Mom and a Wife

Lupa kalo ternyata ada WP di hp hahahah jadi nyesel juga kenapa gak ngeblog lewat HP atau Ipad instead of harus buka laptop segala. Gak tau ya, tapi saya ini senengnya kalo ngetik di actual keyboard jadilah pas sibuk

banget urus Kai tuh gak ada waktu buat buka laptop.

Anyway, sekarang Kai udah 4 bulan! Yes! Hari ini! Gak berasa 4 bulan yang lalu saya masih kesakitan kontraksi, beratnya perut dan deg-degan mau melahirkan. Tiba-tiba udah gede aja Kai..

Sekarang Kai lagi seneng banget guling-guling and mundur. Lucu sekaligus bikin khawatir ya takut pas dia gegulingan itu kepalanya kebentur keras. Untungnya kamar full karpet jadi empuk, plus masi saya cover lagi dengan selimut tebal biar nyaman.

Selama ngurusin Kai saya jadi suka mikir ya, ini adalah pekerjaan 24 jam tanpa berhenti, tanpa satu libur pun dan gak di gaji.

Being a mom juga harus belajar gimana ngurusin anaknya, memperhatikan pertumbuhan, menjaga, entertain dia biar seneng, dan muter otak banget kalo lagi rewel macam pas growth spurt.

Belum selesai sibuknya urus bayi, jangan lupa kita bukan hanya “Mom” tapi juga “Wife”, yang dimana suami butuh diperhatiin. At some point saya suka berasa punya anak dua hahaha

Sampe saya berasa waktu untuk diri sendiri, even mandi sama makan aja luxury banget. Sesuatu yang mahal dan gak gampang, kecuali pas abang lagi dirumah jadi bisa gantian jaga. Makanya saya paling merindukan suami pulang biar ada yang bantuin (ada yang kayak gini juga?) hahaha dan pastinya bawa titipan belanjaan semacam roti atau susu. Disini udah masuk Fall dan suhu diluar udah sampai 10°. Kadang males juga keluar.

Jangan dikira jadi ibu rumah tangga santai aja kayak di pantai, kerjanya tidur makan nonton belanja online (eh) doang. Tapi sebenernya lebih sibuk dan gak ada waktu istirahat ketimbang yang pada kerja. Apalagi kalo anaknya lebih dari satu, wih mondar-mandir terus. Lumayan bikin kurus tapi ya hihi

Capek? iya. Seneng? Pake banget! Saya memilih untuk mengurus anak ketimbang kerja karena saya mau ada dan melihat pertumbuhan Kai. Biasa saya catet dia udah bisa apa pada umur berapa dan tanggalnya. Yah buat memory lah sekaligus data pribadi. Saya gak bisa kayaknya ninggalin Kai lama-lama atau anak saya yang lain kalo masih kecil gitu.

Being a mom and a wife tuh luar biasa rasanya. Masih terus bersyukur diberikan kenikmatan untuk bisa merasakan jadi ibu yang sebenarnya. Respect kepada seluruh ibu di luar sana yang tanpa lelah mengurus anak, suami dan rumah. Working mom pun pasti sulit dan capeknya beda.

Moms you are amazing!

Enaknya Tinggal di Indonesia? Banyak!!!

Masa-masa kangen pulang ke Indonesia kayaknya lagi kenceng banget buat saya akhir-akhir ini mainly karena lagi hamil. Pengennya deket sama keluarga, ketemu temen-temen dan pastinya banyak makanan yang bisa dijamah ketimbang di UK.

Saya emang bersyukur banget dapet kesempatan lagi buat tinggal di UK, and it’s longer this time. Tapi ada beberapa hal yang bikin saya tetep yakin kalo tinggal di Indonesia itu lebih enak ketimbang di luar negeri yang kalo buat saya sih enak buat liburan aja. Jangan pula ngeliat gimana kehidupan WNI di LN lewat film-film Indonesia yang kebanyakan ngayal bebasyyy hehe

  1. Makanan!

Udah deh makanan udah gak bisa di apa-apain hahaha. Emang saya lidah orang Indonesia banget, meskipun gak susah dan picky when it comes to food. Makanan di Indonesia JAUH lebih enak dan berbumbu ketimbang di Inggris yang cenderung lebih ke arah plain. Simpelnya, hidangan macam fish and chips yang asli sini aja masih enakan Fish & Co atau Fish Street yang murmer itu. Iya segitunya deh. Menurut saya disini kurang asin dan kurang garing aja. Belom lagi kalo muslim kan harus ngecek makanannya halal apa enggak, disini walaupun banyak restoran halal Arab, ya tetep aja kalo makan itu terus lama kelamaan jadi blenek.

