Amazon: Antara Yes dan No

Siapa sih yang gak demen belanja? Apalagi cewek ya hehe. Di semua negara yang pernah saya tinggalin (Malaysia & Inggris) gak pernah kayaknya gak belanja online. Apalagi di Indonesia yang serba OL shop lewat Instagram, duh kayaknya gak berasa gitu uang cepet banget abisnya ketimbang bayar cash ya.

Nah, minggu lalu saya baru aja beli HP baru nih, Samsung Galaxy S8 (Mungkin nanti akan saya tulis reviewnya, stay tuned!) dan pastinya gak mungkin saya biarin tuh hp baru telanjang dong. Apalagi saya ini maniak casing banget! Dulu pas punya Iphone casing mungkin ada 7 :p dan pas pake Samsung Note 4 juga casing ada buanyak banget sampe masuk ke dalam laci yang khusus casing HP doang hahaha. Gak peduli apa kata orang yang bilang buang duit lah sayang lah buat beli casing doang dll. Yah itu salah satu yang bikin saya seneng kenapa enggak?

Jadi karena takut scratch atau rusak kepentok, jadilah mulai hunting casing HP. Liat-liat di mall dan toko HP ah jelek-jelek banget dan harganya mahal. Casing transparan harganya £8 lha males banget gak sih. Disini juga kalo cari di IG gak kayak di Indonesia, abis itu mesen lewat WA/Line trus TF ke bank. Pasti harus lewat website dan bayar pakai PayPal atau Debit/Credit.

Akhirnya tujuan jatuh di salah satu gerai belanja terbesar di dunia yaitu Amazon. Ini pertama kalinya saya mesen barang lewat Amazon dan memang pilihannya buanyak bangeeuutt dan lucu-lucu. Sempet galau mau yang bling-bling glitter gitu atau yang shock proof macem SPECK atau Otterbox yang dulu sempet saya punya pas pake Iphone. 2 merk tersebut bagusss banget kalo yang tangannya krintilan suka jatohin hp.

Setelah beberapa lama milih yang cocok akhirnya pilihan jatuh ke casing dari ULAK dengan design kece buat cewek banget, atasnya stripes item putih dan bawahnya pink pastel gitu. Gak hanya designya yang cakep, tapi juga ini casing bagus buat jaga HP kita dari lecet dan remuk. Ah sesuai lah.

Karena mesennya hari Sabtu dan baru nyobain akun PRIME, jadi di kirimnya super cepet yaitu di janjiin Senin udah sampe. Saya terus ngetrack order lewat online account di apps dan so far masih smooth banget.

Sampe akhirnya hari senin saya udah excited banget nih akhirnya HP saya punya baju. Sekitar jam setengah 1 siang ada orang ngebel ke rumah dan ternyata orang Amazon! Yeay langsung ngacir bukain pintu apartment di bawah dari rumah dan nungguin abang-abangnya ngetok pintu.

15 menit…setengah jam..1 jam… ditungguin kok gak nongol…

Sampe akhirnya ngecek sendiri turun, abang-abangnya udah gak ada. Cek kesana kemari di lobby gak ada tanda-tanda barang saya. Cek di dalem mailbox juga kosong.

Lalu saya bingung dan ngecek aplikasi. Anehnya, di aplikasi sudah tertanda kalo barang telah delivered dan ditaro sama abangnya di secure location? heh dimana tuh? Perasaan gak ada saya kasi informasi ke delivery guy kalo saya gak dirumah (which is aneh ya karena saya udah pasti dirumah wong yang bukaiin pintu lobby saya kok) bisa di taro di secure location atau nitip ke tetangga.

Screen Shot 2017-11-08 at 09.24.37

Karena makin bingung, saya balik lagi turun untuk ngecek yang kedua kalinya. Eh ada paket punya orang lain dari Amazon juga yang tergeletak gitu aja di lobby. Saya cek yang punya itu tetangga di rumah nomor 6. Lha…kok ditinggalin gini aja ya sama orang Amazonnya, bisa di colong orang banget gak sih. Tapi ya balik lagi barang saya gak ada.

Masih bingung, saya buat teori di kepala. Bisa jadi ada dua nih, satu si abangnya mikir yang box tadi punya saya tapi gak ngeuh kalo itu punya orang lain dan malah ngontak apartment saya. Akhirnya di status udah delivery dong yakan. Nah yang kedua, bisa jadi barang saya ketuker sama punya orang lain dan jadinya salah kirim entah kemana. Pastinya juga langsung di ubah kan notificationnya jadi delivery.

Hah udah kesel banget deh. Langsung nelfon customer service buat minta tolong cek ke abang-abangnya. Akhirnya dikasih solusi, tunggu barangnya sampe tanggal 8 dan kalo belum sampe juga akan segera di refund.

Setelah itu si CS kirim email dan saya tetep kasih tau masalahnya. Ternyata di bales sama temennya yang lain dan itu cepet banget, asli saya takjub. Mereka minta maaf kayaknya abangnya salah kirim ke alamat lain. Biasa kalo barang yanga ada di Amazon akan di kirim langsung replacementnya without any cost, cuma karena itu dari company lain, jadi saya disuruh pesen ulang kalo mau dan yang sebelumnya bakal di refund.

Yaudah saya mesen ulang dan dapet lagi e-mail dari CSnya Amazon katanya refund saya udah di process. Yes bagus banget nih kerjanya cepet, rasa sebel barang gak sampe jadi rada terobati karena saking bagusnya service Amazon. Jadi keinget sama salah satu mata pelajaran S2 dulu, CRM (Customer Relationship Management), gimana cara mereka handle customer patut buat di jadiin contoh di Indonesia. Cepet, efektif, dan bisa di percaya plus cepet banget! Jadi customer gak panik dan future purchase bakal aman karena tau Amazon bakal handle semua dengan baik.

Barang yang saya pesen ulang hari Senin udah sampai kemarin dan ternyata dapet dua! Pas mau dibalik ke Amazon lagi katanya gak usah. Jadilah saya dapet dua casing yang sama dan satunya gratis.

Tadinya sempet mikir ah kapok nih mesen pake Amazon, masa barang gak sampe gini. Eh tapinya Amazon tanggung jawab banget loh jadilah saya tenang dengan keputusan kedepannya kalo mau pake Amazon lagi buat belanja, karena dijamin deh CS bakal bantuin semaksimal mungkin dan prosesnya cepet.

Ada yang mau casing satunya lagi?

Advertisements

23 thoughts on “Amazon: Antara Yes dan No

    1. Eh aku jg pernah punya pengalaman serupa belanja di Dekoruma, pengiriman pertama = salah warna barang. Akhirnya barang yg benar dikirim lagi. Barang yg salah, disuruh keep ajah katanya. Ga usah dibalikin. Amazed deh sama good service nya!

  1. Amazon aku hanya pernah beli e-book hehe. Dan perbedaan harganya sering jauh.. misalnya kalau beli di Amazon.co.uk £5, kalau di Amazon.com harganya $15… jadi khusus untuk itu aku punya dua akun dengan dua alamat. Sejauh ini belum pernah masalah (tapi namanya juga e-book, jadi engga pake pengiriman barang fisik).

    1. wow jauh juga ya mba. mending di yang UK dong yah. nah iya krn aku kmrn kan barang fisik jadi emang banyak juga aku cek di forum yang barangnya ilang ntah kemana. cuma krn CSnya mrk bagus jadi orang tetep pada ngacir ke amazon kalo butuh beli barang 😀

    1. hihihi ntar dibawa ke indonesia mba’e hehe. lumayan ya mbaa dan harganya jauh sama yang beli langsung kadang, dan barangnya di Amazon lebih macem2

      1. Btw waktu jamannya pake BB dulu, aku jg koleksi silikonnya lho. Punya banyak bgt, sampe 14 biji, wkkwkw. Lucu gt klo dijejerin, warna-warni kyk permen.

      2. gemes banget kan mbaa huhu aku suka ga tahan liat kesing2 gemesy gitu walau tau sih yaa gak penting :p cuma demen aja gitu apalagi gonta ganti tiap dua hari sekali huhauaha *weird addiction*

      3. Wkwkwk sama banget. Dulu malah sempet ganti casing, disesuaikan sama warna jilbab dan bros. Sekalinya pake yg nggak matching, sama muridku ditegur: “Kok nggak matching, mem?” Ya ampunnnn manalah anak cowok pulak yg negur, hahaha.

      4. asik punya temen yg hobinya sama 😁😁😁😁 yaampun gemesy bgt mecing semuanya. kayaknya ntar lg aku gitu deh hihi

    1. bagus banget ya mas. suka ngiri sama yang di US barang lucu nya lebih beragam deh ketimbang amazon sini. iyaa beli disitu nunggu paket aja gausah susah2 nyari parkir sama ke toko yaa

  2. saya selalu make amazon, bahkan buat beli beras pun dengan amazon. trus kalau di sini, delivery service-nya pake pihak ketiga, tapi alhamdulillah masih ontime sih. bahkan kalau pake prime, bisa pilih waktu pengiriman.
    pokoknya amazon the best lah… 🙂

    1. wih mantep beli beras pake amajon hehe. Iya mba kayaknya tergantung barangnya deh ada yang 3rd party ada yang langsung dari Amazon shippingnya. Banget! prime skrg juga bisa nonton film yah udah macem netflix aja

  3. Aku jg klo beli chase di amazon atau di ebay cakep2 dan murah tp biasanya aku nyari yg berarea di UK krn kdg2 banyak yg dr cina nunggunya 10 hari klo dr cina klo dr UK 2 hari nyampe. Pernah suami beli hotgun untuk mengukir kayu dari amazon eh delivery mannya blg kita g di rumah oh kita loh di rumah. Trus di kirim email foto rumah tsb loh bukan rumah kita 😅 kdg deliverynya g baca alamat tp cuma baca nama rumah yg suamiku pake nama bisnisnya Whitefield Woodyard. Lha di antarkan ke rumah dg nama whitefield 😅 beda post code kali gak teliti 😅

  4. Sempet juga kayak gini pake Amazon. Barangnya ga sampe2, udah lewat dari batas waktu pengantaran (lebih dr 10 hari). Akhirnya sama CSnya dijanjiin barangnya dikirim lgi (karena aku ga mau refund), dan ternyata mereka kirim pakai layanan Prime, jd cuma dalam 2-3 hari sampe Swedia. Eh begitu barang kedua tiba, yang pesanan awalku sampe juga. Sama mereka diminta keep aja barangnya, ga perlu dibalikin. Top banget servicenya 👍👍👍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s