(http://images.says.com/uploads/story_source/source_image/255264/caa0.jpg)

Alhamdulillah selesai sudah S1 yang selama ini bikin berat badan naik turun muka jerawatan dan emosi gak stabil karena saking stresnya. Semua kegilaan itu terbayar sih dengan balasan yaitu pengalaman dan networking yang emang bener gak bisa dibeli sama uang. Banyak yang nanya ke saya, Ai emang seru apa kuliah di Malaysia? Belajar pake bahasa Melayu dong? Trus orang-orangnya rasis gak sih? Nah semua pertanyaan diatas akan saya jawab di blog kali ini dan saya juga pengen banget meluruskan beberapa hal salah yang biasa orang Indonesia pikir soal Malaysia.

Pertama saya emang gak ada sama sekali mikir buat kuliah di Malaysia. Awalnya kayak semua anak Indonesia pada umumnya bercita-cita kuliah di universitas negeri unggulan kayak UI, ITB, atau UNPAD. Well kalo gak keterima juga paling enggak ya kuliah di Universitas Swasta deh. Gak ada sama sekali di pikiran soal kuliah di luar negri entah mengapa.

Nah, saat itu saya udah keterima di beberapa universitas swasta dan negri cuma gak tau kenapa hati ini gak sreg aja gitu. Kayak feeling saya bilang bukan disitu tempatnya. Sampai suatu hari saya diajak orang tua ke salah satu acara pameran International Education buat liat-liat universitas luar. Pas disana gak tau kenapa saya tertarik aja gitu sama Malaysia. Yaaa sebenernya dari dulu pengen banget bisa sekolah di Amerika tapi kata orang tua masih kecil, nanti dulu. Jadi menurut saya Malaysia itu negara yang pas buat jadi batu loncatan untuk ke Amerika.

Proses masuknya gak susah dan lama soalnya waktu itu saya dibantu Agent (Malaysian Education Centre) dan tiba-tiba udah kuliah di Malaysia aja. Sempet juga saya ketemu sama Program Director ADP (American Degree Program) dari university saya. Cuma emang pada akhirnya saya gak masuk program itu. Saya masuk program inggris yang pada akhirnya nanti saya dapet dual degree (lulusan Malaysia dan Inggris sekaligus). Masuk di universitas swasta Malaysia mengharuskan calon murid untuk at least IELTSnya dengan score 6.5-7 loh jadi gak main-main juga. Standarnya udah tinggi kayak di Amerika dan Inggris.

(http://www.atlasbd.net/Study%20in%20malasiya.jpg)

Asiknya kuliah di Malaysia:

1. Jaraknya gak jauh, cuman 2 jam aja jadi kalo kangen pulang bisa lah gampang. Perbedaan waktu juga cuma satu jam. Tapi jangan kebanyakan pulang juga yaa ntar sama aja bohong dong hehe

2. Networking seluruh dunia. Siapa yang gak mau punya temen dari  berbagai macam negara? Mulai dari Amerika, Rusia, Korea, Maldives, Afrika, Arab dan sebagainya semua ada deh bertebaran di kampus. Punya temen dari berbagai negara bikin kita jadi lebih terbuka pemikirannya akan dunia di luar sana. Kita juga jadi belajar tentang budaya orang itu, seperti apasih negara dia sebenarnya dan lain -lain. Tips dari saya, karena emang banyak orang Indonesia di Malaysia, jangan hanya main sama orang Indonesia aja ya sayang banget kan kalo hanya temenan sama orang Indonesia doang. Main sama orang luar juga ngelatih bahasa Inggris kita banget loh. Banyak deh sisi positifnya hehe

3. Mandiri. Yes semua harus dikerjain sendiri. Gak ada mbak, pak sopir atau keluarga yang bantu kalo sampe ada masalah. Bersih rumah, masak, belanja, bayar tagihan juga harus dilakuin semua sendiri. Bagus buat latian kedewasaan sih. Saya belajar banyak hal yang saya yakin ngerubah diri saya jadi lebih baik sekarang daripada dulu-dulu. Kebebasan yang udah di kasi orang tua sama kita juga harus di sikapi dengan dewasa ya jangan di salah gunakan 😀

4. Proses belajar yang aktif. Bisa dibilang aktif karena di kampus saya gak di sarankan buat one way communication, which is cuma dosen aja ngomong sampe abis. Sangat di haruskan murid juga ikut berpartisipasi buat diskusi dan aktif tanya jawab. Ini yang bikin kita lebih berani dan kritis. Beda sama di Indonesia yang pasif, jadi keadannya bosen dan bikin ngantuk. Tema yang dibicarain di kelas saya juga seru jadi murid antusias.

