Batik Untuk si Bule

Baru aja kemarin saya balik ke Indonesia, salah satu alasannya adalah untuk kebutuhan mencari data buat disertasi. Lumayan bikin pusing sih karena saat mengumpulkan data secara offline gak banyak yang paham betul Bahasa Inggris. Jadilah saya harus translate isi survey terlebih dahulu biar yang ngisi ngerti dan gak asal centang aja.

Salah satu yang bikin pusing dalam ngerjain disertasi adalah ngejar supervisor. Kebetulan supervisor saya ini orang bule asal Itali dan masih muda. Jadi pas summer kayak sekarang udah pasti doi keluar dan jalan-jalan. Enak di dia gak enak di saya hahah. Nunggu balesan e-mail dari dia tuuh selalunya H2C, harap-harap cemas. Lama bangett ya ampun di balesnya, udah kayak dulu nunggu gebetan bales chat *eh lha kok curhat toh Ai hihi.

Anyway, setelah penungguan yang terasa gak berujung, si dosen bales juga Alhamdulillah. Walaupun lama banget tapi supervisor saya ini sungguh sangat membantu. Beberapa email balesan dari dia udah bisa bikin saya cepet ngerampungin questionnaire yang masih dalam tahap perbaikkan. Gak berapa lama akhirnya di approved dan saya bisa langsung collect data! Seneng banget huhu..Udah kebayang pakai toga bulan Desember ini hahaha aamiiin…

Karena jasanya yang sungguh luar biasa, saya pas di Indonesia kemarin kepikiran buat ngasih dosen saya ini sesuatu dari Indonesia yang bagus, bisa di pakai ke kantor dan mencirikan Indonesia banget. Lumayan juga kan buat promosi Indonesia. Sempet sih mikir ah kasih peralatan tulis dan hiasan aja kali ya mungkin bakal di pajang di meja kantor.

Yah tapi lama kelamaan saya mikir, kenapa enggak sekalian aja kasih dia batik? Selain keren, susah didapat di Eropa, batik tuh Indonesia banget. Coba kalo dia pakai ke kantor, apa enggak pada ngiri tuh temen-temennya hiihi. Kali-kali aja dengan pakai batik yang saya kasih bisa ngegaet cewek :p

Mulai lah pencarian batik yang ternyata lumayan menyita waktu. Mulai dari ke shopping mall, muter outlet batik deket rumah sampai nyari di ITC tapi gak nemu yang pas dengan keinginan saya. Susah juga nyari yang terlihat keren, maskulin, tapi bule bakal suka.

Bahkan nyari online pun udah saya usahain banget. Buka-buka sis Instagram sampai buka website kayak Zalora, BatikID atau MatahariMall. Mau sekilas info aja nih, baru pertama buka website nya MatahariMall lumayan kaget juga. Canggih nih sampe jualan Cheap Monday segala. Nike dan Adidas pun ada. Untuk nyari bagian cowok dan cewek pun gak susah. Khusus untuk bagian cowok bias langsung buka koleksi fashion pria MatahariMall. Gak hanya itu, variasinya juga lengkap mulai dari pilihan baju sampai kacamata. Kapan-kapan saya nyari buat pacar atau ayah disini ajalah hehe. Experience selama browsing di websitenya MatahariMall udah kayak di ASOS deh. Langsung saya cek koleksi fashion pria MatahariMall dan cukup terkesima dengan berbagai macam pilihan yang ada. Kan suka susah ya nyari hadiah buat cowok.

Screen Shot 2016-08-04 at 07.24.13

MatahariMall.com bagian pria

Screen Shot 2016-08-04 at 07.27.04

Pilihan batiknya kece-kece banget ya πŸ™‚

Eh taunya hari itu juga mama ngajak ke salah satu toko batik langganan dan Alhamdulillah ketemu juga yang dicari. Sesuai dengan keinginan dan pastinya dompet hahaha.

Semoga dosen saya suka deh. Kalo saya jadi bule sih terkesima sama design batik yang ulir-ulir gitu yaa, apalagi kalo warna batiknya warna kesukaan. Kebetulan saya beli yang hitam biar elegan dan dia bisa pakai either buat kerja atau acara formal kayak dinner gitu.

IMG_3846

Batik untuk sang dosen

Saya gak pernah bosan untuk mempromosikan Indonesia ke orang luar negeri. Karena kalau bukan kita yang bangga akan kebudayaan yang kita miliki, lantas siapa yang akan melesetarikannya untuk anak cucu kita di kemudian hari?

23 responses to “Batik Untuk si Bule”

  1. Bagus motif batiknya, semoga supervisor Ai suka yaa πŸ˜€ .

    1. aamiin mba semoga suka dan dipakai hehe πŸ˜€

  2. Kenalkan juga peninggalan” sejarah yg lain AI πŸ˜€

    1. hehe pastii πŸ˜€

  3. Kereeeeen, mandaaa. Btw aku juga suka bingung kalo milihin motif batik buat orang lain. Hihihi

    1. Iya kan mba takutnya yang kita pilihin buat dia eh dianya kurang suka :/ challenging sedikit ya hahahha

  4. dosennya suka batik ya aiko?

    1. Gaktau sih mba suka apa engga tapi semoga suka hahaha

  5. Aku rencana mudik nanti mau bawa batik dr bbrpa daerah di indonesia mau coba jual online di eropa ini 😍 mudah2an laris πŸ˜…

    1. woww keren mba! aamiinnn insha Allah laris manisss

      1. Aamiin dulu ah masih rencana sih πŸ˜…

      2. aamiin di doakan πŸ™‚

      3. Makasih πŸ‘

  6. cakep batiknya mbaaa…

    btw mataharimall.com itu udah bagus kah pelayanannya? soalnya kemaren2 ini banyak banget yg complain belanja disana..

    1. iya mbaa pas banget nemu yang pas hehe. Aku sih belom pernah coba belanja disana cuma tertarik untuk nyoba sih karena pilihannya banyak

  7. Man, batiknya kece tuh. Mba jg harus nyari batik lg nih buat si Matt. Yg lama mulai kekecilan hehe

    1. Tadinya aku bingung yang item apa yang coklat aja tapi kayaknya hitam elegan banget bagus buat acara malam. Semoga terpakai deh sama dia dan ukurannya cukup hahaha takut kegedean/kekecilan :/ Biasa mba beli batik dimana?

  8. besok pas lulusan foto bareng sama dosen nya mbak.. suruh dia pake batik yang mbak kasih… he

    1. heheh good idea! nanti minta dia semoga mau :p

  9. Batiknya baguus! Kalo menurut pengalaman sih orang bule suka banget kalo dikasih batik, soalnya unik dan motifnya intricate & cantik banget. Good choice Manda πŸ™‚

    1. semoga suka deh dia huhu agak gambling yaa kalo gak terlalu tau orangnya hahaha. Thanks dix!

  10. Apa kabar mbk aiko, btw youtube kamu nice

    1. alhamdulillah terimakasih πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: