8 Manfaat Hijab (Bukan dari segi Agama)

 

Alhamdulillah perjalanan saya mengenakan hijab gak berasa udah 4 bulan aja. Selama 4 bulan itu pula saya merasakan sendiri ternyata banyak juga manfaat yang bisa di ambil dengan berhijab. Bingung sih kenapa dulu kok gak pernah merasakan ini. Mungkin memang niatnya belum benar dan lingkungannya juga belum mendukung.

Jadi apa aja sih manfaat berhijab dari sisi lain?

  1. Melindungi rambut dan kulit dari sinar UV matahari

Ini terasa banget saat cuaca di luar lagi panas dan matahari menyengat banget. Loh bukannya gerah? Sama sekali engga Alhamdulillah. Saya lebih ngerasa gerah kalo emang bahan baju dan kerudung yang saya pake ketebelan. Tapi bukan karena saya menutup tubuh saya dari atas sampai bawah. Bagusnya lagi chance kita untuk terhindar kanker kulit lebih kecil. Untuk muka dan tangan bisa pake sunscreen. Jadi aman

2. Melindungi kepala dari gerimis hujan

Coba bayangin kita lagi di luar dan ternyata hujan turun, sementara tempat berteduh masih jauh. Bagi yang pake kerudung udah ada keuntungan tuh, kepalanya at least gak langsung kena air hujan yang biasanya bikin sakit

3. Memberikan kehangatan di area kepala dan leher saat udara dingin

Udara winter di luar negeri itu dinginnya bukan main, apalagi pas salju turun haduh….dingiiiin bangeeettt. Nah kalo pake hijab otomatis kita udah tertutup dan gak perlu lagi pake topi atau apapun dan pastinya bagian leher tertutup rapat, jadi gak gampang masuk angin. Gak perlu juga pake syal yang tebel karena basically kita bisa pake kerudung dengan bahan lebih tebal juga

4. Menyamarkan pipi chubby

Ini nih biasanya masalah perempuan, gak pengen pipinya keliatan ndut, apalagi pas foto. Saya termasuk yang pipinya chubby gini merasa sangat bersyukur dengan pake kerudung bisa agak saya majuin tuh kerudungnya dan nutupin sisa pipi yang ada di balik kerudung hihihihi

5. Penyelamat saat bad hair day

Belom keramas? Rambut lagi gak on point? No worries! Pake kerudung udah pasti gak ada yang tau. Tapi jangan sampe jadi males keramas ya karena yang pake kerudung cepet banget loh rambutnya jadi lepek. Kalo ga keramas juga bau dan jorok! Kerudungnya cepet kotor dan gak bisa dipake sholat nanti

6. Terlihat rapih bahkan saat menggunakan pakaian casual saja

Biasa yang mau presentasi gak pake kerudung pasti heboh nyari baju, rok dan blazer yang pas. Kita yang udah kerudungan bisa langsung pake blazer dan celana bahan yang biasa kita pake aja. Simpel dan tetep selalu kelihatan rapih

7. Tanda pengenal

Kalo yang lingkungannya banyak non-muslim, kita gampang di kenal. “oh itu si anu yang kerudungan..” ya hampir sama dengan jati diri dan tanda pengenal kita sebagai muslim dan ambassador of our own religionπŸ™‚ Termasuk dakwah juga lohπŸ™‚

8. Terhindar dari perampok perhiasan

Jadi inget temen saya pernah di rampok pas dulu di Malaysia. Kalungnya di jambret sama orang gak bertanggung jawab dan dia cuma bisa pasrah. Padahal kalung itu pemberian ibunya😦 huuhu sedih. Kalo kerudungan kan otomatis bagian leher dan kuping yang biasa buat anting sama kalung jadi terjaga dari tatapan orang jahat. Asal jangan pake cincin yang mencolok yaa itu gak bisa ketutup soalnya hehe. Stay alert!

Nah gimana? Ternyata banyak juga kan manfaatnya. Apakah kalian merasakan manfaat yang sama atau ada manfaat lainnya?