5. Muslimnya banyak. Ini yang paling penting.  Karena Malaysia juga negara yang mostly orang Islam melayu nya, jadi masih bisa denger Adzan dimana-mana, makanan terjamin halal karena JAKIM (kayak MUI disini) nya super ketat, dan kita sesama muslim sangat diterima kan oleh muslim lainnya jadi gak ada perbedaan sama pas di Indonesia

6. Bahasa Inggris hampir jadi first language di Malaysia. Kalo banyak yang ngira saya ngomong pake bahasa Melayu, anda salah bung. Saya setiap hari ngomong pake bahasa Inggris. Ya karena orang disana udah kebiasaan dengan penggunaan bahasa inggris ketimbang Bahasa Melayu. Bisa ngasah skill bahasa Inggris kita dan gak usah jauh-jauh ke negara kayak Amerika atau Inggris. Tapi kalo udah deket sama orang Malaysia, mereka lebih suka ngomong pake bahasa melayu ke kita. Itu artinya kita udah deket banget sama dia 😀

7. Murah!!! Yessss makan di Malaysia itu ampun murahnyaaaaa hahah makanya saya jadi naik banget beratnya. Makan di warung india (Mamak) aja paling abis 15 ribu itu udah kenyang banget. Nasi, lauk, plus minum komplit deh. Nah karena gula itu di subsidi sama pemerintah sini, makanya mereka jarang minum air putih. Senengnya minuman warna-warni kayak sirop, teh tarik dan sebagainya. Kalo di mall juga banyak restoran yang harganya gak semahal kayak makan di Restoran di Jakarta. Belanja baju model H&M, Zara, Cotton on mending di Malaysia deh. murah abis!! Kalo di Jakarta satu kemeja jatohnya 300-400 ribu, disana cuma 200ribuan. Harga di Jakarta lebih mahal karena selain taxnya lebih tinggi, orang Indonesia juga lebih konsumtif jadi harga lebih mahal juga tetep di beli pasti

8. Deket sama negara-negara tetangga kayak Singapur dan Thailand. Kalo mau backpacking dan sebagainya gampang deh bahkan bisa naik kereta.

9. Di Malaysia banyak menawarkan progam half kuliah di Malaysia, half di negara lain kayak Amerika, Inggris, atau Australia. Jadi bagi kalian yang ada niatan kuliah di negara-negara itu, coba aja kuliah dulu 2 tahun di Malaysia dan sisanya terusin disana atau 1 tahun di Malaysia juga bisa.

10. Orang Malaysia cinta banget sama orang Indonesia hahaha. Salah itu kalo banyak yang bilang oh kan Malaysia sama Indonesia berantem lah atau negara itu nyuri lah ini itu. Gak ada sangkut pautnya sama penduduknya. Kalo mau salahin aja pemerintahannya bukan rakyat biasanya. Mereka suka sama kita karena sinetron, lagu, dan artis kita berkualitas semua. Mereka bangga deh kalo bisa punya temen orang Indonesia. Banyak loh yang ngecopy gaya orang-orang kita dan di terapin disana, bahkan bahasa pun juga kayak gue – lo. Cek deh artis Malaysia ini kalo mau tau gimana:

 

Nah kalo ada enaknya pasti kan ada juga gak enaknya:

1. Proses visa yang sungguh sangat menyebalkan! Jadi kalo international student emang wajib buat perpanjang visa studentnya setiap setahun sekali. Seharusnya itu proses perpanjangan visa paling engga sebulan lah ya harusnya udah selesai, tapi entah kenapa di Malaysia ini paling engga 3 bulan loh dan terkadang bisa sampe 6 bulan atau bahkan setahun kayak saya waktu itu. Semua karena proses visa yang dulunya di handle sama orang imigrasi jadi dipindah tangan ke EMGS (Education Malaysia Global Services). Belom lagi tetek bengek yang harus di persiapkan buat perpanjang visa itu banyak! Sempet stres dan kena masalah macem-macem sih yang menyangkut visa. Bahkan waktu itu saya harus pp Jakarta – Kuala Lumpur yang mengharuskan saya keluar dari Malaysia immediately dan balik lagi ke KL dalam beberapa jam. Gila deh