Disini juga gak ada gojek yang bisa nganterin makanan apapun yang kita mau dengan range harga murah. Untuk urusan anter makanan ada yang namanya Deliveroo yang lebih ke arah posh buat makanan delivery karena hanya kerjasama dengan restoran ternama. Sementara yang kelas murah kayak Hungry House yang mainly jual Pizza, Kebab atau chinese food ya standard aja makananya. Gak yang gimana-gimana.

Bayangin kalo lagi kangen soto, bakso, sate ayam, nasi padang dsb itu mau gak mau harus masak dulu?! Buat bumil yang gak bisa kecapean banget rempong ya bok hahaha apalagi harus beli bahan-bahannya dulu di toko Cina, too much effort for a dish lol. Sementara di Indonesia malah abang-abangnya yang pada keliling depan rumah. So convenient you guys! 

       2. Support System

Maksudnya disini tuh keluarga dan teman. Emang sih di tiap negara di LN pasti ada Indonesian Society atau pengajian Indonesia, tapi tetep aja yang namanya keluarga dan temen deket yang udah kenal kita berpuluh-puluh tahun pasti beda cara mereka support dan caring kita. Belum lagi kalo bukan student disini jadi terbatas aktivitasnya, gak kayak pas dulu saya jadi student ada PPI untuk wadah ngenalin Indonesia ke orang-orang lokal. Kalo jadi warga apa yang mau di kontribusikan? Susah juga.

Lagi hamil tua gini juga kepengen ada keluarga yang merhatiin dari deket, temen sepantaran yang bisa jadi tempat buat keluh kesah atau hang out. Ya banyak deh pasti aktivitas yang bisa di lakuin di Indonesia ketimbang pas lagi hamil gini di negara orang yang bisanya cuma di rumah atau main keluar rumah kalo weekend pas ada suami aja *hiks curcol*

    3. Cuaca

Sekarang lagi lama-lamanya winter di UK karena pengaruh cuaca di negara lain, plus kayaknya global warming yang makin parah aja. Jadilah yang sekarang harusnya udah Spring as in mulai anget eh masih bersalju-salju aja dong. Minggu depan juga weather forecast bilang bakal White Easter, jadi salju lagi sodara-sodara. Beast from the East udah jadi Trilogy hahah udah sampe episode 3.0 aja.

Buat bumil winter itu capek karena udah bawa badan berat, masih juga harus pake baju berlapis-lapis termasuk coat tebel yang bikin sesek napas karena berat. Sepatu juga harus yang khusus jadi deh tiap mau keluar minta abang pakein karena susah kehalang perut! hahaha. Bener-bener kangen sama matahari. Ada sih matahari tapi palsu gak ada anget-angetnya cuma terang aja hiks

     4. PAJAK

Kenapa di capslock? Karena ini adalah alasan terbesar uang kami cepet terkurasnya. Tax di UK ini guede buanget sodara-sodara.  Untuk rumah kami yang tergolong Band A atau golongan area bagus dalam list council tax, perbulannya bisa bayar sekitar £110. Coba aja dikali perbulannya segitu untuk setahun. Makin bagus area rumahnya, makin mahal lah council tax. Jangan ditanya berapa harga council tax di London deh. Bisa 2x di Bristol, belom harga sewa apartmentnya yang ampun mahal bener! Council Tax ini hanya berlaku untuk penyewa yang sudah bekerja, sementara kalo student gak kena charge deh. So yeah baru kena gini-ginian setelah menikah ini. Dulu pas jadi student mana ada kepikiran soal tax yang ajegile.

Lain halnya kalo punya mobil. Harga mobil disini gak mahal-mahal banget, tapi TAXnya…gempor deh pertahun bisa ribuan pound keluar cuma buat bayar pajak. Belom buat service dan bensin kan. Belom lagi kalo udah lebih dari 6 bulan disini udah gak bisa pake sim International, jadi harus apply buat sim UK yang udah pasti biaya lagi keluar dan itu gak sedikit.

Jadi yang bilang, “wah tajir banget tinggal di LN pasti uangnya banyak. Gajinya kan gede..” trus end up minjem duit sampe hubungin ke Inggris (lol), heeeyyy anda salah ya! Gaji gede itu keliatannya aja, tapi hidup disini itu mahal dan perlu tau aja poundsterling itu currency termahal sedunia. Bayangin pengeluaran bulanan berapa, bayar rumah berapa, bills, tax, lain-lainnya itu gimana hayo? Disini itu hidup udah ketaker deh, gak bisa jadi kaya buanget kecuali emang dia hebat punya terobosan baru untuk dunia, baru duitnya gak berseri kali ya.