39 thoughts on “8 Manfaat Hijab (Bukan dari segi Agama)

  1. Aku pikir kamu sudah lama Man pakai Jilbabnya, ternyata baru ya. Semoga istiqomah ya. Aku juga baru 6 tahun ini, masih baru kan itu itungannya haha karena umur sudah diatas 30 gini.
    Aku setuju semua yg kamu sebutkan di atas, plus satu manfaat lagi yang aku rasakan sejak pakai jilbab : kalau mau ke restoran (di Belanda sini), beberapa kali diberi tahu pelayannya kalau restoran tersebut ada menu babinya. Jadi terselamatkan. Waktu ke Perancis juga beberapa kali begitu. Jadi merasa beruntung dengan berjilbab, dikenali lebih dulu. Dan karena pakai jilbab, aku jarang sisiran hahaha *pengakuan. Kayaknya seminggu sekali deh sisiranπŸ˜†πŸ˜†

    1. iya mba baru tahun ini Alhamdulillah. Cuma dulu sempat setahun pake tapi lepas huhu. aamiin smoga kali ini bisa istiqomah. wah iya mba betul banget, jadi terhindar makanan haram. Kalo ga orgnya ngasitau kitanya jg malu kl ke resto yg udh ketauan gak halal. hehehehhe sama mba :p aku sisiran jg jarang2 cuma pake tangan aja hauahuaha

  2. mandaa, setuju bangett sama semuanya.. terutama sama yang no.7. sejak aku kuliah di UK dulu, justru jadi makin semangat buat nunjukkin sisi – sisi positif dari “hijab” ke banyak orang, terutama yang bukan muslim dan masih asing dengan hijab. tapi sebenarnya terlepas dari itu, pada dasarnya orang2 disana juga udah pada open-minded, enggak perlu sengaja kita perlihatkan juga mereka udah menghargai kita yaa :’)

    1. huhu iya zuuu orang sini tuh santai banget sih sbnrnya malah lbh santai ketimbang orang indonesia gak sih? gatau sii tapi aku ngerasa orang indonesia lebih nyinyir ketimbang orang bule:/

  3. Untuk poin no.4, bukannya menggunakan kerudung justru membuat pipi terlihat semakin chubby ya?

    Saya suka becandain temen yang perempuan, Saya katakan bahwa perempuan itu gak wajib kok hukumnya menggunakan hijab. Trus mereka tanya “masa’ sih?”. Saya jawab “Iya, yang wajib itu menutup aurat.”

    1. nah itu dia berarti gak ngerti cara pake kerudung sesuai dengan bentuk mukanya. Justru sbnrnya kerudung sangat bisa bikin pipi tirus. Saya udah buktiin sendiri hehe. I’m on of those people with chubby cheeks cuma dengan style tertentu Alhamdulillah bisa tersamarkan hehe. hahahahah good idea buat usil πŸ˜‚

      1. iyaa hehe banyak kok tutorial hijab buat pipi chubby. Intinya sih jangan yg membentuk muka, tapi cari style yg atasnya longgar jadi bentuk muka terlihat lebih oval dan tirusπŸ˜€ aamiiin semoga yg belum diberikan hidayah dn keinginan untuk menutup aurat

      1. Mgkn jg krn aku pake bergo yg longgar di leher jd angin masih bebas nyelip, hehehe. Makanya klo hari dingin, aku pake jaket + shawl/pashmina. Angin di AC bus Sydney sering yg duingin bgt.

  4. Nomer 7 bener bangetttt… dulu pernah ke sebuah restoran di lombok, terus kupikir makanannya halal semua. eh, ternyata BLTnya pakai pork bacon. yah.. standard-nya bacon emang dari pork sih ya.. tapi kalau di Indonesia kirain lebih umum beef bacon. hehehe..

    1. Alhamdulillah ya mba kalo pake kerudung bisa diingatkan sama orangs sekitar mengenai makanan yang akan kita konsumsi. Tapi aku pernah makan di suatu restoran dan baru ketauan ternyata kuahnya pake pork padahal aku udah berkerudung dan pihak restoran cuek aja gak memperingati aku. Sebel😦

    1. aduhh gw bukan yang demen nyatok deh geg. Paling males ngubek2 rambut senengnya kuncir kuda atau lepas gitu aja dulu wahahahha. Wah bawa sisir kemana-mana dong geg?

      1. hihi iya geg ntar pas di Jakarta mau borong ke Tanah Abang biar sekalian sepak deh tuh :p disini mahal bangeeuudhhh penitian doang kzl

  5. Aiiiii no 3, 5 dan 7 tul bangettt.. Anget, trus nggak perlu self blow dry plus kalo beli makanan beberapa kali diingetin kalo bahannya non halal. Tapi kalo summer meleleh juga lol.. The perks of being hijabersπŸ˜›

  6. Hahaha xD. Kalo buat aku nahan udara dingin tu bener banget. Kalo mau mudik kan jalannya tengah malem tu jadinya anget deh lehernya.

Leave a Reply