2. Macet! ….Ke Malaysia tetep juga kena macet. Tapi macetnya ada jamnya kok. Pagi itu biasa jam 7-9 kalo sore 5-7. Nah hindarin aja jam-jam itu pasti aman

Saya sih recommend banget kuliah di Malaysia bagi yang pengen nyoba studi di luar negeri dan memperlanjar bahasa inggris tapi gak mau kejauahan atau bagi yang mau langsung jauh ke Eropa atau Amerika ada baiknya buat sekolah di negara yang gak terlalu jauh dulu supaya tau rasanya dan tes mental 🙂

Bagi yang lagi pusing cari sekolah, coba aja cek universitas di Malaysia. Banyak yang nawarin scholarship kok dan prosesnya gak susah 🙂  Watch my video for full information on studying in Malaysia:

 

Goodluck and all the best!

344 responses to “Pengalaman Kuliah di Malaysia – Updated!”

  1. claudia Avatar
    claudia

    hi kakk.acara komando 45 itu nanti kita di invite apa cari tau sendiri? wah gtu ya kak,soalnya ada yang bilang di dorm ada smoke detectornya jadi takutnya kalo masak nanti ada asep terus malah dimarahin gitu kak.terus kalo buat cuci baju emang gak bisa ya kak cuci sendiri?jadi harus ada uang tambahan ya buat laundry

    1. Aiko Avatar

      di invite dan datang sndiri ahahhaah mreka akan dateng pas acara ospek. eh kamu ngomongin dorm kampus ya? Yaa Allah iya aku skip sama apartment hahahaha. Kamu bener cuma bisa manasin makanan aja hehe. Gak bisa soalnya gada tempat ngeringin gitu dan gak ada mesin cuci. Tapi kayaknya ada laundry kiloan yang jauh lebih murah diluar Taylor’s. ntar caritau ajaa hehe

      1. Claudia Avatar
        Claudia

        Hm gitu ya kak.oiya kak kalo boleh tau kakak tinggal dimana pas kuliah di taylor’s?oiya kak i need advice.kan biaya dorm bisa dibilang lumayan mahal ya kak,menurut kakak lebih enak tinggal di dorm apa apartment? Tapi aku bingung kalo apartment mau apartment dimana gitu kak.kalo punya info kabari ya kak hehe thankyou kak aiko atas waktunya

      2. Aiko Avatar

        Apartment aja sih cuma kalo mau banyak kenalan dan adaptasi bs tinggal di dorm 6 bulan sisanya di aprtment. Mending di daerah suriamas / rizuan krn ada bus bolak balik ke kampus. Bisa juga di daerah luar kampus banyak perumahan kamu tinggal jalan kaki but i’m warning you it’s not that safe to walk at night. Aku lebih rekomendasi suriamas. Banyak orang Indonesianya juga, lebih nyaman buat student

      3. Hani Adzhani Avatar
        Hani Adzhani

        Halo ka aiko boleh minta alamat email/ id line nya ga ka? Aku mau tanya2 banyak ke kk seputar kuliah di malaysia 🙂

  2. Fito Avatar
    Fito

    mau tanya kak.. klo di Taylor Univ bisa kasih beasiswa juga ?
    gimana cara buat dapetinya ya.. tertarik di culinary.. thanks

    1. Aiko Avatar

      Bisa kok cuma untuk lebih jelasnya soal beasiswa kamu bisa langsung hubungi MEC yaa yg contact personnya ada di blog aku paling bawah. Aku dulu gak beasiswa soalnya jadi kurang bisa kasih kamu info mendetail

      1. Maulidita Bilqis Avatar
        Maulidita Bilqis

        halo ka aiko, untuk sekolah anestesi dimalaysia adakah? kalau memang ada, nama universitasnya apa ya? hehe:)

      2. Aiko Avatar

        Maaf yaa aku gak terlalu tau soal itu kamu bisa search di googke aja langsung

      3. sahran Avatar

        kak check email dari saya ya sahranrizkiaaziiz@yahoo.co.id. terimakasih banyak 🙂

  3. claudia Avatar
    claudia

    iyasihya kak kalo mau safety sih di dorm dulu yaa hehe
    hm kamar mandi sekolah gak bisa buat jemur lagi yaa.mau gak mau harus laundry deh.kakak ada saran gak biar lenbih hemat gitu? oiya dulu kak aiko pernah tinggal di dorm juga ya kak? apa gak pernah?

    1. Aiko Avatar

      Aku dulu di dorm 6 bulan dan yaa gitu pakai laundry kampus. cuma gak mahal kok. kalo mau lebih hemat lagi kamu cari temen yg udh tinggal di apartment trus numpang dia hihi

  4. Claudia Avatar
    Claudia

    Kira” kisaran berapa kak untuk laundrynya?makasih ya kak.jawaban kakak sangat membantu hehe

  5. claudia Avatar
    claudia

    Kakk ada pertanyaan lagi nih he he maaf ya rempong.aku udah dapet kamar di dorm yang standart single.otomatis kamar mandi luar kan kak?itu nanti toiletnya rame” apa gimana kak?he he makasih kak

    1. Aiko Avatar

      aku ga inget Claudia huhu maaf ya itu kayak 5 taun yg lalu deh pas di dorm trs pasti harganya udah beda skrg jd gak bakal bs buat kamu estimasi. tapi di luaran jg ada laundry yg lbh murah setau ku cuma ga pernah pake aku pake yg kampus. iya toilet rame2 ber 6 kalo gasalah. tapi isinya banyak kok buat mandi ada dua apa 3 gitu trus yang toilet duduk juga lebih dari satu

      1. Claudia Avatar
        Claudia

        Kak ada line ato yang lain gakk?hihi biar enak tanya”nyaa

      2. Aiko Avatar

        langsung email aku aja yaa kalau ada pertanyaan lagi amanda.pahlawan@yahoo.com

      3. claudia Avatar
        claudia

        kak aku udah email kakak mohon di check ya kak thank you

      4. claudia Avatar
        claudia

        kak aku udah email kakak mohon di check ya

  6. Anastasia Avatar
    Anastasia

    kak aiko, kalo ortu kirim uang jajan dari indo gimana? apa kita lebih baik bawa kartu atm maybank supaya charge nya gak mahal? atau gimana? mohon advice nya kan, thankyouuu so much.

    1. Aiko Avatar

      mending buat account aja disana iya kayak Maybank atau Ambank ntr org tua kirim ksitu

  7. uca Avatar
    uca

    Nice blog. Makasih ya kak Aiko. Jadi lebih tau nih ttg keadaan kuliah di malaysia. Klo boleh tanya, kak tmt jurusan apa d taylor’s? Nah prosedur bs jd mhsswa dsana tes seleksi nya apa aja? Half kuliah itu bs utk S2 jg? InshaAllah awal thn dpn aku wisuda S1. Mau lanjut k malaysia, tp dgn jurusan yg brbeda, jd msh survey2 dlu. Thanks yaaa

  8. uca Avatar
    uca

    Nice blog. Makasih ya kak Aiko. Jadi lebih tau nih ttg keadaan kuliah di malaysia. Klo boleh tanya, kak tmt jurusan apa d taylor’s? Nah prosedur bs jd mhsswa dsana tes seleksi nya apa aja? Half kuliah itu bs utk S2 jg? InshaAllah awal thn dpn aku wisuda S1. Mau lanjut k malaysia, tp dgn jurusan yg brbeda, jd msh survey2 dlu. Thanks ya

    1. Aiko Avatar

      Hai Uca makasih ya 🙂 aku dulu ambil PR and Event Management. gada tes seleksi cuma raport sama ielts aja. engga halfnya bisa di negara yg emg partneran sm taylors kayak uk swiss us ausie. aamiin sukses yaa semoga lancar

  9. Zaimul ardi Avatar

    Assalammualaikum mbak, salam kenal Saya Ardi dari Sumatera Barat
    Apakah mbak tau beasiswa s2 untuk universitas Kebangsaan Malaysia?
    Thanks mbak
    Wassalam

    1. Aiko Avatar

      Waalaikumussalam Ardi, maaf untuk beasiswa aku kurang ada info tapi bisa coba cek di uni nya langsung

  10. faeahdina Avatar
    faeahdina

    ka aiko boleh aku minta nomor whatsapp atau nama facebook nya ? aku mau nanya2 tentang kuliah dimalaysia, sebelumnya terimakasih ya:)

    1. Aiko Avatar

      Hi, kamu bisa langsung email aku aja ya ke amanda.pahlawan@yahoo.com

  11. anastasia Avatar
    anastasia

    kak aiko, pas ngurusin visa itu harus submit evidence of student’s ability to finance their study? thankyouuu

    1. Aiko Avatar

      iya dong harus

  12. Pertanyaan Kuliah di Malaysia – akihiko heroes Avatar

    […] pas nyari tau soal pengalaman kuliah di Malaysia (Bagi yang belom pernah baca, bisa langsung klik disini ya), saya ini cuma mahasiswi, alumni Taylor’s University dengan jurusan Public Relation and […]

  13. Rista Avatar
    Rista

    Hai kak aiko salam kenal yeees 😄 aku pengen ke KL boleh minta email buat tanya tanyaaaaa hehe thankyouuu

    1. Aiko Avatar

      hai Rista, boleh langsung aja ke amanda.pahlawan@yahoo.com ya

  14. Amel Avatar
    Amel

    Hai kak,boleh mintak pin atau id line gak? Aku mau tanyak2 tentang malaysia. Karna bulan depan aku mau kemalaysia😂 mohon dibalas ya. Thanks

    1. Aiko Avatar

      Hi Amel email aja langsung ke amanda.pahlawan@yahoo.com ya 🙂

  15. omnduut Avatar

    Menarik, menarik 🙂 suka banget baca tulisannya. Dan bener, mereka itu cinta Indonesia, hanya sulit mengakuinya haha. Kalo aku juga cinta malaysia, gak mesti malu, karena kalo backpacking ke sana nyaman bener hehe.

    1. Aiko Avatar

      Alhamdulillah terimakasih banyak mas 🙂 Iya aku juga suka banget sama Malaysia karena negaranya sangat kooperatif sama internationals trus murah bangeett makan sampe gendut cuma RM5- RM10 paling

  16. kama handika Avatar
    kama handika

    Assalamualaikum mbak. Saya mau nanya. Kalo mau kuliah S1 di Malaysia yg tanpa beasiswa itu persyaratannya apa aja ya mbak. Apakah harus punya nilai UN dan rapot tinggi?.. Atau ada tes masuk nya juga?.. Mohon dibalas ya mbak. Saya pngen sekali bisa kuliah di luar negeri terutama Malaysia. Karena saya juga punya temen anak Malaysia pas kursus b.inggris di kampung inggris. Dia bilang. Perkuliahan di Malaysia seru. Tapi dia tidak tau alur pendaftar untuk orang luar Malaysia.

    1. Aiko Avatar

      Waalaikumussalam, Gak ada tes untuk kampus private, mungkin yang lokal kayak UITM gitu ada jadi harus di cek persyaratan. Ada kok di website masing2 kampus. Cukup nilai UN dan TOEFL/IELTS aja.

  17. rina ervina Avatar
    rina ervina

    Kak mau tanya dong.
    Kira2 ukt dan living cost persemesternya kena brp ya? Boleh minta id line/wa ga kak?? Thank you

    1. Aiko Avatar

      Kira2 RM1500-2000an gitu udah cukup banget malah sangat cukup. email aja ya ke akihikoyuuri@gmail.com 🙂

  18. salsabila Avatar

    hai aiko! aku mau nanya nih kalo nilai toefl/ielts nya tidak mencakupi persyaratannya apakah kita msh bisa masuk ke universitasnya? terimakasih mohon dijawab ya:)

    1. Aiko Avatar

      kalo gak cukup bisa kok, nanti ada kayak kuliah khusus bahasa selama beberapa bulan. tapi jadi nambah costnya, so lebih baik lulus langsung yaa hehe

  19. putri Avatar
    putri

    Kaak maaf boleh cek emailnya? Hehe ada beberapa yang aku tanyakan

  20. Bella Avatar
    Bella

    Halo kak! Makasih banget buat postingan blognya, jadi ngebantu bayangin kuliah di Malaysia hahahah. Oh iya kak mau nanya nih, kalo pake agen gt yang ngurus segala urusan pendaftaran costnya berapa ya kak? Trs ttg TOEFL, itu sertifikat yang dipake yang diakui internasional ya kak? Dulu kakak test TOEFLnya bayar brp ya kak? Hehehe terimakasih sebelumnya kak😁

  21. Bella Avatar
    Bella

    Halo kak! Makasih banget buat postingannya, jadi bisa bayangin kuliah di Malaysia dengan jelas hueheheh. Oiya kak aku mau nanya, kl pake agen gt yang ngurus costnya brp ya kak? Terus ttg TOEFL, sertifikat yang dipake yg internasional ya kak? Dulu kakak test TOEFLnya brp kak biayanya? Hehehe makasih sebelumnya kak😁

    1. Aiko Avatar

      Hi Bella, sama sama alhamdulillah 🙂
      Kalo pake agen kita gak usah bayar kok jadi nanti kampus yang nerima kita itu yang akan ngebayar. iyaa betul yang international dan aku ambil IELTS bukan TOEFL hehe. Sekitar 2,7 jutaan gitu

  22. Falya Riantiarny Avatar

    kaaa. boleh minta contact kaka ga kaya email/line? Saya ada rencana kuliah di Malaysia tapi tdk tahu cara pendaftarannya. mohon infonya yaa

    1. Aiko Avatar

      halo kamu bisa email ke akihikoyuuri@gmail.com dan coba nonton video baru ku di YT ya channelnya Amanda Pahlawan TV ada ngebahas cara masuk kok

  23. Ana Avatar
    Ana

    Kak cara daftar di taylor’s university gmna ya kak? Apa langsung ke KL nya atau bgaimana gt kak ?

    1. Aiko Avatar

      Cara daftar bisa langsung hubungin pihak taylors atau agent yang menangani taylors ya. Agent gak bayar kok

    2. Yenny Avatar
      Yenny

      Hi Ana, boleh hubungi kami di yenny@mec.co.id
      Pendaftaran di KL atau di Indonesia sih sama aja, biaya sama yang diksh, hanya kalau via kita, kita urus dari awal sampai visa dan tempat tinggal.

      Email me for further information.

      TQ and TQ to Aiko

  24. Irfan Avatar
    Irfan

    ka, aku sangat tertarik buat lanjut studi di malaysia, boleh minta kontaknya(line)?

  25. Irfan Avatar
    Irfan

    kaa, boleh tanya kapan di buka untuk pendaftaran international student? kalo pake agen bayar gak kakk?

    1. Aiko Avatar

      kalo buat pendaftaran buat september sih udah lewat harusnya. Mungkin bisa di coba buat tahun depan, buat March/Sept 2017 intake. Kl ada pertanyaan langsung email ke akihikoyuuri@gmail.com yaa

  26. Sherly Avatar
    Sherly

    Kaak cek email yaaaaa aku menanyakan suatu hal, makasiih😊😊 dan lagi infonya sangat bermanfaat. Sukses terus yaa

    1. Aiko Avatar

      hai email kamu yang mana ya? makasi ya udah baca blog aku btw 🙂

  27. Sherrly Avatar
    Sherrly

    Kak cek email yaa aku menanyakan sesuatu hal, dan lagi blog yg sangat informatif, sukses terus ya kaaak😊😊😊

  28. rayendra wahyu Avatar
    rayendra wahyu

    Selamat pagi mbk aiko

    perkenalkan, nama saya wahyu dari jember
    mbk aiko kuliah di taylor university ya? nah kebetulan ini
    saya rencananya ada kegiatan seminar internasional di kampus itu.
    “Taylor’s 9th Teaching and Learning Conference” pada tanggal 12 s/d 13 November 2016 di Taylor’s University Lakeside Campus.

    mohon panduannya untuk kekampus atau tempat conference tersebut dari Kuala Lumpur air port

    terima kasih

    1. Aiko Avatar

      Halo, saran dari saya dr KLIA naik KLIA ekspress (kereta) turun di KL sentral (cepat tp agak mahal) atau naik bus ke KL sentral (murah bgt tp gak secepat KLIA express. Setelah itu naik bus rapid KL U76 hargany RM1 ke subang parade/subang jaya. Bisa juga naik train ambil ke port klang warna merah linenya, trus ambil Subang Jaya. Kalau udah sampai ambil taksi aja itu kayak 10-15 menit ke Taylor’s Lakeside Campusnya. Semoga membantu

  29. Panji Senopati Avatar
    Panji Senopati

    Assalamualaikum kak, saya ingin kuliah sambil kerja di malaysia kira kira bisa ga ya ka? apa di malaysia ada kampus untuk kelas karyawan terutama bidang hospitality dan culinary? oiya kalo kaka kuliah disana biaya dari orang tua atau biaya sendiri kak? makasih infonya kak😊

  30. Mira NamaQu Avatar

    salam kenal mba aiko,
    wah blognya sangat bermanfaat bagi saya yang ingin meneruskan S2 saya di malaysia juga.
    mba aiko, saya boleh bagi emaol nya untuk menanyakan lebih lanjut mengenai studi di malaysia.??

    terimakasih

  31. Febi Yanmar Avatar
    Febi Yanmar

    Kak, kalo di taylors ada jurusan psikologi ga? Terus kalo misal ga ada, kira2 rekomendasi yg cocok buat jurusan psikologi di malaysia kak 😊😊

  32. Anisah Febi Avatar
    Anisah Febi

    Kak, di taylors ada buat jurusan psikologi gak kak? Soalnya aku pingin banget, kalo misal ga ada kira2 ada ngga kak rekomendasi buat jurusan psikologi di malaysia, makasih kak 😊😊

  33. yuanitanisa Avatar

    kak, aku mau lanjut s2 finance/bisnis/manajemen di malay, temenku rekomennya sih di SEGi, kakak ada rekomen lain gk? uda cek d internet tapi rasanya masih butuh rekomen dari yg uda pernah kuliah di malay. klo bisa yg harganya standar ya kak, karena insya allah mungkin mau bayar kuliah pke uang hasil kerja sendiri. oh ya kak, tolong share biaya kuliah diluar administrasi dong (misal biaya buku dll) tolong bantu jawabannya ya kak.

    1. Aiko Avatar

      Coba Sunway/Monash deh itu bagus buat bisnis dua itu. Cobain Taylors juga. Wah hebat semangat yaa! Biaya kuliah tergantung sekolah dan jurusan kamu. Langsung ke YT channel aku di amanda pahlawan tv ya dear

  34. Salsa Avatar
    Salsa

    kak, jurusan2 yg bagus disana apa aja?
    sama minta daftar kampus2 ternama disana ya kak
    kalo lulusan pesantren bisa kesana?

    terima kasih, kak

    1. Aiko Avatar

      Bisa sayang, tergantung kamu jurusannya mau apa. Kalo Malaysia bagus perhotelan, bisnis, arsitektur

  35. anis k Avatar
    anis k

    Salam Aiko,
    Salam kenal. Di MSU Malaysia misalnya gak perlu TOEFL/IELTS. Dan saya sebagai salah satu staff di private Uni di Malaysia (MSU Malaysia) http://www.msu.edu.my/
    Saya bisa bantu jawab pertanyaan kalian yg mau kuliah ke Malaysia.
    Gampang aje.

    1. Giant Trinanda Avatar
      Giant Trinanda

      saya ada rencana untuk kuliah di MSU, boleh minta email atau contact yang bisa dihubungi?

  36. Aslam Avatar
    Aslam

    There are many international standard universities in Malaysia for example
    Universiti Malaya
    Universiti Teknologi Mara
    Universiti Putra
    KLMetropolitan University
    Multimedia University
    KL Infrastructure University
    Nottingham University
    Xiamen University
    Nilai University
    Lincoln University
    HELP University
    Sunway University
    AEU University
    Madinah University
    Segi University
    Manipal University
    Malaya Wales University
    Herriot Watt University
    International Islamic University
    And the list go on and on.

  37. Maychin ZZ Avatar
    Maychin ZZ

    Salam kenal Kak Aiko ! Nih mau nanya kalau kuliah bahasa mandarin di KL itu susah gak?? Bahasa mandarin saya masih pas-pasan tapi pengen belajar di KL… tlg reply donk…

  38. rifkifirdaus Avatar
    rifkifirdaus

    Assalamualaikum kak ,numpang nanya kalo pengen kuliah di APU, apartemen yg murah dan strategis di daerah bukit Jalil kira2 dimana?

    1. Aiko Avatar

      cek ke website hostel hunting aja ya disitu bakal ada yg bantuin buat apartment. websitenya di hostelhunting.com

  39. mayang rulista Avatar
    mayang rulista

    permisi kak aiko,, aku mau nanya nih, kan aku au daftar beasiswa di universitas taylor cuman aku bingung cara mendaftar nya kak, bisa di bantu ngk kak ?? ,, mksh kak aiko.

  40. Fitra Avatar
    Fitra

    Kak mau tanya,saya ingin kuliah di malaysia tapi inggris saya buruk,kira” masih bisa gak ?

  41. Muhammad Yusril Avatar
    Muhammad Yusril

    Assalamualaikum, mbak kuliah tanpa biaya orang tua sendiri itu bisa memungkinkan gak yah, karena saya ingin bekerja sendiri disana tanpa di khawatirkan, kalau ada, kasih tips nya dong mbak entah itu kerja, part time, Dapatin beasiswa, atau apa ?

  42. Alya Avatar
    Alya

    Assalamualaikum Kak Ai, salam kenal 🙂
    Klo boleh tau, kakak sebelumnya belajar di foundation dulu gak untuk mendaftar s1 di sana? Karena aku bingung masalah foundation study ini yang kuliat di dari beberapa website universitasnnya, sebenarnya apakah wajib atau nggak untuk pelajar Indonesia? Makasih ya kak udah mau share pengalamannya 🙂

    1. Aiko Avatar

      hi Alya dulu aku lgsng S1 tanpa foundation

  43. mieralatte Avatar

    Makasih ya udah berbagi pengalamannya. Bermanfaat dan keren bgt

    1. Aiko Avatar

      alhamdulillah kalau bermanfaat makasi sudah baca 🙂

  44. zakiyah Avatar
    zakiyah

    Kak aiko cantik..boleh bagi tips nyari tempat tinggal mahasiswa yg kondusif dan harganya hemat gak kak? Makasih kak hehheeh

  45. zakiyah Avatar
    zakiyah

    Kak aiko cantik . Boleh bagi tips atau info masalah tempat tinggal mahasiswa yg kondusif dan hemat gak kak? Heheheb..

  46. Gina Avatar
    Gina

    Kak, mau tanya donk, aku juga pengen kuliah di Malaysia nih. Tapi,bingung pilih kota yg mana. Menurut kakak, lokasi2 yg cocok dan sering banget dipilih oleh pelajar indonesia untuk kuliah di Malaysia itu kota apa aja ya Kak… Terimakasih…

    1. Aiko Avatar

      Hai, paling banyak di daerah Petaling Jaya tempat aku dulu atau di Cyberjaya

  47. Sari Dwina Avatar
    Sari Dwina

    Halo kak. Terimakasih untuk waktu yang kakak beri dalam berbagi pengalaman kuliah di Malaysianya. Jadi kak, di Taylor’s University nya itu memang totally using English kah kak in class ? apakah ada dosen yang sometimes pakai Bahasa Melayu?

    1. Aiko Avatar

      iya betul. Gak ada sih aku even dulu ada guru orang indo dia ngajar ya full english. ps lg nanya2 baru pake bahasa indonesia

  48. Gcccc Avatar
    Gcccc

    Kak, Taylor’s University itu universitas swasta ya kak?

  49. Zefa Avatar
    Zefa

    Kak, blognya membantu banget terima kasih yah. Aku rencananya mau ngambil Psikologi di Malaysia dan aku liat di Taylor ada jurusan psikologi nya, apa psikologi taylor cukup bagus kak? Atau ada uni lain mungkin yg bisa kakak rekomendasikan? Makasih yah kak

    1. Aiko Avatar

      hi Zefa terimakasih ya sudah menyempatkan untuk baca blog aku 🙂 bisa coba cek Monash dan Sunway juga yahh. Tapi memang fasilitas yang di sediakan sama Taylor’s oke banget hehe

Leave a comment

I’m Aiko

Welcome to my page! Here i talk more about my self journey in life, traveling, and basically random stuff that i’d like to speak up :) I hope it’s usefull to your needs and enjoy!

Let’s connect