Perpisahan dengan Prague, This is Not a Goodbye!

Gak berasa udah hari terakhir aja di Prague dan rada sedih ninggalin kota ini huhu. Tapi perjalanan bukan berarti berakhir, besok saya udah harus pergi ke Ibu Kota Kroasia, Zagreb. Perjalanannya pakai bus dan gak terlalu jauh juga dari Ceko.

Karena hari terakhir, saya memutuskan buat ngiterin Prague semaksimal mungkin ke area yang saya belom datengin kemarin kayak Castlenya yang di atas sana. Tapi tetep tujuan awal pasti ke Old Town karena pengen ngejelajah gang-gang kecil cantik yang kalo gak hati-hati disana bisa nyasar! Cuma kalo udah dapet titiknya sebenernya jalanan di Prague itu gampang loh dan kecil kan jadi pasti sampenya disitu-situ lagi.

Nyampe Old Town saya udah di suguhkan dengan live performance dengan lagu khas daerah mereka. Udara juga lagi lumayan anget jadi bediri nontonin mereka gak masalah deh. Turis juga makin rame, banyak yang kumpul di depan Astronomical Clock buat nunggu giliran masuk ataupun jadi tempat perjanjian para turis yang pengen di guide sama free tour guide. Yup kalo kalian pengen menjelajah Prague tapi pengen gratisan, di depan Astronomical Clock suka banyak yang nawarin jasa tersebut dan bayarnya seikhlasnya kalian aja. Kalo saya sukanya ngejelajah sendiri jadi gak ikutan hehe

IMG_5777

Untuk menuju ke Prague Castle itu mudah kok, jalan kaki juga bisa dan menurut saya bagusan jalan kaki ya karena seringnya ketemu bangunan tua ataupun pemandangan dari arah gang sempit yang gak ditemukan kalo pake transportasi kesana-nya.

IMG_5667IMG_5610IMG_5604

Bagian yang paling bikin capek tuh naik tangganya yang TINGGI ya sis…haduh…kaki gempor banget tuh tapi untung pemandangannya bagus jadi gak papa lah.

Nyampe atas disuguhkan oleh ramenya turis hahah beneran rame banget, sampe mau foto dengan pemandangan belakang aja kudu ngantri gantian sama orang-orang. Akhirnya sempet minta orang baik hati yang lewat buat fotoin, yah walaupun forever alone disana tapi pemandangannya amazing banget!

IMG_5614IMG_5620

Prague castle nya keren banget, mewah dan anggun bahkan menurut Guinness Book of Record, castle ini adalah yang terbesar di dunia loh! Di depan pagar juga masih ada guard yang jaga-jaga, jadi makin berasa feelnya zaman dulu. Mungkin ada semacam changing guard juga yaa harusnya kayak di Inggris, tapi saat itu lagi gak ada. Sekarang sih castle ini tempatnya presiden dan sebagian areanya mainly untuk tourist attraction.

IMG_5816IMG_5825IMG_5839IMG_5844

Masuk ke dalem tuh harus bayar, jadi kita tinggal pergi ke loket penjualan tiket. Harga tiketnya (Circuit B) itu 125 Kron dari 250 kron, diskon karena masih student dan tertera di tiket saya cuma bisa masuk area ber-nomor I, III, V, dan VIII. Ada yang all access yaitu Circuit A harganya lebih mahal karena area yang bisa kita masukin lebih banyak.

Screen Shot 2018-01-12 at 20.48.07

Screen Shot 2018-01-12 at 20.45.46
Tiket bisa di cek disini

 

Capek muter-muter, gak berasa juga badan udah mulai greges dan butuh istirahat. Alhamdulillah nemu kios kecil yang jual hot chocolate dan disitulah saya nenangin kaki dan badan sambil nikmatin pemandangan kota Prague. Sungguh nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan :”)

IMG_5642

Kelar istirahat, perjalanan berikutnya adalah John Lennon wall dan Petrin Tower. Sembari jalan-jalan menuju lokasi yang di tuju, saya main-main di pinggir sungai dan menemukan banyak angsa-angsa cantik lagi berjemur! Aduh bagus banget pemandangannya, sungguh Instagrammable hehe. Cuaca juga lagi mendukung banget, cerah panas jadi kalo mau foto-foto tuh waktu yang tepat banget.

IMG_5650

Nyari si dinding ini gak susah, karena banyak juga turis yang pengen kesana jadi saya buntutin aja hihi. Dindingnya warna-warni banget dan penuh oret-oretan. Ada gambar, grafiti, tulisan duh macem-macem lah. Disitu juga ada pengamen beberapa yang memainkan lagunya The Beatles, jadilah makin berasa kan John Lennon nya. Saya sempet nulis nama dan tanda tangan disitu hahahah buat kenang-kenangan di Prague.

IMG_5661

Nah, dari John Lennon Wall tujuan terakhir saya tuh Petrin Tower dan gak terlalu jauh juga. Katanya sih bisa liat pemandangan Prague dari atas sana. Sempet rada nyasar sampe akhirnya saya bener-bener nyasar dong hahaha. Malah si Tower ini keliatan makin jauh dan kayaknya males banget buat nanjak naik ke atas buat ke towernya itu doang.

Akhirnya saya nemu jalan kecil di pinggiran dan memutuskan buat liat pemandangan kota Prague dari atas bukit itu. and….it was sooo beautiful!!! Gak nyesel deh dan bener-bener pilihan yang tepat. Bukitnya kosong asli, hanya sempet ada satu orang turis juga dan kita berdua sama-sama duduk diem aja disitu liatin kotanya. Setelah dia pergi saya bener-bener sendiri menikmati pemandangan yang ampun keren banget huhu

Perasaan dan pikiran saya nyampur aduk jadi satu, seneng, terharu, bersyukur karena bisa ada disana dan merasakan pengalaman yang gak bakal pernah bisa saya lupain seumur hidup. Seneng banget juga semua destinasi yang ingin dituju di Prague semua terpenuhi dan tanpa hambatan, well meski gak ke Petrin Tower tapi ini udah jauh lebih dari cukup.

IMG_5669IMG_5670IMG_5673

Udah mulai ngerasa mau masuk angin akhirnya saya turun dari bukit itu dan jalan menuju Charles Bridge. Kali ini buat nikmatin apapun yang saya lewatin, apalagi udara lagi nyaman banget.

Akhirnya balik lagi ke Old Town dan nonton performance tari tradisional lagi, sengaja nunggu rada gelap buat dapet experience kota Prague saat malam hari. Ah bener aja…romantisss bangetttt…

Sebelum pulang saya balik lagi ke Charles Bridge untuk menikmati pemandangan malam dengan ditemani nyanyian pengamen jalanan gak jauh dari tempat saya berdiri. Janji saya disitu adalah balik lagi ke kota indah ini bersama dengan orang tersayang 🙂

IMG_5988IMG_5682DSC04476

 

 

Advertisements

Menyusuri Kota Romantis, Prague

Berangkat dari Luziny Station gak jauh kok untuk sampe ke tengah kota. Tujuan saya saat itu adalah Muztek Station dan hanya menempuh sekitar 15 menit aja. Undergroundnya persis kayak Tube di London dan signage nya pun semua jelas jadi gak bakal lost.

Seperti kota-kota di Eropa pada umumnya, bangunan di kota Prague cantik banget dengan sentuhan oldies yang gak bakal bikin bosen untuk di tengok atau jadi background foto. Bahkan sempet saya ngelewatin bangunan yang luarnya berhiaskan patung Yesus. Unik banget gak sih..Warna gedungnya mainly warna cerah ya, kayak kuning krem dan pink salmon gitu. Kan jadi gemess hehe.

IMG_5257IMG_5274

Tujuan awal saya dalam perjalanan hari itu adalah Charles Bridge (Karluv Most). Nama dari Charles Bridge sendiri di dapat dari King Charles IV yang menjadi penghubung antara Prague Castle yang jauh di atas sana dan kota tua (Old Town) yang berada dibawah. Tapi emang dari istana ke kota tua lumayan sih jauhnya kalo jalan. Mungkin zaman dulu kalo pake kereta kuda lumayan lah kali ya.

IMG_5272IMG_5259IMG_5261

Pemandangan dari bridge tuh BAGUS BANGET huhu so romantisss sayang aja masi jalan sendirian waktu itu hiks.. Kayaknya harus di ulang nih *nyikut abang*. Keliatan pemandangan sungai Vltava yang airnya jernih macam air gunung dan pemandangan kota-kota di seberang. Saya sempet stuck di pinggir sungai untuk beberapa waktu, kepikiran aja sama apa yang udah di lakukan dulu-dulu, semacam napak tilas memori hahaha.

Di pinggir jembatan banyak yang gantungin gembok-gembok bertuliskan nama si penyemat dan pasangan. Biasalah dengan kepercayaan cintanya akan se-kuat gembok itu, asal jangan karatan aja ya :p

IMG_5416

Lanjut saya meneruskan perjalanan ke bangunan megah yang gak jauh dari jembatan yaitu  Czech Music Museum. Kesannya tuh Eropa banget dan gedungnya super cantik. Tadinya pengen masuk, tapi karena ada tiket plus kayaknya waktu itu di tutup untuk umum karena ada event khusus jadi gak jadi. Cukup foto di depan aja udah senang (backpacker itung-itungan)  hahahaha.

IMG_5280

Saya sempet bawa map dari Ales, oh iya dia ngasi leaflets dan map loh guna banget dan akhirnya saya pakai untuk jadi penunjuk arah mau kemana aja. Saat itu HP saya mati dan gak nyalain pulsa, padahal katanya bisa ya kalo pake 3 tapi kok waktu itu gak bisa huhu jadi yaudahlah dengan bermodal peta saya nyari dimana tourist information buat dapetin lebih banyak info lagi.

Ternyata tourist information terletak di Old Town yang emang saya mau tuju. Dari Museum juga gak jauh sekitar 10 -15 menit jalan kaki udah sampe. Old town Square ini udah kayak alun-alun kota yang biasa dipake buat jadi pasar atau event. Pas banget karena saya datang saat Easter, jadi banyak markets yang kayak Christmas market di UK gitu. Ada yang jualan hiasan, makanan dan minuman lokal sampai performance khas yaitu tari tradisional. Seru banget! Secara gak langsung jadi belajar kebudayaan mereka dan ngeliat festival yang di rayakan di Prague.

IMG_5287IMG_5439IMG_5447IMG_5450Processed with VSCOcam with a6 presetProcessed with VSCOcam with hb1 preset

Di Old Town ini yang hitz banget tuh si jamnya yang dinamakan Astronomical Clock. Kalo mau naik harus bayar dan bisa ngeliat pemandangan cantik kota ini. Tapi untuk hari itu saya berniat buat jalan-jalan aja dulu, kalo naik mah bisa besok yakan

IMG_5295

Di papan pengumuman tertera kalau agak sorean bakal ada performance tari tradisional. Wah kayaknya seru dan sayang untuk di lewatkan. Jadilah nungguin si performance itu dengan ngeliat jualan apa yang bisa di jajah.

Beberapa kios menjajakan kue unik khas Ceko yang bernama Trdelnik, bentuknya kayak pipa bercorong dengan bahan utama tepung dan luarnya ditaburi gula plus cinnamon. Isinya bisa kosong atau pakai selai Nutella. Tentunya saya pecinta coklat langsung order yang pakai Nutella. Enak deh dan masih anget pas di gigit. Crunchy on the outside and tender on the inside hahaha. Cuma rada berantakan nih makannya dan jangan lupa sediakan tissue basah buat lap tangan dan mulut yang cemong.

IMG_5463IMG_5464

Karena waktu udah masuk Ashar dan saya belom sholat, jadilah saya memutuskan buat sholat dan nyari masjid atau musholla. Lagi makan siang juga belum jadi sekalian lah ya cari resto halal. Alhamdulillah nemu resto halal dan sempet nanya ada masjid gak disana. Eh ternyata gak ada masjid di Prague, adanya musholla dan penjual di restoran berbaik hati ngasi saya petunjuk buat sampe kesana.

img_5300.jpg
Makan siang yang mainly carbs  dan protein hehee

Setelah jalan beberapa menit akhirnya sampai lah di area yang di maksud tapi cuma ketemu sama restoran halal lagi yang namanya Orientalni (Barakat) Restaurant. Masih juga bingung, nanya lagi sama penjual yang di dalam eh taunya musholla persis di belakang restoran ini, jadi harus masuk ke dalam gangnya. Ealah.. bahkan sign atau apapun gak ada. Dari old town gak jauh kok masi di pusat kota. Pokoknya masuk gang dari depan Toko Zara kayaknya hehe.

 

Screen Shot 2018-01-11 at 18.25.50
Diambil dari Google Map

Bagi yang mau sholat di prague, musholla terletak di gang belakang restaurant Barakat yang beralamat di:

Opletalova 930/28, 110 00, Nove Mesto, Prague, Czech

Mushollanya gak terlalu besar, dengan sekat antara ikhwan dan akhwat cukuplah untuk mengakomodir muslim atau turis muslim yang akan sholat di Prague. Menurut saya suatu kenikmatan luar biasa bisa sholat di negara yang saya kunjungi, terlebih kalau sampai ada masjidnya. Subhanallah.

IMG_5549IMG_5552

Kelar sholat saya balik lagi ke Old Town Square buat nonton performance. Udah makin sore dan makin dingin anginnya. Tapi tetep banyak penonton yang antusias buat nungguin performance sore itu. Kayaknya Easter Markets juga makin rame deh. Saya sempet jajan minuman unik namanya Svestky A Med, yaitu minuman buah plum dan madu. Minumannya gak beralkohol kok dan hangat jadi enak di tenggorokan plus perut. Minuman nenek-nenek hahaha

IMG_5558IMG_5559IMG_5560

Akhirnya performance dimulai dan gemes banget, tariannya kayak dansa antara cewek cowok gitu. Khas Eropa dengan banyak permainan di kaki. Jadi inget pas saya sempet ikut kompetisi tari tradisional di Turki dulu dan jadi makin mencintai tari tradisional karena keunikan dan sejarahnya.

IMG_5563

Prague already stole my heart from this point and it’ll grow even stronger in the next day 🙂

 

 

Menuju Prague, Here we go! Berangkat dari London

Ternyata baru ngeuh kalo belom pernah dibuat terperinci dalam blog jalan-jalan saya ke Praha dan Zagreb (Kroasia), padahal fotonya banyak banget dan jadi pengen nulis perjalanannya in detail juga walaupun udah buat vlognya di Channel Youtube. Jadi daripada foto dan cerita makin lupa, saya akan ceritain perjalanan solo travelling saya ke Eropa seorang diri pertama kali dan saat itu saya baru banget berhijab.

Perjalanan dimulai dari Newcastle menuju London pada bulan Mei 2016 karena emang pesawat saya berangkat menuju Prague dari London sekitar jam 3.30 sore. Biasalah dengan Megabus super murah dan barang-barang seadanya (saya cuma bawa 2 tas, yaitu Herschel Bag yang isinya baju dll plus tas selempang ukuran medium buat jalan-jalan). Saya ambil bus paling awal yaitu sekitar jam 5 pagi karena sampe London pasti udah siang (Newcastle – London memakai bus sekitar 7 jam).

Sampe London saya killing time dengan jalan-jalan ke kantor abang yang gak jauh dari London Bridge. Sempet ketemu abang sebentar di luar kantornya dan doi cuma geleng-geleng kepala liat pacarnya mau jalan-jalan sok backpacker sendiri, tas tenteng depan belakang dan pertama kalinya juga ke negara-negara yang akan di jajah. Saya cuma mesem-mesem aja pas di ceramahin ini itu.

 

 

Pesawat yang saya pakai adalah Easy Jet dan gak terlalu lama kok, hanya sekitar 3 jam perjalanan saya selamat sampai di Ruzyne Airport, Prague. Airportnya suepiii buanget gak tau kenapa. Rasanya jg aneh tiba-tiba udah di negara gak dikenal kayak gini. Langsung saya melipir ke money exchange terdekat karena katanya lebih bagus di negara sana ketimbang di UK. Gak berapa lama urusan uang beres dan saya segera ngecek bus dari airport menuju metro untuk mencapai AirBnb.

Alhamdulillah untuk nyari loket bus gak susah dan saya langsung beli tiketnya. Orang loket nyuruh saya nunggu di depan terminal dan gak lama bus nomor 100 sampai. Perjalanan ke stasiun metro kurang lebih 30 menit menuju Ziclin, stasiun Metro yang harus saya tuju. Harga tiket sekitar 32 Kron atau sekitar Rp 20,000 aja untuk perjalanan 90 menit.

Dari Zlicin saya harus ambil arah menuju city centre dengan tujuan Cerny Most dan turun di Luziny Station. Sempet rada kuatir karena stasiun Zlicin saat itu sepi banget cuma ada saya dan beberapa orang aja, plus udah malem pula sekitar jam 7 dan bikin saya mayan deg-degan karena lokasi Airbnbnya gak bener-bener di tengah kota. Selama dalam kereta saya mantengin terus arahnya kemana takut nyasar. Untungnya si host Airbnb nulis dengan detail dan lengkap gimana caranya sampe rumah dia.

IMG_5240.jpg
Stasiun Zlicin yang sepi banget

Gak berapa lama saya akhirnya sampe di Luziny Station dan bentukannya mirip mall tua gitu. Banyak toko-toko, kantin, dan ada juga supermarket dibawah. Lumayan banget sih tapi di stasiun ada mall kayak gini, lumayan buat traveler kayak saya hehe. Tapi pas banget saya sampe sana udah pada mau tutup padahal mau beli sesuatu buat dibawa ke kamar. Alhamdulillah masih ada kantin restoran cina yang buka dan saya langsung makan malam disana nasi goreng ayam. Duh rasanya enak banget karena udah kedinginan dan kelaparan hehe.

IMG_5242

IMG_5243
Semacam mall tua ya

IMG_5245IMG_5246

 

Habis makan saya ngikutin kata host saya untuk jalan keluar dari stasiun dan melewati ancer-ancer yang dikasih. Jeng…….ternyata langsung berhadapan dengan taman gede banget dan gelap :”( hahay langsung rada ciut tuh. Lampu jalan gak banyak dan gelap banget, saya harus nyalain senter di HP buat liat jalan. Dari kejauhan keliatan ada beberapa lampu peradaban yang berarti rumah host saya harusnya disana.

IMG_5248
Ini dia Airbnb saya selama di Prague

Nyampe di depan beberapa rumah bingung, ini bentuknya sama semua dan kok gada nomornya ya? Sampe mondar mandir gak jelas macam maling akhirnya ada ibu-ibu tua nyamperin saya dengan anjingnya.

Walau englishnya gak begitu lancar tapi beliau bantuin saya celingak celinguk alamat yang saya maksud. Akhirnya ditunjuklah salah satu apartment yang dari tadi saya udah bolak balik disitu -__- heh….

Langsung saya mengucap beribu terimakasih dan lari ke apartment yang dimaksud. Sekali saya memencet bel dan ada suara dari seberang,

“Is that Amanda?”

“Yess Ales,” dengan nada saya yang udah lumayan ngos ngosan karena makin kedinginan dan sempet parno takut nyasar.

Gak lama cowok tinggi jangkung keluar dengan senyum ramah.

“Come on in! I thought you were lost or something. It’s not that easy to find my house though..” dia pun nyadar rumahnya gak gampang.

Ales, cowok asli dari Prague yang emang senengnya travelling dan nyewain rumahnya buat tambahan biaya jalan-jalan. Rumahnya nyaman dan emang dia tinggal sendiri. Ales menunjukkan kamar saya yang mana, letak kamar mandi, dapur dan ruang tamu yang ternyata dia jadiin kamar tidur. Sempet ngobrol sebentar akhirnya saya pamit untuk istirahat. Kamarnya gede, luas dan bersih. Haduh seneng banget padahal murah loh, £15 per-night. Recommended banget bagi yang mau ke Prague buat nginep di tempat dia.

IMG_5250.jpg

IMG_5368
Banyak banget kan negara yang udah di kunjungin si Ales ini

IMG_5369

IMG_5370
Bisa cuci baju juga kalo mau dan dia nyediain handuk bersih kalo lupa bawa

Gilaaa gak nyangka udah sampe di Prague dan capek banget badan rasanya. Bersyukur udah bisa rebahan dan istirahatin kaki.

Perjalanan baru akan di mulai besok harinya dan saya gak sabar pengen jelajahin salah satu kota cantik yang masuk dalam bucket list berkat buku Love in Prague (ada yang ngefans juga gak sama buku ini?)