Cerita Pindah ke Bristol

Cuaca gloomy UK dengan daun-daun bergugurannya saya pikir hanya akan menjadi kenangan saat S2 lalu di Newcastle. Gak pernah terlintas di benak saya kalo saya akan berkeluarga jauh di negara orang, and here i am back in the UK setelah 7 bulan bernostalgia dengan siomay, bakso, martabak dan kawan-kawannya.

Saat S1 di Malaysia dulu, memang saya mengambil dual degree dengan Inggris dan kebetulan, kampusnya di Bristol. Cuma memang saya waktu itu masih takut untuk tinggal di luar negeri yang jauh dari Indonesia dan rasanya males juga kalo harus adaptasi lagi hanya untuk menyelesaikan tahun ke tiga S1. Gak hanya itu, saya dulu mikir Bristol gak menarik (sok tau banget ya) tanpa pernah research tentang kotanya.

and oh boy i was indeed wrong.. kota ini CANTIK BANGET! Kalo di US mungkin persis kayak San Francisco dengan dataran yang naik – turun, Suspension Bridge yang mirip dengan Golden Gate Bridge, sampai hidden old city yang udah kayak Prague. Duh unik banget deh Bristol.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bear Pit yang isinya anak-anak skater boy
dots-686x454
Suspension Bridge saat Balloon Festival

explore-bristol27s-old-city-15291-thumb
Bristol Old Town

Anak muda sini juga yang saya lihat kayaknya jauh lebih kreatif dan artistik (mirip anak Bandung) bisa diliat dari City Centre nya banyak grafiti, skater boy dan jajanan kekinian yang di jual bebas di sekeliling Bristol. Gak ketinggalan cafe ala ala juga banyak banget disini. Paling seru tuh pas lagi weekend, markets disini persis sama kayak di Portobello marketnya London, isinya vintage goods dan barang unik lainnya. Marketsnya juga banyak dan yang jualan street food rame banget! Mulai dari burger sampai makanan tibet pun ada. Jaminan gak bakalan bosen pas weekend. Yup, si markets bisa dijumpai pas weekend, khususnya hari minggu aja. Kalo mau yang setiap hari bisa ke st nicholas market yang jual macem-macem.

Pelabuhan di Bristol adalah yang kedua terbesar di Inggris setelah London, maka dari itu banyak banget sejarah kota ini yang berhubungan dengan maritim, bahkan bajak laut. Gak heran pemandangan kota modern bercampur dengan cantiknya kapal-kapal di pelabuhan bikin pemandangan yang beda banget. Bagian harbournya Bristol berasa kayak di Belanda dan Venice, dengan kapal bertebaran di sisi kiri kanan sungai.

Sempet kemarin saya, abang dan orang tua saya nyobain wisata keliling Bristol dengan kapal. Duh cantik banget! Pemandangan rumah warna-warni lengkap dengan beberapa balon udara yang lagi terbang rendah. Yup! Bristol terkenal juga dengan Balloon festival yang biasa di adakan pas summer. Bisa kebayang betapa kerennya langit Bristol dengan balon-balon udara dari berbagai belahan dunia yang lagi singgah untuk acara ini. Dulu di Malaysia saya rajin banget ikutan Balloon Festival di Putrajaya dan gak nyangka bakal menyaksikannya kali ini di Inggris! Super excited!

Satu hal yang bikin makin nyaman tinggal disini, banyak muslimnya! Sempet saya agak takut dengan keadaan di Inggris karena liat berita lagi banyak kasus. Alhamdulillah saya gak salah pilih kota, dengan pindah dari London ke Bristol adalah pilihan yang tepat buat muslim berhijab kayak saya. Disini saking banyaknya sampe hampir ngalahin yang asli bule. Gak pernah saya gak lihat orang berhijab di jalan, bahkan yang pakai cadar dan kerudung syar’i aja banyak banget. Masya Allah..salut deh. Masjid juga disini ada beberapa dan gak susah nyari makanan halal.

Sampe sekarang saya masih belom ketemu orang Indonesia lainnya buat kenalan, karena kemarin pas banget dateng dan acara meet and greet dari PPI Bristol udah lewat. Tapi sering banget disini di tegur sama orang Malaysia, katanya saya kayak Malaysian hahaha. Denger-denger sih pengajian disini banyak yang ikutan, cuma emang daerah Indonesia jauh banget dari city centre, harus naik bus 1 jam dulu huhu

Masih banyak yang saya gak tau soal Bristol dan tentunya masih banyak yang harus saya pelajari dan telusuri.

Mungkin sebentar lagi bakal nyoba buat jualan barang UK hihi, ada yang mau?

 

 

Advertisements

23 thoughts on “Cerita Pindah ke Bristol

    1. Jenskiii iyaa ngikut suami nih dan emang gak suka London krn terlalu kota besar hahah :p thank you dear and good luck on all your career ya semoga makin meroket 😉 ditunggu main2nya ke UK yaa

  1. Tempatnya cakep bangeeet!!!! padahal kalo di UK aku udah jauh-jauh hari nge-cup pengennya ke Wales, tapi foto2mu menggoda imaaan X”D
    Semoga betah yaaakk~ setuju sama komen di atas, kalo kangen somay, bikin aja ;p

  2. Aku belum pernah ke bristol kata teman2ku mmg cakep. Tiap kota mmg memiliki keindahan apalagi countrysidenya UK 😍 aku awal di ISLE OF WIGHT terpana melihat pemandangannya yg kyk bukit teletubis apa lagi pas musim panas naik double decker tour bus keliling ISLE OF WIGHT 😍 caaakeeep 😍

      1. InsyaAllah musim panas tahun depan manda 😇 klo musim gugur gini aku indor person lol 😅 ngerem dlm rumah 😆 males keluar cuaca dingin gelap oh…😂 paling jahit baju2 sendiri dan bikin woodcratf untuk di jual pas x’mas 😆 berhubung tahun ini kita liburan ke indo ntar akhir januari. Jd mumpung x’mas di sini ya aku iseng2 bikin woodcraft buat hiasan natal. Belum mulai di pasarin sih tp klo laku kan mayan buat tambahan sangu liburan 😆

    1. yuk syer nanti kalo udah official boleh lah singgah hehe. iyaa selalu suka sama yang model lama gitu enak di pandang. Thank you syg kamu juga yaa sama mas beb mu semoga lancar2 semuanya dan berbahagia selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s