Beberapa Hal Tentang Kehamilan

Gak pernah sebelumnya terlintas di benak saya kalo hamil itu gak sekedar berat doang karena bawa bayi, tapi masih banyak lagi yang ternyata di korbanin seorang ibu untuk menjaga kandungannya selama 9 bulan. Yah begitulah manusia, kalo belom mengalami mungkin bisa anggap sepele dan ngeliatnya “biasa aja”.

Tepat banget besok usia kandungan saya masuk ke Trimester 3, dimana waktu udah semakin dekat buat baby K keluar dan banyak yang harus di persiapkan. Bersamaan dengan itu pula saya udah gak sabar pengen tau what 3rd trimester will offer yang udah pasti unik macam trimester 1 dan 2.

Saat sebelum terbang ke UK, orang tua dan keluarga yang lain suka cerita gitu gimana mereka dulunya pas hamil. Gak bisa di samain ya setiap kehamilan itu beda. Wong hamil anak pertama, kedua dan seterusnya aja pengalamannya beda, gimana beda orang.

Standarnya, orang biasa kasih tau kalo hamil itu suka mual, ngidam, sakit pinggang sama susah tidur. Udah itu aja. Sisanya saya baru mengungkapkan pas lagi hamil ini, dan ternyata banyak sodara-sodara!!

Ini dia yang saya alami:

Trimester 1

  1. Mual dan benci banget sama masakan padang, terlebih yang santen hii. Nyium bau nasi di tanak juga eneg banget, sampe biasanya lebih suka nasi dingin daripada nasi panas ngepul.
  2. Muntah beberapa kali, biasanya kalo kebanyakan makan hehe
  3. Badan rasanya kayak abis tawuran (lha emang pernah tawuran Ai?) ya pokoknya sakit satu badan deh, apalagi bagian area rahim itu kayak abis diinjek
  4. Kalo mual cuma bisa makan roti atau sereal. Ini mau gak mau daripada gak makan. Tambahannya paling minum susu lagi abis itu biar at least ada gizi masuk ke bayi
  5. Males. Wah parah males banget ngapa-ngapain. Mandi aja males, pengennye uwel-uwel di kasur apa sofa sambil nonton film. Ini masih sampe sekarang walau udah gak semales pas trimester 1.
  6. Kucel dan gak pernah dandan. Asli dandan gak pernah kalo gak ada acara penting. Even eyeliner, alis, lipgloss aja enggak. Ini juga masih sampe sekarang
  7. Jerawatan parah! wah…parah banget sampe ga ngerti lagi. Saya bukan bumil glowing yang kulitnya jadi bagus hiks. Kalo keliatan di foto licin ya namanya juga foto hehe. Ini juga masih sampe sekarang
  8. Lemes dan tenaga cepet abis
  9. Gak suka pekerjaan rumah! Duh males ah pokoknya hahaha
  10. Jadi gak suka salmon padahal tadinya pecinta salmon. Mungkin karena bau amis ya gatau juga deh padahal dulu makan sashimi bisa berpiring-piring
  11. Badan penuh gas banget, suka kentut dan gelegean parah kayak orang masuk angin. Ini masih sampe sekarang

Trimester 2

  1. Mulai berenergi, jalan kemana-mana mulai kuat dan masak juga (mau gak mau) udah kuat. Palingan kalo lagi goreng sama motong harus duduk di depan kompor
  2. Sakit dibawah pinggang akut. Sakitnya tuh kayak dudukin jarum aja gitu, sampe gak kuat berdiri
  3. Sakit di bagian paha dan betis. Ini sampe kebangun sejuta kali deh, rasanya kram gitu
  4. Tidur gak nyaman. Mulai berasa engapnya dan tidur cuma bisa nyamping kiri apa kanan. Kadang ampe kesemutan huhu
  5. Pipis berjuta-juta kali!!! Terlebih saat jam 2 apa 3 pagi dan biasa kebangun 2-3x pas malem dengan kelipatan waktu dua jam. Sebel kan lagi enak tidur eh bangun, kamar mandi, tidur lagi trus 2 jam kemudian bangun lagi karena kebelet ya gitu terus deh. Udahannya gak bisa tidur jadilah suka cranky pagi-pagi hahaha
  6. Sesek napas. Sering banget suka ngos-ngosan sampe abang nanyain kok napasnya kenceng banget -_- huhu ya gimana sesek aja gitu mau napas plong gak bisa
  7. Udah gak mual lagi apalagi muntah. Makan apa aja bisa, termasuk yang santen-santen gitu.
  8. Gatal akut dibagian PD. Sampe garuknya suka ekstrim grauk-grauk gitu. Abang suka marah kalo udah gitu katanya jangan sampe ngerusak aset huahaha
  9. Rambut tumbuh cepat. Ini bener ya, rambut saya dulu suka lama panjangnya, sekarang kayak beberapa bulan aja udah panjang aja gitu
  10. Tiap pertengahan minggu (Rabu/Kamis) berasa gak enak badan. Mungkin karena mau ganti minggu kali ya karena kan tiap minggu pertumbuhan bayi melajut pesat, begitu juga sama rahim kita yang makin melebar buat persiapan si bayi.
  11. Linea Nigra. Ini tuh kayak garis item yang melintang dari bawah PD sampai atas rahim. Suka aja liatnya berasa hamil banget hahah
  12. Susah pakai sepatu dan kaos kaki
  13. Jalanan nanjak pasti wajib di dorong dari belakang kalo mau sampe tujuan hahaha

Ya begitulah rasanya hamil, walaupun banyak pengorbanannya tapi lebih banyak senengnya sih karena gak sabar buat ketemu. Penasaran dia cowok apa cewek (saya dan abang gak percaya sama USG), penasaran mukanya gimana mirip siapa, belum beli ini itu barang bayi yang gemes-gemes.

Saya juga gak ada rasa takut buat melahirkan. Sakit ya yaudahlah tapi sakitnya pasti bakal cepet lupa karena liat anak sendiri.

Gak sabar beberapa bulan lagi gendong baby K dan masuk ke ranah motherhood ngurusin krucils yang menggemaskan 🙂

Advertisements