Persiapan Sekolah ke Newcastle University

Link

Emang bener ya kalo kita udah merencanakan atau menginginkan sesuatu hal tapi kalo Tuhan gak bilang boleh ya gak bakal kejadian. Persis sama dengan ketika saya dulu pengen banget sekolah di Amerika dan udah niat bulet, ternyata gak di restuin dan berujung ke hampir gak jadinya ambil master.

Sempat akhirnya ke Education Fair untuk US dan UK. Ternyata UK master hanya satu tahun ya. Langsung deh banting setir liat-liat kampus di UK dan sempet dateng ke Education Fair yang di adain sama IBEC. Pilihan akirnya jatuh ke Leeds, Birmingham, Newcastle, atau Nottingham. Saya sempet bingung mau tahun ini apa tahun depan. Orang tua sih maunya tahun ini biar gak ngebuang waktu. Saya sempet galau juga dan gak enak sama orang tua kalo ga ambil beasiswa.

Eh ternyata Tuhan berkata lain. Sekitar seminggu yang lalu orang tua saya tiba-tiba bilang, udah sekolah lagi aja tahun ini jangan buang-buang waktu. Gak masalah kata mereka buat saya sekolah tanpa beasiswa. Saya kayak….hah ini mepet banget. Seneng dan khawatir at the same time. Intake nya September ini dan saya belom ngapa-ngapain..

Langsung saya ngacir ke Sun Education Group yang ada di STC Senayan buat nanya-nanya. Setelah ngobrol, karena saya telat banget masukin application jadi Leeds dan Birmingham udah gak mungkin. Karena mereka emang kalo ngasi feedback itu lama. Buat daftar juga udah tutup jadi udah gak bisa disana. Pilihan jatuh antara Newcastle atau Coventry.

Akhirnya saya masukin application ke dua Universitas itu. Gak lama sekitar dua hari Coventry University ngasi balesan saya keterima disana! Wow cepet juga. Tinggal registrasi dan bayar DP uang sekolah beres. Tapi entah kenapa saya masih ragu. Selain karena ini sekolah adalah sekolah baru, orang tua takut nama sekolahnya ganti dan ilang deh alumni. Jadi saya masih nahan untuk nungguin Newcastle bales. Kalo sama yang ini lebih yakin karena dia salah satu dari Russell Group juga kayak Birmingham. Udah gitu kampusnya keren ala ala old bricks hehe.

Sekitar seminggu kemudian saya dapet Email dari Newcastle yang menyatakan saya diterima secara conditional offer! Artinya saya keterima tapi masih ada persyaratan yang harus di penuhin, kayak ngirim certificates asli dan bayar uang DP sekolah (GBP 1500). Alhamdulillah dilancarin banget proses untuk masuknya. Setelah bayar dan kirim certs asli status saya jadi conditional offer yang artinya udah bener-bener keterima!

Saya milih jurusan International Marketing untuk master saya karena menurut saya program ini cocok banget sih sama saya dan abis liat course syllabusnya kok seru hehe. Plus karena saya dari Public Relation, searah lah dengan tujuan saya kedepannya.

Bagian yang paling heboh adalah ngurusin Visa dan pastinya paling deg-degan juga nih.

Ini persyaratan untuk buat student visa ke UK:

  1. Passport asli dan lampiran Passport lama kalo ada copy Visa UK
  2. Foto terbaru ukuran 3,5 x 4,5 background putih dan close up 80%
  3. IELTS certificate asli
  4. Ijazah asli
  5. Transcript asli
  6. Akte kelahiran dan Kartu Keluarga yang udah di terjemah ke Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah (Sworn Translator)
  7. TB Screening (Harga Rp 690.000) di rumah sakit yang udah di tunjuk sama Embassy, RS Premier Bintaro (0217455500) atau RS Premier Jatinegara (0212800888). Jangan lupa baw paspor asli dan 2 pcs foto ukuran 4×6 dengan background biru
  8. Sponsor letter dari orang tua
  9. Surat referensi bank asli yang ditunjukkan ke Uk Visa dan Immigration
  10. Bukti keuangan mengendap 28 hari: Orang tua atau student yang cukup untuk cover sisa tuition fee. Bisa pakai tabungan atau rekening koran (tidak boleh deposito) dan dananya tidak boleh diambil-ambil kurang dari yang dibutuhkan selama visa diproses.
  11. Immigration Health Surcharge GBP 225 yang dibayar dengan USD sekitar 360 (tergantung rate saat itu) dengan credit card saat online visa application. IHS fee akan cover National Health Service (NHS) selama study di UK kecuali mata dan gigi

Semua dokumen dan ketentuan diatas harus langsung di urus secepat mungkin supaya visa juga keluar cepet. Karena sekolah saya intake September ini, jadi kalang kabut banget sih hehe. Cuma masih bisa ke kejar.

Selain visa, akomodasi juga harus di cari sebelum sampe disana. Kalo dari Newcastle sendiri, mereka punya banyak on campus accomodation yang bagus dan walking distance juga. Cuma karena saya telat apply, gak guarantee dapet huu. Semoga aja dalam 2 minggu ini ada notification dari mereka yang menyatakan saya dapet tempat tinggal deh aamiinn.. Untuk International student, saat apply accomodation harus bayar sekitar GBP 500 supaya applicationnya bisa di proses. Ini jaminan dari kita ke kampus kalo kita emang minta di cariin on campus accomodation. Kalo kita ngecancel dikenain biaya GBP 50.

Saya juga langsung browsing-browsing apa aja yang harus dibawa seperti baju, obat-obatan, dan sebagainya. takut gak cocok sih disana dan pasti harganya lebih mahal kalo beli di UK. Sempat juga beberapa hari yang lalu dikenalin sama salah satu anak degree yang masih sekolah disana dan kebetulan lagi liburan di Indonesia. Lumayan banget langsung ada pencerahan dan pastinya dapet temen langsung pas sampe sana hehe.

Selain persiapin segala dokumen dan juga tempat tinggal, saya harus nyiapin diri nih buat sekolah disana. Denger-denger dingin banget karena udah di area atas dan udah deket Skotlandia. Semoga sinus dan gatel-gatel karena kulit kering bisa teratasi dan aman-aman aja deh hehe

Bagi yang belom punya kenalan, kalo mau sekolah dimanapun saya nganjurin banget buat langsung nyari tau PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) di Kota atau negara masing-masing. Biar mempermudah informasi supaya gak keliru dan pastinya kenal sama temen-temen Indonesia yang disana. Kalo PPI Newcastle bisa langsung aja ke website mereka, http://www.ppinewcastle.co.uk dan langsung aja contact mereka. Bahkan Instagramnya ada loh! Jadi bisa liat aktifitas mereka dan past atau future events mereka di @ppi_newcastleuk

Ini nih foto sekolahnya, aah pengen cepet-cepet berangkat hehe

Link

Link

Ini business schoolnya , Link

Bismillah…Newcastle here i come!

33 thoughts on “Persiapan Sekolah ke Newcastle University

    1. Makasi mba๐Ÿ˜€ Nah kata mereka sih gak apa walaupun tetep sayang sih ga penugasan selama setahun dan bakal ngelewatin Abnon 2016. Cuma ya paling brosur dan sebagainya aku bawa kesana buat nugas sendiri haha

      1. masih di Indonesia mas perginya bulan september ini nih In shaa Allah lagi nunggu visa jadi hehe. Minta doanya biar dilancarkan๐Ÿ˜€

      2. Amin semoga lancar semuanya dan yang penting nggak lupa aja aiko sama Indonesia merdeka nih hahha semoga pas periscope bisa pas ditempat, kemarin tuh yg di senayan acara #WTF2015 dapet undangan dari temen tapi gagal dateng ada acara lain juga huhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s