Event Ikhtiar Cinta by Hijab Sally Heart

sallyheartevent-ikhtiarcinta

Saya ini kalo boleh jujur gak punya terlalu banyak teman berkerudung. Gak tau kenapa ya, banyakan yang gak berhijab. Gak salah sama sekali sih, tapi kepengen aja punya banyak temen berkerudung yang sama-sama lagi hijrah dengan niatan yang sama. Kayaknya feelnya beda aja gitu. Pas tau ada acara Ikhtiar Cinta yang di selenggarakan olah Hijab Sally Heart, gak pake lama langsung saya bayar registrasi dan dengan segenap hati datang sendiri hahaha. Gak hanya pengen suasana aja, yang dateng juga kebetulan artis-artis seru yang saya juga kepengen tau proses mereka hijrah itu seperti apa sih. Narasumbernya banyak loh ada 9, yaitu Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu, Risty Tagor, Egi John, Caisar dan Indadari, Hamas Syahid dan Aditya Pratama. Pastinya lagi banyak bazaar lucu-lucu dan bisa belanja hijab sally langung hihi :p udah ketauan yaa pengen belanja hehe

Hari itu saya setelah sholat subuh langsung buru-buru berangkat ke SMESCO, tempat acara Ikhtiar Cinta di selenggarakan. Subhanallah ruameee buangeeetttttt!! Registrai ulang aja udah panjang banget antriannya, padahal baru jam 7 pagi loh. Katanya sih ada ekitar 2500 akhwat yang datang. Bahkan, ada loh yang jauh-jauh dari kota lain dan sengaja datang pagi banget atau dari hari kemarin cuma untuk datang ke acara ini. Salut!

DSC09267DSC09268

Masuk ke dalam saya di suguhkan dengan berbagai vendor menarik, mulai dari Hijab Sally Heart, Like Islam Project, berbagai jualan makanan, minuman, buku, dan sebagainya. Jadi kalap sendiri hihi. Alhamdulillah banget semua yang di jual hari itu diskon gede, kalo beli online jadi harga normal. Seneng juga bisa langsung coba produk-produknya, jadi tau bahan dan jatohnya gimana pas dipake.

DSC09269DSC09270DSC09271DSC09272DSC09273DSC09274DSC09276

Saya terkesima banget sama yang hadir. Semua ukhti-nya berhijab syar’i loh mayoritas. Bahkan banyak pula yang bercadar. Padahal acara ini akhwat only. Pakaiannya pun lucu-lucu dan warna-warni, saya jadi ngerasa gak sendirian berhijrah. Hari itu pun saya ikutan pake yang syar’i juga, satu set khimar beserta gamis yang baru aja saya beli online dari Hijab Sally. Ternyata nyaman dan gak se-ribet kalo saya pakai hijab seperti biasa. Dengan banyak peniti, di gelung sana-sini, belum lagi dada yang suka gak sengaja terlihat karena memang masih bentukan gaul masa kini. Memang seharusnya hijab memudahkan ya, bukan membuat ribet si pemakai 🙂

DSC09277
udah mulai rame
DSC09278
Popcorn Gratisss
DSC09287
Live Drama
DSC09295
Risty Tagor
DSC09297
Shireeng Sungkar dan Teuku Wisnu
DSC09281
Caisar

Bintang tamu pertama, yaitu Mba Indadari dan Mas Caesar abu kipsmail. Udah tau dong, Caesar yang suka joget-joget di TV itu sekarang udah berhijrah dan meninggalkan dunia ke artisannya. Bahkan sekarang lebih memilih berdagang yaitu jualan kaos, buka warung makan, dan sebagainya. Hebat banget, subhanallah. Mula-mula Mba Indadari yang sudah 2 tahun bercadar cerita gimana dulu awalnya kok bisa sama Mas Caesar. Ternyata, Mba Indadari lah yang mengajak suaminya berhijrah, pokoknya kalo emang mau sama dia katanya minta ridho-nya sama yang buat dulu. Dari situ lah suaminya mulai belajar agama lebih giat. Ada pula tips istiqomah dari Mba Indadari yaitu, meminta dan berdoa sama Allah, meletakkan kematian di depan kita, mendatangi majlis ilmu, berkumpul dengan orang sholeh dan yang terakhir akhlaq oriented, yang berarti apapun yang kita kerjakan harus di sambungkan dengan akhirat dan akhlaq yang baik. Wah keren banget ya tips nya!

Berikutnya adalah Egi John, artis muda yang kalo pada ikutin gosip sempet sama Marshanda dan putus. Nah, hikmah dari drama putusnya adalah dia berhijrah ke jalan Allah sampai jadi alim banget kayak sekarang. Memang, kalau lagi sedih sering justru jadi titik balik dimana kita mengingat Tuhan. Gak hanya itu, Egi John pun kaget kalo ternyata kematian itu bisa datang kapan saja, dimana aja, gak nunggu harus tua dulu. Lanjutnya lagi, dia pernah mimpi dikasih lihat padang mahsyar saat masih belum dapat hidayah. Setelah temennya bilang, barulah dia percaya kalo dia dikasi sedikit gambaran seperti apa umat yang taat dan tidak. Untuk tantangan katanya lebih ke lawan jenis, tattoo dia yang banyak harus di hilangkan satu persatu, dan niat yang lurus berhijrah karena Allah atau karena ingin dapat jodoh. Urusan selfie juga lumayan katanya, jadilah dia hapus semua foto yang ada di Instagramnya. Denger musik pun masih terbilang susah untuk di tinggalkan, saya pun juga sih hehe. Egi John juga bilang, Ikhwan jangan umbar foto-foto karena kasihan juga akhwatnya. Ini bener banget sih hahahah, jangan cewek aja yang di salahin terus!

Lanjut ada Risty Tagor yang juga sempet kita liat di media mengenai kisahnya yang akhirnya mengantarkannya pada hijrah dan berada di jalan Allah. Katanya Risty, memang kita butuh banget loh sahabat yang bisa bawa kita jadi lebih baik. Lingkungan itu berpengaruh besar buat menguatkan kita dalam berhijrah. Gak hanya itu, lingkungan juga mencerminkan diri kita. Jadilah saya langsung kepikiran. Oh iya ya, saya masih belum punya sahabat yang bisa menguatkan saya dalam hal agama. Nyarinya susah bangeeettt asli huhu. Langsung pengen minta nomornya Risty Tagor, bisa temenan gak :p hahaha

Terakhir adalah Shireen Sungkar dan suami yang cerita tentang gimana mereka berhijrah. Ternyata Teuku Wisnu yang mengajak Shireen untuk berhijrah. Subhanallah, memang seperti itulah pasangan yang baik. Saling mengajak kepada kebaikan dan menjauhi yang di larang oleh Allah.

Setelah acara selesai, banyak yang saya dapetin. Pencerahan akan apa yang harus saya lakukan kedepannya biar tetap istiqomah, bahkan harus bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. PR besar buat saya adalah mencari lingkungan baik yang bisa mendukung saya kedepannya. Semoga dipertemukan segera, aamiiinn insya Allah

Advertisements

Hijrah Itu Bernama Syar’i

Emang yang namanya Ilmu itu gak bakal pernah habis dan harus terus diperdalam. Saya kira dengan saya sudah berhijab seperti sekarang itu udah mengikuti perintah Allah dengan menutup aurat. Tapi lagi-lagi saya terlalu percaya diri dengan ilmu saya yang hanya secuil dari Ilmu Agama yang ada. Bahkan saya aja baru tau kalo hijab itu berarti “penghalang“. Ibaratnya nih, kalo kita lagi ke Masjid, kan pasti ada batas penghalang antara ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan) dengan adanya sekat. Sama aja dengan hijab yang berfungsi menjadi penghalang dan sekat agar si wanita tersebut aman dari pandangan laki-laki gak jelas. Taunya sih dulu berhijab ya kerudungan plus baju dan celana lengan panjang. Pokoknya yang panjang-panjang dan badannya kebungkus. Eh ternyata bungkusannya salah hehe

Dulu, saya itu bener-bener berpikiran negatif sama perempuan yang berhijab syar’i. Taukan yang kerudungnya panjang, lebar dan biasanya pakai gamis kemana-mana. Gak lupa kalo pakai sendal tetep berkaus kaki. Saya ngeliatnya tuh cupu, gak gaul, ketinggalan jaman, ibu-ibu, Islam garis keras, ekstrimis dan lain sebagainya. Apalgi yang bercadar, kok ya kayak teroris. Astaghfirullahalazim.. Gak hanya itu, saya ngeliat hijab syar’i itu ribet, susah, gerah. Gimana cara makan? Kalo olah raga apa gak keserimpet? Nanti naik eskalator masuk gak gamisnya? Nyangkut? Masih banyak lagi pertanyaan dudul saya yang super awam ini. Biasa lah, kalo gak tau pasti komen. Giliran udah tau aja malu deh, ternyata diri ini yang salah.

Tapi ternyata Allah swt begitu sayangnya sama muslimah bandel satu ini, Alhamdulillah dikasih hidayah lagi lewat social media. Gak tau gimana saya lagi buka-buka Explore Instagram dan ketemu lah beberapa akun random yang dimana si perempuan tersebut berhijab syar’i tapi cantiik banget. Gak tau kenapa ngeliatnya beda aja, anggun dan lebih sopan. Saya pun lupa fungsi utama hijab adalah gak menarik perhatian dong. Eh malah apa yang saya pakai selama ini kayaknya jadi sebaliknya deh 😦

Saya sih tau kalo Allah melaknat setiap perempuan yang mengenakan pakaian kayak laki-laki, begitu juga sebaliknya. Tapi saya gak tau kalo pakai celana emang gak sesuai syariat. Belum lagi saya salah dan lupa kalau kaki juga termasuk aurat. Jadilah sendalan gak pakai kaus kaki karena mikirnya norak. Hmmm..

Gak berapa lama saya jadi makin tertarik dengan hijab syar’i i don’t know why. Seperti pelajaran yang saya petik jaman dulu ketika berhijrah dari non hijab ke hijab,

Hidayah itu di jemput, bukan datang sendiri

Bagi yang berpikiran untuk jilbabin hatinya, nunggu hidayah dateng…Err gak akan dateng sis kalo gak di jemput as in kitanya nyari tau hehe. So, kepo is good. Makin penasaran soal agama, makin dikasi jalannya deh hehe

Makanya saya kembali ngubek-ngubek internet buat nyari tau hijab yang Allah mau tuh kayak gimana. Mulai deh dengan ngeliat cara pakai artis macem Oki Setiana Dewi dan Lyra Virna. Ya mereka semua panjang, gamisan, gak ada yang pake jeans dan kerudungnya gak ada yang tutorial ala ala macem lilitan kayak saya gini. Nahlo..

Gak sengaja, saya ketemu sama Hijab Sally Heart, alhamdulillah. Semacam clothing line syar’i yang menurut saya fun, sederhana dan menyenangkan. Gak norak sama sekali. Malah kayak jadi motivasi berkerudung lebih lebar lagi karena abis liat gimana bentukannya yang lucu. Kerennya lagi, ownernya yaitu Mba Ayu ini juga ngeluarin banyak buku seru kayak #DiarySally Inspirasi Hijab Syar’i (kumpulan cerita nyata muslimah yang berjuang untuk berhijab syar’i. Nanti akan saya review buku ini), dan masih banyak lagi. Gak hanya itu, kalau ke Youtube channel mereka, ada drama-drama singkat juga tentang cinta, orang tua, dan sebagainya. Akhirnya jadi dapet banyak ilmu juga nih. Terimakasih Hijab Sally

Cantik ya :”) – Link

32182996_b7ba3f4c-ee40-4475-8046-ee4c3fc92f9a

Link

*Tanggal 12 Maret 2017 akan ada acara seru dari Hijab Sally loh namanya Ikhtiar Cinta. Banyak artis yang datang jadi bintang tamu, kayak Risty Tagor, Egi John, Teuku Wisnu & Shireen Sungkar dan masih banyak lagi. Ada yang datang? 🙂

Link

Nah, setelah nyari tau sana-sini barulah saya dapet sebenernya tuh hijab syar’i sesuai syariat dan Al-Qur’an itu kayak gini ciri-cirinya:

  1. Tidak ketat dan menarik perhatian -> Saya masih pakai celana jeans dan baju yang pendek 😦
  2. Sederhana -> Suka ribet sendiri kadang sama kerudung yang di pentul + peniti. Belom lagi baju suka di cari yang se-fashionable mungkin biar kekinian. Duh
  3. Tidak di kasih wewangian -> Alhamdulillah kalo nyemprot wajar dan gak di kerudung
  4. Gak perlu hijab tutorial karena makenya gampang haha
  5. Kalau pakaiannya sudah sesuai syariat, gak perlu lagi pakai mukena -> INI NIH…baru tau, mukena itu budaya Indonesia karena jaman dulu gak ada hijab syar’i. Coba liat di arab emang ada yang sholat pakai mukena? hehe

Kalo diliat-liat gaya pakaian saya yang biasa itu ngeliat fashion banget sih. Apa yang Dian Pelangi pake kalo lagi jalan-jalan? Kalo Shireen Sungkar ke mall celana nya apa? Bukan karena ikutin apa yang Allah mau. Disitu saya merasa jleb… Selama ini gimana ya hahahaha. Tapi gak ada kata terlambat dan menurut saya ini adalah proses menuju ke yang lebih baik.

Untuk saat ini saya masih mencoba membiasakan untuk pakai kerudung yang lebih lebar, walau kadang masih pakai celana dan sendal tanpa kaus kaki :”) Agak ngerasa ribet sendiri karena pas pakai tas kerudungnya nyangkut-nyangkut hahahah. Maaf masih awam. Insha Allah karena emang ingin mencari ridho dari Nya, saya berharap di kemudian hari nanti saya udah bisa pake gamis dan kaos kaki, even pakai sendal.

Masalah lain adalah restu dari keluarga. Kayaknya keluarga saya belum ngasih izin deh. Sempet sih ngomong dikit, tapi udah dibilangin kalo gaya kayak gitu nanti aja kalo udah jadi ibu-ibu.

“Ai, kamu tuh masih muda. Perjalanan masih panjang. Bergaya aja dulu sama hijabnya. Bikin keren biar orang pada suka, kan nanti juga terinspirasi buat berhijab kayak kamu. Lagian kerudung panjang lebar gitu kayak nenek-nenek. Jelek ah!”

Hmm tapi mana tau kan umur ya? Gak harus tua kalo emang udah ajalnya. Wallahualam. Lagipula, saya berkerudung berniat untuk mengikuti perintah Allah, bukan untuk gegayaan.

Belum lagi lingkungan pertemanan saya yang memang banyak yang jauh dari agama. Udah pasti bakal di cela abis deh kalo saya sampe berhijab syar’i begitu. Tapi emang hijrah gak ada yang mudah. Makin tinggi ilmu agama makin kuat pula ujiannya. Jalan menuju surga gak gampang toh. Hanya itu yang bisa saya pegang untuk saat ini.

Minta doanya ya teman-teman, semoga perjalanan berhijab syar’i saya di lancarkan. aamiin 🙂

Ada pengalaman berhijab syar’i juga kah? Share yuk biar bisa menginspirasi yang lain dan saya juga bisa belajar hehe

84c8fe96c5a6e5d79c04b0b19e12c84e

Link

Link

Link

545664b2efeccb183eb684cfcf90a025
Link

11379281_694578517342741_312919568_n
Link