First Experience Pregnancy Yoga at Bristol City Yoga

Zaman pas masih perawan (halah) saya emang demen banget olahraga, mulai dari ngegym, lari, muaythai, zumba sampe yoga udah saya jalanin. Dulu alasan awalnya emang karena pengen kurus hahah dan emang kalo mau kurus cuma dari makan doang sih ga ngaruh buat saya ya. Olahraga rutin 3-4x seminggu itu yang bikin berat saya bisa turun sampe 10kg dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan aja! Sekarang sih jangan ditanya beratnya ya hehe.

Selama hamil saya olahraganya cuma jalan aja, males kalo ke gym juga paling bisanya ya berenang. Kalo jalan kan gratis yaa dan disini kemana-mana mau gak mau ya jalan kaki jadi udah otomatis olahraga 30 menit sampe satu jam kalo udah di luar. Cuma karena udah kebiasaan olahraga jadi gatel aja gitu rasanya badan karena kurang greget olahraganya. Jadilah nyari-nyari yoga hamil yang lokasinya gak jauh dari rumah.

Eh ada dong cuma 3 menit jalan hahaha alhamdulillah rejeki mah ga kemana. Akhirnya saya book kelas Yoga Pregnancy for beginner dengan harga 2 kelas percobaan Β£15. Kalo suka nanti bisa ambil membership atau drop in aja langsung bayar on the spot. Kelas dimulai jam 6 sore sampe jam 7.15 karena menyesuaikan waktu para bumil yang juga kerja.

Pas jalan menuju studio Yoga, saya berbarengan dengan 3 tau 4 perempuan lain yang kayaknya menuju tempat yang sama. Simpel sih ketauannya karena mereka pake sepatu dan celana olahraga.

Studionya kecil sih jadi pas sampe depan receptionist numplek banget yang ngantri, ada kali 5 orang sempit-sempitan dalam situ plus 2 mbaknya. Karena saya udah booked dan bayar online jadi prosesnya cepet.

Mbaknya kasitau buat nyimpen coat dan tas di ruangan yang udah di sediakan, sepatu juga di lepas dan di taro di rak sepatu.

Jam 6 teng saya langsung naik ke lantai atas yang dimana kelas Pregnancy Yoga akan di adain disitu.

Eh…masi gelap banget ternyata dan saya orang kedua yang naik keatas. Saya dan orang tersebut gak ada yang nyalain lampu because obviously this is my first time jadi mana tau ya nyalain lampu dimana.

Gak lama beberapa bumil lain datang dan kelas pun makin rame. Kemungkinan ada sekitar 10-12 orang termasuk gurunya. Ruangan udah di set lampunya jadi lebih remang-remang dengan beberapa lilin yang sengaja di nyalain untuk menambah ambiance “tenang”.

“Namaste..”

Kelas dimulai dengan perkenalan masing-masing peserta Yoga dengan nama, hamil berapa minggu dan keluhannya apa. Rata-rata emang pada bilang back pain sih, termasuk saya yang juga mengeluhkan itu.

Akhirnya gurunya kasi saran buat beli bantal khusus yang berfungsi untuk mengurangi back pain pas duduk dan mulai coba perbaiki postur badan pas duduk. Ada benernya sih kadang lupa aja gitu duduknya jadi meletot kayak penggaris plastik.

Setelah perkenalan selesai, si guru mulai nyalain lagu Yoga India gitu dan dimulai lah relaksasi. Kayaknya semacam hypnobrithing sih, karena kita disuruh buat pejamkan mata, rileks, dan atur napas se-pelan mungkin.

Bagian ini nyaman banget sih, rasanya kayak ngebuang semua yang negatif di pikiran, mencoba untuk nenangin diri konsentrasi demi diri sendiri dan bayi. Bagus nih kalo nanti pas mau melahirkan lagunya diganti sama lantunan ayat suci Al-Qur’an sambil fokus buat bernapas yang bener.

Lanjut, mulai deh tuh banyak gerakan macem-macem. Ada yang nungging, kayak ular, ada gaya macan apalah gitu sampe kita disuruh berdiri ngebuat lingkaran, megang tangan orang di samping dan seolah ngebuat pohon gitu.

Nah, step paling akhir yang paling nyaman yaitu tiduran! Karena kehamilan saya udah masuk trimester 3, jadi kalo tiduran posisi punggung tuh gak mungkin ya jadinya saya tidur nyamping dengan bantal di kepit di paha. Duh enak banget hampir ketiduran hehe

Selesai Yoga badan rasanya lebih seger, pikiran lebih jernih, kayak lebih berenergi gitu gatau apakah sugesti atau emang akibat ngulet-ngulet gaya yoga. Tapi emang besoknya badan pada sakit karena udah lama gak olahraga hehe

Sangat sangat merekomendasi sih bagi yang lagi hamil untuk nyobain Yoga. Plus belajar pernapasannya bisa di terapkan nanti pas melahirkan, semakin kita rileks semakin gampang katanya buat ngeluarin si baby.

Hope it’ll works in two months time!

11 responses to “First Experience Pregnancy Yoga at Bristol City Yoga”

  1. Waktu anak kedua gw yoga bumil. Pengajarnya lulusan Inggris dan enak banget ngajarnya. Berasa lebih fit memang.

    1. iyaa yahh sblm aku yoga badan kayaknya urakan banget gitu gak tertata

  2. Good luck manda and stay healthy 😍

    1. thank you mba ima πŸ™‚

  3. stay healty ya manda aka aiko..
    semoga di lancarkan lahirannya..
    maret bsk anakku jg udah 2 tahun nih..

    1. aamiin terimakasih mas πŸ˜€ wahh mungkin bisa samaan tgl ulang taunnya

      1. klo sama ntar bancaan bareng ya haha

  4. iyaaa kamu kan anaknya olahraga banget ya, semoga sehat2 terus β™₯

    1. aamiin thank you siss ❀

  5. jadi kepengen buat tulisan pose yoga buat ibu hamil setelah baca tulisan mu aiko.

    1. ayo tulis mba aku pantengi πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: