5 hari di The Vikings, Iceland

Salah satu alasan saya kuliah di UK sebenernya selain untuk mendapatkan ilmu juga untuk melihat aurora borealis. Yup, bisa dibilang salah satu bucket list yang harus terpenuhi akibat keseringan main Tumblr jaman dulu hihi. Gak sengaja liat postingan orang kok keren banget sih Aurora? Saya pun mencari tahu dan ternyata yang paling hits negara buat liat fenomena alam ini salah satunya ya di Iceland. Ditambah saya abis nonton The Secret Life of Walter Mitty, makin kepingin deh ke Iceland karena negaranya bener-bener keren banget alamnya. Bagi yang suka petualangan, pas buat nyoba jalan-jalan kesini. Video jalan-jalan saya juga udah ada nih di Youtube, bisa langsung cek disini

**Sebelumnya saya mau ngasih tau aja nih post ini akan panjang banget hahah karena males buat cerita per part. Semoga gak capek ya bacanya hahaha**

Anyway, alhamdulillah banget saya diberikan rejeki dan kesempatan untuk mengunjungi negara ini selama 5 hari pas easter break kemarin. Itinerary saya bisa dilihat dibawah ini:

Day 1:

Thingvellir
Seljalandsfoss
Black sand beach (Vik)
Hotdog

Day 2:

Kota
Northern lights tour

Day 3:

Kuda pinggir jalan
Skogafoss
Jokulsarlon
Harpa

Day 4:

Geysir
Gulfoss
Northern light chase by ourselves

Day 5:

Blue Lagoon

Selama lima hari itu banyak banget yang terjadi, bahkan sejak keberangkatan. Pesawat sempat delay 2 jam karena traffic di udara. Bahkan bisa ada kemacetan ya di atas sana. Ditambah dengan service dari pesawat Easy Jet yang sangat amat mengecewakan udah bikin mood kami ber lima makin jelek. Ngantrinya puanjang bangeet untuk check in. Ada kali ya 30 menit berdiri dan kami gak nyangka akan sebanyak itu orang pergi ke Iceland. Gak sampai situ aja, selama diatas pesawat mengalami turbulance hebat selama perjalanan dari Edinburgh menuju Keflavik International Airport. Situasi di dalam pesawat udah tegang banget deh, bahkan yang bule-bule saya liat pada komat-kamit baca doa. Memang malam itu udara lagi kurang bersahabat dengan angin kencang plus hujan yang memang bikin pesawat kecil kami harus berjuang menahan hentakan alam.

Multi Faith room di Edinburgh Airport
Ngantrinya ampun!
Keflavik Airport!
Kami menyewa mobil dari HERTZ company yang udah di pre-booked duluan dengan harga 51,627 ISK atau sekitar £296 untuk 5 hari. Karena kami berlima, per person hanya kena bayar £60 aja. Bandingin sama pergi sendiri, aduh mahal banget! Mobil yang kami pesan juga pas, yaitu Volks Wagen Polo putih yang imut udah mirip Yaris. Masalah juga banyak kami alami selama peminjaman mobil. Mulai dari ban kempes, dua velk di roda belakang yang hilang secara misterius, sampai gak dapetnya Wifii untuk di mobil yang bikin hampir abis satu hari kami hanya untuk cari sim card buat handphone yang habis dimana-mana.

VW Polo tersayang
Tapi orang sabar pasti ada hadiahnya hehe. Setelah banyak cobaan di awal, perjalanan kami alhamdulillah mulus gak ada hambatan.

thumb_DSC04867_1024
Yang kuning itu loh apartmentnya
Dalemnya Alfred’s Apt
Bonus, supermarket tercinta
Mie gorieng

Day 1

Karena lapar kami langsung mencari hotdog terkenal yang kayaknya belum ke Iceland kalo belum makan hotdog ini. Too bad, ternyata daging hotdognya adalah campuran daging sapi, domba dan babi jadi saya gak bisa makan😦 Alhasil hanya tanya temen-temen aja gimana rasanya. Katanya sih yang bikin enak karena isinya ada bawang goreng dan saus mayonaisnya beda. Ukurannya kecil sih dan Asia banget. Makan satu gak cukup, bahkan ada yang masih makan trus antri lagi karena paling engga makan dua deh baru berasa.

IMG_6635thumb_IMG_6638_1024

Setelah pusing cari simcard (oh saya merekomendasi Simcard NOVA dengan harga 200 ISK udah dapet 1GB loh! Bisa di beli di supermarket kayak 10/11), kami langsung pergi ke Thingvellir national park yang memang salah satu kawasan dari The Golden Circle (Thingvellir, Gulfoss, Geysir, Strokkur), terus ke Seljalandsfoss yaitu air terjun yang kita bisa susuri sampai belakang air terjun itu sendiri dan terakhir adalah black sand beach atau Reinisfjara di Vik. Rute golden circle ini gampang karena emang saling melewati satu sama lain, terlebih lagi tempatnya gak jauh dari Reykjavik (ibu kota) dan bisa di tempuh dalam kurun waktu 1-2 jam perjalanan. Malam itu kami mencoba peruntungan untuk melihat Northern Lights atau Aurora Borealis dengan bermodalkan Aurora Tracker (malam itu Aurora ada di level 4, yaitu active dan bisa dilihat dengan jelas dengan mata) dan peta. Sayang walaupun langit cerah gak berawan dan full bintang udah kayak di planetarium, kami gak ngeliat sama sekali, atau mungkin gak sadar kalau sebenarnya ada? entah lah..

IMG_6740IMG_7382IMG_7404

Seljalandsfoss Waterfall
Batu-batu yang ada di pantai
Reinisfjara Beach

Day 2

Kami bener-bener pingsan deh saking capeknya, jadi bangun lebih siang dan memilih untuk menikmati kota Reykjavik yang lagi ramai karena turis. Sebelum saya pergi dengan teman-teman, saya menyempatkan untuk mengunjungi Islamic centre (Islamic Cultural Center of Iceland, Ýmishúsið 2nd Floor-2 hæð, Skógarhlíð 20, 105 Reykjavík, Iceland) yang letaknya gak jauh dari tengah kota. Ternyata tutup jadi saya gak bisa masuk, tapi tempatnya terlihat kecil dari luar dan cuma ada plang bertuliskan Muslima dengan bahasa Icelandic.

Perjalanan kami mulai dengan makan di salah satu bar terkenal namanya Icelandic Bar. Saya sangat merekomendasi untuk pilih menu fish and chipsnya, karena selain enak ukurannya juga sebakul alias gede banget! Kalo hotdognya terlalu kecil, gak kenyang dan asia banget ukurannya :p walaupun ya enak juga rasanya. Kemarin saya pesan yang daging domba dan memang dagingnya enak banget.

Icelandic Bar
Hotdog Domba
Menu nya keren kayak Lord of The Rings
Fermented Shark yang rasanya kayak debu:/

Lanjut kami langsung mengunjungi gereja yang bisa dibilang juga landmarknya Iceland yaitu Hallgrimskirkja yang memang adanya di tengah kota dan gak jauh dari Vitastigur, tempat kami menginap. Katanya sih bisa liat pemandangan kota dari atas gereja. Cuma kami gak jadi naik karena harus bayar! hehe *pelit*.

DSC04852DSC04856IMG_7478

Selanjutnya kami mengunjungi landmark lain dari Iceland yaitu Sun Voyager yang terletak di pinggir kota dekat dengan Harpa (concert hall yang arsitekturnya keren banget kalo malem!). Cukup unik dengan bentuk kayak kapal, mungkin karena memang Iceland dulunya tempat tinggal para Vikings jadilah landmark mereka berbentuk seperti kapal perang.

Puffin, hewan khas Iceland

Gerbang khusus gloves yang hanya 1
Setelah jalan ngiterin kota beberapa jam, laper lagi deh hotdog yang barusan dimakan bener-bener gak cukup untuk menyumpal perut kami. Akhirnya kami jajan dunkin donut dan kentang goreng seberang apartement kami yaitu Reykjavik Chips yang saya rekomendasiin untuk beli dengan saus satai. Enak banget!

Saus Satai
Hari itu kami udah booked tiket Northern Lights Chaser di salah satu Tourist Information yang jaraknya hanya 3 menit dari Vitastigur. Sebelumnya kami sudah cek di Aurora Tracker dan malam itu sama dengan kemarin dengan level 4 chance untuk melihat langsung jauh lebih besar, apalagi dibantu dengan ikut tur. Ternyata benar, tiga kali kami berhenti dan tiga kali itu pula kami melihat aurora dengan jelas!!! Subhanallah…saya cuma bisa deg-degan sambil meringis kedinginan, karena posisi kami yang jauh dari kota dan tinggi diatas bukit. Betul-betul ciptaan Allah swt yang sangat indah dan saya cuma bisa terpukau sambil melongo keatas.

