Cara mengatasi kesepian

(https://brokenlightcollective.files.wordpress.com/2012/08/fredrikwalkingmist.jpg)

Gak bisa di pungkiri yang namanya manusia ada kalanya ngerasa yang namanya kesepian. Rasa itu bisa aja tiba-tiba dateng pas kita lagi di tempat yang rame banyak orang ataupun juga pas lagi sendiri di kamar. Kesepian dateng karena diri kita secara personal ngerasa gak terpenuhi kebutuhannya. Kebutuhan yang saya maksud adalah kebutuhan bersosialisasi secara langsung. Bisa jadi yang dirinduin sama orang ini adalah kontak sosial yang nyaman antara dia dan lawan bicara. Udah pasti yang bisa mengerti kita ya keluarga dan temen deket atau pasangan.

Kesepian itu bahaya loh karena bisa berdampak ke depresi yang bisa berakibat panjang. Kalo udah depresi bisa jadi mikir aneh-aneh bahkan menghalalkan segala cara buat keluar dari rasa itu. Yup what i meant is suicide. Jadi kalo kesepian gak boleh tuh dibiarin. Harus di sembuhin sampe tuntas ke akar-akarnya dan cari tau letak asal muasal kesepian ini bermula tuh dari mana.

Nah disaat kita lagi gak bisa memuaskan kebutuhan sosialisasi secara nyaman itu sehingga timbul yang namanya kesepian, apa dong yang harus dilakukan?

Baru-baru ini saya ngerasain yang namanya kesepian itu melanda. Yup, namanya pindah ke negara orang gak mungkin gak ada rasa homesick dan kangen sama orang-orang tersayang. Akhirnya saya cari akal gimana caranya supaya perasaan gak mengontrol diri saya, tapi justru saya harus bisa mengontrol perasaan saya sendiri.

Ini dia beberapa hal yang saya temuin bisa sekedar mengobati rasa kesepian yang melanda:

1.Masak

Ini ampuh banget loh. Karena dengan masak, kita aja udah sibuk nyari bahan, nyari resep yang pas, berkreasi dengan bahan-bahan trus seru sendiri aja gitu pas lagi masak. Pas makan masakan sendiri dan enak tuh adalah perasaan puas dan seneng yang nantinya bikin rasa kesepian itu agak terlupakan, plus menambah kreatifitas kita loh. Itung-itung belajar sesuatu yang baru dan bermanfaat juga kan

2. Jadi fotografer dadakan

Coba deh pergi keluar, jalan-jalan dan nikmatin pemandangan atau tempat di sekitar. Bawa kamera dan coba foto-foto pemandangan atau aktifitas orang-orang yang lewat. Kita jadi lebih bisa menghargai lingkungan, pemandangan yang bisa jadi lagi bagus banget tapi karena sibuk jadi gak meratiin. Kalo udah gitu jadi semakin bersyukur dengan hidup yang udah dikasih deh

3. Baca buku di luar

Jangan di rumah deh. Keluar dari zona kesepian itu. Bisa aja paca buku di perpustakaan, taman, restoran, cafe, manapun yang banyak orang tapi disaat yang bersamaan gak terlalu berisik. Cari tempat yang nyaman buat berlama-lama. Jangan lupa pesen minuman dan makanan favorit biar bikin mood enak lagi

4. Olahraga

Ini nih salah satu yang paling ampuh. Olahraga gak hanya bisa memperbaiki mood jelek, tapi juga bikin sehat dan pastinya badan gak melar hehe. Dari research yang saya baca, olahraga melepaskan endorphine dalam otak yang bikin kita happy lagi. Keringetan juga ngeluarin toxin dalam tubuh. Jadi racun yang ada di otak dan badan keluar secara bersamaan dan juga rasa kesepian ituπŸ™‚

5. Makan!

Hahahah kebalikan yang diatas, makan aja apa yang kamu lagi pengen banget atau suka banget. Gak usah takut gendut. Lupain itu gendut dan lemak untuk sejenak. Fokus aja sama tujuan buat seneng. Abis itu baru ke poin 4 alias olahraga hehe. Makan bisa apa aja. Spaghetti, pizza, kentang goreng atau dessert kayak kue coklat atau es krim. Terbukti deh dengan makan sesuatu yang kita suka bisa bikin mood jadi lebih baik, apalagi yang mengandung coklat. Sama kayak olahraga, coklat juga bisa melepas endorphine dalam otak. Jadi seneng lagi deh hehe. Siapa tau kita jadi nemuin restoran favorit baru dengan wisata kuliner dadakan

6. Bersosialisasi lah

Coba untuk lebih membuka diri ke orang di sekitar kita. Gak harus yang udah dikenal, bahkan sama yang belom dikenal juga bisa. Bapak-bapak yang lagi nunggu bus atau mahasiswi yang lagi duduk di depan kita sendiri sambil main laptop juga bisa aja di samperin dan diajak ngobrol. Siapa tau jadi temen dan nambah koneksi.

Setelah melakukan salah satu atau kombinasi dari poin diatas, ada baiknya kita terus mengingatkan diri kita kalo hidup itu cuma sekali. Sayang banget satu hari itu dibawa gak enak dan sedih. Padahal di luar sana masih banyak hal yang indah dan menyenangkan buat di nikmati tapi kitanya aja yang kurang menyadari akan hal itu. Habiskan waktu dengan hal yang bermanfaat dan jadikan sebagai pengembangan diri aja. Kita yang harus bisa mengubah keadaan bukannya menunggu keadaan berubah jadi lebih baik dengan sendirinya.

Happy thoughts leads to a happy lifeπŸ™‚

(http://geniusquotes.org/wp-content/uploads/2014/02/Be-lonely-in-a-room-full-of-people-quotes.jpg)

20 thoughts on “Cara mengatasi kesepian

  1. Ya begitu dah Manda….

    Adakalanya seorang merasa sepi, tapi selalu ada keseruan juga di balik rasa sepi, kalau sepi,sunyi,sendiri jadi banyak yang dipikirin juga, maunya inj itu pasti ada lanjutnya jadi banyak yg diceritain dengan hal2 yg baru …

    Kadang bengong pengen ngapain😐 *bukan depresi*

    1. Iyaaa emang sih kita butuh waktu sendiri juga. Tapi gak sendiri terus juga kan psti butuh interaksi berkualitas dengan seseorang hehe. Tapi aku sbnrnya demen juga sih sendirian apalagi kl abis capek pengennya me time aja

      1. Iyaa yah apa lagi kalau LDR juga …..

        Sering juga kalau jalan sendiri, jatuhnya banyak yg di beli malah, tapi kalau disana kan belum banyak yg dikunjungi, pasti rasa ingin tahu yg bikin berani jalan sendiri

    1. huhuuhuuh Mba Tykeee *nangis dalam diam* iya mba betul skali….alhamdulillah dengan sholat biasanya mengatasi rasa sepi2 yang melanda tiba2 itu *peluk mba Tyke*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s