Gara-gara Rendang Ayam

Sosial media lagi rusuh banget lantaran salah satu kontestan asal Malaysia di Master Chef UK, Zaleha Kadir Olpin yang ternyata adalah penduduk Bristol juga tereliminasi saat menghidangkan nasi lemak dengan ayam rendang. Alasan tereliminasi bukan karena rasa masakannya yang gak enak, tapi karena menurut para juri cara dia masak ayam itu salah!

l-40-620x348
link
Screen Shot 2018-04-03 at 11.18.32.png
Foto dari video Youtube bisa langsung di tonton juga gimana reaksi juri

Banyak netizen yang marah dan ngamuk karena gak terima dengan komentar sang juri yang bilang ayamnya seharusnya crispy dan dimasak sangat tender, lembut dan empuk sampai dagingnya fall apart. Even chef Malaysia ternama, Chef Wan yang biasa wara-wiri di Asian Food Channel gak setuju dengan apa yang juri katakan dan bahkan menantang juri untuk membuat nasi lemak ayam rendang untuk membuktikan cara yang benar memasak the real authentic nasi lemak ayam rendang.

Rendang jelas asal muasalnya dari Indonesia, tepatnya kampung halaman saya minangkabau, Padang. Tapi memang rendang pun sudah mengakar di negara-negara lain karena memang dulunya kita ini satu. Jadi negara kayak Malaysia atau Singapur punya style rendang masing-masing. Tapi ya jelas pakem dasarnya semua sama, kalo rendang gak di masak crispy. Justru yang crispy kalo nasi lemak ayam goreng itu baru oke lah yang semacam di Old Town punya (favorite pas masih di Malaysia dulu).

Jadilah karena masalah ayam rendang ini, seluruh netizen dari Indonesia, Malaysia, Singapur bersatu untuk pertama kalinya demi membela nama rendang hahaha. Saya juga pencinta rendang kesel sih dengernya, mana ada rendang crispy dan bumbunya gak di atas ayam atau daging wong masaknya kan memang di campur sama kuah bumbu.

Akhirnya karena saking hebohnya salah satu juri komentar tentang di Twitternya begini:

Screen Shot 2018-04-03 at 12.01.25.png
Link

Gimana gak makin heboh ya hahahah

Malaysia tuh udah kayak rumah ke dua, negara tercinta ke dua setelah Indonesia. Makanannya enak-enak dan saya sempet naik 5 apa 6kg gitu selama tinggal 4 tahun disana hahahah. Selalu kangen sama naan cheese, nasi lemak, ayam tandoori, laksa dsb aduh kalo ngomongin makanan udah deh jadi pengen balik ke Asia aja rasanya hahaha. Disini ada sih restoran Chinese nyediain nasi lemak tapi gak tau deh enak apa engga, belom coba.

Anyway karena masih dalam topik nasi lemak, ada satu restoran di Malaysia yang nyediain nasi lemak TERENAK yang pernah saya makan seumur hidup. Fix gak lebay karena memang saya pecinta nasi lemak juga dan udah nyobain di beberapa tempat yang “katanya” enak. Tapi paling enak disini guys, di Village Park yang lokasinya di damansara. Gak jauh dari rumah saya dulu di Subang, hanya sekitar 15 menit dengan mobil udah sampe. Kalo mau makan disini pas lunch harus rada cepet loh datengnya karena selalu full table nya. Bisa pilih makan di dalam apa di luar, tapi kalo di luar panasss. Bisa juga takeaway untuk di makan di rumah.

image.jpg
Link

Nasi lemak yang di buat disini tuh rasanya pas! Nasinya juga pulen tapi gak lembek/keras. Ayamnya di goreng kriuk ayam berrempah dan yaampun enak banget! Biasa ayamnya bertulang dan di potong lurus kayak chicken katsu. Bumbunya meresap sampe ke tulang dan sambelnya huhu nangis enak banget sampe biasa nambah bisa 3x hehe. Kadang saya mesen juga sampe 2 ayam saking masih kepengen. Jadilah satu ayam dengan nasi, sisanya ngegado ayam aja pake sambel. Sepiring nasi lemak lengkap udah sama telur, teri kacang, sambal dan timun. Harganya juga gak mahal kok tapi lupa berapa RM nya hehe. Paling nikmat sambil nyeruput teh o ice (es teh) atau teh o ice limau (es teh jeruk nipis), best giler!

Pokoknya yang suka nasi lemak atau penasaran wajib banget ke Village Park, alamatnya disini (google map juga gampang langsung ada pasti):

Village Park Restaurant (Halal)

5, Jalan SS 21/37, Damansara Utama, 47400, Petaling Jaya, Selangor, Malaysia

Makan Enak di Taste New Zealand

 Waduh parah nih eventnya udah kelar lama tapi baru sekarang dibahas! hahaha maafkan lah aku yang masih juga susah membagi waktu ini, hiks.

Jadi bulan lalu salah satu temen saya, si Jo ngundang ke acara company nya dan oh my seneng banget lah karena saya di undang untuk makan! hahaha emang dasar tukang makan pas ada undangan untuk blogger icip-icip masakan chef (gak tanggung-tanggung, chefnya itu salah satu masterchef junior, namanya Chef Revo) handal dan lokasinya super deket dari rumah, yaitu di Ranch Market Pondok Indah. Cihui langsung saya mengiyakan undangan tersebut, gak perlu pake lama! :p

Jadi acara yang saya datengin ini namanya “Taste New Zealand” yang diadakan oleh New Zealand Trade and Enterprise dalam rangka memperkenalkan produk makanan New Zealand itu sendiri di Indonesia. Acara ini berlangsung dari tanggal 15 Mei sampai 15 Juni 2017, jadi memang sebulan full dan ini adalah kali kedua mereka ngadain acara pameran makanan. Nah, acaranya memang diadakan di seluruh cabang Ranch Market dan Farmers Market di Indonesia. Bahkan yang buka acaranya itu adalah Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Mr. Trevor Matheson loh.

Taste Quality menjadi slogan yang di gunakan dengan tujuan memperkenalkan produk-produk berkualitas dari Selandia Baru yang mungkin banyak orang Indonesia gak tau. Contohnya nih, kemarin saya ngobrol-ngobrol sama salah satu panitia dan dari situ saya baru tau kalo Butter Anchor, itu yang enak banget untuk buat kue adalah produk asli dari New Zealand! Astaga… telat hehe. Kirain dari Australi atau mana hihi. Jadilah saya makin tau kalo produk unggulan mereka gak hanya melulu Kiwi tok, tapi buanyak bangetttt. Sebutlah Hanuka Honey yang ternyata khasiatnya luarrr biasa, bisa meningkatkan Imune system gitu, jadi katanya kalo di jual tuh sampe harus di gembok karena takut di curi orang. Wow..

Nah, acara ini juga tentunya di meriahkan dengan promo dan kompetisi seru loh. Jadi kalo pelanggan belanja di atas Rp 250K, akan mendapatkan tas ramah lingkungan dari Taste New Zealand dan juga punya kesempatan untuk menangin satu paket tiket jalan-jalan ke Selandia Baru untuk dua orang! Tapi inget ya, selama promo berlangsung hehe. Kalau kompetisi, temen-temen bisa ikut lomba di sosial media dengan ngeupload foto flat lay seluruh belanjaan trus jangan lupa tag ke @tastenewzealand dan @ranchmarket99id yaa beserta hashtag dengan nama yang sama supaya bisa di cek juri foto-fotonya.

Untuk acaranya sendiri duh seneng banget dan very enjoyable! Para blogger yang di undang seru-seru, sebutlah akun @caferestodiary, food blooger hitz yang bikin ngiler kalo liat IGnya, ada juga @sijessie sang beauty blogger hitz, panutan nyari makeup dan lipstick baru yang unyu, @rafeladriano si traveler yang jiwanya Thai bangetttt, @douwesrusli yang foto-fotonya keren abisss ampun huhu dan beberapa blogger lainnya yang pasti juga keren semua. Apalah aku hanya robekan plastik ta’jil :”)

DSC09829


Awal acara kami udah disuguhi aja snack-snack ringan ala New Zealand. Ada salmon salad, pie tart buah, sosis, dan cheese cake. Wah mewah bener! ahahaha. Sambil makan, kami semua saling kenalan dan bertukar kartu nama. Senengnya jadi blogger, bisa ketemu temen baru. Bener deh yang masih ragu untuk buat blog, BUAT! (maksa) hahahah karena banyak banget manfaatnya, salah satunya kenal dengan teman-teman baru.

DSC09753

Setelah itu acara pun dimulai. Asik kursinya udah ada nama masing-masing, sebelum makan karena memang masih di masak ada lomba kecil-kecilan gitu. Jadi kita disuruh test food dan nebak mana produk dari New Zealand dan mana yang lokal. Wah susah bangett jujur hahahaha karena di lidah enak semua (rakus) hehe. Eh taunya pas pengumuman jawaban saya salah hampir semua dong hahahah gagal banget.

DSC09751

DSC09759

Nah yang paling di tunggu-tunggu pun tiba, langsung Chef Revo dengan cekatan menggoreng steak yang udah keliatan yummy dan segera pengen di telen masuk ke kerongkongan. Aroma butter yang meresap ke daging udah mengisi ruangan dan bikin perut makin keroncongan, mana saya duduk depan chef pass banget (thank you Jo, loveee).

DSC09755DSC09763

Langsung steak disajikan dan gak berapa lama habis sudah hahaha si rakus. Dagingnya lembut dan gurih, berkat butter yang di siram ke daging dan tentunya gak pelit ya. Jadinya berasa banget nikmatnya. Wortelnya juga manisss, jadi bikin perpaduan yang ciamik di lidah. Trus lebih mantepnya lagi, chef masak bawang putih jadi manis gurih gimanaaa gitu. aaaa bikin nagih hahaha padahal bawang putih loh tapi bisa di oleh sedemikian rupa. Berasa deh makanannya fresh banget, karena memang semua yang dipake tuh produk premiumnya Selandia Baru kayak daging steak yang dimasak kali ini beserta sayur-sayurannya.

Next nya adalah dessert yaitu apel dengan buah ara dan sausnya krim gitu. Oh parah, ini enak banget, gak nyampe 5 menit udah kandas hahaha. Saya pertama kali banget nyobain buah ara dan ih enak! Kayak kurma tapi bukan hihi gimana ya jelasinnya susah. Trus juga cara masak apelnya juga unik, jadi rasa yang keluar pun juga duh, bikin pengen nambah. Tapi malu ya kan bukan dirumah? hehe

DSC09838

Setelahnya kami di suguhkan cheese cake juga dan yum! Perut saya pun terpuaskan oleh citarasa dari Selandia Baru.

Sebelum pulang kami dikasih goodie bag yang isinya BANYAK BANGET wow ada cokelat (di meja juga dapet cokelat gede parah) gede jadi total dapet dua dan beberapa cokelat kecil-kecil, USB, mug, gelas, lanyard, kiwi, madu, tupperware bentuk Kiwi, termos besi dll. Wiii asik deh kalo dapet banyak gratisan gini hahahaha


Thank you untuk Taste New Zealand dan Ranch Market untuk undangannya. Sering-sering undang lagi ya :p

*kalo mau liat keseruannya bisa langsung nonton di video berikut ya*

Enak Nih! – Fast Food, Chicken Cottage

Junk food emang paling pas di makan kalo kita lagi travelling atau gak ada waktu buat masak. Baru aja hari ini saya selesai 6 final exams yang bener-bener bikin rambut rontok, badan meriang sampe otak pada pegel linu hihi. Sempat kemarin sebelum bulan Ramadhan saya lagi maleeees banget masak dan akhirnya milih buat beli yang cepet tapi enak.

Nah, kalo ke Inggris jangan lupa mampir di salah satu gerai fast food halal terkenal, yaitu Chicken Cottage. Yaa semacam Mcd dan KFC lah cuma bedanya ini udah jelas halal, ada official certificate dari semacam MUI disini dan yang jual orang Arab. Setau saya Chicken Cottage ini ada dimana-mana kayak London dan Newcastle. Kalo di Newcastle letaknya ada di sebelah gatenya China town persis, dekat dengan Newcastle University Business School dan St Jame’s Park Stadium.

IMG_1562IMG_1564IMG_1565IMG_1566

Menu nya ada banyak, mulai dari ayam, burger, chicken strips, salad, dan lain-lain. Cuma saya kalo ke Chicken Cottage ini selalunya beli two pieces chicken yang meal. Isinya udah sama minum apa aja plus kentang goreng. Harganya pun muraaah, £3.99 udah dapet semuanya. Not bad kan

Memang dari judulnya aja udah Chicken yakan pastinya jagoan dia ya ayamnya. Memang enak banget sih, gak kalah sama restoran fast food terkenal lainnya. Kulit ayamnya tuh renyah banget dan dagingnya gak kering, which is buat saya adalah salah satu faktor paling penting dari seonggok ayam goreng :p hahaha

IMG_1569

So bagi yang lagi ke UK dan bingung nyari makanan halal, cobain aja dulu Chicken Cottage 🙂 Enak dan murah meriah!

Kamu kalo ke fast food restaurant sukanya pesan apa?

Enak Nih! (Newcastle) – St Sushi

Entah bagaiman, kemarin saat saya jalan pulang tercetus ide buat bikin blog edisi makanan yang akan saya upload secara berkala setiap nemu makanan enak dimanapun itu. Judulnya adalah Enak Nih! hahaha…ide namanya sih dari keseringan ngomong “Enak Nih!” pas lagi nemu makanan yang saya rasa worth it buat di makan lebih dari sekali.

Anyway, saya akan memulai edisi pertama dari “Enak Nih!” dengan salah satu restoran Jepang terenak di Newcastle Upon tyne. Tapi tentunya masih belom bisa mengalahkan rasa Sushi di Sushi Tei Jakarta yang bener-bener emang rasa ikannya tuh seger banget! Cuma St Sushi saya taro di peringkat ke-2 kali yaa karena rasa enaknya.

St. Sushi ini letaknya gak jauh dari China Town. Tinggal turun dari Gate China Town kebawah terus dan belok kiri lalu restorannya ada di sebelah kanan jalan, deket sama O2 Academy biasa tempat ngonser band seru di Newcastle. Dari luar sih keliatannya biasa aja ya, dekorasinya mengusung tradisional Jepang yang mainly kayu. Pokoknya keliatan gak se-modern restoran Jepang lainnya disini. Cuma kalo rasa…BEUHHHH gak ada yang ngalahin St Sushi di Newcastle. THE BEST EVER!

22861840

IMG_1521IMG_1523

Menu yang di hidangkan pun beragam. Mulai dari nasi bento (isinya bahkan ada sushi, sashimi, dan salad), sushi, sashimi, udon dan lain-lain. Harganya juga relatif lebih terjangkau ketimbang Osaka dan Tenji. Saya sering sih ke restoran ini dan suka banget mesen nasi bento yang isinya Chicken Teriyaki. Harganya juga not bad, sekitar £8 an kalo gak salah. Isinya udah banyak deh dan di jamin kenyang. Temen saya mesen tempura bento dan emang saya pernah sih coba, itu juga enak!

IMG_1524
Chicken Teriyaki Bento
IMG_1525
Tempura Bento

 

Kalo weekend jangan lupa datengnya agak cepeten untuk lunch atau dinner karena selalu rame dan takut gak kedapetan tempat di bawah. Kalo di atas kadang agak susah manggil waitress nya. Jadi bagi temen-temen  yang lagi ke Newcastle, jangan lupa mampir ke St.Sushi buat nyobain nasi bento mereka yang enak banget!

Kalo kalian sukanya di restoran Jepang mesen apa?

 

St.Sushi Japanese Restaurant

Newcastle Upon Tyne – United Kingdom

Address: 89-93 Westgate Rd, Newcastle upon Tyne NE1 4AE

Phone Number: 0191 221 0222