DSC04928DSC04968IMG_6897IMG_7514

Day 3

Sebelum memulai hari, kami mengunjungi salah satu restoran murah dan rame banget sama turis karena harganya yang murah (be aware that Iceland is very expensive in terms of food!) namanya Durum, saya memesan Kebab yang isinya lumayan banyak dan hanya seharga 1,490 ISK atau £8.5 (udah termasuk murah loh itu).

Setelah kenyang kami berniat mengunjungi Jokulsarlon, yaitu glacial lagoon yang kalo winter keren banget isinya es semua udah kayak di video-video national geographic itu hehe. Perjalanan kami mulai dengan stop sana-sini kalau ada spot bagus. Itu salah satu keunggulan road trip, mau berenti dimana aja bisa.

DSC05232DSC05234DSC05242IMG_7048IMG_7055

Next, kami ngeliat ada kuda-kuda nganggur di pinggir jalan dalam pagar. Langsung aja kita samperin dan kudanya ramah banget! Kayaknya udah kebiasaan sama turis, malah kalau liat kamera dikit dia ikutan selfie hihi. Hati-hati dengan jaket bulu karena mereka suka banget loh dan bisa aja dijilat :p.

Disaat dalam perjalanan menuju Jokul, saya dan Claresta melihat pelangi dari air terjun dan kami berdua langsung penasaran wah apa itu! Kemarin pas melewati Vik juga kok gak liat? Langsung kami belok dan ternyata keren banget yaampun! Menurut saya ini air terjun yang paling keren dibandingkan dengan Seljalandsfoss, mungkin karena timingnya pas jadi ada pelangi yang bikin air terjun ini udah kayak keluar dari mimpi!. Di sebelah kiri ada tangga menuju bukit kecil yang dimana kita bisa melihat pemandangan di sekitar air terjun. Capek sih naiknya tapi worth it!

IMG_7062IMG_7287IMG_7312IMG_7320

Setelah menempuh lebih kurang 4 jam perjalanan dari Reykjavik menuju Jokul, kami agak kecewa karena Jokulsarlon gak seperti yang kami bayangkan. Esnya udah banyak yang mencair dan hanya menyisakan gundukan es sedikit, walaupun pemandangan gunung es di belakang memang breath taking. Tapi gak lama kami terhibur oleh beberapa anjing laut yang lagi bermalas-malasan diatas es sambil menggaruk perut gendut mereka. Gemes!!! Ada juga yang berenang-renang dan sempat mendekati kami.

IMG_7083IMG_7094IMG_7111IMG_7141

Terakhir kami mengunjungi Harpa (concert hall) yang ada di Reykjavik karena memang saat malam itulah gedung ini keliatan istimewanya. Lampu warna-warni silih berganti naik-turun dan menutup perjalanan kami hari itu.

Day 4

Karena hari pertama sempat salah jalan, kami jadi belum mengunjungi Geysir dan Gulfoss yang letaknya gak jauh dari Thingvellir, yaitu 2 jam perjalanan dari Reykjavik. Sebelumnya kami kembali mencari restoran murah dan kami menemukan Diner (Lebowski Bar) dengan konsep diner ala Americans yang harganya pas di kantong. Burgernya enak banget dan gak mahal, sekitar 1,750 ISK atau £10 udah dapet fries dan minum. Saat itu saya pesen cheese burger dan yang lainnya pesan bacon kalo gak salah.

thumb_IMG_7531_1024thumb_IMG_7533_1024

Untuk nurunin perut, kami berjalan-jalan dulu di kota dan sempet liat demo di depan museum. Baru tau ternyata memang lagi ada demo penurunan PM Iceland yang katanya korup banget.

Gak berapa lama temen saya bilang ada Ice Cream enak namanya Valdis dan gak jauh lokasinya. Sampe sana udah agak rame dan untungnya cuaca lagi panas dan enak buat makan es krim. Tokonya kecil tapi apik dan bergaya kekinian anak muda dengan warna hijau tosca sebagai warna utama toko. Saya pesan yang walnut & caramel dan serius!!! Enaknya pake banget huhuu kepingin lagi.. Gak salah deh buat mampir kesini kalau lagi di Reykjavik.

