Alhamdulillah, Barat!

Seperti yang udah saya janjiin dari post sebelumnya, saya akan ngasitau proses seleksi ajang duta pariwisata apa sih yang baru aja saya ikutin. Well, ajang ini tuh menurut saya salah satu ajang duta pariwisata yang keren banget. Keren karena ga hanya ngeliat fisik aja tapi juga kepinteran dan perilaku juga. Jadi the whole package. Dari dulu sejak SD aja saya udah wow banget kalo denger nama ajang itu di sebut.

Ya, saya ikut seleksi Abang None Jakarta wilayah Barat sejak sabtu kemarin. Trus Prosesnya gimana aja?

via

Jadi dengan sangat baik hati Abnon Jakbar ngadain briefing hari Jumat di kantor walikota Jakarta Barat buat ngasitau ke seluruh peserta tahapan seleksi dan apa aja yang harus dipersiapkan. Sekalian juga pada hari itu kita semua calon peserta balikin map yang udah dilengkapin dengan segala dokumen yang di butuhkan dan ngukur tinggi badan plus berat juga. Jadi kalo nulisnya asal-asalan di formulir bakal ketauan hehe.ย Hari itu udah banyak bangeeeet yang dateng. Cantik-cantik dan ganteng-ganteng deh bikin jiper :p Sementara bang non seniornya super baiiik banget dan sangat membantu kita semua para calon finalis yang antusias dengan segudang pertanyaan hehe

Langsung aja kita di kumpulin di hall besar dan dipisah duduknya, abang sebelah kanan dan none sebelah kiri. Acara di mulai dari presentasi tentang tahapan seleksi yang wajib dilewatin. Ada 3 tahap, tahap 1 yaitu public speaking, tahap 2 focus group discussion dan tahap 3 wawancara dengan dewan juri. Tapi buat menuju semua tahapan itu sangat gak mudah. Kalo gak lolos di tahap pertama gak bisa tuh menuju tahap ke dua dan sebagainya. Belom lagi saingan super ketat jadi makin berasa deh.

Gak hanya presentasi tentang proses seleksi, setelah itu kita diajarin cara salam takzim yang bener dan make up plus office attire kita di cek deh satu-satu apa yang kurang atau terlalu berlebihan. Heels juga minimal 7cm deh jadi bagi yang gak kebiasaan pake heels kayak saya gini bakal pegel-pegel kaki hehe. Alasannya lebih ke kerapihan, keseragaman dan biar enak di liat juri.

Akhirnya hari sabtu yaitu hari seleksi tahap 1 dan 2 dateng juga. Asli saya deg-degan banget karena gak terlalu nyiapin diri. Cuma sekedarnya aja. Jam 7 udah di haruskan buat ada di kantor walikota dan….ngantuknyaa… ngantuk banget hahahhah. Tapi setelah menginjakkan kaki di kantor walikota ngantuknya langsung ilang deh! Sempet saya nyasar ke gang sempit yang memakan waktu setengah jam sampe akhirnya saya berhasil keluar! huft pengalaman deh hehe

Tahap seleksi pertama saya tunggu dengan….lama banget..Dari deg-degan sampe pegel karena saya dapet giliran paling akhir. Gapapa tetep semangat walaupun lama.ย Tahap 1 seleksi adalah public speaking. Kita diharuskan ngenalin diri kita dan abis itu ngejelasin gambar random di proyektor selama 30 detik. Seru sih dan saya menikmati banget proses ini.

Setelah selesai langsung aja tuh di umumin siapa yang masuk. Alhamdulillah saya lolos ke tahap 2 yaitu focus group discussion! seneng banget

Nah, tahap 2 ini menurut saya challenging banget. Jadi kita semua di kelompokkan dengan peserta secara random trus bakal diharuskan buat diskusiin suatu topik yang lagi hits di perbincangkan dengan dua bahasa. Pertama bahasa Indonesia selama 4- 6 menit dan abis itu bahasa inggris selama 4-6 menit. Jadi total diskusi 8-12 menit gitu. Kalo kita gak baca koran atau update the latest news, wah bisa bengong deh bingung jawabnya gimana. Tahap ini dibutuhkan pengetahuan umum yang luas dan argumentasi yang kuat. Tapi bukan ajang debat ya

Lagi-lagi kelompok saya dapet giliran paling akhir. Kali ini seneng-seneng aja sih jadi dapet waktu latian banyak dan bisa ngobrol plus kenalan sama temen-temen satu kelompok dan bang non 2014 yang mendampingi.

Kalo semifinalis, pengumumannya lewat socmed jadi saya sejak pulang udah deg-degan aja tuh ngerefresh twitter sama instagram hahaha. Eh taunya sekitar jam 8 temen saya yang none barat 2014 nge line saya bilang congrats! waaaaa saya lolos tahap 2!!! alhamdulillah!! Akhirnya 30 abang dan 30 none udah dapet nih. Temen-temen deket saya cuma 2 yang lolos ke tahap 3 huhu sedih

Hari minggu saya kedapetan shift pagi buat seleksi tahap 3. Sementara temen saya yang lain kebagian di shift siang jam 1. Tahap 3 ini yang paling bikin deg-degan. Kita wawancara sama 5 juri dari berbagai bidang. Ada psikologi, pemerintahan, komunikasi dan bahasa asing, budaya dan kepariwisataan sama penampilan dan kepribadian. Salah satu juri yaitu juri komunikasi dan bahasa asing tuh seseorang yang udah lama saya kagumi deh. Mpok Fifi Aleyda Yahya yang dari Metro TV itu. Aslinya cantiiiik banget dan suaranya persis kayak di TV, menghipnotis hehe. Makin deg-degan dong bakal ngobrol one on one sama dia. Ternyata Mpok Fifi None Jakbar dan None DKI loh taun 1995! Hebat banget ya

Sebelom dimulai acara, ada pembukaan dulu nih dan kita semua ber 15 di wajibkan kasih salam takzim ke juri! Perdana salam takzim di panggung. Deg-degan juga ternyata hehe.

Pokoknya selama penjurian saya udah berserah diri aja deh ikhlas mau ditanyain apapun dan hasilnya kayak gimana. Kalo rejeki gak kemana yakan hehe. Pengumuman bakal dikasi tau via telfon dan udahannya di socmed. Bayangin dong selama hari itu saya ga lepas megang HP hahahah. Kalo ada yang nelfon langsung lompat, kalo-kalo aja nomor gak dikenal yang nelfon hehe.

Saya nunggu dengan pasrah deh udahlah, saya udah cukup bangga bisa lolos ke semifinal ngalahin segitu banyak none cantik dan pinter plus dapet temen-temen baru yang seru. Eh tiba-tiba pas jam 10 ada yang nelfon dengan nomor asing!! Langsung aja saya angkat dan ternyata temen saya abang Jakbar 2014 ngasitau kalo saya gak masuk! Yaudah…gpp… ikhlas sih..

Eh taunya dia cuma bercanda sodara-sodara. Saya alhamdulillah masuk jadi salah satu dari finalis Abang None Jakarta Barat 2015!! Alhamdulillah…. rasanya seneng, bingung, pengen nangis, pengen ketawa campur aduk jadi satu. Awalnya saya iseng dan emang gak niat banget juga sih. Cuma pengen cari temen dan pengen tau abnon tuh kayak apa.

Gak sabar buat karantina dan keseruan lainnya yang bakal dikasi dari Abang None Jakarta Barat!

Mohon doa dan dukungannya ya temen-temen bloggers semua๐Ÿ™‚

32 thoughts on “Alhamdulillah, Barat!

Leave a Reply

