Puasa 20 Jam di Inggris

Gak kerasa udah hari ke 5 puasa di luar Asia dan gak nyangka kalo tahun ini akan lagi-lagi puasa jauh dari keluarga. Udah biasa sih sendiri, secara pas di Malaysia saya tinggalnya juga gak sama siapa-siapa. Tapi pasti lah kangen banget buka puasa dan sahur sama keluarga lengkap, duduk ngobrol dan berbagi sama-sama *agak baper*.

Nah, tahun ini bulan Ramadhan jatuh tepat pas summer di Inggris, which means berarti ya puasanya juga lamaaaa banget, nunggu sampe matahari turun. Saya bangun sahur atau gak tidur sama sekali sekitar jam 2, lanjut makan sahur sampe jam 2.45 pagi. Disini maghrib baru jam 21.45 dan itu lama banget sih hehe. Kalo laper tuh gak terlalu ya, paling agak kruyukan jam 6 atau 7, tapi haus minumnya itu loh…Tenggorokan keriiiiing banget. Nahan gak gosip juga lumayan susah hihi

Banyak temen saya yang mengeluhkan waktu puasa yang lamaa banget ini dan banyak juga yang akhirnya memilih buat buka puasa ngikutin Indonesia atau Makkah, yaitu sekitar jam setengah 6 atau 6 sore. Tapi Alhamdulillah sampai saat ini kayak nya masih bisa di kuat-kuatin untuk puasa full sampe matahari terbenam.

Kalo di pikir-pikir, justru saya merasa beruntung bisa puasa sampe 20 jam begini. Mungkin banyak yang ngira saya gak laperan. Salah…saya tukang makan hehe

Disini yang mau saya tekankan adalah, dengan berpuasa selama 20 jam itulah kita diberikan sama Allah kesempatan yang luar biasa besarnya untuk mendapatkan ampunan dan pahala yang jauh,jauuuuuuh banget lebih banyak ketimbang yang puasanya cuma sampe jam 6.

Kenapa?

Karena selama kita berpuasa, udah pasti Ibadah kita pahalanya (Insha Allah) berkali-kali lipat dong. Nah, justru orang yang berpuasa selama 20 jam itu diberikan pula pahala yang lebih banyak dan chance untuk bertobat sama Allah lebih besar. Enak kan? Privilege dong bisa segitu lamanya. Oke nya lagi, rasa syukur akan makanan dan minuman yang kita makan nanti saat berbuka itu amat jauh rasa enaknya. Secara 20 jam gak ada cairan dan makanan yang masuk ke badan. Sekalinya nyeruput teh manis anget, wuaduhhhh… Rasanya tak tertandingi hehe

Manusia itu senengnya mengeluh. Apapun ngeluh, disini dikasih dingin salah dikasih matahari bete. Ya jadi emang gak bakal pernah puas dengan apa yang udah dikasih sama Tuhan. Tapi coba kita lihat dibalik segala yang menurut kita memberatkan atau menyulitkan, pasti ada sesuatu hal baik yang bisa kita ambil dan terapkan dalam hidup kita. Dengan mindset seperti itu, Insha Allah apapun yang kita jalani dalam hidup akan mudah kedepannya

Selamat berpuasa untuk teman-teman yang menjalankan dan semangat! Semoga amal ibadah kita diterima Allah swt..aamiiin

43 thoughts on “Puasa 20 Jam di Inggris

  1. Tetap semangat, Insya Allah akan selalu kuat yaa๐Ÿ™‚ itu itungannya bukan 19 jam ya Man dari 2.45 ke 21.45? Soalnya di Belanda beda dikit dari jam 3.00 ke jam 22.00 jadi 19 jam. Kalau aku pribadi punya opini berbeda tentang pahala dan lama berpuasa. Masing2 orang punya kondisi berbeda, jadi mungkin pilihan untuk mengikuti waktu Mekkah sesuai dengan kondisi mereka. Dan masalah pahala, ada yang lebih berHak untuk menghitungnya, lebih baik fokus beribadah, pahala sudah ada yg mengurusi๐Ÿ™‚ imho. Aku tahun kemaren waktu pertama puasa 19 jam sempat keteteran, sempat ikut waktu mekkah, tapi balik lag ikut waktu Belanda. Pernah kutulis disini http://www.conedm.nl/denald/2015/07/08/puasa-pertama-di-belanda/ *haha, bukan bermaksud promosi ๐Ÿ˜

    1. hahahah memang 19 jam, cuma aku ga suka angka nanggung jadi di buletin ke 20. Trus ada yang buka puasanya agak lebih cepet/lambat di masjid lain. Untuk soal pahala bukannya aku mau bilang yang puasanya ikutin jam lain pahalanya kurang, tapi cuma mencoba melihat sesuatu dari perspektif yang lain aja. Pastinya selalu ada minus dan plus toh dari setiap apapun yang kita jalanin. Cuma gimana kitanya bisa positive thinking terus aja hehe. Iyaa challenging banget ya mba ternyata. Semoga kita tetap semangat sampe hari terakhir๐Ÿ˜€

    1. iya mba :’) lumayan cepat tapi gak bisa ngeluh karena yang di Finland lebih parah lagi puasanya lamanya huhu. semangat juga ya mba dan semoga lancar hehe

  2. Luar biasa, inspiratif sekali Ibu satu ini… Keren!

    Temen saya kemarin baru cerita, dia baru balik dari Glasgow. Ya, jam sahur dan buka puasanya sama kaya yang kamu ceritain. Dia buka puasa sekalian sahur loh. Hahaha. Ngirit ya๐Ÿ˜›

    1. Alhamdulillah terimakasih mas๐Ÿ™‚ iyaa saya juga kadang makan sekali udah trus pas sahur cuma makan kecil-kecil aja karena pasti masih kenyang banget, secara makan jam 10 kan trus sahur jam 2:/ tapi betul bangeet lumayan deh pengiritan

  3. Semoga tetap semangat…hihihi ..puasa gosip berat…kalau saya dulu minum teh atau manis2 waktu puasa…sekarang cukup kurma saja…

    1. Hehe makasi mba Fee๐Ÿ™‚ aku dulu kalo dirumah juga suka tuh kurma, disini belom sempet nyari jadinya kue kue deh hehe. Tapi kadang langsung lauk2 gitu sih abis laper :p Selamat puasa ya mbaa

  4. memang paling nikmat puasa di Indonesia, ya. Waktu dan cuacanya cenderung sama dari dulu.

    Hebat euy, buat yang menjalankan ibadah puasa di negara lain. Semoga terus semangat ya, Mbak๐Ÿ™‚

    1. Halo mba๐Ÿ™‚ iyaa paling enak di Indonesia dan tempat makan semua buka sampe malem, kalo disini jam 9 aja udah tutup hiks…jadi harus sering masak. Makasih ya mbaa semangat juga puasanyaa

  5. Semangat ya.. 20 jam puasa? Gak bisa bayangin deh kayak gimana. Tapi selama kitanya ikhlas, Insya Allah gk terasa dan lebih berkah.. amien! Salam kenal, mbak

  6. Oh jd beneran itu boleh ya puasa di inggris ikutan waktu mekah buka puasanya ? Awal puasa badanku g sanggup tanpa makanan masuk jam ke 14jam badan gemeteran g karuan panas dingin jadi aku pikir klo aku terusin sama halnya aku mendholimi badan ciptaan Allah ini jadi aku batalin puasaku trus aku bayar fidyah aja sebagai ganti puasaku tp ya tetap sih tiap hari aku puasanya dari jam setengah 3 pagi sampe jam 6 sore plus aku bayar fidyah…wallohu a’lam deh yg penting niatku…

    1. halo mba salam kenal๐Ÿ™‚ ada yang bilang boleh dan ada yang bilang gak boleh sih tapi iya menurut aku sesuai dengan niatnya aja. Kalo ibadah kan yang menilai Tuhan hehe

      1. Salam kenal balik Aiko…duh maaf td g kenalan dulu ๐Ÿ˜… ea ya yg penting niatnya kan…yup bnr2 Tuhan yg menilai dan Tuhan jg g pernah nyusahin ummatnya juga krn Dia maha pemurah dan pengampun โ˜บ

      2. hehe gapapa mba๐Ÿ™‚ iyaa betul jadi gak usah khawatir soal jam sbnrnya. Asal kita niat lillahita’ala insha Allah kok mba hehe

  7. Tahun lalu waktu short course di Bournemouth masih sekitaran 18 jam-an itu juga udah ngos-ngosan kak wkwk, apalagi sekarang 20 jam-an ya. Tapi enaknya dulu meski summer, cuaca panas di sana masih dingin ;A; makanya gak terlalu banyak protes hehehe dan allhamduliah full puasa di sana buka-nya ngikutin waktu mereka.

    Haha semangat kak, lebaran sebentar lagi X)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s