jadi perhatian nomor 1 kami pas mempersiapkan, begitu juga untuk pengalaman orang Indonesia yang pernah apply spouse visa untuk Inggris. Asli dikit dan jarang banget. Sempet ke tour agency nanya minta tolong buatin, eh langsung di tolak karena mereka gak ngerti Tier 2 itu apa (bahkan kayaknya baru pertama kali denger pas saya tanya). Gak hanya itu, sampe nelfon British Embassy, British Council yang semua hasilnya nihil, nol besar.

Akhirnya saya memberanikan diri buat apply dengan persiapan apa adanya plus percaya diri kalo dokumen-dokumen yang di submit udah pasti lolos, karena pengalaman buat visa UK yang jadinya cepet banget. Udah yakin juga bakal jadi maksimal 2 minggu

Sempet bolak-balik ke VFS kuningan untuk ngecek status visa tapi tetep juga belum keluar dan saya gak dapet email. Gak hanya itu, saya juga udah hubungin UKVI langsung dengan membayar e-mail (yup untuk tau kondisi visa, bisa langsung tanya tapi dengan membayar) dan balasannya pun sangat general

Screen Shot 2017-10-05 at 20.54.01.png

Taunya sampe nunggu 5 weeks gagal pemirsa :”( dengan harga yang cukup mahal untuk visa application + Health Insurance Charge, jadi ngerasa makin kesel karena rugi banget. And guess what? Mereka nolak visa saya karena menganggap hubungan kami tidak terbukti kuat sebelum dan setelah menikah. Ternyata buku nikah saja yang which is di Indonesia udah bukti paling authentic malah kurang memuaskan. Instead, bukti tenancy agreement dengan nama berdua, joint account di bank, nama di bill justru lebih menjanjikan. Yaduuu beda budaya beda pula cara mereka ngeliat hubungan seseorang ya. Turns out setelah baca di berbagai forum dan blog banyak  yang bilang orang Indonesia pada bandel dengan membuat fake marriage book dan sengaja dapetin spouse visa untuk kerja di UK. Haduh.. yang gini-gini nih yang nyusahin yang beneran apply dengan genuine. Jadi memang kesalahan saya hanya terletak dari kurangnya supporting document sebagai evidence hubungan saya dengan abang telah berjalan lama dan akan tetap begitu sampai seterusnya.

Anyway, saya akan kasih info dokumen apa ajasih yang di butuhkan untuk pembuatan spouse visa. Ini ternyata gak hanya applicable untuk persiapan supporting dokumen Tier 2 visa aja ya,  tapi bisa juga untuk Tier 4 dependent atau Fiance visa.

Annual income untuk seorang Tier 2 yang ingin membawa dependentnya bahkan sudah naik menjadi minimal £18,600 (tanpa anak). Jadi bisa dibayangkan berapa banyak applicants yang otomatis tidak dapat membawa spousenya ke UK karena masalah gaji pertahun. Ini memang katanya salah satu cara pemerintah untuk menggerus laju imigran.

Harga visa application: USD 792 + Health Insurance Charge: USD 675 + Priority service: £184 = Rp 24,000,000 (Untuk lebih jelasnya bisa langsung ke website resmi, http://www.gov.uk)

Dokumen yang di butuhkan:

  1. Fotocopy BRP suami
  2. Fotocopy passport suami
  3. COS company suami
  4. Statement letter dari company yang menyatakan company akan membantu apabila kekurangan dana karena adanya dependent
  5. Bank References
  6. Bills rumah (if any)
  7. Kontrak tempat tinggal di UK (if any)
  8. Payslip suami
  9. Seluruh foto saya dan suami sejak pacaran, nikah, sampai setelah menikah
  10. Chat log di social media dan instant messaging, sebisa mungkin yang ada tanggalnya
  11. Wedding invitation
  12. Bukti upload foto-foto bersama suami di sosial media berikut tanggal yang tertera (mungkin ini gak usah ya tapi kebanyakan evidence lebih baik kan ketimbang kurang)
  13. Cerita mengenai hubungan saya dan suami in english dari saat pacaran sampai menikah. Seperti kapan ketemunya, momen apa yang berharga, menikah dimana, siapa aja yang dateng dsb. Di pembukaan saya menulis permintaan maaf kepada UKVI karena kekurangan supporting document yang dibutuhkan. Saya membubuhkan tanda tangan saya diatas materai 6000
  14. Surat yang dibuat oleh suami mengenai hubungan kami dan juga tanda tangannya
  15. Surat referensi dari masing-masing orang tua dan teman yang mengetahui hubungan saya dan suami, di tanda tangan dan sertakan FC passport mereka.
  16. TB screening
  17. Sertifikat ijazah S1 dan S2 saya dan suami
  18. Akte kelahiran
  19. Surat deposit di Bank yang menyatakan nama saya dan suami
  20. Sertifikat rumah (if any)
  21. Sertifikat mobil (if any)
  22. BRP saya dulu ketika menjadi student di UK

Screen Shot 2017-07-24 at 16.44.02

Milih kategori ini yang bikin saya pusing dan kelimpungan, karena kalau salah pilih juga akan berpengaruh kepada aplikasi yang bisa jadi tertolak. Saya pernah baca di salah satu blog yang dimana visanya di tolak hanya karena salah kategori. Sebel gak sih?

