Rambut hitam jadi coklat tanpa bleaching? Gampang!!!

Mungkin karena saya udah pernah liat diri sendiri dengan rambut coklat dulu jadinya pas kemaren hitam malah gak suka. Muka jadi keliatan kusam dan gak asik hahahah. Ntahlah akhirnya saya memutuskan buat ngecat rambut sendiri. Yah karena di UK mahal kan ya nyalon, haruslah ngelakuin sendiri berarti. Setelah pulang dari kampus saya langsung bergegas ke salah satu beauty store gak jauh di City Center dan langsung beli merk cat rambut JOHN FRIEDA Precission Foam dengan warna Medium Chocolate Brown. Ini cat rambut hampir mirip sama yang dulu saya pake keluaran Schwarzkopf, yaitu berbusa. Karena si merk boneka yang saya pake dulu gak ada yowislah nyoba produk lain siapa tau lebih oke.

Yang harus di siapin:

  1. Pake baju yang siap buat kena kotor
  2. Hair dryer
  3. Shower Cap

Cat rambut ini biasalah isinya ada cat rambut, sarung tangan plastik, dan botol kecil hair conditioner.

  

  

Cara pakenya:

  1. Kayak biasa aja sih. Di usep ke seluruh rambut sampe kepala penuh busa. Harus penuh busa ya supaya warnanya bener-bener masuk ke rambut dan rata. Jangan lupa sampe akar. Karena dia gak cair kayak produk lain, makanya pakenya lebih gampang dan gak netes kemana-mana. Well salah satu alasan kenapa milih si JOHN FRIEDA.
  2. Setelah dirasa udah merata pake langsung shower capnya buat ngejaga supaya si cat rambut gak kemana-mana dan stay di kepala. Hair dryer sedikit dengan suhu medium buat mempercepat prosesnya
  3. Tunggu aja sampe 30 menit
  4. Bilas yang bersih dengan air dingin dan conditioner yang udah dikasi

Nah jadi deh! Tapi sayangnya karena saya gak ngeh dan lupa kalo rambut hitam itu gak bisa banget di warnain pake warna gelap juga, si Medium Chocolate Brownnya gak keliatan huhu 😦 Karena sebel besoknya (jangan ditiru ya gak baik buat kesehatan rambut hehe) saya langsung beli yang cat rambut dengan merk yang sama dengan warna LIGHT ASH BLONDE. Nah ini dia rahasianya. Kalo rambut hitam HARUS dikasih cat yang lebih terang kayak warna blonde. Tapi sangat disarankan beli yang Ash Blonde supaya hasil akhirnya bagus. Jadi kalo mau warna rambut hitam langsung jadi coklat tanpa bleaching cukup dengan ngecat pake warna Ash Blonde aja 😀 Warna yang dihasilkan sesuai bangettt sama yang saya mau, warm brunette. Kalo udah satu atau dua kali keramas lebih keluar lagi warnanya tapi gak terlalu berlebihan.

Ini yang saya pake supaya bisa jadi Brunette 

Rambut Brunette!

Dari dulu mama gak pernah ngebolehin saya ngecat rambut. Alesannya cuma gara-gara rambut saya yang paling hitam dan paling bagus dari antara kakak dan adek saya. Ya dulu saya juga gak ada niatan buat ngecat rambut sama sekali karena denger-denger proses ngebleachingnya bisa bikin rambut rusak dan gak karuan. Belom lagi yang harga ngecat rambut di salon itu mahal dan saya gak mau ngecat sendiri dirumah takut ancur.

Sampai kemarin-kemarin saya gak tau kenapa ngebet banget pengen di cat jadi coklat. Udah googling salon terbaik buat ngecat rambut, tapi harganya itu loh….muahal buanget. Ya ada harga ada barang lah ya. Tiba-tiba saya iseng gitu buka Groupon dan nemuin promo besar-besaran buat ngecat rambut. Diskonnya sekitar 80%an dan yang tadinya saya harus bayar sekitar RM400 cuma jadi RM78. Oke deh fix gak pake lama saya langsung beli :p hehe

Nyampe di salon saya rada deg-degan hahaha. Takut banget rambutnya jadi warna gagal karena ini pertama buat saya dan gak mau dong baru ngecat langsung gagal. Hairstylistnya nanya saya mau warna apa dan ngasih saya album yang berisi warna-warna rambut. Saya bilang ke dia kalo saya mau warna coklat yang gak ngejreng, gelap tapi saya masih bisa liat kalo rambut saya ini coklat. Dia langsung nunjuk satu warna dan dia bilang kalo warna ini tuh gak ngejreng plus bagus di kulit saya. Yah oke deh saya nyerahin rambut saya ke dia dan berdoa semoga hasilnya emang beneran bagus.

Selama proses di cat, saya harap-harap cemas hasilnya akan jadi seperti apa. Gak kerasa 3 jam berlalu dan rambut saya lagi proses pengeringan.

Pertama saya liat rambut saya warnanya coklat tua. Oke bagus nih saya seneng banget. Tapi lama kelamaan coklatnya ini jadi semakin muda. Saya ngeliat ke kaca berulang kali dan ngerasa aneh hahaha. Muka saya beda banget dan ternyata warnanya cocok! Seneng banget plus gak bisa berenti ambil selfie :p hahaha

Saya ngerasa rambut saya jadi lebih tebel setelah diwarnain. Keliatan dan kerasa tebel sih gaktau kenapa. Temen-temen di kampus pada manggil “bule” gara-gara warna coklatnya rada terang dari yang orang biasa pake. Bukan bule tapi harusnya bulet :p ahahaha

Setelah beberapa kali keramas, warnanya jadi semakin bagus dan pas. Gak terlalu bule hahaha. Kayaknya lain kali mau coba warna burgundy deh. Tapi gak dalam waktu dekat ini sih takut rambutnya jadi stres 😦

Ini hasil rambut saya, gak terlalu keliatan sih kalo di foto. Apalagi dengan cahaya ruangan. Paling bagus kalo dibawah sinar matahari 😀

 q2xmwgb

What do you think?