Kurus tanpa diet? Bisa! Cobain 11 tips berikut yuk!

PicMonkey Collage
Before vs After – Before nya gendut banget ya foto pake Poffertjes hahaha. Itu coat hitam juga udah sempit padahal tadinya longgar.. Afternya ini baru turun 3-4kg

Namanya calon pengantin, pasti pengennya tampil dengan kondisi prima dong pas hari H nanti. Salah satunya adalah ukuran badan yang lagi jadi perhatian utama. Pengen nanti kebaya jatohnya cantik dan gak keliatan gendut, pas di foto juga pipi gak bulet, dan tentunya tampilan baru buat si calon suami hehe.

Bedanya kali ini saya gak diet kayak dulu. Jujur nih ya, resolusi tiap tahun salah satunya pasti sama, yaitu kurus! hahaha.. Biasa nih nurunin berat badan pasti sukses ya dengan diet ketat, kepangkas deh tuh 10kg dalam kurun waktu kayak 3 bulan. Tapi ya karena diet ketat, singkat dan nyiksa itu, setelah apa yang diinginkan tercapai loncat lagi timbangan ke angka semula. Balik lagi makan hap sana hap sini gak pandang porsi. Hih… Jadi ya tiap tahun sama terus niatnya, buat mangkas 10kg tadi hahahaha

Nah, tahun ini saya mau mencoba hal baru dan terbukti sukses! Saya gak akan nulis ini kalo emang gak ada hasil yang saya capai yaa, jadi silahkan bagi teman-teman yang ingin mencoba.

Pertama yang paling penting adalah luruskan niat kita deh. Kalo niatnya diet dan ngurusin badan, yakin pasti setelah apa yang kita inginkan tercapai balik lagi si berat badan. Tapi kalo mindset kita rubah dengan, “Gue mau hidup lebih sehat, kurus itu bonus” nah itu yang menjadi perbedaan. Dengan gaya hidup lebih sehat, dijamin kurus pasti ikutan juga. Walaupun prosesnya gak se-instant diet ketat, tapi di jamin lebih gampang dan gak nyiksa. Udah gitu resultnya lebih jangka panjang loh

Kalo gitu tips hidup sehat ala Aiko apa nih?

  1. Ganti piring besar jadi piring kecil/mangkok

Ini ngaruh banget guyss!!!! Ukuran makan saya yang tadinya kayak sopir kenek antar kota jadi kecil banget, seukuran mangkuk sop. Kalo kelebihan malah eneg pengen muntah. Ganti piring itu sangat membantu kita untuk train our mind and body, menyesuaikan ukuran makanan yang masuk ke tubuh. Jadilah craving for more itu terhindari karena ya ukuran makan udah segitu. Kalo lebih udah gak mau.

2. No rice. at all.

Ini lebih ke kesehatan ya. Sudah terbukti banget kalo makan nasi tuh gak terlalu bagus untuk tubuh disebabkan nasi yang mengandung banyak gula (glukosa) susah di cerna tubuh. Ini yang bikin kita gendut, perut buncit, dan ngantukan. Sering kan kalo abis makan nasi perut agak buncitan. Nah itu penyebab dari nasi. Saya pun gak bisa makan nasi lagi karena ngaruh ke muka. Jadi jerawatan bangeeet gak tau kenapa. hih. Jadilah saya ganti dengan kentang rebus. Sementara roti emang senengnya roti gandum dari dulu, kalo roti biasa bangsa roti coklat atau keju masih makan kok. Cuma ya gak sering juga ya. Mie pun masih makan tapi pas lagi kepengen banget, sebulan mungkin 1-2x aja.

3. Anak sayur

Sayur don’t lie hahahah. Bener deh, kalo laper banget lelepin aja sayur yang banyak pas makan siang. Gak gendut kok. Even malem, saya masih makan tuh lauk-lauk makan siang tapi porsi sayurnya double supaya ngenyangin. Kebiasaan makan sayur ini bagus banget buat pencernaan dan kulit. Berasa deh pokoknya khasiatnya banyak makan sayur ini. Bagi yang gak suka sayur, ganti dengan buah ya. Paling bagus tuh buah apel deh dari semua buah yang ada. Ngeyangin dan kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh

4. Minum air yang banyak

Saya kalo minum air putih kayak onta, bisa 2 liter lebih setiap harinya. Kadang kita ngerasa laper bisa jadi sebenernya haus loh, jadi otak ini salah nangkep sinyal. Coba kalo laper minum air putih yang banyak, kalo masih laper baru makan. Jangan nyemil ya hehe

5. Green tea setiap malam

Nah setelah makan malam, selalu saya tutup dengan minum teh hijau asli dari cina itu. Bukan yang di tea bag ya, tapi yang masih daun-daun gitu. Ini bagus banget buat mangkas lemak dan sebagai antioksidan untuk tubuh. Banyak deh manfaat teh hijau ini. Biasa perut pasti rata besoknya setelah minum teh hijau

6. Weekend, all i want

Kalo orang diet biasa sebut cheat day, kalo saya biasa sebutnya hari terserah hehe. Terserah hari itu mau makan apa aja silahkan asal masih dalam porsi kita seperti biasa. Jangan malah jadi kalap yaa

7. Makanan sebelumnya apa?

Kita harus pintar-pintar mengingat makanan apa yang udah masuk sebelum makan lagi. Misal, kemarin baru makan steak ya besoknya jangan daging lagi. Kebanyakan daging merah juga gak bagus loh. Jadi pastikan seimbang, sebulan 1-2x aja. Misalkan juga, kemarin baru makan pasta, nah hari ini makan sayur yang banyak. Jadi gak nyerap lemak kebanyakan juga

8. Protein my love

Banyak-banyakin asupan protein kayak telur, daging ayam, ikan, kacang-kacangan. Saya sih ayam gitu masih yang di belado, dikasi kecap whatever lah biasa aja, gak yang kukusan. Makan pun masih enjoy-enjoy aja hehe. Ikan senengnya di kukus atau belado (orang padang teteup belado yes). Untuk produk semacam susu, keju lebih baik dikurangi. Ganti dengan bahan dari kacang kedelai atau almond

9. Olahraga teratur

Mau gak mau, males gak males, olahraga is a must. Bukan karena pengen kurus, tapi karena pengen sehat. Gak usah yang muluk-muluk amat, jogging, lari, senam aerobik dirumah nonton youtube juga udah oke banget loh. Bagi yang gak ada waktu ke gym atau liat harga kok muahal, mending dirumah aja. Udah banyak banget video ciamik yang bisa bikin keringetan kayak abis kelas RPM di gym. Ini video yang saya suka banget pake buat latian dirumah. Capek buanget asli dan keringetnya Masya Allah.. silahkan dicoba hehe.

Saya olahraga biasa 3x seminggu dengan durasi 30 menit – 1 jam. Pertama lari, udahannya shadow boxing dan senam-senam ala di youtube kalau masih kuat. Kalo engga paling push up & sit up (50 each) plus planking (1 menit). Cobain varian olahraga lain supaya kita gak bosen kayak zumba, muaythai, dan lain sebagainya.

10. Makan dulu sebelum hangout

Ini menghindari setan-setan yang nyuruh kita jajan gak jelas pas lagi hangout sama temen diluar. Jadi karena kita udah makan, pesen aja minum. Selain itu juga menghemat uang di dompet gak sih hehe

11. Tidur cepat

Jangan kebanyakan begadang, karena kita sebenernya butuh 7-8 jam tidur untuk regenerasi sel-sel penting dalam tubuh. Gak hanya itu, begadang bikin pengen nyemil yang udah pasti gak sehat. Badan juga cepet capek, ada kantung mata dan bagi yang muslim bisa kelewat sholat subuh loh! Biasakan tidur paling lambat jam 11 deh, pasti lebih kerasa bedanya ketimbang tidur jam 12 keatas

So far alhamdulillah saya udah turun 6kg dalam waktu 2 bulan tanpa bersusah payah diet loh. Masi happy-happy aja dengan makan apa yang saya mau dalam porsi tepat. Jajan pinggiran atau makan junk food pun kadang masih, asal balik lagi ke poin nomor 7 yakin berat badan gak bakal meledak deh. 2 bulan ini kerasa banget khasiatnya kayak, gak gampang sakit! Dulu, tiap bulan saya sering flu atau sinus kambuh. Sekarang alhamdulillah udah 2 bulan ini gak sakit atau cepet capek. Pokoknya badan seger!

Emang sih saya masih ada goal berat badan, tapi bukan kecilin porsi makan, lebih ke tambah porsi olahraganya. Dari yang biasa 3x seminggu jadi 4x seminggu dengan durasi 30 menit.

Ini bukan tips diet ya, tapi lebih ke tips pola hidup lebih sehat dan belajar mengendalikan diri sendiri. Sabar dengan prosesnya, karena ini bukan instant yang menjanjikan perubahan tubuh secara cepat. Biasakan dulu pola makan dan ukuran, nanti keliatan sendiri kok resultnya. Bisa banget loh tips dari saya ini di kreasikan sesuai dengan pola hidup masing-masing. Senyamannya aja. Cara ini sukses banget bikin cara hidup saya berubah total, jadi lebih sehat gak gampang sakit dan semoga akan seperti ini terus kedepannya.

Yuk hidup lebih sehat dengan menghargai dan bersyukur apa yang telah Tuhan kasih ke kita πŸ™‚ Jaga dengan baik dan insya Allah, kurus juga dapet hehe

Advertisements

44 thoughts on “Kurus tanpa diet? Bisa! Cobain 11 tips berikut yuk!

  1. Manda.. aku pernah baca katanya sendok yang dipake juga bisa mempengaruhi. Sebelas dua belas sama piring. Kalo makannya pake sendok yang lebih kecil dari sendok makan kita biasanya, katanya bikin cepet kenyang jugaa.. btw sehat-sehat ya calon manteeen, sukses dietnya :3

    1. Wah iya ta, bisa jadi sih krn sendoknya kecil, jadi pelan-pelan juga ngabisin makanannya yaah. Apalagi kalo pake tangan, lebih lupa diri hahahahha. aamiiinn thank you say ❀

    1. wiwww sukses juga ya mbaa cara penuruan berat badan kayak gini πŸ˜€ nah aku takut pas hamil naik lebih dari 20kg aaaa nuruninnya gimanaaa 😦

  2. Aku sebelum nikah tanpa disangka turun 3kg ke 47kg. Bukan karena diet tapi karena setress ngerjain thesis haha ditambah lagi ngurusin persiapan kawinan yg cuma 3 bulan berdua sama suami, lintas benua pula. Niatnya pengen diet. Eh, karena thesis berat badan turun sendiri πŸ˜…
    Aku sudah hampir setahun ini sudah jarang makan nasi putih. Bukan karena diet tapi karena memvariasikan karbohidrat. Jadi karbohidrat kudapatkan dari jagung, ubi, singkong, quinoa, couscous, nasi merah, nasi coklat, kentang, pasta. Pernah ga makan nasi putih selama 4 bulan, dan makan karb dari sumber yg kusebutkan di atas. Badan jadi enak, ga cepet ngantuk dan ga lemes. Dan sudah 8 tahun ini makan karbohidrat cuma pas makan siang, makan malam full sayuran segar dan sarapan ekslusif buah. Alhamdulillah sejak aku mengikuti pola makan FC (sudah 8 tahun lebih) badan jadi ga ringkih kayak sebelumnya yg gampang banget kena flu. Ini aku ga ingat kapan terakhir kena flu. Dan digempur sama cuaca Belanda juga bersyukur baik2 saja. Semoga kita semua selalu sehat yaa.

    1. kalo stress pasti otomatis ya mba turun hahah. nah aku juga tuh gak makan nasi krn bukan diet, tapi krn jerawatan dan gak suka after effectnya bikin begah. Kalo makan kentang atau ubi kayak pengganti badan jadi tetap enak dan gak kekenyangan berlebih. Bener mba, jarang banget ya jadinya sakit, kecuali ketularan sekitar hehe

  3. Mungkin dibilang diet juga bukan ya sis, tapi mengubah pola hidup ya sis. Waktu di Kalimantan, berat gw more than 62 kg, skrng sudah 6 bulan turun dibawah 55 kg (kurang lebih) lama, tapi alhamdulillaah. πŸ˜€
    Bener banget dengan kita harus mengingat makanan apa yang sudah kita selama 1 hari, agar bisa mengontrol asupan biar gak berlebihan.

    Ampe jakarta gw coba mengubah pola hidup dari bangun tidur sampai tidur lagi. Dari bangun tidur yang bersyukur, happy, minum air putih yang banyak. Lalu sarapan yang jangan terlalu berat.
    Sebenarnya setiap orang memiliki tubuh berbeda-beda ya, jadi kalau pola makan itu gw trial and error yaa, krn punya asam lambung yang sudah akut dan gula darah yang sering drop. Agar untuk mencegah kambuh nya asam lambung, pagi minum air putih, sarapannya biasanya smoothies / jus / granola + susu diet (hehe) susu diet yang memang sudah cocok ya. Terus sekitar jam 10 ngemil snack diet atau buah, biasanya bawa buah ke kantor. Makan siang baru deh makan nasi, dengan berat gak lebih dari 250 gram, biasanya sih 1,5 centong nasi udah 250 gram kurang dikit lah. Jadi less rice, banyakin lauk, lauknya juga yang ber-protein. Untuk sore sekitar jam 4 atau jam 5 biasanya ngemil buah lagi / snack sekali lahap (haha). Malam jarang makan sih, kalau laper tinggal minum air putih atau buat teh manis anget. Tidurnya minum air putih juga dan kurangin begadang.
    Lalu olahraga juga itu penting, at least kl gw 3x seminggu.

    Turun berat badan sih agak lama yah, tapi bertahap cuma pasti turun, karena sekali lagi, tiap orang tubuhnya berbeda termasuk sistem perncernaannya. Sekarang alhamdulillah badan selain gak lemes bisa makin seger karena polanya sudah diatur.
    Jadi intinya, harus mengenal tubuh diri sendiri dan harus sehat juga.

    SEMANGAT !

    1. semangat hidup sehat ya sis! Alhamdulillah banget lo turun banyak loh itu! Ayo jangan krn mau kurus, tapi krn mau sehat hehe. Semoga kita diberikan kesehatan selalu yaa, aamiiin

  4. Olahraga itu emang ngaruh bgt ya πŸ˜„. Coba deh Man, kalau makan setelah disuap sendok garpu diletakin dipiring, biasanya kita jd makan lebih lambat dan cepet kenyang

  5. Haha terima kasih tips nya kak, ku tulis untuk hidup sehat. Ga melulu soal diet sih terutama poin olahraga, tidur, dan makanan (nasi, sayur, protein). It’s list to do for healthy life, I think.

  6. Rabu-kamis ini aq makan nasi padang buat makan siang 😭😭😭😭😭

    Nimbang ttp aja BB bertahan di 63kg.
    Mau makan nasi atau ngga hikksss.
    Ya Allaaaaaah nasib kebaya guee 😭😭😭😭

    *aku curhat beneran iniihh
    *mulai jdi bridezilla

    1. jangan sedih syer, angka bukan segalanya *ciee* kalo emang kamu sehat di berat segitu gk papa kok, siapa tau berat itu lebih ke tulang dan massa otot, bukan lemak πŸ˜€ aku pernah olahraga kenceng makan ga banya berat ku malah naik 3kg. Kata PT fitness itu massa otot ku nambah smntr massa lemak berkurang hehe

  7. huwaaa keren tips-tipsnya mandaaa, emang bener sih banyakin sayur buah dan olahraga itu wajib. Tapi gimanaaa kadang bosen gituuu hahahaha πŸ˜€ *tujes2 perut*

  8. Aku yang susah nasiiii, tapi udah better sih dibanding dulu. Karena sadar udah kepala 3, baek2 deh sama nasi πŸ˜‚. Baek2 ngejauhiiiin. Aku abis baca ini langsung ngemil apel mandaaaa

  9. Bagian tidur cepat dan olahraga yang masih susyaaaaah banget >.<
    tapi tadi pagi udah jogging looh, tapi ya gitu langsung disuguhin semangkuk telor sama mie sama temen T.T sedih tapi seneng /doeeeng/

    Kalau masalah tidur cepet itu soalnya biasanya terganggu sama youtube [?]
    tapi hmm!!! Bener deh, harus dimuali niat yang bener-bener kuat. Semoga aku bisa xDDD makasihtipsnya kaaaak πŸ™‚

  10. Saya rasa yang udah nikah pun perlu menjaga tubuh biar gak jadi gendhut.. πŸ˜€
    Biar masih berasa pengantin baru.. hehehe.. Tapi intinya lebih ke kesehatan..makin tambah usia makin rentan kena penyakit. kalo gak dijaga sejak sekarang nanti menyesal kalo sudah kena penyakit.. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s