Setelah submit visa, pokoknya cuma bisa sabar dan berdoa. Gak ada yang tau visa itu kondisinya bagaimana kecuali entry clearance border dan Tuhan.

Akhirnya setelah menunggu sekitar 8 working days (menggunakan jasa priority) visa saya keluar dengan selamat dan mendapat 2 tahun izin tinggal di UK sebelum perpanjang berikutnya 🙂 Sudah gak terhitung berapa kali saya menyambangi VFS yang ada di Kuningan karena urusan visa ini.

Tips untuk yang akan apply, persiapkan dokumen dan supporting dokumen secermat dan teliti mungkin karena harga untuk apply visa sangat mahal dan pastinya gak mau kan kalau mengurus visa sampai dua kali. Belum lagi track record yang bisa jadi kurang baik di file imigrasi karena pernah tertolak visanya. Jadi sebisa mungkin hati-hati dan jangan sampai melakukan kesalahan seperti yang saya lakukan ya 🙂

**Terimakasih untuk Dixie yang sudah memberikan tips dan arahan saat pembuatan visa. Check out her awesome blog! Dixie juga tinggal di UK loh dan kalian bisa lihat foto-foto cantik yang diambil Dixie selama di UK

 

Advertisements

19 thoughts on “Tips Cara Membuat Visa Tier 2 Dependent (Spouse Visa) Inggris

  1. Huaaaaa. congrats lagi Man.. Akhirnyaaa yaaa.. Syaratnya mirip2 juga sama visa partner di NZ. Tenancy agreement, nama di bill dan joint account itu sangat2 ampuh. Karena di NZ mengakui de facto relationship, jadi surat nikah gak bakal mempan juga, foto2 dan email, chatting hanya suporting juga. Yang dimauin, tinggal bareng dlm satu atap, jadi pacaran jarak jauh gak dianggap sama sekali.. Setuju banget soal beda budaya, masalahnya kan ya itu, tiap negara beda2..

    1. wah parah sih mba emang negara luar lebih mengutamakan tinggal bersama ketimbang baru menikah apalagi kalo abis itu LDR, jadi bukti2nya makin sedikit 😅 he eh emg harus mikir dr perspektif mrk sih

    1. huahhaha wah parah ya mba. brati dulu pas di oz juga sama mba? home office nya rese juga ya hehe. Tapi emang UK lagi motong jumlah imigran sih..jadi sebenernya nyari nyari alesan biar nolak

  2. Congraaaats!!!! Finally keluar ya visanya… Ngomong-ngomong ternyata senior aku di tempat kerja jg adeknya nikah dapet WN UK terus pas apply visa tier 2 nya si senior juga bikinin surat pernyataan sebagai saksi hubungan adeknya sama suaminya itu… ribet juga ya ternyataa…

    1. makasi mas 🙂 iya nih pokoknya udah buka-bukaan aja deh sm home office, sampe yang paling private seperti conversation juga harus dibuka ke mereka 😦

  3. Hi Mba,

    Thanks buat articlenya dan selamat akhirnya dapet visa Tier 2 Spouse! Saya nyari2 dari kemarin akhirnya dapet juga cerita orang Indo apply visa tier 2. Mau nanya pas apply kemarin yang kedua kali dikirim email ga waktu visanya beres? Saya apply kedua kali juga Tier 2 General gara2 salah versi IELTS tapi udah dua minggu (pake priority) belum beres juga katanya.

    1. Halo mba terimakasih 🙂 gimana sudah ada kabar dari VFS? iya waktu itu saya dapat email 2x yang menyatakan visa saya sedang dalam proses dan satu lagi setelah visanya sudah jadi dan bisa di ambil di VFS.

      1. hi mba, iya saya udah dapet visanya.. ternyata kemarin itu lama karena diproses di Sheffield. hehehe sekrang udah di London makasih ya balesannya.. 😀

  4. Congrats mba…. meskipun harus mengeluarkan duit banyak, yah namanya juga usaha. Memang visa Inggris ketat sekali dan bukti pernikahan semata belum cukup memuaskan… ha ha. Sedih ya, gara-gara orang-orang nakal yang pada visa fraud, orang baik-baik juga kena imbasnya.

    1. thank you mba 😀 iya sampe gemes sendiri sama segala rules and regulationsnya. Ternyata pun betul memang kita harus melihat dari mata si home office yang udah pasti beda budaya hehe. Nah itu dia! banyak yang gak mikirin konsekuensi kedepannya in general tuh apa. haduh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s