Lumiere Durham Light Festival 2015

Jumat kemarin gak ada niatan buat pergi kemana-mana sih. Pengennya ngaso aja di kamar sambil belajar atau belanja dan masak chicken katsu don (gaya banget hehe). Trus tiba-tiba temen Indonesia ada yang ngajakin jadi mau ikut gak ke Durham Lumiere. So Durham Lumiere itu apa? Jadi ini acara annual nya Durham, which is kota kecil gak jauh dari Newcastle sekitar 15 menit. Selama beberapa hari bakal ada acara light show di seluruh kota itu dan main nya ada di Durham Cathedral yang biasa dipake lokasinya buat Harry Potter. Acara light show ini udah terkenal banget se antero UK jadi katanya sayang kalo gak dateng. Mumpung saya belom pernah pergi kesana ya, yaudah saya memutuskan buat pergi juga. Belom beli tiket pula, jadi semuanya serba dadakan aja.

Kebetulan hari itu juga di ajakin temen main yang lain keluar, which is temen perbulean yang tinggalnya seberang rumah alias tetangga. Eh taunya dia dan yang lain pada mau ikutan juga ke Durham.

Okelah berangcus kalo gitu!

Saya dan Leon (orang Jerman paling baik yang pernah saya kenal) langsung menuju Newcastle Railway Station buat beli tiket dan nunggu yang lain dateng. Harga PP Newcastle – Durham aslinya sekitar 7 pound, cuma karena saya punya Railcard jadi dapet diskon dan murah banget cuma kena 3.75 pound sajah. Alhamdulillah rejeki memang gak kemana ya. Gak lama Jasar (orang India yang gila dan lucu banget) dateng dan kita bertiga langsung naik kereta jam 18.04. Keretanya tepat waktu loh jadi jangan pernah deh telat sedetik aja kalo naik kereta di UK dan Eropa.

Halah ruame bangetttt ndesek-desekan! Persis kayak naik kereta di Indonesia. Bedanya ini isinya bule hehe. Semua orang kayaknya pada antusias buat liat acara di Durham ini deh. Saking ramenya sampe saya, Leon, dan Jasar impit-impitan sambil ketawa ngeliat muka masing-masing yang ngarep bisa duduk. Untungnya, sebelah kiri belakang Leon ada kursi kosong. Dia langsung nyuruh saya duduk *tenkyu abang Leon*. Alhamdulillah, lagi-lagi rejeki gak kemana.

Akhirnya sampe Durham juga! Weooww dingin bangeeettttttt!!! Β Gaktau kenapa itu rasanya kayak lebih dingin daripada di Newcastle atau cuma perasaan aja gatau deh pokoknya dingin banget, beku! Kami bertiga langsung gak sabar dan lari-larian kegirangan pengen cepet sampe lokasi.

IMG_9964

Ternyata Durham kotanya kecil banget dan meliuk-liuk naik. Capek juga ternyata nanjak keatasnya. Dan ternyata…masuknya bayar. DIh males hahahha *anak pelit*. Akhirnya kita nunggu jam 7.30 buat masuk gratis. Sembari nunggu si Leon laper dan kita mampir di Subway dulu. Saya sih cuma liatin doi makan aja. Pengen makan tapi udah makan nasi sebelom pergi ntar gendut hehe

IMG_9977

Jam 7.30 tepat kita bertiga udah ngantri dengan teratur nunggu gate dibuka. Wah panjang banget antreannya. Untung aja kita cepet-cepet.

Durham kayaknya asik kalo di jelajah siang-siang. Keliatan di kiri dan kanan banyak cafe lucu dan gemesbuat sekedar ngeteh cantik sambil gosip hihi. Kayaknya bakal ke Durham lagi deh siang-siang buat foto doang *orang Indonesia banget ya banci foto*.

IMG_9974

Sampe lah kita setelah jalan sekitar 10 menit di show pertama yaitu Flying Fish! Jadi ikan-ikan balon ini udah kayak semacam layangan super guedee terbang-terbang dan ada yang nerbangin mereka juga persis kayak layangan. Ini somehow keren sih karena ada backsound musik semacam Harry Potter yang mistis dan misterius. Si Leon demen banget liat ikan-ikan ini dan bilang pengen disitu aja. Idih jauh-jauh liat ikan terbang doang. Liat Indosiar aja mas kalo mau hahah

IMG_0054

IMG_9978

Gak berapa lama karena udara makin dingin dan saya mulai bosen juga, kita akhirnya jalan ke next attraction, yaitu yang mainnya di Durham Cathedral. Letaknya lumayan diatas jadi harus naik menanjak dan meliuk-liuk gitu.

IMG_9998 IMG_0005 IMG_9987 IMG_0021 IMG_0019 IMG_0011IMG_0015

Wah…gak nyesel deh.. bener emang bagus. Di Malaysia dulu sempet ada acara kayak gini cuma projectionnya gak sebagus Durham Lumiere ini. Musiknya pun pas kayak semacam musik – musik ala film Interstellar pas projectionnya tentang planet dan night sky. Aduh keren banget deh saya sampe merinding lebay gitu hehe.

Setelah selesai, kami pun langsung di giring untuk ke atraksi berikutnya yaitu masuk ke dalam Durham Cathedral yang ternyata projectionnya ada di langit-langit gereja! Wahh makin terbuai deh dan kita cukup lama duduk sambil ngeliat keatas sampe pegel sendiri leher dan kepala. Mungkin karena arsitektur gerejanya juga mendukung ya jadinya makin berasa kerennya. Plus gak lupa backsound yang bikin merinding

IMG_0039 IMG_0036 IMG_0031 IMG_0035 IMG_0025 IMG_0029

Setelah selesai dari gereja kami bertiga keluar buat nyari satu orang temen kita yang baru aja nyusul ke Durham, yaitu Hany. Setelah beberapa lama baru deh ketemu sama dia yang tadinya kita kira bakal ilang sampe gatau kapan hehe. Akhirnya sekitar 1 jam kami ber4 muter-muter kota aja ngeliat atraksi-atraksi yang ada kayak ikan paus di sungai yang tentunya projection juga, lampu-lampu warna-warni dan sebagainya.

Β IMG_0049IMG_0056 IMG_0062 IMG_0043

Gak berasa udah semakin malem dan takut ketinggalan kereta terakhir akhirnya sekitar jam 10 kita ber 4 langsung balik pulang menuju Newcastle dengan perasaan puas liat lampuπŸ˜€

IMG_9957

Processed with VSCOcam with hb1 preset

Left to right: Leon, me, Jasar, Hany

17 thoughts on “Lumiere Durham Light Festival 2015

  1. 3D Mapping ini yg bikin keren Ai…

    Kalau disini sih bisa ada di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin bikin deh gedung2 yang tetep hidup pasti keren juga, nggak keliatan sunyi gelap dan mati, katanya sih rencana pak Gubernur juga mudahan bisa kayak disana nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s