Pengen banget bisa pulang sebentar, dua minggu aja cukup deh. Tapi udah mau melahirkan begini dan nunggu bayinya bisa diajak naik pesawat pasti masih lama huhu. Jadi harus bersabar tahun ini kayaknya gak pulang ke Indonesia. Semoga ada rejeki dan waktu yang tepat deh buat taun depan! aamiin

Gimana yang lagi merantau khususnya udah berkeluarga, apasih yang dikangenin dari tinggal di Indonesia?

Basa Basi yang Udah Basi

“Ehhhhh yaampun apakabar? Kok sekarang gendutan sih?”

“Sis, happy birthday ya! Kapan nikah?”

“Wah udah lama ya gak ketemu! Mana si kecil? Apa belom ada momongan nih?

Sering gak sih denger selipan kalimat-kalimat di atas pas ketemu temen yang gak terlalu deket? Uniknya mereka dengan santai dan enteng ngomong kayak gitu ke kita yang diliatnya cuma dari Feed IG atau Insta Story. Gak cuman temen,tapi sering pula komentar kayak gini dateng dari keluarga, yang justru bikin makin gemes hehe

Gedeg gak sih..

Orang Indonesia atau well, Asia memang sukanya basa basi. Selama saya di Inggris, dari sejak zaman kuliah sampe sekarang menetap jadi warga gak pernah tuh ada bule asli yang iseng ngucapin hal remeh buat bumbu pembuka percakapan. Adanya mereka cuma say hello, nanya kabar dan langsung to the point sama inti dari pembicaraan. Mereka gak akan menguak kehidupan pribadi lawan bicara kalo gak emang di buka duluan.

Sementara pas di Indonesia mulai dari keluarga sampe temen yang gak deket-deket banget sering gitu nyeletuk aneh-aneh dan pake kalimat basa-basi yang..please deh udah basi bangeettt!

Paling kesel dulu kalo ditanyain kapan nikah mana pacarnya atau ngomongin soal badan saya yang kadang suka mekar dengan sendirinya gak liat-liat musim. Padahal kalo si basa-basi tersebut di balik ke orang itu pasti juga gak suka yakan.

Sekarang udah menikah dan mau punya anak beda lagi basa-basinya. Udah next level hahahah lebih ke gender baby yang emang saya dan suami gak terlalu ambil pusing. Tapi banyak banget orang luar sana yang ribet, kayak pengen tauuuu banget anak saya tuh cewek apa cowok. Lha terus kalo udah tau mau ngapain? Mending kasih kado ya hehe. Ada juga yang ujung-ujungnya jadi ceramah soal kehamilan padahal dia sendiri belom menikah! Ih sok tau bangeut…kzl gak sih

Paling kesel tapi sama orang yang ngomong ngasal sama pasangan yang belom di karuniai anak. Pernah gitu saya lagi di suatu acara dan kebetulan emang temen saya ini belom punya anak. Eh tiba-tiba ada bapak-bapak nyeletuk gitu sambil gendong anaknya nanya gini ke temen saya,

“Kok kamu belom punya anak? Kapan nih maunya?”

Saya langsung nengok dan liat raut wajah temen saya yang berubah drastis. Dengan suara pelan dia cuma bales,

“Masih usaha terus mas, minta doanya ya..”

Haduh rasanya pengen gampar mulut itu bapak-bapak! Mentang-mentang dia udah punya anak. Urusan anak itu rahasia Tuhan deh bukan manusia yang bisa memutuskan. Bener-bener heran sama orang yang nyeletuk kayak gitu. Emang gak bisa ya diganti kalimatnya dengan doa aja dari awal? hiiihhh

Itulah orang Indonesia, kalo gak pake bumbu basa-basi kayaknya belom afdhol kali ya. Ngarepnya suatu hari nanti pada sadar kalo yang dia omongin buat paragraf pembuka itu malah bisa bikin kesel atau nyakitin lawan bicara.

Firewood Grill & Gelato – Bristol; Halal, Enak, Puas!

Gak tau kenapa tadi pagi tetiba kepengen banget makan burger. Padahal hari-hari sebelumnya gak ada kepikiran atau abis ngeliat apa gitu yang bikin ngileur. Kadang kalo abis nonton doraemon atau sinchan suka ngiler kare atau spaghetti (padahal kartun yak hahah) tapi ini tiba-tiba aja gitu.

Langsung abang ngajakin ke salah satu restauran burger yang halal dan katanya enak, gak kalah sama Five Guys. Karena emang udah laper dan ngiler sama burger, langsung kita ngacir ke tempat tersebut yang ternyata oh sangat dekat! Cuma 10 menit dari rumah hehe.

Lokasinya persis di tengah kota dan mudah buat di akses. Keliatan dari luar restorannya kecil aja, masuk ke dalem sebelah kiri ada jualan es krim sama setumpuk buah-buahan segar yang saya yakini mereka pasti jual fresh juice. Dekat dengan kasir ada 2 buah meja kecil dan beberapa kursi, dan ternyata masih ada tangga naik ke atas untuk area dine in. Konsepnya terbilang cukup nanggung, antara mau ala nature dengan kesan rumput dan gambar sapi sebagai lambangnya, tapi tercampur dengan beberapa warna kaku minimalis semacam abu-abu bahkan merah dan putih yang jadi gak nyambung sama konsep awal.

Restorannya jual banyak pilihan burger, mulai dari classic, smokey BBQ, Delux Cheese burger dan lain-lain. Harga di mulai dari £4 – £7. Selain itu ada juga Chicken fillet yang bisa di mix untuk jadi burger, wrap, atau jadi rice box. Chicken wings isi 5 dan 8 pun tersedia dengan berbagai pilihan rasa. Gak hanya itu, untuk yang vegetarian juga tersedia portobello mushroom yang udah pasti enak sih! Lagi, bisa jadi pilihan sebagai burger, wrap atau rice box. Untuk dessert pilihannya pun banyak ada ice cream gelato sampai waffle yang tadinya pengen tapi pasti kekenyangan jadi gak jadi beli hehe. Pilihan minum nih yang saya seneng ada fresh juice bisa kombinasi berbagai pilihan buah dari apel, wortel, jeruk dan sebagainya. Milkshake juga ada loh. Banyak banget ya pilihannya dengan ukuran restoran kecil.

Asiknya restoran ini kan halal ya jadi tenang-tenang aja tuh mesen burger ataupun chicken. Kami juga gak takut olahan makanan lain seperti es krim ada gelatin babi. Pokoknya tenang dan dijamin kekenyangan karena saking tenangnya mesen hahah

Saya ngiler dengan Smokey BBQ burger sementara abang milih yang classic burger. Setiap pesanan bisa di gabung dengan meal deal, nambah £1.80 buat chips dan mineral water atau soda. Kalo mau jus dengan satu buah tambah £1, dua buah atau mojito jadi £1.50 dan 3 buah atau milkshake nambah £2. Saya mesen minumnya fresh juice dengan 2 buah yaitu orange and carrot, selalu favorit itu biasanya. Selain burger, kami juga mesen chicken wings isi 5 dengan rasa Carribean BBQ.

Gak pake lama, pesanan awal kami datang yaitu minuman. Jusnya seger dan enak! Ini baru jus beneran bukan sirop huhu sebel banget sama resto yang suka claim jus mereka fresh padahal ternyata frutang zz. Jusnya juga masi ada sisaan bulir-bulir jeruk dan saya emang suka jus yang masih berbulir.

Setelah itu pesanan kedua pun datang yaitu chicken wings. Sides dari si ayam adalah salad dengan campuran buah seperti baby tomato, lettuce, pickles dan bawang. dan ternyata…..AYAMNYA ENAK BANGET oh my…. Gak nyangka loh bener-bener gak nyangka rasanya juara pisan. Saya langsung lahap bener ngabisinnya. Di padu dengan fresh salad jadi makin yummy deh huhu seneng banget kalo nemu makanan enak gitu.

Belum chicken wings abis, burger kami datang. Enaknya pelayan yang nganterin dari bawah ke atas jadi ga perlu repot bolak balik naik turun, tapi kasihan sih mbaknya pasti pegel.

Tampilan burgernya yaa kayak pada umumnya, cuman ukuran burgernya terbilang besar bahkan lebih besar dari five guys punya. Kentangnya pun banyak dan melimpah. Keliatan burgernya sesuai sama harga, dengan isi yang banyak dan daging tebel udah pasti puas deh.

Bener aja loh, gigitan pertama itu daging bener-bener juicy! Empuk, gurih dan renyah. Di padu sama bawang goreng jadi ada efek krenyes ala mie sedap. Sausnya juga gak lebay kebanyakan yang bikin tumpah ruah kayak burger blenger, pas, enak dan kerasa banget BBQnya, gak ecek-ecek. Paling penting lagi, sayurnya itu fresh bukan yang udah layu, lemes, memble, soggy gitu kan bete yah berasa. Belum lagi si patty nya di goreng renyah jadi gurih dan berasa gitu butternya. So yummy!

Untuk penggemar berat kentang goreng, saya tau persis kentang goreng asal goreng yang tipis dan kecil sama yang gendut dan well seasoned. Ini nih yang di goreng dengan baik dan kentangnya berkualitas. Jadi rasanya juga enak dan ga kebanyakan garem ya jadi gurih. Pas lah pokoknya jadi pendamping si burger.

Overall saya kasih makanan di restoran ini 8.5 out of 10. Puas banget dan sesuai dengan harganya. Mungkin yang bisa di tingkatkan lagi lebih kepada ambiance dari restorannya, dengan theme awal nature harusnya keseluruhan feel dari interior, dinding, sampai lampu juga senada. Udah gitu piringnya gak usah yang dari beling gitu karena selain berat, gak efisien buat mereka yang staffnya hanya sedikit dan harus bolak-balik naik turun tangga. Bisa aja piringnya pake nampan ala ala resto kekinian atau yang ringan macam rotan dan pelanggan tinggal stacked di pinggir jadi gampang buat di bersihkan.

Firewood Grill & Gelato (Halal)

Opening hours: 11am – 10pm

22 Bond St, Bristol BS1 3LU

 

Alhamdulillah positif!

Masih gak menyangka dan aneh, ada sesuatu yang hidup dalam diri saya wahaha :p Alhamdulillah bersyukur banget, antara kaget, seneng, semua nyampur aduk jadi satu deh pas tau kalo saya positif hamil.

Jadi saya kan emang baru nikah 5 Agustus lalu dan seminggu kemudian Honeymoon ke Gili Trawangan dan Bali. Naaahh…saat disana tuh emang lagi masa subur ya karena saya baru selesai dapet pas tanggal 5. Inget banget, saat di Ubud ada yang aneh sama badan. Berasa gitu payudara jadi suakiiit banget dan super sensitif, udah gitu doyan banget bolak balik ke kamar mandi alias kebelet mulu dan itu bisa sampe 6x pokoknya sampe capek deh. Nafsu makan juga makin tinggi, dan ada mules-mules kram kayak pas mau PMS.

Saya kira kan emang udah mau PMS ya, secara akhir bulan sih biasanya kalo di kalender dan emang rutin pasti deh tanggal segitu. Semua ciri-cirinya juga persis mau dapet deh, jadi emang rada rancu dan bolak-balik baca artikel di internet. Cuma emang udah ada feeling sih. Dasar emang masi anak gatau apa-apa, saya nyobain test pack pas lagi di Ubud, sekitar tanggal 15 dan ya iyalah masih negatif huahuahuaha. Udah ditunggu sampe 10 menit tetep aja, garisnya cuman atu. Si abang udah bilang, jangan sedih dan kecewa yaa. Saya cuma angguk-angguk syedih yang emang rada kuciwa sih, kirain positif. Lah iyo lah, wong kecepetan kok ya, pasti masih negatif. Udah gitu haidnya juga belom kelewat dan telat jadi yaa kayaknya belum sah kalo ngecek hamil apa engga.

Si hormon kehamilan, HCG (Human Chorionic Gonadotropin) itu emang harus dalam kadar tinggi yang dimana baru bisa ketahuan pas tes urine saat kehamilan udah lebih lama. Mungkin pas saya ngecek waktu itu bentuknya masih zigot kali yaa apa masi telor aja, sementara hormon kehamilan belom keluar gitu jadi gak bisa terdeteksi pake test pack.

Gak berapa lama sekitar tanggal 20an tuh pas banget selesai pulang dari honeymoon tiba-tiba saya sakit tenggorokan dan badan rasanya linu-linu kayak mau demam tapi engga. Pokoknya ga enak lah badan sampe harus bed rest 4 hari gitu. Ngomong aja gak bisa sampe harus pake bahasa tangan kalo mau sesuatu. Sampe akhirnya abang bilang mamah mertua mimpi saya hamil, jadi sakitnya itu karena ada debay. Saya sama abang cuma ketawa sambil, ah mosok sih.. Soalnya di Bali dan Gili masih rafting, snorkling gitu-gitu lah dan sepedahan keliling gili coba apa gak cape tuh. Jadi intinya gak mungkin kalo saya hamil lah sejak Agustus…at first..

Semakin mengarah ke tanggalan haid, semakin rasanya sakit tuh badan, pokoknya gak wajar dan ada rasa mual sedikit. Ayah saya aja udah ada feeling kalo saya hamil, katanya beda gatau beda apanya deh hahah. Ibu bilang buat ngecek nanti kalo haidnya lewat dan pas haid saya udah kelewat dua hari, langsung beli test pack dan wow, ternyata keluar tuh garis dua jelas banget sangat clear yang menandakan saya hamil! Alhamdulillah. Langsung kasih kabar ke keluarga dan pada heboh hahaha

Sekarang usia kehamilan udah 6 minggu dan yang paling ketara tuh mualnya makin parah dan udah mulai nolak makanan, kayak masakan padang saya eneg bangeeeet sama baunya. Liatnya aja udah mau muntah.  Duh ga kuku banget deh liat gulai. Kalo soal napsu makan masih ada, malah gak susah makan kok tapi ya emang jadi milih aja maunya apa dan gak mau apa. Tapi kram gak separah pas 4 minggu, begitu juga sakit di payudara. Tapi badan jadi super lemes dan letoy, pengennya juga mager-mageran aja dirumah dan tidur. Pinggang juga makin sakit dan selalu pas bangun tidur badan berasa abis ditonjok orang, ngilu-ngilu bangeett! Untuk pertama kalinya, saya hari ini ngidam. Tadi siang ngidam chicken katsu ju dan makan malem ngidam mushroom burger wahaha *itumah emang lo yang mau Ai*. Sembelit juga bener banget, jadi agak susah kebelakang padahal makan sayur dan buah rajin loh.

Emang katanya kalo Trimester 1 itu lagi bahaya banget dan rawan, karena janin masih belom terbentuk dengan sempurna. Fisik bumil juga lagi lemah-lemahnya sampe 12 apa 14 minggu gitu deh, baru lumayan.

FYI, naik pesawat boleh loh tapi jangan diatas 4 bulan yaa dan emang harus stay alert gaboleh capek-capek deh, kalo perlu sampe airport sedikit lebih cepet biar gak terburu-buru dan nyantai. Pokoknya semua orang bilang ke saya jangan stress, enjoy aja, happy terus, jangan capek juga.

6 minggu ini yang saya cek di internet, bentuk bayi kayak bulan sabit, kecil banget kayak biji. Tapi emang lagi pesat banget pertumbuhannya, detak jantung juga udah ada. Plus tangan kaki lagi menuju pembentukkan. Organ tubuh dalam beserta otak juga lagi berkembang pada umur kehamilan segini. Makanya saya agak mulai pilih-pilih makanan dan nyoba perbanyak denger Al-Qur’an biar anaknya kebiasa. aamiin

Minta doanya ya teman-teman supaya debay sehat terus! Kalau ada yang punya tips untuk bumil boleh banget loh comment down below hehe

 

**postingan ini dibuat beberapa minggu yang lalu, saat ini saya udah 14 minggu yang kadang-kadang makin parah daripada sebelumnya huhu 😦

 

Fitnah Kejam Manhaj Salaf Pada Akhir Zaman

*Blog ini terinspirasi dari postingan berikut*

Beberapa bulan ini emang saya lagi getol-getolnya belajar agama.  Salah satu pemahaman yang saya baru kenal dan semakin bikin tertarik adalah Manhaj Salaf. Manhaj sendiri berarti tata cara, sementara Salaf berarti orang-orang terdahulu. Simpelnya sih yang ikut Manhaj Salaf ini biasa di sebut Ahlus sunnah wal jama’ah, yaitu mengikuti metode dan tata cara yang memang murni dari ajaran Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wasallam beserta para sahabat. Jadi memurnikan ajaran agama Islam yang sering kali udah terkontaminasi oleh rekayasa ulama/ustadz dengan ibadah yang tidak ada contoh, ditambah-tambah dengan hadits yang dho’if (lemah), bahkan tidak ada. Sunnah ini mengajarkan kita untuk balik lagi ke ajaran murni Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam, jadi harus ada dalil yang jelas beserta contoh nyata dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam.

“Qolallahu  Wa Qola Rasulullah Shalallahu’Alaihi Wasallam”

Nah, biasa yang ikut sunnah ini tuh disebutnya wahabi, diambil dari tokoh yang memulai pemahaman ini yaitu Muhammad Bin Abdul Wahab. Menurut penganalisaan saya sendiri *cie* mengenai tanggapan orang soal wahabi itu rata-rata jelek. Kenapa jelek? Karena banyak yang ngeliat paham ini tuh sering membid’ah (menganggap beberapa perilaku dikerjakan tanpa contoh dan hadits shahih) kan suatu ibadah seperti dzikir bersama, tahlilan, perayaan maulid nabi, ziarah kubur dan lain sebagainya. Padahal setiap ibadah yang gak ada contoh tuh ya sesat kan. Gak hanya itu, orang juga kebanyakan ngeliat seseorang wahabi atau bukan itu dari hijab syar’i dan cadar untuk wanita, dan celana cingkrang plus jenggot buat yang lelakinya. Ada kesan dimana yang ikut pemahaman ini tuh sesat, teroris dan sering mengkafirkan orang di luar pemahaman tersebut. Gak hanya itu, terkenal pula di kalangan orang banyak kalo kajian sunnah sering kali mentahdzirkan ustadz, jadinya sering berantem antar ustadz. Arti tahdzir itu biasa semisal ada ustadz yang sekiranya pemahamannya itu keliru, akan di tegur untuk di luruskan oleh ustadz dan ulama lain. Ini pun terjadi di luar manhaj salaf kok, jadi gak hanya sunnah aja. Semua pemahaman yang salah memang harus di luruskan bukan? Terdengar pula oleh saya, orang yang udah ikut kajian sunnah jadi kayak gak bisa hidup. Gak boleh dengerin musik, gak boleh nonton di bioskop, gak boleh ini gak boleh itu jadilah terlihatnya “menyiksa”. Apalagi ada yang membenarkan seorang wanita untuk “membungkus auratnya” ketimbang “menutup auratnya” dan lebih memikirkan ibadah ketimbang menutup aurat. Naudzubillahiminzalik.

Jangan olok

Adapun beberapa masjid di Jakarta sudah terbilang “Nyunnah” banget dengan mayoritas Ustadz yang di undang untuk acara kajian adalah ustadz sunnah beken macem Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Subhan Bawazier, Ustadz Nuzul Dzikri, dan lain sebagainya. Paling hitz tuh masjid Al-Azhar undernya The Rabbanians setiap Rabu malam. Wih itu pesertanya emang anak muda semua dan seru banget! Plus ada bazaar pula banyak makanan enak wkwkwkwk *teteup*. Saya ketagihan deh setiap rabu kesana. Gak hanya itu, Nurul Iman yang di Blok M Square lantai 7 itu juga bagus-bagus dan emang rajin banget ngadain kajian rutin bersama ustadz sunnah.

Nah, saya sendiri emang orangnya penasaran dan gak bisa nerima nelen gitu aja apa yang orang bilang tanpa bukti nyata. Dalam Islam itu namanya Tabayyun, mencari tau terlebih dulu tanpa langsung Taklid (ikut-ikutan) tau apa yang dia ikutin. Gak papa ya saya masukin sedikit istilah-istilah dalam Islam biar sama-sama saling belajar hehe.

Anyway, akhirnya saya nyari tau apakah memang betul pemahaman ini menyeramkan, kajiannya menyimpang, bikin orang jadi teroris, kaku, mengkafirkan orang dan sebagainya. Saya cari tahu semua kajian-kajian di Youtube yang biasanya dibawakan oleh Asatidz (Ustadz-Ustadz) sunnah, saya sering menghadiri kajian-kajian yang di laksanakan di Masjid Sunnah, membaca buku-buku referensi, nanya ke orang-orang yang ilmunya tinggi dengan pemahaman yang pastinya juga udah jelas ya.

dan ternyata…..

Salah besar bro asli salah besar

Saya kaget banget, dengan ngikutin kajian sunnah, saya makin ngerasain indahnya Islam, indahnya beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala. Sebelumnya saya belum pernah ngerasain gimana sih serunya ke kajian, gimana sih nikmatnya sering beribadah, kok bisa ya orang itu rajin baca al-qur’an? Saya sering banget nanya pertanyaan itu di kepala sendiri. Akhirnya terjawab sudah, simpel banget…karena kita banyak gak tau tapi gak mau tau. Sering merasa sombong dengan ilmu yang masih seujung kuku, ngerasa udah yang paling tau padahal sejatinya kita masih jauh dari yang namanya “tau”, bahkan “paham”. Untuk itulah dalam Islam sangat di anjurkan untuk selalu merendah akan ketidak tauan ilmu dan selalu haus akan yang baru. Salah satunya biar kita paham apa yang orang bilang itu salah, jangan main “Iya tuh iya itu kan…blablabla” lalu dosa karena kita ngomong asal padahal gak tau yang sebenarnya.

Padahal yang harus di garis bawahi, pemahaman menyimpang semacam Syi’ah dan ISIS yang udah jelas banget ngaco dan bukan Islam itu yang harus di perangi. Kalo emang pemahamannya masih ngajak sholat 5 waktu, beribadah hanya kepada Allah subhanahu wata’ala, yang di contoh adalah Rasulullah shalallahu ‘Alaihi Wasallam serta Qur’an sebagai pedoman hidup ya jangan di bubarin dong kajiannya 🙂 Eh malah pake di perangin, padahal kita sesama saudara seiman loh.

Peristiwa ini bikin saya jadi makin ngenes, ngeliat ketika ada orang yang dilarang terang-terangan untuk datang ke kajian sunnah malah lebih di maklumi ketimbang berbuat maksiat di depan mata. Contoh gampang nih, ada orang yang anaknya penasaran pengen banget dateng ke kajian sunnah tapi di larang orang tuanya takut anaknya jadi teroris bercelana cingkrang dan berjenggot. Eh tapi giliran anaknya minta izin pergi pacaran, orang tuanya mengizinkan dengan senang hati bahkan sampai minjemin kendaraan buat pacaran. Padahal udah jelas dalam Islam gada pacaran, adanya langsung menikah biar gak terjerumus pergaulan bebas dan tenggelam dalam maksiat. Contoh lain, lebih simpel sih. Ada seorang istri yang lagi seneng banget sama kajian sunnah, tapi sayang suaminya melarang. Takut istrinya jadi berhijab syar’i, pakai cadar dan gak gaya lagi. Suaminya pun gak ngizinin dia pergi dan memilih istrinya buat pergi ke arisan dan menghabiskan waktu di mall layaknya ibu-ibu pada umumnya.

