London for Beginner (Tips dan Trik)

Wah gak berasa tiba-tiba udah sebulan aja tinggal di London. Biasanya saya disini paling 3 atau 4 hari dan maksimal seminggu. Masih gak merasa kalau di London udah permanen untuk sementara hehe. Newcastle buat saya tetap menjadi rumah di Inggris dan selalu seperti itu sampai kapanpun *baper*.

Anyway, bulan Januari lalu adalah pertama kalinya saya menginjakkan kaki di London sendirian. Terakhir kali saya kesini tuh dulu sekitar beberapa tahun yang lalu, kayaknya pas masih SMA dan sama keluarga. Jadi saya bener-bener gak inget apa-apa soal London, palingan yang hits macem Big Ben, London Eye, dan London Bridge. Tapi sesampainya disini saya gak tau musti naik apa dari satu tempat ke tempat lain, gak ngerti tempat asik buat makan dan nongkrong, dan sebagainya. Untuk itu, buat yang berencana ke London atau mau tau tips-tips jitu silahkan membaca point berikutnya.

Commute in London

Saya dikasih tau temen saya kalo London itu besar bangeeeet, jadi gak mungkin jalan kaki terus dari satu titik ke titik lain kayak di Newcastle dulu. Selain capek yaa gak sampe juga karena jauh. Misal, dari South Kensington mau ke King’s Cross gempor pasti jalan kaki. Kalo summer ya banjir lah badan dengan keringat, lha kalo winter gimana? Udah jadi es batu duluan. Jadi sesampainya di London hal wajib yang harus di lakukan adalah beli yang namanya OYSTER CARD. Bentuknya kayak kartu biasa yang bisa di beli di station tube manapun. Selain beli bisa ngecek saldo juga berapa. Si Oyster card ini bisa dipake buat naik bus juga loh. Nah untuk pengisian saldo bisa menggunakan card atau cash. Saya biasa ngisi buat seminggu, yaitu £30. Nah ada juga per bulan cuman mahal, sekitar £100an gitu. Hati-hati sebelum naik bus apapun di London, cek dulu saldonya. Mereka gak menerima cash jadi kalo saldo di kartu kalian habis ya gak bisa naik busnya. Tapi kalo mepet bisa pake credit/debit card yang contactless kok. Itu terjadi sama saya kemarin hehe jadi pembelajaran aja harus update sama saldo Oyster. Kata si Abang, kalo pake tube atau bus di zona 1 atau 2 pasti yang ke ambil maksimal cuma £6an, jadi mau berapa kali pun jatohnya kita bayar sehari bolak-balik sana sini ya segitu aja gak lebih (sekali jalan biasa sekitar £2 an). Pake Oyster Card juga 50% lebih murah ketimbang beli tiket, apalagi buat student dapet 30% discount loh!

(Link)

Enakan naik Tube, Bus atau Overground?

Oke saya jelaskan dulu kali ya. Jadi transportasi di London ada tiga macam yaitu Tube (Underground), Bus atau Overground. Bedanya underground dan overground udah jelas dari arti dasarnya, tube ya adanya di bawah tanah makanya namanya underground dan disini sinyal mati total. Sementara yang kayak kereta biasa adalah overground. Harga biasanya lebih mahal underground, karena selain maintenance, kamu pasti sampai tujuan tepat waktu kecuali ada masalah teknis dari kereta. Gak ada yang namanya macet karena hari Jumat atau pulang kantor (depan Piccadilly Circus biasanya). Jam kereta sudah terprediksi dan gak ada kata telat.

Naik Bus harganya murah banget, £1.50 tapi udah pasti bisa kena macet dan perpindahan antar bus ya jalan kaki di luar. So kalo hujan ya kehujanan dan winter kedinginan. Sementara naik tube secara udah dibawah yaa lebih hangat dan gak kena hujan, tapi bare in mind naik turun stasiun tube itu pakai tangga jadi kalo bawa koper ya capek hahaha. Tapi ada kok yang ada liftnya, cuma kalo rame males banget kan nunggu gilirannya. Sempat saya mengalami kesialan yang dimana saya akhirnya belajar kalau naik bus JANGAN MAIN HP kalo gak tau kemana arahnya. Saya sempat terlalu asik main HP dan gak memperhatikan lagi dimana, akhirnya malah kelewatan jauh tuh halte bus. Mana waktu itu pertama kali ke London dan pulangnya malem banget. Eh pake dimarahin supir bus katanya saya ini tidur atau gimana sampe gak liat-liat😦 huhu

Saran dari saya, download aplikasi namanya CITY MAPPER di apple/android store yang berfungsi sebagai pemberi informasi terbaik untuk kita sampai ke tujuan yang diinginkan. Jadi ada semacam suggestion beserta harga dan jarak. Kalau jalan berapa lama, naik Tube sampainya berapa menit dan harga, begitu juga bus. Jadi kita punya banyak opsi dan pilihan. Gak hanya itu, pakai aplikasi ini juga meminimalisir kesalahan yang saya lakukan dulu. Kita bisa track arah bus kita dengan City Mapper ini. Kita bisa liat busnya sampe mana geraknya dan berapa stop lagi. Canggih lah. Tapi kayaknya google map juga bisa deh dulu saya pernah pakai. Cuma enaknya City Mapper yaa ada suggestion harga juga. Aplikasi ini cuma bisa di pake di kota-kota besar di dunia aja dan Jakarta belom ada :”)

Akomodasi

Hostel

Kalo kalian termasuk budget traveller kayak saya, udah pasti tujuan utama adalah hostel. Di London banyaaaak banget hostel dan harganya pun banyak kok yang murah. Suggestion dari saya, coba deh cek hostel-hostel dibawah ini. Semua lokasinya di zona 1. Saya udah pernah coba semua dan saya kasih full recommendation mulai dari cleanliness, location, sampe price value yang oke punya:

  1. YHA Hostel London, Earl’s Court
  2. Saint James Backpackers Hostel, Earl’s Court
  3. Londonears Hostel, Earl’s Court

Kenapa ketiganya di Earl’s Court semua? Karena saya suka banget daerah situ hahaha. Gak jauh ke South Kensington dan kalo naik tube di district line warna hijau, which is gampang banget kalo mau ke blue line nya piccadilly atau line-line lainnya. Earl’s Court Station juga adalah stasiun penghubung antara Zona 1 dan 2. Udah gitu banyak banget restoran halal jadi gak susah, jadi muslim friendly banget. Ketiga hostel ini juga lokasinya kece banget. Di seputarannya ada Sainsbury’s (Supermarket), restoran, cafe, dan pastinya ke Earl’s Court Station cuma jalan 5-10 menit.

Tapi dari ketiga itu, yang paling saya rekomendasi adalah YHA hostel. Selain karena lokasinya yang udah pasti enak, menurut saya hostel ini tuh udah hostel yang paling bersih dan baru. Kasur bunk bed nya gak kreat-kreot berisik pas di naikin (saya biasa tidur di bagian atas), kamar mandinya pun baru. Harganya pun murah, per-malam di female dorm saya habis £34. Memang kalau dorm yang terkhusus pasti harganya lebih mahal ketimbang yang mix. Saya dulu pernah coba tapi udah gak mau lagi karena saya sekarang berkerudung dan susah kalo mau tidur atau ke kamar mandi. Lagi keamanan lebih penting ketimbang mau harga termurah, apalagi buat female traveller ya.

Hotel

Kalo kalian ada budget berlebih dan lebih memilih hotel, saya sangat merekomendasi hotel EDEN PLAZA KENSINGTON yang sudah pasti lokasinya di Kensington. Sepertinya hotelnya itu adalah family business, jadinya harganya bisa agak lebih murah. Dengan lokasi se-bagus itu (5 menit ke Natural History Museum, 10 menit ke South Kensington Station) dan harga yang sangat murah untuk single room (dulu saya tahun baru tinggal disana dengan per malam £60) udah worthed banget! Mau ke Harrods juga tinggal jalan aja terus paling 12 menit sampe. Kamarnya pun bersih dengan view cantik khas di Inggris. Pokoknya tipikal hotel bintang 3 lah, mantap!

AirBnB

Kalo belom pernah coba pake AirBnB, saya rekomendasi banget! Selain harganya udah pasti lebih murah ketimbang hotel, bagi yang doyan berpetualang dan ketemu orang baru tapi gak mau sharing di dorm, ini bisa jadi cara lain. AirBnb memudahkan kita untuk seolah-olah menjadi salah satu masyarakat di negara yang kita tinggalin, karena emang kita nginep di rumah orang. Pilihan kamar bisa sharing, yaitu kita tinggal dengan owner dan sharing kamar mandi, kitchen, living room atau entire flat dimana kita menyewa rumah dia secara keseluruhan. Serunya, kalo hostnya emang friendly kita jadi dapet kenalan baru dan rasanya udah kayak tinggal di rumah temen aja. Udah gitu kita juga lebih punya privacy ketimbang nginep di hostel yang biasanya sharing sama lebih dari 4 orang. Airbnb di London buanyaakk banget tapi setiap lokasi beda harganya. Cocok lah Airbnb buat yang pengen nyewa seluruh flatnya buat liburan dengan keluarga. Saran dari saya, cari lokasi di Zona 2 kayak Kensal Rise yang gak terlalu jauh ke tengah kota, tapi harganya masih lebih murah ketimbang bener-bener tinggal di Zona 1 macem Kensington dsb.

Makan

Tempat makan mah di London buanyak bangeeeetttttt. Nah tapi yang enak kan musti coba-coba. Bagi yang mau makan murah, bisa coba WASABI itu semacam kios kecil yang menjual berbagai macam makanan Jepang dan biasa banyak di temukan di sekitaran London. Harganya mulai dari £5-£7 dari Sushi, Sashimi, sampai bento. Saya biasa beli Chicken Katsu Curry Bento udah isi nasi dengan daging ayam 2. Yes, ayamnya 2 kurang mantep apa coba hehe. Ada juga semacam kios makanan Chinese Halal yaitu CHINA EXPRESS, harganya juga sekitaran £5-£7 udah dapet nasi dan lauk 2. Kalau mau tambah lauk harus nambah £1 lagi. Gak hanya itu ada juga restoran fastfood halal yang murah dan enak kayak Chicken Cottage, Dixy Chicken, atau Kebab yang range harga pun sekitar £5-£7. Di UK, kalo seating in atau makan di restoran dan take away harganya beda. Kalo cuaca lagi bagus coba deh sekali-sekali beli yang take away dan makan di taman. Udah berasa lokal banget!

Nah kalau bosen makan di kios bisa cobain banyak restoran enak di China Town. Pastinya makanan Asia ya. Saya rekomendasi kalo ke China town harus banget nyoba:

  1. Rasa sayang – Malaysian Restaurant (Biasa pesan mie goreng, nasi lemak atau hainan chicken rice)
  2. Assa – Korean restaurant (Biasa pesan LA Galbi dan Tteokbokki)
  3. Four Season – Chinese Restaurant (Biasa pesan bebeknya yang superrr enaaak)
  4. Old Town – Malaysian Restaurant
  5. Misato Japase Restaurant (Murah dan enak! Cobain Curry Chicken Katsu Rice nya deh)

Kalau makanan ini memang harganya mahal, sekitar £19-£20 sekali makan, cuma harus bangeeet nyoba at least once yaitu BURGER and LOBSTER. Duh enak banget sampe mau nangis hahahah. Jadi saya biasa pesan yang Original Lobster tanpa burger sekitar 200gram kayaknya. Lobsternya gede banget, juicy, dengan perpaduan butter sauce, fries dan salad. Udah mantep banget lah. Kayaknya ke London tanpa makan di Burger and Lobster kurang greget gitu hehe. Restorannya banyak kok bertebar se antero London dan selalu ramai jadi dateng agak cepetan kalo buat lunch atau dinner.

Nyobain kios udah, restaurant udah nah boleh banget nyobain makanan pasar yang pastinya lebih banyak pilihan dan unik. Cobain ke beberapa market di bawah ini:

  1. Borough market
  2. Covent Garden
  3. Southbank Centre Market (disini ada burger bebek  dan duck fries) ENAK BANGET
  4. Portobello Market (Bisa sekalian beli barang-barang vintage dan foto rumah warna-warni)

dsc08412dsc08452

dsc08475

img_4574

Jalan-jalan dan Belanja

Udah biasa gak sih kalau ke London pastinya ke London Bridge, Big ben, London eye, Trafalgar Square atau Buckingham Palace? Nah kamu bisa coba jalan-jalan ke daerah sini buat ngerasain sensasi London yang berbeda dan harga barang yang jauuuuh banget lebih murah ketimbang belanja di Oxford atau Piccadilly:

  1. Shoreditch, Bricklane market
  2. Camden Town
  3. Portobello Market (lokasi di Notting Hill)
  4. SOHO
  5. Carnaby Street
  6. Borough Market
  7. Covent Garden
  8. Old Spitalfields Market
dsc08378
Camden Market

dsc08384

dsc08402

dsc08439

img_4533

Kalo ada yang udah pernah tinggal di London dan mau share tips dan triknya atau pengen share tempat seru buat makan, belanja atau hang out silahkan isi kolom komen aja yaa😀

28 thoughts on “London for Beginner (Tips dan Trik)

  1. Kalo di negara2 maju satu kartu bisa mutifungsi jadinya dompet gak gendut ya Ai, kmrn aku ke HK juga pake Octopus Card (macam Oyster Card) bisa dipake buat ngetap metro, bus, belanja di minimart, ah asik lah

    Btw kenapa namanya musti nama2 bawah laut ya? Talking about octopus and oyster hahaha

  2. Duhhh ngiler liat makanannya.. Selalu kalau lagi jalan2, pengen banget kuliner, tapi suka galau abis milihnya.. secara gak bakal muat kan semuanya, haha.. Marketnya kelihatan seru2 deh..

    1. hehe iyaa itu biasanya problem aku juga deh, kayak banyak yang enak tapi kapan nyobain semuanya😛 Marketnya banyak banget barang seru dan jarang di temuin eh tapi ada. Wajib banget ke pasarnya

      1. Iya mba aku kalo ke marketnya biasa seharian, jadi kayak dari pagi sampe sore gitu. Pokoknya kebanyakan memang menghampiri setiap stallnya😀

      2. Serruuu yah Manda.. Nah selama di NZ, sebenarnya banyak marketnya juga, sayang karena kota kecil, yah sepetak aja gitu dah habis, haha..
        untungnya setiap weekend ( sabtu dan minggu ) selalu ada, pas summer lebih rame drpd pas winter.
        Padahal kalau winter di belahan bumi utara, Christmas Marketnya yang kayaknya seru yaa..

  3. Sepupu ku jugak sekolah di London, tapi aku gak tau nama sekolahnya apa. Hahah. Dia kalok cerita sukak kebingungan nyari makanan Indonesia gitu Mbak Ai, jadinya kalok pulang ke sini makannya gas-gasan. Wkwkwk😀

    1. hehe iyaa memang di London gak banyak restoran Indonesia, ada tapi ya rasanya gak seenak di Indonesia pastinya karena udah di jadiin ke citra rasa bule hahahha

  4. Infonya lengkap banget Mbak.
    Sekarang tinggal mempersiapkan budgetnya.
    Berapa budget minimum yang perlu disiapkan untuk traveling ke London ya Mbak?
    Thank

    1. Alhamdulillah, semoga bermanfaat. Kalo budget tergantung berapa lama tinggal di London. Semua harus di perhitungkan termasuk akomodasi dan transportasi juga. Kalo makan minimal 6-10 pounds deh

  5. hai, salam kenal.
    waaah, infonya berguna banget nih.
    rencananya Insya Allah taun depan mau ke sana.
    info2nya bisa dimasukin ke iti nih. thank you ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s