Long Distance REALationship !

Dari judulnya aja udah bikin galau bagi yang akan ngejalanin atau lagi ngejalanin ya hehe. LDR atau Long Distance Relationship bisa dibilang salah satu ujian terberat dalam suatu hubungan. Gimana engga coba, pas kita lagi pengen manja, kangen-kangenan, atau hanya sekedar deep talk yang membutuhkan kehadiran si pacar tuh cuma bisa menjadi angan-angan belaka. Gak bisa di pungkiri kan orang tuh butuh kehadiran seseorang secara fisik, yang bisa di peluk, bisa di pegang tangannya, dan sebagainya. Banyak orang yang ngelakuin LDR karena udah terlalu sayang juga sama pacarnya. Gak memedulikan jarak yang segitu jauhnya, misal Indonesia-German atau bahkan Amerika-Swedia yang bikin si pasangan ini kalo mau ketemu musti muter otak buat gimana caranya nyamperin si yayang.

LDR juga biasanya di lakuin sama pasangan yang udah yakin banget kalo mereka itu akan segera menikah dan biasanya diiket dengan tunangan. Kenapa? karena mereka udah yakin masa depannya sama si orang ini. Enak lah kalo udah begini karena tujuannya jelas dan gak akan buang-buang waktu. Kita juga punya tujuan yang sama jadi gak ada tuh yang satu niat nunggu buat nikahin dan yang satu cuma niat buat pacaran doang.

Banyak yang bilang dan saya juga percaya sih LDR itu emang bener menguji keseriusan pasangan dengan kita sampe mana. Bisa banget tuh kita ngetes pacar yang kayaknya ngomongnya too good to be true eh tapi ternyata dia ga kuat iman atau gak bisa dengan banyak alasan, contohnya selingkuh. Nah ini dia nih ancaman paling besar dan memungkinkan dari LDR. Pasangan atau kita selingkuh dengan orang terdekat saat itu. Yaa menurut saya wajar sih, saat kita lagi sedih kan biasanya butuh seseorang yang bisa dengan sigap ada buat nampung cerita kita dan sekedar tap on the shoulder aja udah bikin hati rasanya tenang dan tentram. Nah, gimana kalo kita atau pacar lagi di posisi membutuhkan seseorang? Oke sih bisa aja kita nelfon pacar, skype dan ceritain keluh kesah kita. Tapi yang mau saya tekenin disini adalah poin dimana kehadiran seseorang secara fisik itu sangat amat besar dampaknya dibandingin cuma online liat muka dari layar. Itu juga biasanya permulaan orang jadi selingkuh. Mendapatkan kenyamanan dari orang lain yang ada di sekitar kita.

Saya sebagai mantan pelaku LDR *halah!* udah gak percaya sih sama yang namanya LDR. Mungkin karena pengalaman buruk yang saya rasain ya? Ngeliat dan denger nama LDR aja gak percaya deh, bullshit. Padahal banyak juga pasangan yang survive kok buat LDR. Ya karena itu. Dua-duanya punya tujuan yang sama. Sementara dulu saya dengan pasangan tujuannya beda hehe jadinya gak ketemu deh goalnya.

Karena saya udah pernah ngerasain LDR selama 3 tahun ya, jadi saya mau ngasi tips aja nih buat yang sekiranya berniat pacaran jarak jauh. Here you go:

1. Niat

Pastikan kamu dan pasangan memiliki niat yang sama, tujuan yang sama. Apakah setelah pacaran kalian ingin menikah? Atau mungkin kalian berencana buat pindah bareng kemana? Nah, niat kalian harus di selaraskan ya biar pas ngejalanin juga kalian tau hubungan itu tau mau dibawa kemana, bukannya balik bertanya mau dibawa kemana? hehe

2. Sabar

Ini kudu wajib kalian lakuin. Lagi kangen, lagi sedih, apapun yang kalian rasakan ke pasangan yah cuma bisa bersabar aja sampe bisa ketemu secara langsung. Nantinya kamu akan bosen sendiri dengan advice orang-orang yang cuma bisa bilang sabar :p karena ya cuma itu juga sih yang bisa di lakuin

3. Buat surprise

Nah kalo ini biar hubungannya seru aja gak monoton, namanya juga udah jejauhan dan rasa jenuh bakal banyak banget datengnya. Bisa aja kamu buat surprise dengan tiba-tiba nyamperin pacar ke negaranya. Itu sangat sweet sih๐Ÿ˜€ Tapi harus di pikirin matang-matang yaa jangan sampe pas balik kamu malah jadi super kere karena biaya yang pastinya gak mahal kalo emang nyamperinnya jauh. Bagi yang gak bisa nyamperin, kamu bisa aja kirimin si pacar karti pos yang udah di semprot parfum kamu! Jadi sambil baca, dia bisa ngendus-ngendus bau kamu dari jauh hehe. Sekalian beliin kado barang yang dia suka juga bisa jadi alternatif lain. Pokoknya se kreatif mungkin deh biar seru

4. Kuat iman

Namanya jenuh pasti ada. Apalagi jejauhan gitu deh. Wajar banget lah. Coba cari kegiatan deh yang bikin sibuk. Tapi kegiatan positif ya jangan yang merugikan juga. Paling penting adalah kuat iman dikala tiba-tiba lagi deket sama orang lain. Boleh sih deket, tapi harus inget poin nomor 1 yaitu niat kalian untuk ngejalanin LDR tuh awalnya apa. Inget, kasian pasangan yang udah jujur nungguin kamu di negaranya. Kalo kamu ada di posisi dia udah pasti mau hal yang sama kan? Sekalinya udah selingkuh tuh bakal keterusan loh. Jadi jangan mainan api kalo gak mau kebakar yaa

5. Jujur

Salah satu poin yang paling penting juga nih. Jujur lah sama pasangan. Mau kemana, sama siapa, dimana. Walaupun dia gak bisa liat kamu, tapi semakin seringnya kamu bohong sama dia suatu hari nanti bakal ketauan. Nah kalo udah ketauan udah susah deh buat si dia percaya kamu lagi. Kepercayaan itu harus di usahakan dan gak bisa di dapet gitu aja. Jujur juga dengan perasaan masing-masing. Apa yang lagi kalian rasain sekarang? Kalo ada masalah langsung di selesein secepat mungkin biar gak berlarut-larut.

6. Komunikasi

Tetep ngabarin pacar meskipun jarak dan jam kalian beda banget. Ceritain kamu hari itu lagi ngapain, trus kegiatan yang seru, dan sebaliknya tanya pacar kamu kegiatan hari itu gimana. Jangan sampe jadi jarang berkomunikasi ya karena itu akan sangat ngefek hubungan kalian. Semakin jarang kalian ngobrol, semakin bisa hilang juga rasa-rasa itu. Tetap, communication is the most important part of being in a relationship.

Long Distance Relationship atau hubungan jarak jauh adalah pacaran yang sebenernya. Jadi siapkan hati, mental, fisik, segalanya deh sebelum bener-bener mau ngejalanin. Harus siap dengan segala konsekuensi yang bakal di jalanin.

Selamat berjuang, sang pejuang cinta!

26 thoughts on “Long Distance REALationship !

    1. huhuhhu sama banget mba hehe aku lebih milih putus dulu trus kalo jodoh ya balik lagi :p iya itu couple kayak gitu suka bikin aku bengong aja liatnya kok kuat banget๐Ÿ˜ฎ

    1. waaaaa 6 tahun :O masi gak? huhuuh hebat banget kok setahan itu taaaa. Aku kayak 3 tahun aja udah enough nooo dan kalo disuruh lagi malessss abis kalo ga setujuan ya ujung2nya bakal gak jelas juga gak sih

  1. Balik balik kalo menurut gw tuh masalah jodoh atau bukan. Kalo emang jodoh pasti bisa. Berat emang tp bisa. ๐Ÿ™‚

    Gw juga dulunya gak percaya kalo LDR Can work. Sampe akhirnya kena batunya dan harus LDR. Hahaha. Mana dulu gak ada skype dll, telpon nya pake kartu telpon internasional. :p

    1. Bener banget mas hehe. Sebenernya tergantung niat kedua pasangan dan jodoh apa engga. Kalo niat tapi emang gak di peruntukkan bersama ya kelar juga. Wah berat banget sih jaman dulu. Salut๐Ÿ˜€

  2. Haaahh LDR 3 tahun, Ai? Ada pula yg LDR 6 thn? Terlepas it was worked or not tp salut lah, tahan bener ngejalanin selama itu. Aku 1 thn LDR aja udah ogah. Bubar weis :)))

    1. Iya dulu juga gak bayang bisa sampe se lama itu sih hahaha. Mungkin krn terpaut jarak dan mau ngomong langsung gada waktu jd di tahan tahan juga. Trus mikir kayaknya masi bisa di perbaiki ternyata engga huhu *curcol*. Iyaa harus ada kejelasan mau LDR ngapain

  3. hahahah saya pernah LDRan setahun, gagal total๐Ÿ˜€ kalo boleh bagi tips juga, LDR bole2 aja asal jangan lama2, kalo masi pacaran trus emang udah niat nikah, yaudah dicepetin aja nikahnya. Kalo masih merasa blom sanggup dalam hal materi, yg penting akad nikah dulu aja. Resepsinya nanti2. Takut udah nikah tapi LDR-an? Mending mana, LDR tapi ga pasti arahnya, atau LDR yg udah jelas statusnya?๐Ÿ™‚

    1. hehehhe bener bangett. Setuju! Gak penting deh kayaknya LDR yang gak ada tujuannya krn sama2 buang waktu tenaga dan air mata๐Ÿ˜› mending kalo emang ada niatan buat nikah ya nikah dulu baru skalian pasangannya di boyong ke negara itu hehe

  4. ai aku gak pernah ldr-an dan i dont think it will work for me hahaha.. susah banget deh aku kalau ldran jadi dulu gak pernah mau cari pacar jauh2, tapi aku salut banget lho sama pasangan2 yang ldran gitu dan bisa survive mungkin ya emang mesti punya tujuan yang sama yaa๐Ÿ™‚

    1. Sama mba dulu aku nyoba dan gagal trus males deh kalo disuruh LDR lagi hehe. Iyaa aku salut sama pasangan yang bisa komit dan tahan segitu lama dan jauhnya. Betul mba mungkin mereka bedua ngerti tujuan buat LDR apa sementara aku gada tujuan dulu :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s