Menyusuri Kota Romantis, Prague

Berangkat dari Luziny Station gak jauh kok untuk sampe ke tengah kota. Tujuan saya saat itu adalah Muztek Station dan hanya menempuh sekitar 15 menit aja. Undergroundnya persis kayak Tube di London dan signage nya pun semua jelas jadi gak bakal lost.

Seperti kota-kota di Eropa pada umumnya, bangunan di kota Prague cantik banget dengan sentuhan oldies yang gak bakal bikin bosen untuk di tengok atau jadi background foto. Bahkan sempet saya ngelewatin bangunan yang luarnya berhiaskan patung Yesus. Unik banget gak sih..Warna gedungnya mainly warna cerah ya, kayak kuning krem dan pink salmon gitu. Kan jadi gemess hehe.

IMG_5257IMG_5274

Tujuan awal saya dalam perjalanan hari itu adalah Charles Bridge (Karluv Most). Nama dari Charles Bridge sendiri di dapat dari King Charles IV yang menjadi penghubung antara Prague Castle yang jauh di atas sana dan kota tua (Old Town) yang berada dibawah. Tapi emang dari istana ke kota tua lumayan sih jauhnya kalo jalan. Mungkin zaman dulu kalo pake kereta kuda lumayan lah kali ya.

IMG_5272IMG_5259IMG_5261

Pemandangan dari bridge tuh BAGUS BANGET huhu so romantisss sayang aja masi jalan sendirian waktu itu hiks.. Kayaknya harus di ulang nih *nyikut abang*. Keliatan pemandangan sungai Vltava yang airnya jernih macam air gunung dan pemandangan kota-kota di seberang. Saya sempet stuck di pinggir sungai untuk beberapa waktu, kepikiran aja sama apa yang udah di lakukan dulu-dulu, semacam napak tilas memori hahaha.

Di pinggir jembatan banyak yang gantungin gembok-gembok bertuliskan nama si penyemat dan pasangan. Biasalah dengan kepercayaan cintanya akan se-kuat gembok itu, asal jangan karatan aja ya :p

IMG_5416

Lanjut saya meneruskan perjalanan ke bangunan megah yang gak jauh dari jembatan yaitu  Czech Music Museum. Kesannya tuh Eropa banget dan gedungnya super cantik. Tadinya pengen masuk, tapi karena ada tiket plus kayaknya waktu itu di tutup untuk umum karena ada event khusus jadi gak jadi. Cukup foto di depan aja udah senang (backpacker itung-itungan)  hahahaha.

IMG_5280

Saya sempet bawa map dari Ales, oh iya dia ngasi leaflets dan map loh guna banget dan akhirnya saya pakai untuk jadi penunjuk arah mau kemana aja. Saat itu HP saya mati dan gak nyalain pulsa, padahal katanya bisa ya kalo pake 3 tapi kok waktu itu gak bisa huhu jadi yaudahlah dengan bermodal peta saya nyari dimana tourist information buat dapetin lebih banyak info lagi.

Ternyata tourist information terletak di Old Town yang emang saya mau tuju. Dari Museum juga gak jauh sekitar 10 -15 menit jalan kaki udah sampe. Old town Square ini udah kayak alun-alun kota yang biasa dipake buat jadi pasar atau event. Pas banget karena saya datang saat Easter, jadi banyak markets yang kayak Christmas market di UK gitu. Ada yang jualan hiasan, makanan dan minuman lokal sampai performance khas yaitu tari tradisional. Seru banget! Secara gak langsung jadi belajar kebudayaan mereka dan ngeliat festival yang di rayakan di Prague.

IMG_5287IMG_5439IMG_5447IMG_5450Processed with VSCOcam with a6 presetProcessed with VSCOcam with hb1 preset

Di Old Town ini yang hitz banget tuh si jamnya yang dinamakan Astronomical Clock. Kalo mau naik harus bayar dan bisa ngeliat pemandangan cantik kota ini. Tapi untuk hari itu saya berniat buat jalan-jalan aja dulu, kalo naik mah bisa besok yakan

IMG_5295

Di papan pengumuman tertera kalau agak sorean bakal ada performance tari tradisional. Wah kayaknya seru dan sayang untuk di lewatkan. Jadilah nungguin si performance itu dengan ngeliat jualan apa yang bisa di jajah.

Beberapa kios menjajakan kue unik khas Ceko yang bernama Trdelnik, bentuknya kayak pipa bercorong dengan bahan utama tepung dan luarnya ditaburi gula plus cinnamon. Isinya bisa kosong atau pakai selai Nutella. Tentunya saya pecinta coklat langsung order yang pakai Nutella. Enak deh dan masih anget pas di gigit. Crunchy on the outside and tender on the inside hahaha. Cuma rada berantakan nih makannya dan jangan lupa sediakan tissue basah buat lap tangan dan mulut yang cemong.

IMG_5463IMG_5464

Karena waktu udah masuk Ashar dan saya belom sholat, jadilah saya memutuskan buat sholat dan nyari masjid atau musholla. Lagi makan siang juga belum jadi sekalian lah ya cari resto halal. Alhamdulillah nemu resto halal dan sempet nanya ada masjid gak disana. Eh ternyata gak ada masjid di Prague, adanya musholla dan penjual di restoran berbaik hati ngasi saya petunjuk buat sampe kesana.

img_5300.jpg
Makan siang yang mainly carbs  dan protein hehee

Setelah jalan beberapa menit akhirnya sampai lah di area yang di maksud tapi cuma ketemu sama restoran halal lagi yang namanya Orientalni (Barakat) Restaurant. Masih juga bingung, nanya lagi sama penjual yang di dalam eh taunya musholla persis di belakang restoran ini, jadi harus masuk ke dalam gangnya. Ealah.. bahkan sign atau apapun gak ada. Dari old town gak jauh kok masi di pusat kota. Pokoknya masuk gang dari depan Toko Zara kayaknya hehe.

 

Screen Shot 2018-01-11 at 18.25.50
Diambil dari Google Map

Bagi yang mau sholat di prague, musholla terletak di gang belakang restaurant Barakat yang beralamat di:

Opletalova 930/28, 110 00, Nove Mesto, Prague, Czech

Mushollanya gak terlalu besar, dengan sekat antara ikhwan dan akhwat cukuplah untuk mengakomodir muslim atau turis muslim yang akan sholat di Prague. Menurut saya suatu kenikmatan luar biasa bisa sholat di negara yang saya kunjungi, terlebih kalau sampai ada masjidnya. Subhanallah.

IMG_5549IMG_5552

Kelar sholat saya balik lagi ke Old Town Square buat nonton performance. Udah makin sore dan makin dingin anginnya. Tapi tetep banyak penonton yang antusias buat nungguin performance sore itu. Kayaknya Easter Markets juga makin rame deh. Saya sempet jajan minuman unik namanya Svestky A Med, yaitu minuman buah plum dan madu. Minumannya gak beralkohol kok dan hangat jadi enak di tenggorokan plus perut. Minuman nenek-nenek hahaha

IMG_5558IMG_5559IMG_5560

Akhirnya performance dimulai dan gemes banget, tariannya kayak dansa antara cewek cowok gitu. Khas Eropa dengan banyak permainan di kaki. Jadi inget pas saya sempet ikut kompetisi tari tradisional di Turki dulu dan jadi makin mencintai tari tradisional karena keunikan dan sejarahnya.

IMG_5563

Prague already stole my heart from this point and it’ll grow even stronger in the next day 🙂

 

 

18 responses to “Menyusuri Kota Romantis, Prague”

  1. Man, km datang pas Easter ya, pantesan mba koq ngerasa familiar ama toko2 di Old Town itu hehhe

    1. iya mbaa pas Easter break waktu itu jadi main2 kesana 😀

  2. Rapi ya masjidnya.. seneng karpetnya colourful, tapi kalo sholat pake motif begitu kadang otakku bandel menelusuri motifnya. duh..

    1. iyaa mba ngeliat jumlah muslim yang sedikit disini ternyata terawat banget. hahaha kadang aku juga suka gak fokus, tapi lebih ke mikir abis ini makan apa :p

      1. ah, makanya makan dulu sebelum shalat.. hehehe..

      2. habis makan pun masih suka mikir mau makan lagi *anak rakus* :p

  3. gedung nya cakep2 yaaa, aku mah suka sama eropa tuh liat arsitekturnya 🙂

    1. iya mba cantik banget dan gak bosen buat di liat sama jadi background foto :p

      1. Kebayang kalo jd backgound foto, instagramable banget 😀

      2. banget mba jadi bingung mau posting yg mana krn bagus2 hahah

  4. Ku ingin makan Trdelnik 😀

    1. Rasanya unik mba 😀 tapi rusuh sih belepotan sama remahnya kemana2 jadilah pas makan banyak burung menghampiri haha

  5. wow aku baru tahu ada mushollanya aiko, oh ya aku paling suka ama Charles Bridge

    1. Iya aku juga kalo gak nanya2 kayaknya juga gabakal ktemu tuh abis susah tempatnya. Charles Bridge keren banget sih ya mba apalagi pas malem romantis gitu

  6. Demen bgt liat foto gedung2nya mandaaaa dan si jam yg hits itu, sungguh mupeng pengen kesana hahahaha. Ditunggu bgt lanjutannya yah man❤️

    1. Kalo ke Eropa jangan lupa main ke UK ya mba biar kita ketemu hehe. Silahkan mba lanjutannya udah ada 😀

  7. […] Hijabi Solo Traveler | Prague Hari 2 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: