Membuat Visa Schengen di Inggris, 2 hari Jadi!

Masalah visa emang selalu bikin orang jengkel. Mulai dari dokumen yang banyaknya minta ampun dan harus di siapkan se-detail mungkin, jauh-jauh ke embassy negara itu untuk interview dan nganter dokumen sendiri yang pasti ada biaya dan usaha yang dikeluarkan, sampai deg-degannya masa nunggu hasil visa yang belom tentu juga dapet.

Visa yang paling sering diurusin tuh visa schengen, cuma pas di Indonesia dulu gak pernah ngurus sendiri karena biasanya bapake yang ngurus visa anak dan istrinya (huhu pasti cuapek banget).

Anyway, buat ngurus visa sendiri yang pure sendiri tuh visa dependent kemarin yang untuk izin tinggal di Inggris. Bagi yang udah baca pasti tau keribetan duniawi yang harus saya jalani. Tapi kalo cuma turis visa sih gak bakal lah seribet yang waktu itu. Beberapa hari ini saya baru aja apply Schengen visa dan lagi-lagi, banyak pelajaran yang bisa di ambil.

Sekitar akhir bulan Desember lalu, saya dan Abang sengaja jauh-jauh dari Bristol ke London buat ngurus visa Schengen saya. Emang gak jauh sih cuman 2 jam lah kayak Bandung – Jakarta, tapi tetep kan harus pergi ke luar kota cuma buat urus visa.

Negara yang saya tuju buat bikin visa kali ini adalah Spanyol. Biasanya sih selalu dari Belanda ya pas di Jakarta dan emang terkenal kalo Belanda tuh mudah kasi visa Schengen, secara visa terakhir saya sampai 2 tahun loh dan multiply entry. Apa gak mantep banget tuh hahaha.

Jadi kalo mau ngurus Schengen visa dari Spain Embassy, kita akan diurusin sama pihak ketiga macam VFS lah namanya BLS. Kantornya kecil banget bahkan saya sempet nyasar karena gak ngeuh sama signagenya yang super kecil dan tersembunyi (soalnya lu ga pake kacamata Ai!). Masuk dalem kantornya ada di Ground Floor dan terbilang cukup lengang, cuma ada saya dan 1 orang yang lagi proses interview.

Nomor antrian saya terpampang di layar TV, yang menandakan saya harus menuju ke salah satu sekat untuk kasih dokumen. Selama mas-masnya ngecek dokumen dia nanya saya udah menikah, kerja gak, dan siapa yang akan biayain selama jalan-jalan. Karena saya dependent suami, jadi memang ternyata dokumen suami lah yang PALING PENTING ketimbang punya saya. Dia nanya apa saya bawa passport suami, bukti schengen suami dan buku nikah asli. Mantep saya gak nyiapin semua itu. Gak hanya itu, saya juga kekurangan dokumen mulai dari surat sponsor dari suami yang menyatakan kalau dia akan jadi sponsor utama selama perjalanan, surat resmi dari kantor yang menyatakan suami kerja disana, gajinya dsb dan jumlah gaji abang yang wajib tertera di Bank Statement. Haduh… parah bener deh kekurangan dokumennya.

Akhirnya si mas-masnya nolak mentah-mentah dokumen saya, disuruh balik lagi apply dengan new appointment. Jiaahhhh berarti harus ke London lagi dong huhu. Bagusnya gak usah bayar apapun yang udah pasti dapat surat penolakan plus nama jelek di kedutaan kan.

