6 Alasan Kenapa Kuliah di Newcastle University

Sebentar lagi tuh udah mau bulan September aja ya, waktunya intake baru buat para mahasiswa dan mahasiswi yang berencana sekolah, terutama di luar negeri. Dulu saya juga ambilnya yang September Intake karena emang jurusan yang saya mau gak membuka January Intake. Lagi semua berkas juga udah lengkap, ngapain di tunda sekolahnya?

Masih inget banget gimana beloknya rencana awal yang harusnya kuliah di Boston University, Amerika. Sampe saya udah ambil les TOEFL dan belajar intense sendiri buat ambil tes GRE (Graduate Record Examinations) yang terkenal akan kesusahannya. Memang kalau mau kuliah di US untuk undergraduate di haruskan lulus tes SAT dan postgraduate adalah GRE sebagai standarisasinya admission requirement. Isinya tuh verbal reasoning, quantitative reasoning, analytical sama critical thinking skill. Bahkan sampe admission officenya Boston University udah nanyain saya jadi masuk gak karena memang sedikit lagi saya keterima

Tapi lagi-lagi manusia cuma bisa berencana dan selebihnya Allah yang bertindak mana yang terjadi, mana yang engga, mana yang baik buat si anu, mana yang eh jangan deh jalan yang ini. Which always happened to my life a couple of times dan saya sangat bersyukur akan lika-liku kehidupan ini *caelah*.

Okey back, jadi akhirnya saya pilih kuliah di Inggris karena waktunya yang jauh lebih pendek ketimbang di US. Intinya bisa save time dan tentunya money dong secara saya gak sempat buat daftar LPDP huhu. Di Inggris kuliah itu hanya setahun, sementara normalnya di negara manapun S2 adalah dua tahun. Okelah setelah pertimbangan yang cukup memusingkan saya belok arah ke Inggris dan cukup pusing ngurusin admissionnya yang kayak dokumen, tes IELTS, motivational letter, references, dan sebagainya. Untuk lebih jelas akan persiapannya bisa baca di blog yang INI ya

Awalnya saya ada tiga pilihan, Birmingham, Leeds dan Manchester University. Pokoknya semua kampus yang saya pilih maunya under Russell Group, yaitu sebuah asosiasi official untuk Public Research University terkemuka di Inggris. Membernya pun ada sekitar 24 Universitas terkenal kayak University of Cambridge, Oxford, LSE (London School of Economics) dan salah satunya yaitu Newcastle University. Bagi yang mau ambil LPDP, hanya bisa masuk Universitas Negeri yang tertera di list ya, kalo kayak private Uni gitu gak bisa. Masuk di salah satu Universitas yang ada di dalam listnya Russell Group lumayan susah juga, karena mereka gak sembarangan nerima murid dong supaya kredibilitas nama kampus tersebut tetep numero uno.

Sayangnya, dari ketiga pilihan saya di atas itu semuanya udah tutup pendaftarannya๐Ÿ˜ฆ Karena emang saya juga memutuskan untuk belok ke Inggrisnya mepet. Akhirnya saya research lagi dan ketemulah antara Newcastle University atau Coventry. Buat bisnis emang lagi booming dan popular banget buat belajar di Coventry University.

Nah, tapi setelah saya cari tau Newcastle jauh lebih unggul. Kenapa? Here’s why:

  1. Gedung kampusnya keren! Terkenal dengan Red Old Bricksnya buat main campus tentunya berasa dong kuliah di Inggrisnya. Cuma karena saya di Business School yang kampusnya modern jadi berasanya kayak kuliah di Private Uni hehe. Tapi sering kok saya belajar atau main ke main campus buat make fasilitasnya
  2. Kotanya kecil tapi indah banget, perpaduan modern dan old city at the same time
  3. MURAH BANGEEET karena letaknya yang ada di up north, ujung-ujungan sama London. Disini makan ยฃ5 aja udah bisa kenyang, di London mah cuma dapet plastiknya kali hahaha
  4. Under Russell Group, which is sangat tersohor sebagai asosiasi terbesar dan terkemuka untuk edukasi seantero Inggris Raya
  5. Banyak International Students. Yup jadi gak perlu takut di rasis-in atau apa, karena kota ini bergerak atas jasanya International Students. Jadi mereka sangat menghargai kita para pendatang
  6. The best city for its night life hahaha. Gak sih gak karena itu saya milihnya, tapi bagi yang suka Clubbing atau Party, you come to the right place mate๐Ÿ™‚

Jadi bagi yang lagi galau mau kuliah di Inggris dan bingung mau kuliah dimana, mungkin bisa coba di cek Newcastle University, siapa tau cocok๐Ÿ™‚

Mau tau rasanya hidup di Newcastle kayak apa? Bisa cek di link ini yaa

Bisa juga cek YouToube channel saya di Amanda Pahlawan TV yang menceritakan soal student’s life di Newcastle. Don’t forget to subscribe as well๐Ÿ™‚

Semangat dan semoga cocok dengan sekolahnya nanti!

30 thoughts on “6 Alasan Kenapa Kuliah di Newcastle University

  1. wah, keren banget. impian ku banget sekolah di inggris. dulu, keterima di oxford buat doktorannya, tapi karena di sini juga keterima, mutusin nggak pindah negara lagi. semoga ntar ada kesempatan collaboration research ke depan di inggris.

  2. KEREN KEREN KEREEEEN BANGET! *capslock sampe jebol*

    Denger kata Inggris aku udah ngebayangin Sherlock Holmes sama Harry Potter aja gitu hwhwhw. Jadi tahu juga tentang Russell Group. Kece banget!

    1. hahaha makasi mas Alhamdulillah๐Ÿ™‚ hehe iyaa tuh brandingnya Inggris banget. Iyaa aku juga sebelumnya gatau Russell Group sampe kuliah sini baru paham ada begituan๐Ÿ˜€

    1. Alhamdulillah makasi mba๐Ÿ™‚ iyaaa mba hahahaha bener-bener se mahal itu di London gak ada duit banget deh langsung kere abis dari sana :p

  3. Dulu waktu di Bournemouth aku sempet ke Newcastle pas lagi ada Indofest hehehe. Walau gak lama disana, tapi berasa asik sih kotanya๐Ÿ™‚ terus yg bikin rada tercengang, area kampus kalian gede bangeeet (kalo dibandingin Bournemouth), dan orang Indo nya banyak! tahun 2009 yg lalu di Bournemouth mahasiswa Indo cuma <10 orang soalnya hehehe

    1. Ehhhhh yaampun setelah udah komen baru sadar lagi, ingatanku keputer sama Nottingham! Indo fest nya waktu itu di Nottingham…. Hahahahaha malu sendiri deh, mana ngga bisa edit komen pula maafkan๐Ÿ˜‰

      Aku tapiii pernah kok ke Newcastle, tapi cuma numpang lewat pas lagi road trip, numpang foto di millenium bridge doang, hehe jadi ngga sempet main ke kampusmu deng…

      1. hehe gapapa Christaa๐Ÿ˜€ iya tuh kampusnya Nottingham emang guede bangeeett. Aku kmaren baru aja ke Indofest tapi venuenya beda gitu, di Bulwell Academy. hehe iyaa NCL pasti tempat persinggahan yg dari bawah mau ke Scotland hehe. Aku belum ke daerah mu nih. Ada suggestion?

      2. Banyakkk.. LOL :))))))))))

        Kalau suka pantai wajib ke Bournemouth terus sekalian ke Durdle Door/Jurassic Coast/Swanage, biar sekalian liat desa Inggris versi selatan nya. Pas banget nih kalo summer, jangan September-an yah, soalnya kalau kena ujan/mendung jadi gak bagus viewnya huhu. Itu desa2nya agak beda sih suasananya sama desa di utara yg aku sempet lewatin pas road trip.. jadi kan lain lagi untukmu๐Ÿ™‚

        Atau sekalian aja ke Cornwall? aku sendiri belum kesampean ke sana tapi denger2 bagusss banget!

      3. aaaa thank you Christa! pacar ku juga cerita durdle door baguss. Ntar deh abis selesai exam langsung jalan-jalan hehe

    1. hehe memang takdir kita hanya bisa berencana tapi balik lagi Tuhan yang menentukan mana baik burunya buat kita๐Ÿ™‚ sukses terus ya mba

  4. salam kenal mba Aiko, terima kasih reviewnya, saya sedang berencana ambil beasiswa di inggris atau belanda dan ini bisa menjadi referensi saya. nanti saya boleh tanya-tanya ya mba?

  5. salam kenal mba Aiko, ini bisa menjadi referensi buat saya yang ingin ambil beasiswa ke inggris atau belanda. boleh tanya-tanya ya mba nantinya? thanks a lot buat reviewnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s