4 Tips Mengikuti Ajang Duta Pariwisata

Sebelum saya ikutan Abang None, saya ngerasa cukup bingung dan gak tau musti nanya ke siapa untuk persiapan audisi. Dulu bisa dibilang saya hampir setiap hari nyari tau info soal Abnon tapi yang ada hanya sedikit banget dan cerita selama audisi dan karantina tuh minim di internet. Nah, saya mau coba bantu temen-temen yang lagi berniat atau menyiapkan diri untuk ikut ajang duta pariwisata apapun. You name it, Abang None, Kang Nong, Uda Uni dan masih banyak lagi

Tipsnya adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya selama sebelum ikutan Abang None sampe kepilih.

  1. Percaya Diri

Namanya juga kontes ya dan akan diikutin sama banyak banget orang dari berbagai latar belakang, prestasi, bentuk, segala macem. Pas audisi jujur sempet minder liat yang ikutan cantik-cantik dan tinggi banget. Saya mikir wah gak Β bakal deh keterima. Secara lagi gendut dan tinggi juga pas banget 165, gak sampe 170 atau lebih. Cuma balik lagi saya yakinin diri kalo saya punya sesuatu yang orang lain gak punya. Percaya sama diri sendiri beserta kualitas yang kita miliki. Kalo udah kayak gitu segala kekurangan akan tertutup dan terlihat bersinar loh karena percaya diri itu sendiri. Pede juga penting karena nantinya saat jadi Duta Pariwisata penugasannya akan sering ngomong di depan orang banyak, tampil, dan sebagainya. Banci tampil sama sekali gak dosaπŸ˜€ hehe. Apapun pertanyaan yang ditanya, jawabnya harus pede biarpun gak yakin sama jawabannya ya.

2. Belajar

Apapun duta pariwisata yang kamu mau coba, jangan lupa buat pelajari semua aspeknya. Mulai dari aspek pariwisata, kebudayaan, sejarah, perekonomian sampe berita paling hits saat ini. Karena nantinya akan di tanya-tanya tentang wilayah tersebut atau ngebahas berita yang lagi in saat ini. Kalo sampe bengong kan gak enak juga dan terkesan kita gak tau apa-apa hehe. Ini juga salah satu contoh saat penugasan nanti akan banyak orang nanya ke kita soal macem-macem. Sebagai duta pariwisata emang di wajibkan untuk serba tahu dan serba bisa. Apalagi kalo di depan media yang tiba-tiba nanya pertanyaan sulit.

3. Cari tau

Selain belajar soal wilayah itu sendiri, harus cari tau juga tentang ajangnya. Kayak panggilannya, sejarahnya, tugas-tugasnya, seniornya. Semua deh. Biar kita ada gambaran ini tuh ajang duta pariwisata membutuhkan orang seperti apa dan kualitas seperti apa untuk menjadi duta itu sendiri. Bisa juga buat jadi bahan acuan dan semangat pas jalanin audisi. Kalo udah cari info sebanyak-banyaknya pas audisi kita bisa lebih prepare diri karena kemungkinan udah lebih tau dari yang lain. BIsa juga nanya ke temen yang pernah ikut ajang yang mau diikutin.

4. Niat dan Motivasi

Point paling penting nih. Kita harus tau motivasi ikutan ajang itu apa. Pengen cari pengalaman? Temen? Mungkin kesempatan kerja yang lebih besar atau bahkan terkenal? Bisa aja. Memang balik lagi motivasi itu sendiri yang bikin kita kuat menjalani karantina yang seringnya mulai dari pagi sampe malem dan capek banget. Apalagi bagi temen-temen yang masih sekolah dan bahkan kerja, membagi waktu karantina dan kehidupan di luar Β itu adalah salah satu challenge untuk time management kita. Gimana setelah udah capek, kurang tidur, tapi kerjaan jalan, sekolah masih masuk dan semua berjalan dengan semestinya. Motivasi juga harus di barengin dengan niat. Udah ada nih motivasi, tapi niatnya setengah ya hasilnya akan setengah-setengah juga, alias gak maksimal. Sayangkan

Tips diatas gak hanya untuk yang pengen ikutan ajang duta pariwisata, bisa juga ada yang lagi galau pengen ikut Miss Indonesia, Putri Indonesia, Hijab Hunt, atau yang semacam Indonesian Idol.

Gimana sekarang udah jadi lebih yakin belum buat ikutan ajang yang kamu incar?πŸ™‚

5 thoughts on “4 Tips Mengikuti Ajang Duta Pariwisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s