Belajar dari kesalahan, saya apply lagi untuk appointment baru dan kali ini serius banget ngurusin semuanya. Cekidot dokumen apa aja yang WAJIB di persiapkan:

  1. Konfirmasi appointment
  2. Schengen Visa Application (bisa di donwload disini)
  3. Foto khusus visa 1 buah dengan latar belakang putih sesuai dengan ukuran yang tertera di web
  4. Passport applicant + fotokopinya (kalau ada yang lama dibawa juga)
  5. Passport Suami + fotokopinya (kalau ada yang lama dibawa juga)
  6. Residence Permit applicant + fotokopinya
  7. Residence Permit suami + fotokopinya
  8. Buku nikah Asli + Buku Nikah yang sudah di terjemah oleh penerjemah tersumpah + Fotokopi buku nikah
  9. Birth Certificate yang sudah di terjemah oleh penerjemah tersumpah
  10. Cover letter atas nama applicant yang berisi alasan meminta visa, negara apa yang akan dituju, dan informasi mengenai siapa yang akan membiayai perjalanan dan di tanda tangan oleh applicant
  11. Bank statement applicant selama 3 bulan terakhir
  12. Bank statement suami selama 3 bulan terakhir dan tertera nominal gaji yang masuk secara berkala setiap bulannya
  13. Itinerary perjalanan
  14. Bukti reservasi penerbangan
  15. Bukti reservasi akomodasi
  16. Bukti reservasi bus/mobil sewaan (Jika ada)
  17. Apabila berhijab, surat menyatakan alasan mengapa menggunakan hijab untuk foto Visa dan di tanda tangan
  18. Surat Sponsor dari suami yang menyatakan suami yang akan membiayai perjalanan dan di tanda tangan
  19. Surat dari Kantor suami yang menyatakan suami kerja disana sejak tanggal sekian, gaji sekian, dan memang benar suami akan pergi ke negara yang di maksud untuk berlibur dan di tanda tangan oleh HRD
  20. Payslip atau surat gaji asli dan fotocopy
  21. Travel Insurance yang mengcover medical expenses minimal 30.000 euro dan repatriation (ini adalah asuransi yang diperuntukkan bagi traveler yang sakit dan harus segera di pulangkan ke negaranya)

** Semua surat diatas HARUS tertuju kepada embassy

Perlu diingat kalo embassy yang dituju untuk pembuatan visa lebih baik dari negara yang kita paling lama singgahnya. Karena rencana saya ke Spanyol, jadi emang sengaja buatnya di kedutaan Spanyol. Lain cerita kalo saya berniat ke Belanda lebih lama dari negara lain, udah pasti saya akan apply dari kedutaan Belanda.

Percobaan kedua semua berjalan lancar. Saya langsung milih juga special one day delivery, jadi kalo visanya udah jadi langsung dikirim dan sampe besoknya. Kerennya, saya bisa memantau keadaan visa saya thanks to SMS dari BLS langsung. Mulai dari visanya udah diterima, lagi di proses sampe udah jadi dan ready untuk dikirim. Baru aja apply tanggal 4 eh tanggal 9 udah sampe. Cepet banget kan? Jadi tanggal 4 diterima oleh pihak BLS, tanggal 5 di proses dan tanggal 8 visa udah jadi dan langsung dikirim ke rumah. Visa juga bisa di track melalui website mereka under track application. Nyaman deh jadi gak stress macam kayak pas di Jakarta ngurus Visa UK di VFS hehe :p

Total yang harus di bayar emang agak mahal nih:

Visa Fee: £52.80

BLS Service Fee: £13.60

Courier, Next day: £24.95

SMS Fee: £1.95

Admin Charge: £2.80

Totalnya: £96.10

Visa yang saya dapat adalah 3 bulan, multiply entry. Lumayan lah, akhirnya bisa liburan sebelum si bulat keluar hehe.

Ada yang punya pengalaman serupa gak pas ngurus Schengen Visa?

Published by Aiko

Akihiko Yuuri atau Aiko hanya nama di dunia maya Currently study abroad and love music so badly! Salam kenal semuanya :)

14 thoughts on “Membuat Visa Schengen di Inggris, 2 hari Jadi!

  1. Aku jadi ingat ada pembaca blogku yg pernah curhat klo dia ga bisa2 dapatin visa ke spanyol, selalu ditolak gitu, coba lewat negara tetangga sama ditolak juga. Tujuannya mau ketemu pacarnya. Akhirnya coba pakai agen bisa dia berangkat.

