Rasanya jadi Youtubers

Gak bisa dibilang udah pro dan pengalaman juga sih, secara masih baru beberapa bulan jadi YouTubers hehe. Cuma saya gak nyangka aja akan beberapa hal setelah merambah dunia per-videoan ini. Alasan utama dulu buat video sih karena jalan-jalan ke Korea dan emang cuma mau upload aja tanpa ada maksud di seriusin kayak sekarang. Sekarang jadi mulai lagi tapi dengan niat. Tujuan saya pengen kasih liat temen-temen di luar sana kalo orang pake kerudung tuh bukannya gak bisa ngapa-ngapain. Ya stay dirumah, ya gak bisa gaya, ya gak bisa travelling, pendidikannya gak ada, dan sebagainya. Intinya mau share aja kehidupan saya yang jauh dari “gak bisa ngapa-ngapain”. Malah setelah berkerudung makin banyak rejeki dateng, alhamdulillah banget emang jalannya Allah gak bisa di duga.

 

Oke akan saya ceritain dibawah ini yaa

Hal positif yang saya dapet sejak jadi YouTubers adalah:

1. Dapet temen baru

Persis kayak Blog, senengnya adalah jadi bisa kenalan sesama YouTubers yang channelnya mirip-mirip sama kita, bahkan yang beda banget sekalipun. Gak cuma orang Indonesia, tapi saya juga ada kenalan dari negara lain. Mulai dari sama-sama karena seneng travelling, sampe yang random cuma karena komen di video dia. Sampai sekarang saya masih merasa kalo networking itu salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Lagi nambah temen kan seru bisa tukar pikiran dan siapa tau jadi temen main beneran di kehidupan nyata๐Ÿ˜€

2. Nambah skill

Dulu tuh skill edit video saya cetek banget. Sekarang alhamdulillah ada improvement lah, masih belom profesional banget sih, tapi lumayan lah lebih rapih ketimbang video awal yang seadanya. Trus juga jadi semakin terlatih buat ngomong depan kamera. Gak tau juga sih guna nya apa ya, tapi pokoknya bisa sekalian latian public speaking yang menarik dan bisa engage audience. Kadang video saya yang kayak Muslim Talks itu pake bahasa Inggris. Jadi lumayan buat ngasah skill bahasa Inggris juga hehe

3. Memori seru ter-rekam nyata dan bisa di tonton lagi

Kalo Blog kan ngerekamnya lewat tulisan dan naro foto, nah dengan Vlogging saya jadi bisa share experience dan keseruan momen tersebut saat itu juga. Udahannya bisa langsung di tonton lagi deh kalo suatu waktu.

4. Mengasah kreatifitas

Kalo mau videonya menarik, udah pasti kontennya juga harus menarik. Kalo monoton atau gitu aja orang juga males nontonnya. Jangankan orang, diri sendiri juga males buka videonya karena gak menarik.

Nah semenjak beberapa bulan ini serius mainan video, ada beberapa hal yang saya baru ngeh kalo jadi YouTubers itu GAK GAMPANG…Keliatannya aja kayak mudah gitu ya ngepost video doang kan? Ternyata more than that loh. Saya respect banget sama Daily Vloggers yang ngepost video dia setiap hari. Berat tuh effortnya. Daily Vloggers favorit saya It’s Judy’s Life yang anak-anaknya gemessyyy semua

Trus challengenya jadi YouTubers apa nih Ai?

1.Konsisten mengupload video

Saya juga masih ada masalah sama blog nih, pengennya nge upload setiap hari tapi apa daya, kadang sibuk, kadang males, lagi gak pengen nulis, atau yaa cuma lagi gak mau aja. Sama kayak blog, kalo YT channel stagnan dan ditinggal gak ada video atau keliatan gak konsisten, susah deh. Kasian juga yang udah nge-subscribe kalo dari kitanya juga gak serius dan niat buat upload video sesuai dengan yang udah di janjikan dari awal. Misalkan bilangnya seminggu sekali ya seminggu sekali. Jangan juga tiba-tiba seminggu dua kali, sama aja udah merusak nama dan janji kita sama temen-temen subscribers.

2. Konten yang menarik

Kalo lagi stuck dan gak tau mau buat video apa, ini nih yang susah. Makanya harus rajin-rajin do some research enaknya bawa topik apa

3. Kualitas video dan editing

Gak mungkin orang mau subscribe kalo hasil video kita burem, gelap, atau terlalu shaky. Ngedit video juga harus menarik supaya penonton seneng dan terhibur atau enjoy deh nonton video kita

4. Butuh investasi lumayan besar

Supaya menghasilkan kualitas video yang menarik, tentu kamera gak bisa yang biasa aja. Jadi biasa yang udah pro pasti lensa kamera nya yang udah high-end, ditambah printilan kayak lighting, microphone, tripod dan lain-lain. Ngerogoh kocek yang lebih dalam itu udah pasti makanya harus siap-siap. Pasti deh tergiur buat upgrade entah kamera, entah lensa baru atau bahkan nambah kayak GoPro gitu. Gak cuma hardware, tapi software yang mumpuni buat ngedit video juga wajib. Kalo yang udah punya Mac sih beruntung udah ada iMovie. Kalo mau yang lebih advance bisa coba Final Cut Pro. Oh iya, Adobe Photoshop dan Adobe After Effect juga sangat membantu loh untuk bikin video kamu jauh lebih menarik.

Bagi temen-temen yang belom pernah main ke YT channel saya, namanya adalah Amanda Pahlawan TV dan saya banyak mengulas soal Travelling, international student experience, tema yang berhubungan dengan Islam dan Hijab tutorial tapi masih soon hehe.

Jangan lupa buat subscribe channel saya juga yaa temen-temen๐Ÿ™‚

Makasi๐Ÿ™‚

**Ayo jadi ada gak yang tertarik buat YT channel? Siapa kira-kira YTers favorit kamu?

 

45 thoughts on “Rasanya jadi Youtubers

  1. Wah, TOP Manda kamu bisa totalitas sebagai blogger dan vlogger juga masih ada media sosial yang lain. Selalu sukses ke depannya dan konsisten. Aku punya Youtube channel sejak duluu banget, tapi baru agak produktif pas sering ngerekam2 acara atau traveling dan ditaruh di blog. Kalau males ya ga kuedit, kalo rajin ya dieditin suami haha aku kalau urusan edit meng edit memang agak malas ๐Ÿ˜† jadi Youtube ku isinya bukan aku yg cerita tapi ya rekaman2 traveling biasa. Btw, penasaran nama kamu berhubungan dengan hari Pahlawan kah? Unik namanya๐Ÿ˜Š

    1. Alhamdulillah mba masih terus berusaha supaya bisa konsisten di kedua-duanya. aamiiin๐Ÿ™‚ wah nama channel nya apa mba? Diterusin lagi dong hehe

      Pahlawan dari nama ayah mba, jadi satu keluarga memang dikasi pahlawan semua. Mm mulainya sih karena kakek dulu ajudannya jendral sudirman trus sempat ikut perang hehe. Jadi untuk mengenang masa itu dikasih lah nama pahlawan ke anak-anaknya

      1. Aku terharu membaca cerita dibalik nama belakangmu karena memang berhubungan dengan Pahlawan ya yaitu kakekmu. Masih diterusin kok Manda youtube ku, terakhir rekaman road trip ke Perancis 3 bulan lalu, eh tapi itu belum ku upload ke channelku, masih di youtube suami haha besok deh minta tolong suami upload. Nama channelku deny lestiyorini.

  2. waks posting video tiap hari?? aduuhh aku sebulan sekali aja udah bagus๐Ÿ˜€
    dan aku belum pede kalo bikin vlog…kayaknya kurang kamera face mukanya

    1. Iya mba tu daily vlogger pada gila bgt aku sih sminggu skali aja hauahhahaah masi blom kuat euy sehari satu video -_- stres sendiri yg ada ntar ga enjoy hahahah. Coba coba aja mba kali kali jadi demen๐Ÿ˜€ aku jg awalnya gak pede idih siap yg mau nonton aku. Cuma kayak skrg buat krn kepuasan sndiri aja bs jadi memori hal2 yg perlu di memorikan hehe

  3. Punya tapi yah gitu deh gak bs ngedit ๐Ÿ˜ yang ada dimasukin ke YT malah yg dari hp semuanya deh. Mungkin kalau thema nya tentang parenting atau daily life lbh gampang ya (mungkin loh).

    1. hehe yg travelling mba seru tuuuh๐Ÿ˜€ nah iyaa kalo daily life tapi emg harus menarik sih hidupnya ๐Ÿ˜‚ kalo parenting oke bgt apalagi kl sm babynya

  4. Sebenernya udah lama buat akun Youtube, bahkan sebelum Dede Yutub jadi anggota DPR.. *Yos, ah!* Tapi belum pernah maksimalin Youtube nih.. Well, menarik juga ini. Akan dicoba. Haha.

  5. Saya jg punya channel youtube dan yes effortnya bener2 gede, setuju sama kamu kalo salut sama daily vloggers. Saya suka sama daily vlog nya wengie (kalo daily vlog). Saya udah subscribe ya mba, siapa tau bs saling temenan di youtube๐Ÿ™‚

    1. hi elisa! iya kan yaa susah bgt sbnrnya jadi vloggers. okeyy makasi ya ntar aku subs balik hehe. sipp temenan dua duanya! ๐Ÿ˜

  6. keren ih.. aku juga kadang kepikiran pengen ng-vlog. Tapi belum siap buat konsisten. lah blog aja ngisinya kadang-kadang. hahaha.
    good luck ya.. semoga tetap istiqomah๐Ÿ™‚

    1. Akupun sbnrnya iseng aja karena kemarin2 ke Iceland dan sayang kalo gak di rekam. Eh taunya keterusan :p makasi mbaa atas supportnya hehe

  7. Masih belum merambah video, selain suka mati gaya, jaringan susah, boro2 upload, nonton ajah susah.๐Ÿ˜€ *tapi ini tumben bagus apa karna Amanda?*๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ nama yang bagus.
    Wow, the crowd almost at the end of video.โคโค

  8. Waah keren.. Aku salut banget sama orang yg pada telaten mendokumentasikan apapun lewat video. Hehe..
    Semoga membawa banyak manfaat ya Youtube channelnya.โค

Leave a Reply