Banyak contoh-contoh lain yang asli saya liat dan denger sendiri dengan mata kepala saya terjadi dan itu bikin hati saya hancur sih. Sedih aja, kok ya orang bisa banget melihat sebuah kemaksiatan sebagai hal yang wajar dan lumrah, namun justru yang taat dan dekat dengan agama jadi keliatan jahat, tidak bersahabat dan mengerikan. Sebegitu parahnya kah orang yang dekat dengan agama pada zaman sekarang? Apakah saat ini berkelakuan buruk justru terlihat lebih mengesankan, gaul dan sukses ketimbang yang alim dan ahli ibadah? Astaghfirullahaladzim….

Saya jadi teringat dua hadits berikut yang menyatakan bahwa:

Dari Anas Bin Malik radhiyallahu’anhu, Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Akan datang suatu zaman kepada manusia orang yang memegang agamanya di tengah mereka ibarat orang yang menggenggam bara-bara api”

** Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan selainnya. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Ash – Shahihah no. 957 lantara berbagai riwayat yang mendukungnya

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’ anhu, Rasulullah Shalallahu’Alaihi Wasallam bersabda:

“Islam datang dalam keadaan yang asing, akan kembali pula dalam keadaan asing. Sungguh beruntunglah orang yang asing (HR. Muslim no. 145)

Reference:

http://www.voa-islam.com/read/smart-teen/2017/03/04/49228/ketika-kajian-sunnah-lebih-menakutkan-daripada-kemaksiatan-di-depan-mata/#sthash.3CfRbfL0.UMJo3PHm.dpbs

https://rumaysho.com/10465-berbahagialah-orang-yang-terasing.html

Ketika Diremehkan Orang Menjadi Kekuatan Istimewa

“Lo yakin sama keputusan lo? Gue sih ragu ya..”

“Sini gue aja yang ngerjain, kayaknya gue lebih paham dari lo deh..”

“Udahlah, jadi orang tuh harus realistis. Jangan ketinggian!”

Pernah gak sih digituin? Mungkin ada juga yang ngomong yang sepertinya kayak ngeremehin kemampuan kita. Siapa sih di dunia ini yang gak pengen diliat credible? Masa iya mau kita di anggap gak mampu melakukan sesuatu? Pastinya gak ada ya.

Padahal kita udah usaha sedemikian rupa, kerja keras gak kenal waktu tapi orang malah ngeremehin either kerjaan atau hasil yang udah kita capai. Bete, kesel, gedeg, sakit hati udah pasti semua bercampur jadi satu.

Pernah tuh saya di remehkan sama orang pas tertarik melakukan sesuatu yang jauhhhh banget dari kepribadian saya. Orang ini yakin banget saya gak mungkin sukses mencapai goal saya. Seyakin itu sampe dia bilang gini,”Lakuin sesuatu sesuai kemampuan lo jangan terlalu berharap banyak,” wow gila banget njleb oke. Maksud dia mungkin baik ya, tapi saya nangkepnya kayak dia ngeremehin saya. Nyoba aja belom kan, saya pun ikhlas kalo Tuhan berkata tidak. Tapi apa salahnya toh nyoba? Sampe akhirnya saya mencapai apa yang saya mau, bahkan lebih dari itu barulah dia diem.

Tapi saya ngeliat ya, diremehin itu gak hanya ujian menuju kesuksesan loh tapi juga sebagai pemacu istimewa kita untuk jadi lebih dari apa yang kita angan-angankan. Gimana enggak? Udah di remehkan gitu pasti gita jadi gondok untuk bisa memberikan yang terbaik dong. Rasanya jadi kayak pengen buktiin ke orang itu,”Nih liat nih gue bisa, bahkan bisa banget!” pokoknya usaha matahin persepsi kalo kita itu gak bisa. Jadi pasti usaha keras itu tidak berbohong, insya Allah hasilnya sesuai dengan apa yang kita usahakan sejak awal.

Diremehkan orang juga jelas banget ngajarin kita siapa teman yang full support kita 100% no matter what, sama yang ada rasa iri sama kesuksesan kita. Jadi makin paham siapa yang harus kita keep as a friend dan siapa yang mending buang jauh ke laut lepas.

Setiap ujian pasti ada hikmah, kayak di remehin orang gini. Semoga kita selalu semangat dalam meraih cita-cita dan rasa iri dengki itu tergantikan dengan rasa ikut bangga kepada teman ya 🙂