Pagelaran Tari Tradisional Legong Sampik Engtay

Baru kira-kira satu bulan deh saya les tari bali di Studio Tari Ayu Bulan cabang Bintaro. Awalnya emang berniat pengen belajar tari tradisional selama di Indonesia. Lebih pengen belajar tarian betawi macem nandak ganjen atau lenggang nyai. Tapi apa mau dikata, tempat lesnya itu yang deket rumah gak menyediakan kursus tari itu. Saya denger tari bali susah soalnya :p tapi karena yang ada deket rumah cuma itu dan saya juga tertantang buat nyoba belajar, akhirnya saya ikutin deh sejak bulan Januari kemarin belajar tari legong kuntul. Keliatan antusias anak mudanya kurang sekali karena temen-temen saya semua ibu-ibu! Ada yang udah punya anak berapa, atau baru melahirkan, atau bahkan yang udah berumur lebih dari orang tua saya. Hebat. Mungkin kendala juga ada di jam tari yang diadainnya di hari biasa dan jamnya pagi pula. Kalo yang ngantor atau sekolah pasti gak bakal bisa join.

Sedikit saya mau cerita soal studio tari Ayu Bulan. Pertama tau dari search di Google aja sih trus muncul nama studi ini dan alamatnya yang gak jauh dari rumah. Ternyata beliau yang punya, Biyang Bulan atau nama lengkapnya Bulan Trisna Jelantik inilah yang dari dulu udah berusaha melestarikan dan mempopulerkan kembali Tari Legong yang hampir punah di dalam maupun luar negri. Hebat bangeett! Saya sampe penasaran pengen liat kehebatan beliau dan langsung aja nyari di Youtube. Ternyata Biyang (ibu) Bulan pernah di undang acaranya Deddy Corbuzier yang Hitam Putih itu buat nariin Tarian Legong! Astaga saya sampe merinding! Tariannya dinamis dan maskulin sekaligus anggun. Duh keren lah, nih kalo pada mau liat:

Kalo pada mau belajar saya saranin AMBIL DEH! hahah bantu promosi :p Kapan lagi diajarin sama master kayak Biyang Bulan gitu langsung? Pengalaman banget deh sekaligus dapet ilmu langsung dari ahlinya.

Nah, studio tari bali saya ini emang punya banyak cabangnya. Kalo yang udah jago-jago biasanya pada ngumpul di Bengkel Tari Ayu Bulan. Semoga suatu hari nanti saya masuk deh amiin. Biyang bulan bilang studionya yang dari Bandung mau perform di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia. Wah asik nih saya belom pernah nonton tari bali yang temanya unik, Sampik Engtay. Setau saya itukan Tionghoa ya tapi bakal dibawain dengan tarian bali. Sip deh dateng

Saya dan kedua temen saya sempet rada heboh gitu sebelum masuk ke auditoriumnya. Kita ngebayangin kira-kira pertunjukan nanti kayak apa. Sebelum masuk kita dikasi ikat pinggang merah/kuning khas Bali dan bunga melati. Sayang bunganya abis saya gak kebagian deh😦

Acara pun dimulai, eh sebelum acara kita harus nyanyi Indonesia Raya dulu buat pemanasan. Bagus loh ini harus di tiru sama semua acara yang ada di Indonesia biar kita gak lupa sama lagu kebangsaan sendiri. Akhirnya panggung gelap dan mulai lah narator yang ternyata guru nari saya, Mbak Mimi yang bacain Prolognya. Ceritanya tuh romansa-romansa gitu deh. Tentang percintaan Sampik dan Engtay yang intinya gak bisa bersatu karena kesalahan teknis -__- sebel deh huft. Masa karena salah denger info sampe mati bunuh diri karena gak ketemuan huhauahua. Awalnya mereka mau kawin lari karena Sampik udah di jodohin, tapi karena Engtay salah denger info dan datengnya super telat beberapa hari kemudian, dahlah anak orang langsung diambil deh huhu. Tuh kalo galau mending olahraga aja ya jangan bunuh diriπŸ™‚

Asli performance mereka semua KEREN BUANGET. Tariannya nyampur sama teater jadi pake facial expression. Kalo nari biasa sih katanya gak pake. Karena ini juga buat perayaan imlek gicu jadi sekalian aja tariannya dalam konsep teater.

Saya paling demen bagian Sampiknya kawin. Waduhhh mantep banget berasa sedihnya si Sampik. Suaminya pun narinya keren bener dah kayak laki-laki padahal yang nariin cewek. Oh iya, bagian Engtay yang nyariin Sampik juga keren, dia nari sampe naik ke bagian kursi penonton paling atas trus matinya di balik tirai merah yang udah di sediain.

Wah gak nyesel deh dateng. Gratis pula! Selain ikut berpartisipasi melestarikan budaya Indonesia, juga nambah wawasan loh. Jadi tau legendanya dan tarian legong itu seperti apa. Buat yang pengen nonton pertunjukkan tradisional yang Indonesia banget, langsung aja ke Mall Grand Indonesia ke bagian lantai Blitznya dan tepat di sebelahnya ada Galeri Indonesia Kaya yang selalu nampilin acara keren dan seru. Tapi harus reservasi dulu ya karena biasanya suka rameeee takut ga kebagian tempat atau gak bisa masuk gitu hehe

Ayo kita jangan lupain budaya negara sendiri! Bangga jadi orang Indonesia

( Mbak Mimi, Biyang Bulan, Saya setelah pentas selesai)

7 thoughts on “Pagelaran Tari Tradisional Legong Sampik Engtay

  1. Wih keren banget Ai dirimu sampe ikutan latihan nari gini. Bener ya minat anak mudanya kurang. Sedih ya. Dari fotonya bisa ngebayangin serunya Ai!

    1. iya mas dani soalnya aku gak pengen budaya kita hilang atau diambil negara lain. kan sayang huhu. seru bgt! kapan2 ke GIK mas ntn pertunjukkanπŸ™‚

  2. Omg!! Aiii kamu harus jd panutan semua anak indonesia (berasa ibu ibu). Aku ngefans sama kamu!! How you spend ur time sangattttt bermanfaat bgt. Aku aja ga kepikiran cobaaaa ~_~ parah bgttttt. Keren ai!

    1. hahaha mnrt aku itu udah jadi kewajiban aja sih kita sbg WNI yang melestarikan budaya sendiri, Kalo gak kita ntar siapa dong hehe. Daripada budaya luar kayak korea2an atau jepang mending budaya sendiri di gembar-gembor kanπŸ˜€

Leave a Reply