IMG_7562IMG_7565IMG_7567

Salted nut and caramel yang juara rasanya

Saat dalam perjalanan menuju Gulfoss, kami melihat sungai keren yang langsung aja karena saya yang lagi bawa mobil saya belok untuk melihat sungai lebih jelas. Dalam perjalanan, kami melihat dua bule bermain dengan beberapa kuda liar. Wah ide nih buat foto lebih dekat dengan kuda-kuda itu. Saat dua bule itu pergi, giliran kami berlima yang keluar dari mobil. Tapi entah kenapa kuda-kuda itu terlihat sangat gak bersahabat, mukanya seperti ingin kami pergi. Bener aja, saat saya semakin merasa gak enak feelingnya, salah satu kuda mendekati dengan muka mengusir. Saya dan yang lain segera ke mobil dan mempercepat langkah. Pas lagi mau mundurin mobil, sialnya jalanan kecil dan lumpur yang agak dalam. Ban mobil belakang masuk dan nyangkut! Sementara kuda itu semakin dekat dengan mobil dan kami cuma bisa panik hahaha. Akhirnya saya minta bantuan teman-teman untuk mendorong mobil maju kedepan sementara saya menekan gas sekuat tenaga. Alhamdulillah!!! langsung saya tancap gas dan pergi dari sana. Semenjak itu saya dan teman-teman trauma dengan kuda liar hehe..

thumb_DSC05460_1024

Akhirnya kami melanjutkan perjalanan menuju Geysir, ituloh air alami geothermal yang nyembur dari permukaan bumi. Baunya khas bau kamar mandi di apartment kami hehe (Iceland memakai air geothermal untuk sehari-hari). Semburan air harus di tunggu sekitar 5-10 menit, jadi harus tahan dingin-dingin kalau mau lihat proses penyemburannya ya hehe.

Tempat terakhir adalah Gulfoss, yaitu air terjun yang subhanallah…..kerennya beda deh dengan Skogafoss. Masih ada sisa es di kiri dan kanan yang bikin pemandangannya sangat menakjubkan. Saya dan yang lain mencoba semakin mendekat ke air terjun yang dimana, dinginnya luar biasa haduh…Tapi bagus buat foto kok jadi worth it😀

Malam itu Claresta melihat level 3 (moderate) di Aurora Tracker. Karena udah ikut tur dan lebih tau bagaimana cara mencari aurora yang baik (saya kan mengulas caranya di post berikutnya), kami nekat dan percaya diri kali ini pasti dapet. Apalagi wilayah dekat Reykjavik termasuk cerah, langsung kami pergi pukul 11 malam saat benar-benar gelap dan pergi menjauh dari kota. Bener aja…ada!! setelah keliling 1 jam naik bukit, kami mendapatkan aurora dan malah berkesempatan untuk foto berlima dibawahnya! Alhamdulillah..

Day 5

Gak berasa hari terakhir dimana kami harus pulang😦 padahal masih pengen lebih lama lagi, dan belum sempat mengunjungi Akureyri, salah satu kota di Iceland yang katanya juga bagus banget. Sayang letaknya jauh diatas. Mungkin next time. Insha Allah

Destinasi wajib dan terakhir adalah Blue Lagoon, air geothermal yang mengandung mineral yang tinggi dan suhunya pas buat santai sambil berendam. Tempatnya keren dan modern banget loh! Sayang foto dan video di Blue Lagoon ada di HP saya yang kecemplung pas lagi berendam disana😦 hilang semua deh. Untungnya ada foto dari teman-teman saya.

Kami memilih tiket yang paling murah yaitu 40 Euro per person yang hanya bisa digunakan untuk masuk dan pake silica mud gratis tanpa dapet sendal, bathrobe dan handuk. Tiga hal itu harus bayar lebih atau pilih tiket yang lebih mahal. Gak lah bisa bawa sendiri dari rumah yakan😀

Sebelum masuk Blue Lagoon kita diwajibkan untuk membasuh seluruh tubuh untuk menjaga kesterilan air Blue Lagoon itu sendiri. Didalamnya udah ramai turis yang lagi bermalas-malasan atau berfoto dengan muka putih dengan silica mud masker yang bisa diambil di sekitar kolam. Ada juga bar dimana kita bisa memesan minuman dan dibayar setelah check out. Saya merekomendasi Skyr Banana Smoothie yang rasanya enak banget! Beneran enak! Skyr sendiri adalah yoghurt khas Iceland dan beneran deh, isi kulkas kami selama di Iceland udah pasti ada yoghurt itu hahah. Bisa dibeli di supermarket kayak Bonus dan lainnya. Rasa yang enak tuh coklat, vanila dan pisang. Highly recommended!

Betul-betul gak terasa petualangan kami di Iceland udah harus selesai. Sungguh salah satu memorable experience deh kalo ke Iceland, apalagi kalau perginya winter udah pasti bagus. Saya langsung berniat pergi lagi kesana pas winter hehe karena pas spring kayak sekarang salah satu tempat yang ber es kayak Jokulsarlon udah gak ada esnya.

**Ini kira-kira perrincian budget selama 5 hari di Iceland:

Tiket pp dengan Easy Jet dari Edinburgh: £175

Tiket pp Newcastle- Edinburgh: £17

Alfred’s Apartment: 620 Euro atau £500 (dibagi 5 jadi £100 per orang)

Mobil VW – Polo dari Hertz: £296 (dibagi 5 jadi £60 per orang)

Parkir mobil ada P1 (250 ISk), p2 & p3 (125 ISK), ditengah kota adalah P1 (250 ISk) dan harganya lebih mahal tapi lebih aman. Kalau weekend dari jam 10-4 dan weekdays 9-6. Sisanya hari minggu yang gratis

Bensin untuk isi fullnya: 6000 ISK (Sehari kami bisa isi 2 kali kalau perjalanannya jauh) atau £34

Makan perhari: 1000-2000 ISK (Jangan lupa bawa Mie Instan dan kalau bisa masak untuk menekan budget) atau £11

Northern Lights Tour: 6000 ISK (cek Aurora Tracker sebelum nyari Aurora, biar jelas kapan waktu terbaik dan gak menyesal. Kalo gak dapet Aurora uang dijamin balik)

Blue Lagoon: 40 Euro atau £32

Souvenir (3,470 ISK):

• Magnet kulkas 690 ISK atau £
  • Snow ball 1,290 ISK
  • Key chain boneka Puffin 1,490 ISK

Hotdog pinggir jalan: 300 ISK atau £1.7

Sim card Nova: 200 ISK atau £1.5

Perkiraan untuk total budget 5 hari dalam pound: £500-600 atau Rp 11 juta-an

Tips: Untuk belanja beli di BONUS supermarket, karena setelah kami susuri beberapa supermarket yang ada di Iceland yang paling murah itu dan paling lengkap. Kalo di city centre ada di dekat apartment kami (Jalan Vitastigur)

So, are you ready for Iceland?🙂

25 thoughts on “5 hari di The Vikings, Iceland

1. iya mbaaa ayo nanti winter ke iceland. Betul mba dijamin sm mrk kalo gak dapet uang kembali jadi pasti mrk usahain bgt kita liat aurora kl ga mrk rugi hehe

1. Wih Indomie sampe disana juga ya hahaha gaul abisss, namanya lucu lagi “mi gorieng” untung bukan mi goyeng😀
    Asyik banget perjalanannya kak, tercapai juga ya liat auroranya🙂

1. iyaa lucu deh pas aku kmrn liat juga ketawa gitu lha kok mie gorieng. iya Alhamdulillah one of my bucket list bisa di coret dari listnya😀

1. uuuu aurora Australis lbh keren sih mba menurutku. Warnanya ada campuran ungu pinknya huhu. Wihhh mantep semoga dapet ya mba😀 hehe

2. Itu rental mobilnya lumayan mahal ya, kita ke Iceland 4 hari 3 malam cuman bayar sekitar 1200 DKK alias 120 GBP maybe? Dan kita ga pernah dapat masalah sama sekali.

Asik ya Iceland, aku mau balik pas summer, pas kita kesana waktu itu bulan Februari, dinginnya luar biasa, bahkan untuk kami2 yang tinggal di Skandinavia.

1. Nah teman ku yang bertugas buat rental mobil gak baca review dulu. Kalo di Iceland yg paling big no no emg Hertz huhu apes😦 wih aku aja yang kemarin bulan maret udh kedinginan. Emang Iceland lebih oke pas winter sih ya mba katanya tapi. Jokulsarlon waktu itu udah banyk yg melt esnya😦

3. Halo mba salam kenal, saya Aulia baru mulai kuliah di London 2016-2017😀 menarik bgt blognya hehe.
    Mau nanya mba, yang nyetir mobil temen mba ya? Udah punya sim internasional? Itu dibikin pas di negara asal ya? Thanks sebelumnya!