Welcome to the world, mini Aiko! Labor Story

Memang urusan jodoh, maut, rejeki dan punya anak itu cuma Tuhan yang tau dan bisa ngatur. Kepengennya gini gitu end up nya semua gak di sangka-sangka. Rencana buat melahirkan pengen yang ala gentle birth dalem air biar kesan pertama melahirkan gak sakit. Apa dikata ternyata Tuhan berkehendak lain. Sama juga dengan feeling-feeling kayaknya si kicil bakal keluar pas bulan April, eh taunya mundur jauh sampe bulan Mei. Who knows? hehe

Anyway saya mau cerita perjuangan kemarin pas melahirkan (untuk di Blog ini panggil aja dengan Kai, singkatan dari baby K nya Ai dan saat ini dia lagi seneng ngomong Kai haha πŸ™‚ ) yang ternyata butuh perjuangan super. Mungkin agak panjang sekalian biar bisa baca lagi nanti-nanti, jadi kalo tertarik baca sampe akhir makasi yaa hehe

Awal mula kontraksi kenceng itu pas tiba-tiba dengan anehnya tangan dan kaki pada bengkak dan gatel super yang bikin sampe gak bisa tidur. Gatelnya tuh kalo di garuk jadi putih-putih bentol, yang akhirnya berbentuk kayak pulau. Banyak yang bilang itu bawaan bayi sih sampe sempet ke GP nanya yang ternyata dia juga gak tau kenapa, jadilah dikasi resep buat gatel karena tungau (agak ga nyambung gak sih hahaha). Manjurnya pake Aveeno lotion dan dalam seminggu secara mistis itu gatel dan bengkak di tangan dan kaki hilang gitu aja, digantikan dengan sakit kontraksi luar biasa.

Waktu itu mikirnya udah suakit buanget eh taunya belum apa-apa itu guys πŸ™‚ hahah pengen rasanya ngetawain diri sendiri.

“Rasanya sakit kontraksi kayak apa Ai?”

Well, bayangin sakit pas menstruasi tapi dikali 50.000x lebih sakit dari pas hari yang tersakit. Rasanya itu rahim kayak di injek sama onta. Apalagi kalo jalan dan berdiri, wuih kayak ada gunting nancep di dalem. Saya ampe gak habis pikir yang anaknya banyak gimana cara dia ngehandle kontraksi kayak gini berkali-kali? Luar biasa.

Pas bulan April akhir saya udah feeling nih Kai bakal keluar nih pasti deh pasti! Akhirnya for the first time sekitar jam 11 pagi kami berangkat ke RS dengan pede kalo pembukaan saya udah 4 keatas. Secara katanya kalo kontraksinya udah berdurasi kurang dari semenit dengan interval 3 menit saya udah bisa nelfon ke RS dan minta buat di cek disana.

TER NYA TA…Sodara-sodara…. baru pembukaan 1! hahahahhaha kayak mau ngakak aja karena ya demi apa banget rasanya udah kayak gitu tapi baru pembukaan 1. Still long waaayyy to go sampe ke 10. Di RS cuma di cek urin, tensi darah, cek pembukaan sama dikasi pain killer trus udah disuruh pulang. Bidannya bilang sih dia udah bisa nyentuh kepalanya Kai, at least kita tau dia udah posisi yang cocok buat melahirkan.

Seminggu sejak dari RS karena false alarm itu bener-bener super menyiksa banget. Kontraksi makin lama makin intense durasi dan interval. Setiap hari gak bisa deh tidur tanpa paracetamol. Makin parah tuh kalo udah malem, pasti kebangun dan meringis kesakitan dan end upnya jadi jalan bolak-balik sana sini karena semua gaya (including nungging) rasanya tuh salah aja gitu.

One night saya udah ngerasa makin ga kuat, segala yang disuruh bidan buat meringangkan sakit kontraksi (minum pain killer, berendam dalam air hangat, kompres punggung) gak ngaruh dan subuh minta sama abang buat nelfon ke RS minta untuk segera di cek.

JENG…lagi lagi false alarm. Baru pembukaan 2 dong zzzz padahal itu udah mau seminggu dan ngerasa banget sih pembukaan kok ya alot bener deh. Trus bidan bilang itu biasa karena anak pertama dan jarak untuk pre-labour pembukaan 1-3 ini bisa makan waktu harian atau mingguan. Dahlah saya udah pasrah banget aja.

Karena makin gemes akhirnya udah aja saya bawa jalan-jalan biar makin cepet pembukaannya. Berharap dari 2 lompat ke 7 hahahahah yakali dah Ai hmm..

Sampe sekitar tanggal 13 Mei subuh saya ngerasain rasa sakit kontraksi yang luar biasa. Langsung nelfon RS dan akhirnya mereka nyuruh dateng buat di cek. Udah deg-degan taunya baru pembukaan 3 dong huhu pengen nangis banget rasanya. Bidannya sempet ngudek-ngudek pengen coba pecahin air ketuban, tapi katanya terlalu tebel jadilah gagal.

Akhirnya disuruh sama dokter dan bidan buat stay a bit longer disana, dikasi pain killer dan siangnya akan di cek ulang pembukaannya siapa tau udah 4 (di Inggris untuk bisa di ambil tindakan oleh RS kalo pembukaan udah sampe 4). Lumayan tuh saya dikasi pain killer yang kuat banget, di suntik di paha dan akhirnya bisa tidur juga buat bales dendam semalem gak tidur sama sekali karena kesakitan.

Siangnya saat pengecekan ternyata pembukaan masih mandek di 3, tapi katanya 3 menuju 4. Bidan dan dokter ngerasa emang perkembangan saya ini alot, sementara saya udah kesakitan selama seminggu lebih jadilah mereka kasih saya opsi, mau dipecahin ketubannya atau diinduksi. Saya milih dipecahin ketubannya buat mempercepat kontraksi dan akhirnya sore saya di pindahin ke ruang melahirkan untuk di pecahin ketubannya secara manual oleh bidan.

Delivery Suite

Alhamdulillah banget dikasi kamar sendiri, nyaman, dan gede banget pake ada kolam water birthnya gitu. Saya sempet liat ada ruang melahirkan yang barengan gitu sama orang lain dan sangat bersyukur gak tau kenapa ditaronya disitu.

DSC01288DSC01270

Bidan saya, Georgia langsung masang alat CTG untuk ngerekam detak jantung bayi dan pengukur tingkat kontraksi yang dua alat tersebut di lilit di perut. Kalo kontraksi lagi tinggi, itu bisa sampe 100an lebih. Sementara detak jantung Kai bisa menandakan gimana perkembangan dia selama ketuban abis di pecahin nanti.

Gak berapa lama proses mecahin ketuban berlangsung. Bentar banget kok dan rasanya kayak ngompol ada yang anget-anget keluar gitu. Katanya kontraksi akan semakin kenceng abis dipecahin ketubannya dan saya perlu jalan bolak-balik buat mempercepat si kontraksi itu. Akhirnya saya milih naik turun-tangga di temenin abang dengan meringis kesakitan plus kecapean.

DSC01259

Balik ke kamar kontraksi rasanya makin aduhai dan saya udah gak kuat jalan. Walhasil tiduran lagi di kasur sambil nungguin bak air penuh buat berendem air anget biar sakit kontraksinya agak lebih lumayan.

Berendam memang ternyata lebih bikin rileks dan agak meringankan sakit, tapi ya agak doang ya kalo lagi kontraksi kenceng tetep berasa tuh sakitnya hahaha. Cuma ya emang lebih bebas aja bergerak. Berasa kayak dugong somehow lol hahaha

Sempet di cek lagi pembukaan dan ternyata baru pembukaan 6 atau 7 gitu lah padahal sakitnya udah gak wajar. Gas Entonox yang gak pernah jauh dari saya udah gak kebayang dihirup berapa banyak. Ini gas emang bikin nge fly dan saya sempet ngigo ngajak party masa! hahahahah semua ketawa termasuk saya. Suara pun berasa berubah jadi berat kayak bapak-bapak, sempet bikin saya ketawa ngakak meski lagi nahan sakit.

Sekitar setengah 1 malam saya di cek lagi pembukannya dan omg…baru pembukaan 8 setelah sekian lama. Bener-bener alot banget kayak karet gelang.Β  Saya udah bilang abang kalo pembukaan masi belom 10 sampe jam setengah 1 saya minta epidural. Dulu gak mau sama sekali deh epidural pengennya tetep bisa tahan rasa sakit, eh pas hari H udahlah udah gak perduli hahaha cuma butuh tidur dan istirahat buat nanti ngeluarin bayinya. Gak berapa lama dokter dateng ngasi saya kontrak buat tanda tangan dan jelasin side effect dari epidural. Katanya epidural kan sakit banget ya, gak loh masih tetep sakitan konraksi ya πŸ™‚ hahahaha

Akhirnya loh bisa tidur enak sampe kira-kira jam 4 pagi gitu dibangunin sama dokter dan di jelasin keadaan Kai dalam perut gimana. Ternyata posisinya back to back dan instead of kepala lurus neken biar pembukaan, eh kepala dia miring. Plus pelvis saya katanya rendah jadi sulit buat normal. Dikasi 2 pilihan mau dicoba di balik posisi Kai dengan forcep (semacam tang) atau caesar. Setelah diskusi dengan abang akhirnya kita pilih jaan c-section, secara kalo pake forcep belom tentu berhasil dan ujung-ujungnya c-section juga.

Sekitar jam 5 subuh dimulailah proses operasi. Abang ikut masuk nemenin dan ngerekam semuanya. Sesaat sebelum operasi aneh banget tangan dan bibir saya gemetar hebat, padahal saya ngerasa gak takut cuma ada lah nervous secara ini operasi pertama kali. Ternyata kata dokter ini pengaruh obat dan akan hilang setelah operasi selesai. Jadilah selama operasi saya gemeteran gak jelas plus eneg pengen muntah karena seluruh organ dalam perut di acak-acak. Baby Kai memang posisinya udah di bawah banget jadi rada susah ngeluarinnya, kata para dokter (ada 11 dokter saat operasi berlangsung!) operasi saya termasuk operasi besar dan sulit karena kepala bayi sudah di posisi siap untuk melahirkan secara normal.

20mLtrW

Gak lama sekitar 15 menit saya dan suami denger suara yang udah lama kita tunggu-tunggu, suara tangisan bayi :”)

 

Sempet bingung dan amaze sendiri gak nyangka bisa punya anak hahaha. Langsung Baby Kai dikasih ke saya sebentar buat skin to skin dan langsung di gendong sama abang karena saya masih mual dan ya masi belom bisa dekap dia. Selebihnya sekitar 1 jam itu ngurusin jahitan di perut.

Saya dan Kai di rawat total satu minggu yang harusnya hanya 3 hari karena masih ada perawatan yang harus di jalani. Untung makanan rumah sakitnya surprisingly enak hahahaa. Gak ke foto karena selalu lagi laper dan udah habis duluan. Biasa saya mesen chicken kurma yang termasuk dalam menu halal (Yes ada menu halal loh!)

20180514_122523
Makanan pertama sehabis melahirkan

20180518_19071620180519_08240520180519_08055220180519_080550

Gak berasa sekarang Kai udah mau 2 bulan aja dan bener-bener masih gak nyangka saya dan abang udah punya anak perempuan yang super lucu dan gemesin hehe. Suatu berkah banget rasanya bisa di percaya sama Allah untuk menjaga dan merawat amanahnya sampai nanti diambil suami 😦 hiks

Mohon doanya untuk baby Kai ya om dan tante πŸ™‚

 

 

18 responses to “Welcome to the world, mini Aiko! Labor Story”

  1. Ah welcome to the world baby Kay😍. Congratulations!
    Asli aku lupa gimana rasanya sakit pas kontraksi, ngeri ya baca ceritamu sakitnya kayak diinjek ontaπŸ€”.

    1. Makasi mba πŸ™‚ maaf baru bales baru bisa buka laptop sekarang setelah belajar selahnya anak pas tidur hahahahah :p payah ya. Aku jadi sangat terharu sama ibu lainnya yang anak nya banyak. Hebat banget!

    1. Terimakasih πŸ™‚

  2. Baby Kay sehat terus ya 😘 Semoga membawa keberkahan dalam hidup

    1. Aaamiin terimakasih mbaa atas doanya πŸ™‚

  3. MasyaAllah Tabarakallah…Congrats Mbak Ai, Welcome baby Kai
    Ngebacanya bikin ngeri ngeri sedep yaa Mbak…nunggu bukaan smpai semingguan *phew
    anyway….Selamat datang di parenthood Mbak :*

    1. Terimakasih banyak mba akhirnya jadi status emak2 juga hihi.

  4. semoga membawa keberkahan bagi keluarga ya baby Kai :-*

    1. aamii terimakasih mba πŸ™‚

  5. Selamat ya manda… Cerita lahirannya mirip2 sama aku. Yang penting sekarang semuanya sehat2 ya… β™₯️

    1. sekarang bayi kita udah pada gede ya hahahah

  6. kontraksi itu memang….. :’)
    sehat selalu KAI

    1. mantap banget ya rasanya hahahah :p aamiiinnn

  7. alhamdulillah udah terlewati masa2 kontraksi nya ya mbak,
    selamat datang dara cantik.. sehat sehat ya baby Kai β™₯️

    1. hihi iya digantikan dengan endless sleep hhahaha. aamiin aamiin terimakasih mbak πŸ™‚

  8. MasyaAllah mbak ceritanya bikin kebayang bayang lagi sakitnya kontraksi, dan ngebayangin alotnya pembukaan, mbak sungguh strong sekali! Karena aku dulu mesti ngerasa patah hati kalo udah bayangin bukaan x tapi ternyata baru y, huhu. Udah ngerasain kotraksi tapi akhirnya sc insyallah pahalanya gede banget tuh mbak…

    Adek ipar saya kemarin juga begini, anaknya sungsang, akhirnya mau ga mau gimana lagi ya sc. Insyallah pasti itu yang terbaik. Selamat menjadi ibu mbak, semoga kelak kita bisa ketemu terus anak kai dan kafa bisa playdate wqwqwq.

    1. ya Allah maafkanlah aku baru bisa balas sekarang, lebih suka bales lewat laptop jadi gini deh. aamiin allahumma aamiin iya mba ikhlas aja anaknya mau keluar gimana yang penting dia keluar sehat deh.

      yeay iya dong mba nanti pas saya di Indonesia playdate yaa hihi ❀ Takecare untuk semua mba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: