Kontes Duta Pariwisata di Indonesia

Dulu saya gak terlalu peduli sama kontes-kontes kecantikan atau ajang duta pariwisata. Tapi semenjak banyak temen saya dan mantan saya adalah alumni Abang None, saya mulai tau deh soal ajang tersebut. Tapi cuma sebatas tau doang tanpa memperdulikannya. Nah, tahun ini juga lagi heboh pendaftaran Abang None dan semua temen saya yang dulu ikutan juga heboh post di semua social media mereka. Setau saya kan kalo yang ikut Miss Universe atau Putri Indonesia pasti nanti mewakilkan Indonesia di luar negri buat kontes yang lebih besar lagi skalanya kayak Miss Universe. Tapi kalo ajang duta pariwisata kayak Abang None gitu kerjaannya abis kontes selesai ngapain dong? Penting gak sih sebenernya ikutan ajang kayak gini? Pertanyaan itu akan saya jawab satu-satu dibawah yaaa hehe.

Ternyata di Indonesia gak hanya ada Abang None dari Jakarta, ada juga Kang Nong dari Banten, Raka Raki dari Jawa Timur , Cici Koko dan masih banyak lagi. Tujuan ajang ini cuma satu, untuk promosiin wilayah dan daerah masing-masing. Ada juga namanya Abang None Buku yang bertujuan untuk menambah minat baca dan pergi ke perpustakaan para pemuda dan pemudi. Wah, taunya emang Abang None doang karena tinggal di Jakarta. Padahal masih banyak lagi ajang duta pariwisata yang bertebaran di seluruh Indonesia. Untuk seleksinya, gak hanya bermodalkan tinggi atau muka ganteng dan cantik, tapi juga harus berwawasan luas dan bisa bahasa asing. Seleksinya pun susah dan banyak saingannya. Dari 200-300an yang mendaftar cuma dipilih 30 aja biasanya. Jadi gak sembarangan deh yang jadi finalis, apalagi sampe bisa menang.

Non Afiffah, None Jakarta 2012, temen SMA saya dulu. Foto diambil disini
Kang Abi yang berhasil dapet Kang Nong persahabatan, temen saya juga. Foto diambil disini
Raka Raki dari Jawa Timur. Foto diambil dari sini

Nah trus kerjaan duta pariwisata ini ngapain aja? Oh jelas banyak banget. Gak hanya promosi pariwisata, tapi mereka juga ada yang jadi duta anti narkoba, lingkungan, ikut bantu penanganan sampah dan masih banyak lagi. Mereka juga ada yang pergi sampai ke luar negri loh buat promosiin Indonesia. Hebat banget ya. Sayang aja pekerjaan mulia mereka ini gak banyak beredar di media. Masyarakat jadi suka bertanya-tanya sebenernya ngapain aja sih duta pariwisata ini? Kok kayak cuma ajang tahunan yang gak ada hasilnya? Padahal kalo media mau lebih niat untuk ngeliput mereka pasti juga ikut andil dalam merubah pola pikir masyarakat yang masih negatif soal ajang-ajang ini. Bisa aja kan di buat reality show tentang duta pariwisata di Indonesia. Selain kita jadi tau tugas mereka, kita juga bisa liat kayak apa sih pariwisata yang ada di wilayah atau daerah masing-masing.

Kalo untuk penting dan gak pentingnya sebenernya tergantung ya. Tapi saya ngeliat lebih banyak dampak positifnya. Saya ngeliat temen-temen saya jadi lebih berani dan berwawasan luas abis ikutan Abang None. Mereka gak hanya di bekali dengan public speaking aja, tapi juga materi tentang pariwisata Jakarta, kebudayaan betawi, keprotokoleran dan sebagainya. Selain itu para finalis juga berkesempatan buat promosi pariwisata di dalam dan luar negri! Nambah pengalaman banget kan. Ditambah juga mereka jadi tergabung dalam keluarga besar ajang tersebut yag udah pasti nambah pula networkingnya.

Sebenernya gak harus ikutan ajang beginian buat promosi negara sendiri. Kita bisa dan harus ngelakuin karena yaa tugas kita sebagai masyarakat Indonesia buat ngasitau ke seluruh penjuru dunia kekayaan budaya dan wisata yang Indonesia punya. 

Untuk ajang dan kontes, jujur saya belom pernah ikutan. Gak pernah terbersit buat ikut sampai beberapa minggu yang lalu. Ajang itu sendiri masih saya rahasiakan, sampai nanti selesai pengumuman finalis yang keterima. Semoga saya salah satunya hehe amiin

Mohon doanya temen-temen๐Ÿ™‚

46 thoughts on “Kontes Duta Pariwisata di Indonesia

    1. Makasi ya mas Errick, supportnya dari para temen2 sangat berarti buat saya hehe. Amiinn itu yang dicita2kan, semoga lancar dan amanah

      1. ya mau tahap manapun, kalau udah berani untuk mencoba itu udah bagus loh ..

        ikut ?๐Ÿ˜€
        ikut tim formatur aja deh sama tim hore” :))

      2. Aminn

        yel yel biasanya emang gtu juga hahaa banyak dukungan, lebih welcome dalam arti ramah, dll. pasti kalau ikut karantina nanti juga banyak yg dipelajari lagi

      3. iyaa. saya suka sih buat yel2 dulu abis seru, apalagi kalo rame2 hahahah. Iyaa masa karantina akan banyak pembekalan dari orang2 ternama biasanya

  1. iya ai dulu aku jg gak ngeh tuh kontes2 ginian, eh temenku banyak yg ikutan abnon dulu di kampus, akhirnya jadi tau deh udahannya ngapain aja, bagus banget emang utk nambah kegiatan positif dan nambah wawasan. good luck ya ai buat kamu, semangattt๐Ÿ™‚

    1. mbak noni ikut duta pariwisata tuh cucok banget loh๐Ÿ˜€ sangat berpotensi hehe. Knapa gak ikutan mbaak? Amiinnn semoga yang terbaik hehe

      1. Wiiiii keren banget mbak!!! Tuhkan bener soalnya mbak noni menurut aku sangat berpotensi gitu๐Ÿ˜€ Ceritain dong gimana pengalamannya di blog :3

      2. udah lama banget Man, waktu sma kelas 3 waktu itu. CUman ditanya2in doang koq trus pake baju kurung melayu hehe. Karena gak menang sampe kotamadya yah gak terllau banyak pengalaman juga.

      3. Tapi udah ikutan sampe jadi finalis pula itu hebat banget mbak๐Ÿ˜€ gak semua punya kemampuan dan keberanian *makin ngefans sama mbak noni* :3

  2. Lho itu sebelahnya non Afifah si Abang taufik temen aku dari Jogja, kuliah di UGM dia hehehhe.. oiya ada kakang-mbekayu Banyumas, Dimas-diajeng Jogja –nambahin

    Good luck ya Aiko semoga sukses! โ™ฅ

    1. Hai mbak Dila๐Ÿ™‚
      Waah iyaa Bang Taufik hebat dia berprestasi banget ya hehe. Sebenernya banyak ya mbak cuma kurang terekspos media aja. Makasi banyak ya mbak Dila amiiinโค

Leave a Reply