    1. walah iya mba? alasannya kenapa ditolak? Tapi emang spain salah satu negara yang agak rempong sih dan gak semudah macam Belanda atau Prancis untuk visa. Untung akhirnya dia dapet ya mba kasian juga 😦

  2. Alhamdulilah aku bebas visa schengen 😂 bolak balik ke Belanda kunjung mertua dan keluarga dari suami di amsterdam gak perlu visa dan rencana tahun depan jg mau ke spain kunjung sepupu suamiku. Krn suamiku EEA member jd aku bisa keliling eropa tanpa visa dg catatan bersama suami dg bukti surat nikah udah bebas visa 😍 tinggal nabung buat liburan 😂

      1. Aku jg tetap paspor ijo Ai 😉 cuma krn suami wn belanda yg tinggal di UK jd dia EEA kan dan pake EU law bukan UK law yg mana pada tehek UK law memang apa2 susah kan… temanku sini udah permanent resident tp untuk bekerja butuh work permit yg beda lagi. Sementara aku RC dr EU law langsung work permit boleh pake untuk kerja.

      2. iya mba maksudnya kan suami ku paspor ijo jg hehe makanya gak ada kemudahan kayak gt. cm kl aku kerja jg lgsng kerja gausah work permit

  3. Sampe sekarang belum pernah ngerasain urus visa mba Ai hahahaha. lah wong ke luar negeri mentoknya cuma ke singapore doang, bahkan ke thailand aja belum kesampean apalagi ke eropa kayaknya masih sampe mimpi doang 😀

    1. Berasa banget orang indonesia dengan segala kesusahannya mba kalo udah urusan passport huhu. aku doakan bisa menjelajah kesini juga 😀

  4. Wah, pas bener saya mau ngurus Schengen Visa dari UK nih mba Aiko, kebetulan juga saya dependent 🙂

    Saya mau tanya :
    1. Fotokopi paspor aplikan dan suami apa semua halaman harus difotokopi? atau cukup halaman data diri aja mba?
    2. Apa nama travel insurance yang mba pakai kemarin? jenis yang single atau annual?
    3. (Maaf kalau ini out of topic Visa ya mba, ^^) Kemarin itu mba Aiko travelling dalam kondisi hamil ya? Ada syarat khusus tidak untuk travelling ke Eropa untuk yang sedang hamil? Apakah ada ketentuan mengenai travel insurance tentang turis yang sedang hamil?

    Makasi banyak mba 🙂

  5. Hallo aiko bisa minta email? Kalu saya ada visa uk (visa turis) terus baru ngurus visa spanyol (untuk turis) di london apakah bisa?

  6. Halo mba, mau tanya waktu apply visa yg multiple entry atau engga ya? Dan kalau iya waktu nyerahin itinenary harus jelas perjalan pertama, kedua dan berikutnya ga?
    Aku kebetulan sdg short term student visa di London dan mau apply visa schengen untuk jalan2 bbrp kali..

    1. Halo, iya saya dulu apply untuk multiple entry. iya betul itinerary harus jelas dan sebaiknya tujuan utama di sesuaikan dengan negara saat apply aplikasi. paling mudah dari Belanda menurut pengalaman selama ini. bahkan mama saya baru dapat visa 4 tahun schengen dari belanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

amijasmine

Sekedar Catatan Kecil

For The First Time and Forever

Do right. Do your best. Treat others as you want to be treated ( Lou Holtz )

Sundariekowati

Love The Life

Keluarga Ibrahim

Cerita Keluarga Setengah Lusin

Rewinnita Maretnoningtyas

Dream, Pray, & Make it Happend

shiq4.wordpress.com/

Blognya Penulis Artikel Freelance

Andik Taufiq

knick knacks of my daily life

ALMAZIA.co

Change your mind and you can change the world

Ceri(a)ta

Daily Life, Recipe, and Every lil' thing that I Love

Mon Journal

Look through my things and figure me out

%d bloggers like this: