Beberapa Hal Tentang Kehamilan

Gak pernah sebelumnya terlintas di benak saya kalo hamil itu gak sekedar berat doang karena bawa bayi, tapi masih banyak lagi yang ternyata di korbanin seorang ibu untuk menjaga kandungannya selama 9 bulan. Yah begitulah manusia, kalo belom mengalami mungkin bisa anggap sepele dan ngeliatnya “biasa aja”.

Tepat banget besok usia kandungan saya masuk ke Trimester 3, dimana waktu udah semakin dekat buat baby K keluar dan banyak yang harus di persiapkan. Bersamaan dengan itu pula saya udah gak sabar pengen tau what 3rd trimester will offer yang udah pasti unik macam trimester 1 dan 2.

Saat sebelum terbang ke UK, orang tua dan keluarga yang lain suka cerita gitu gimana mereka dulunya pas hamil. Gak bisa di samain ya setiap kehamilan itu beda. Wong hamil anak pertama, kedua dan seterusnya aja pengalamannya beda, gimana beda orang.

Standarnya, orang biasa kasih tau kalo hamil itu suka mual, ngidam, sakit pinggang sama susah tidur. Udah itu aja. Sisanya saya baru mengungkapkan pas lagi hamil ini, dan ternyata banyak sodara-sodara!!

Ini dia yang saya alami:

Trimester 1

  1. Mual dan benci banget sama masakan padang, terlebih yang santen hii. Nyium bau nasi di tanak juga eneg banget, sampe biasanya lebih suka nasi dingin daripada nasi panas ngepul.
  2. Muntah beberapa kali, biasanya kalo kebanyakan makan hehe
  3. Badan rasanya kayak abis tawuran (lha emang pernah tawuran Ai?) ya pokoknya sakit satu badan deh, apalagi bagian area rahim itu kayak abis diinjek
  4. Kalo mual cuma bisa makan roti atau sereal. Ini mau gak mau daripada gak makan. Tambahannya paling minum susu lagi abis itu biar at least ada gizi masuk ke bayi
  5. Males. Wah parah males banget ngapa-ngapain. Mandi aja males, pengennye uwel-uwel di kasur apa sofa sambil nonton film. Ini masih sampe sekarang walau udah gak semales pas trimester 1.
  6. Kucel dan gak pernah dandan. Asli dandan gak pernah kalo gak ada acara penting. Even eyeliner, alis, lipgloss aja enggak. Ini juga masih sampe sekarang
  7. Jerawatan parah! wah…parah banget sampe ga ngerti lagi. Saya bukan bumil glowing yang kulitnya jadi bagus hiks. Kalo keliatan di foto licin ya namanya juga foto hehe. Ini juga masih sampe sekarang
  8. Lemes dan tenaga cepet abis
  9. Gak suka pekerjaan rumah! Duh males ah pokoknya hahaha
  10. Jadi gak suka salmon padahal tadinya pecinta salmon. Mungkin karena bau amis ya gatau juga deh padahal dulu makan sashimi bisa berpiring-piring
  11. Badan penuh gas banget, suka kentut dan gelegean parah kayak orang masuk angin. Ini masih sampe sekarang

Trimester 2

  1. Mulai berenergi, jalan kemana-mana mulai kuat dan masak juga (mau gak mau) udah kuat. Palingan kalo lagi goreng sama motong harus duduk di depan kompor
  2. Sakit dibawah pinggang akut. Sakitnya tuh kayak dudukin jarum aja gitu, sampe gak kuat berdiri
  3. Sakit di bagian paha dan betis. Ini sampe kebangun sejuta kali deh, rasanya kram gitu
  4. Tidur gak nyaman. Mulai berasa engapnya dan tidur cuma bisa nyamping kiri apa kanan. Kadang ampe kesemutan huhu
  5. Pipis berjuta-juta kali!!! Terlebih saat jam 2 apa 3 pagi dan biasa kebangun 2-3x pas malem dengan kelipatan waktu dua jam. Sebel kan lagi enak tidur eh bangun, kamar mandi, tidur lagi trus 2 jam kemudian bangun lagi karena kebelet ya gitu terus deh. Udahannya gak bisa tidur jadilah suka cranky pagi-pagi hahaha
  6. Sesek napas. Sering banget suka ngos-ngosan sampe abang nanyain kok napasnya kenceng banget -_- huhu ya gimana sesek aja gitu mau napas plong gak bisa
  7. Udah gak mual lagi apalagi muntah. Makan apa aja bisa, termasuk yang santen-santen gitu.
  8. Gatal akut dibagian PD. Sampe garuknya suka ekstrim grauk-grauk gitu. Abang suka marah kalo udah gitu katanya jangan sampe ngerusak aset huahaha
  9. Rambut tumbuh cepat. Ini bener ya, rambut saya dulu suka lama panjangnya, sekarang kayak beberapa bulan aja udah panjang aja gitu
  10. Tiap pertengahan minggu (Rabu/Kamis) berasa gak enak badan. Mungkin karena mau ganti minggu kali ya karena kan tiap minggu pertumbuhan bayi melajut pesat, begitu juga sama rahim kita yang makin melebar buat persiapan si bayi.
  11. Linea Nigra. Ini tuh kayak garis item yang melintang dari bawah PD sampai atas rahim. Suka aja liatnya berasa hamil banget hahah
  12. Susah pakai sepatu dan kaos kaki
  13. Jalanan nanjak pasti wajib di dorong dari belakang kalo mau sampe tujuan hahaha

Ya begitulah rasanya hamil, walaupun banyak pengorbanannya tapi lebih banyak senengnya sih karena gak sabar buat ketemu. Penasaran dia cowok apa cewek (saya dan abang gak percaya sama USG), penasaran mukanya gimana mirip siapa, belum beli ini itu barang bayi yang gemes-gemes.

Saya juga gak ada rasa takut buat melahirkan. Sakit ya yaudahlah tapi sakitnya pasti bakal cepet lupa karena liat anak sendiri.

Gak sabar beberapa bulan lagi gendong baby K dan masuk ke ranah motherhood ngurusin krucils yang menggemaskan πŸ™‚

23 responses to “Beberapa Hal Tentang Kehamilan”

  1. Selamat ya Mba,sudah trimester ketiga semoga lancar. Aku juga dulu gitu,pernah mengalami sesak napas pas hamil. Mungkin karena bayinya lagi berputar jadi uluhati berasa kayak ditendang debay.

    1. terimakasih mba πŸ™‚ wah iya yahh emang mungkin krn bayinya makin gede organ2 tubuh bagian dalam jadi kehimpit atau ketendang bayinya hahaha

  2. tanda2 nya mirip aku bangettt neng hehe.. sehat2 selalu yaa bumil dan debay nya 😘😘

    1. wiii apakah gendernya pun akan sama? aamiin makasi banyak ya mba πŸ™‚

  3. semoga sehat2 dan lancar2 ya…

    1. aamiin terimakasih mas Arman πŸ˜€

  4. Hai AIko semoga lancar ya sampai lahiran πŸ˜‰ . Klo aku pas trimester 3 tambah sesak pas tidur, lubang hidung kesumbat keduanya. Klo posisi duduk ya ga bisa tidur kan πŸ˜€ . Oh iya klo gatal aku sih olesi vicks drpd digaruk, apalagi pas tidur ga sadar ngaruk keras kuatirnya malah luka.

    1. aamiin terimakasih mba atas doanya πŸ™‚ wah kesumbet idungnya krn pilek atau gimana mba? Bener banget mba sesek jadi susah tidur ya hahahah. Kalo pake vicks jadi pedes ga mba?

  5. Semoga sehat sehat selalu siiissss…. excited for you!! :*

    1. aamiiin thank you siss ❀ ditunggu main2 kesini nyaa atau kita yang ke LA hahah πŸ˜€

  6. Semoga ntr trimester keempat (sebutan buat masa newborn bayi) berjalan dgn lancarrrrr…. no begadang, no nipple cracking, pokoke easy baby, healthy baby (& mommy deh!). Suer ini komenku mengandung curcol, lol

    1. omg iya mba aku denger justru lebih luar biasa pas masa2 ASI itu wiii. aamiiin ya Allah. mba nipple cracking solusinya apa yah? Katanya olesin ASI bisa sembuh ya mba?

      1. Iya olesi ASI aja. Perbaiki perlekatan sama klo ga tertahankan ya bs pake nipple shield untuk smentara

  7. Sehat selalu mandaaaa….for the meantime enjoy dulu bobo pulesssnyaa yaa hehehe itu kata2 mujarab before having baby..dan akan dimengerti saat bayi lahir…hihi

    Tapi kamu glowing banget ah hamilnyaa

    1. iya mbaa dikit lagi pasti udah mendikit jam tidurnya hahahah. aamiiin aamiiinn πŸ˜€

  8. Sebanding lah ya semuanya Man. Lancar2 dan sehat2 yaaaa

    1. aamiiin terimakasih mbaa πŸ˜€

  9. Welcome to third trimester Manda! Selalu sehat dan semangat terus yah.

    1. aamiiin sehat2 juga untuk mu ya wien! πŸ™‚

  10. Masa’ ya Ai lu ngomong Linea Nigra gue jadi inget dari kecil – SMA punya garis ini, bener2 ngebelah dua badan gue HAHAHA πŸ˜† Skrg masih ada tp udah tipis samar-samar sih, semacam menghilang gitu.

    Dan gue ngakak ngebaca lo musti didorong dari belakang pas nanjak MAAFKAN AKUUUU! πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† *dikepret Aiko* πŸ˜†

    1. Linea negra tp unik banget ya hahahahha kupikir dulu daki asli bener2 deh. HAHAH tapi bener2 harus di dorong geg kalo ga gasampe tujuan kek mobil mogok

  11. Kak Aiko, salam kenal yah! πŸ™‚ Aku baru nemu blognya, seneng bgttt baca cerita kehamilan.
    Tapi itu kocak kok bisa yah eneg nyium nasi ditanak hihihi.
    Semoga sehat2 terus ya kak dan semoga kelahiran baby K lancar πŸ˜€

    1. Hi Sharon salam kenal juga yaa πŸ™‚ thank you udah mampir kesini aku mampir balik ke tempat mu yahh. Iyaa eneg banget gatau kenapa huhu tp skrg malah porsi makannya buat 2 orang :p aamiiin thank you ya dear atas doanya πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: