Hari bersejarah – Perdana mematahkan besi!

Alhamdulillah ya Allah saya gak berhenti mengucap syukur sama Allah saya udah diizinin buat matahin besi dragon R1 tadi pas latihan. Rasanya kaget, seneng dan gak nyangka! Biasanya saya cuma bisa terkagum-kagum liat orang pada bisa matahin benda keras dengan sekali tebas. Widih… kuat amat!

Tadi pas latihan merpati putih saya emang udah tau kalo beberapa dari kita bakal nyoba matahin besi. Kemarin udah mesen sama mas Bary kalo selasa mau coba. Mumpung saya masih di Jakarta.

Pokonya latihan hari ini lebih ke pengolahan nafas deh. Banyak banget bentuknya rada mirip yoga kali ya (saya belum pernah yoga sih). Trus ada juga kita harus latihan mengeraskan tangan dengan mukul-mukulin lantai untuk yang cowok dan barbel untuk cewek. Latihannya juga pake pengolahan nafas. Wuh lebih capek latihan begini daripada kick and punch.

Akhirnya sampai juga ke bagian dimana beberapa dari kami harus matahin besi dragon R1 bagi yang masih dasar 1 dan besi MD 2 bagi tingkat lebih tinggi kayak dasar 2 atau balik 1 dan balik 2. Karena saya masih anak baru banget saya jadinya pake yang dragon R1. Itu aja saya udah deg-degan gak karuan sambil komat-kamit baca doa. Takut aja tangannya yang jadi dua :p

Image

(Penampakan besi dragon R1)

Saat mau matahin besi saya minta mas Bary untuk membimbing saya. Dalam pikiran saya, ini besi harus patah. Pasti saya bisa gak mungkin gak bisa. Saya yakin banget besi ini jadi dua. Gak mungkir saat itu saya juga mikirin orang yang saya keselin :p gak boleh ya? hahaha yaah pokoknya saya kerasin banget niat saya dan fokus cuma ke si dragon.

Pas mas Bary kasih aba-aba ke saya untuk langsung matahin, gak pake babibu saya langsung hajar besinya dan… patah!!!! Alhamdulillah saya loncat-loncat kegirangan saking noraknya :p woww hebat banget ilmu merpati putih ini. Sakti betul! Gak nyangka saya yang baru ikutan latihan sebulan udah bisa matahin seonggok besi.

Image

(Bismillah…)

 

Image

(Alhamdulillah..)

Saya mau meluruskan aja nih kepada semua orang yang mikir kalo MP pake mistik atau ilmu, TIDAK ADA. Hanya doa kepada Tuhan YME aja yang kita ucapkan sebelum mematahkan benda keras. Kami hanya latihan pengejangan otot, olah nafas dan kekuatan pikiran orang itu sendiri. Kekuatan pikiran disini dalam artian yakin kalo benda itu lembek, gampang patah, lunak. Gak boleh ada pikiran takut dan ragu. Kalo udah gak yakin pasti gak bakal patah deh. Manusia itu sebenernya hebat banget loh. Kita punya kekuatan tersembunyi dan ya karena gak diolah aja jadi gak tau.

Subhanallah…. Hebat banget ya manusia.

Dengan ikut merpati putih, saya niat untuk mengolah kekuatan tersembunyi yang ada di dalam diri saya. Saya penasaran aja saya bisa melakukan apa dan sampe level segimana. Mungkin aja suatu hari saya bisa matahin mobil :p wahahah sayang amat!

 

Image

 

(Narsis abis latihan sama teman-teman seperjuangan :D)

Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening

Saya kemarin  mendapat satu ilmu penting setelah latihan merpati putih. Jadi saat latihan selesai pelatih saya, Mas Bary menyuruh kami semua untuk duduk bersila dan mengatur napas sebagai penutup sesi latihan pada hari itu. Kami diharuskan untuk duduk rileks dengan mata terpejam dan bernafas sehalus mungkin. “Tarik perlahan nafas dari hidung lalu keluarkan selembut mungkin dari mulut”, kata Mas Bary memberi instruksi. Semua oksigen diharuskan untuk betul-betul dirasakan sampai masuk ke pori-pori kulit. Teknik olah pernapasan ini lumayan agak lama sekitar 5-10 menit.

Menurut saya teknik ini sangat menarik untuk menenangkan jiwa. Saat saya stres, saya mencoba untuk bermeditasi sebentar dan hasilnya perasaan saya jauh lebih baik.

Merpati putih mengajarkan saya untuk selalu tenang dan rileks dalam kondisi apapun. Sekarang saya mengerti kenapa semua orang yang sudah memiliki level tinggi di MP dapat menghancurkan benda keras dengan mudah, mencari benda dengan mata terpejam, dan menebak sesuatu dengan hanya perasaan. Mereka semua memiliki kekuatan pikiran dan ketenang jiwa yang luar biasa. Dimana diri mereka dapat mengontrol seluruh bagian tubuh untuk tenang saat mencari apa yang mereka inginkan. Sama halnya jika anda sedang dalam bahaya. Apabila anda panik, semua akan bertambah parah. Anda bisa terhipnotis dengan mudah, ambil langkah yang salah dll. Bela diri mengharuskan kita untuk tenang dan menguasai situasi. Bukan situasi yang menguasai kita.

 

Saya sekarang baru sadar kenapa para biksu harus sering bermeditasi. Selain menghilangkan pikiran negatif dan menenangkan, itu adalah cara yang amat baik untuk membuka ide baru, menyelaraskan jiwa maupun raga dan menyegarkan pikiran. Mungkin pengarang kartun Jepang Ikyusan (menceritakan tentang biksu cilik yang cerdik dan cerdas selalu bermeditasi saat berpikir dan  mencari ide) tau bahwa manfaat meditasi ini sangat besar dan banyak. Ia tau bahwa dengan bermeditasi seseorang bisa berpikir lebih jernih.

Ketenangan yang kita peroleh dari bermeditasi akan menghasilkan  jawaban paling akurat yang mungkin selama ini kita cari-cari. Apapun itu yang kita kerjakan kalau tergesa-gesa biasanya hasil tidak akan maksimal.

Jika anda mencari kebenaran, carilah ketenangan terlebih dahulu 🙂

*Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening (Mencari sampai mendapat kebenaran dengan ketenangan)*

Merpati Putih yang Hampir Terlupakan

betako-merpati-putih

Zaman sekarang orang-orang khususnya generasi muda lagi gandrung banget sama yang namanya ikutan olahraga beladiri keras dari Thailand yang namanya Muaythai. Kemarin saya pas lagi makan sushi di salah satu restoran terkemuka di Jaksel sempet curi-curi denger omongan meja sebelah.

Meja sebelah saya ini ada 4 orang. Dua laki-lak dan dua perempuan. Tampilannya gaul dengan gaya masa kini. Si cewek-cewek full make up dengan baju ala The Goods Dept dan yang cowok-cowok klimis asik dengan gaya Darahku Biru. Mereka semua lagi gosip soal muaythai. Ternyata salah satu cowok disitu ikutan dan lagi ngerayu temen-temennya ini untuk nyobain.

“Meeennn gila muaythai itu asik banget! Cuapekkk abis dan kringet gw ngocor kayak keran wudhu,” dalam hati saya ngakak ini lucu juga ngomongnya. Kedua cewek di depan dia dengerin dengan penuh semangat dan akhirnya kepingin nyoba. “Lumayan biar gw seksi katanya bisa nurunin berat badan cepet,” kata salah satu cewek itu sambil berandai-andai.

Sekilas bisa dilihat percakapan diatas ini seolah hal yang udah lumrah diantara masyarakat kita. Setiap ada yang lagi ngetrend pengen langsung coba. Saya juga gitu sih hehe tapi yang mau saya tekankan disini kenapa bangga ikut bela diri luar negri? Padahal Indonesia punya buanyaaakkk banget silat-silat hebat. Salah satunya Merpati Putih.

Apa itu Merpati Putih?

Sering disingkat menjadi MP, Merpati Putih ini adalah perguruan pencak silat beladiri tangan kosong (PPS BETAKO) yang asli dari indonesia. Merpati Putih sebenarnya adalah singkatan dalam bahasa Jawa. Mersudi Patitising TindakPusakane Titising Hening yang berarti mencari sampai mendapat kebenaran dalam ketenangan. Wuihhh.. dalem banget ya? Kata bapak saya, MP ini awalnya dibuat oleh prajurit-prajurit perempuan Pangeran Diponegoro. Wusss hebat banget ya perempuan pada zaman itu? Kata wikipedia terbentuk sekitar tahun 1550. Bela diri ini lebih mengutamakan pada ilmu pernapasan, getaran, dan kekuatan tenaga dalam. Paling terkenal dari MP ini adalah pemecahan benda keras seperti besi, baja, bata, dsb.

Jadi perhatian saya selama ini adalah, kenapa para pemuda pemudi bangsa zaman sekarang sedikit yang tertarik? Ini adalah salah satu aset budaya bangsa yang harus dilestarikan loh. Jangan sampai kalah tergerus oleh masuknya budaya luar.

Saya memang masih muaythai sampai sekarang. Karena di Malaysia tidak ada silat Indonesia dan saya gak mau belajar silat Malaysia dengan alasan pengen yang punya Indonesia aja. Muaythai asik dan seru memang, tapi ada sesuatu yang saya rasa kurang. Sekarang saya lagi belajar silat MP ini dan saya akhirnya menemukan apa yang kurang.

Ketenangan diri

4008960510_41cb158e3b_z