Perhimpunan Pelajar Indonesia – UK

16938471_10155060662363518_6692306015338642640_n

Fiuh! Saya baru pertama kali jaga booth dan ternyata…capek ya sodara-sodara hahahah. Jadi saya dan teman-teman PPI UK buka booth di salah satu acara wajibnya British Council, yaitu Education Fair yang bertempat di Fairmont Hotel Jakarta, Senayan. Acaranya hari ini dan besok, di mulai dari jam 12-6 sore.

Nah, sebelum saya pergi ke luar negeri, saya tuh gak tau kalo ada yang namanya Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI yang ternyata ada di seluruh dunia! Kayak dulu pas di Malaysia, Indonesian Society di kampus saya itu namanya KOMANDO’45 yang scope kami dibawah PPI Malaysia. Kalo di US kata papa saya beda, namanya tuh PERMIAS (Persatuan Mahasiswa di Amerika Serikat). Tapi  yang paling di kenal kayaknya PPI karena sampe ada PPI Dunia segala karena saking ke seluruh dunianya. Kalo pernah nonton film Rudy Habibie, ya seperti itulah sekiranya PPI. Cuma ya gak sedrama itu ya hehe, cek cok pasti ada tapi masih dalam level normal.

Oke sebelum lebih jauh, saya mau jelasin dulu nih apasih PPI? Tugasnya ngapain? Seru gak? Siapa aja yang boleh ikutan? Persyaratan ada? Satu-satu akan insha Allah saya coba jawab ya

PPI adalah non-profit organization yang bertujuan untuk menjadi wadah seluruh pelajar Indonesia di luar negeri. Jadi kita itu semacam ambassadornya lah. Kita pun sering partner-an sama kedutaan atau Indonesian company yang memiliki cabang di negara tersebut.

PPI itu terbagi menjadi PPI Cabang (pengurus setiap kota) dan PPI pusat seperti PPI UK ini. Sistem mudahnya, PPI cabang (PPI Newcastle, PPI London, PPI Bristol dsb) itu seperti Osis dan PPI UK adalah MPK yang dimana kita semua gak hanya punya program kerja sendiri, tapi juga ikut andil dalam membantu teman-teman PPI cabang ngurusin acara mereka. Misalkan, PPI Newcastle buat acara pekan olahraga. Mereka butuh bantuan PPI UK untuk bantuin nyebarin ke kota-kota lain. Bisa banget lewat bantuan PPI UK.

Untuk proker dari PPI UK sendiri itu banyak banget, karena setiap bidang wajib punya proker andalan yang nantinya di pertanggung jawabkan kelancarannya di akhir jabatan. Saya waktu itu menjabat sebagai anggota Seni Budaya, nah tugas saya dan team adalah ngebuat acara Seni Budaya yang di adakan di 3 wilayah di Inggris, Utara, Tengah dan Selatan. Gak hanya itu, kita juga ada proker program bahasa, yang dimana beberapa PPI cabang kita tawarkan untuk buat kelas bahasa. Untuk pengajar dan materi nantinya akan di persiapkan dari PPI UK, sementara PPI cabang yang akan eksekusi programnya. Ada juga program Oi Mate! Dimana tim PPI Cabang masing-masing kota akan bantu untuk menjemput calon-calon murid baru di bandara. Jadi gak bakal nyasar dan takut karena sendirian. Kira-kira begitu lah contohnya.

PPI juga selalu ngadain acara meet and greet, yang dimana acara tersebut bertujuan untuk anak-anak baru buat ketemuan dan saling kenal sama orang Indonesia yang ada di kota tersebut. Biasa sih gak hanya student yang dateng, bahkan bapak-bapak dan ibu-ibu yang emang udah tinggal lama disana suka datang dan buka lapak hehe. Seru jadi baru sampe udah makan nasi pecel, sate padang atau soto betawi.

Saya juga gak hanya aktif di PPI UK, tapi pas PPI Newcastle ada acara annual mereka yaitu Discover Indonesia, saya ikut membantu jadi guru pengajar tari dan juga tampil saat acara. Kontribusi sebanyak mungkin deh buat ngebawa nama Indonesia harum 😀

Cara masuknya adalah, biasa setiap tahun dibuka OPEN RECRUITMENT, biasa tuh agak menuju akhir tahun. Kita di haruskan mengirimkan CV dan ada juga interview via Skype. Tujuan dari persyaratan tersebut adalah, karena yang pengen masuk jadi anak PPI UK itu banyak banget. Terbuka untuk seluruh pelajar di seluruh UK. Fungsinya lebih ke pilah-pilih kandidat terbaik untuk posisi yang sesuai. Ada divisi seni budaya, minat dan bakat, external, dan lain sebagainya.

Kerennya lagi kita punya yang namanya Radio PPI UK, jadi kalo lagi ngerjain tugas sambil dengerin lagu Indonesia plus yang jadi radio announcer itu anak-anak student Indonesia, otomatis seru banget dengerinnya. Bisa request lagu pula! Mantep banget deh hehe

Kalo ditanya seru apa engga? Seru bangetttttt!!!! Ikutan aktif di organisasi kayak gini tuh gak hanya ngelatih skill kita buat berorganisasi, tapi juga dapet banyak koneksi yang luar biasa dan pengalaman yang gak bisa di lupain. Justru sekolah di luar negeri tapi gak berkontribusi apa-apa kalo buat saya rasanya sayang aja, kurang greget gitu hehe.

Bagi yang pengen ikut, terbuka kok untuk semua pelajar. S1, S2, PHd, diploma apapun bisa banget daftar buat jadi anggota PPI 🙂

Nah, bagi yang penasaran banget pengen tau gimana sih sekolah di UK, pengalaman langsung dari alumni, mau tanya soal PPI, bisa banget dateng besok jam 12-6 sore di Fairmont Hotel, Senayan. Cari booth PPI UK yang berlokasi di lantai 3 yaa 🙂


Sampai jumpa!

Advertisements

4 thoughts on “Perhimpunan Pelajar Indonesia – UK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s