Depresi

http://paradigmmalibu.com/wp-content/uploads/2013/09/bigstock-Problems-20872742.jpg
Kalo nonton TV apalagi gosip, pasti yang di suguhin kebanyakan soal Marshanda yang katanya depresi dan sekarang hilang. Baru-baru ini juga berita duka dari Hollywood datang secara gak di duga dari salah satu aktor favorit saya, Robin Williams yang katanya meninggal dengan alasan yang sama, depresi. Sebenernya masih banyak lagi orang terkenal dan ternama ngalamin stres yang ujung-ujungnya jadi gak enak. Gak harus terkenal, semua orang juga pasti pernah dan sekarang mungkin lagi ngerasain depresi.

Depresi datengnya emang dari pikiran kita sendiri. Saya bukan psikolog atau yang ngerti banyak soal kejiwaan, tapi depresi akut atau yang udah parah biasanya karena emang gak pernah di selesein stresnya. Lebih tepatnya sih kayak semacam stres gak berujung gitu. Awal mulanya bisa banyak dan sering kali dimulai dengan stres kecil. Contohnya kayak seorang murid stres karena nilai semesternya jelek. Karena dia gak tau harus gimana memperbaikinya, nilai-nilai dia malah makin jelek yang udah pasti memperburuk keadaan jiwa dia. Udah gitu mungkin saat dia lagi down gak ada orang yang membimbing atau ngasi support, udah aja stresnya makin menjadi-jadi dan berujung ke depresi berat. Dari depresi berat itu, si anak bisa aja mulai nyari pelampiasan. Yah mikirnya lumayan buat ngeringanin pikiran. Bagus kalo si anak arahnya ke hal positif, lha kalo negatif? Ada loh yang sampe bunuh diri cuma gara-gara nilai ujian atau raport.

Masih banyak lagi deh akibat depresi yang berakibat buruk ke si orang itu. Intinya yang bisa saya ambil, selama si orang itu ngerasa stres dan depresi, kebanyakan dari mereka gak dapet support dan sayang yang cukup untuk nenangin mereka. Mungkin rasanya kosong dan hampa, jadi ada yang milih jalan negatif atau jalan pintas buat sekiranya “menyelesaikan masalah”. 

Gak mau gosip sih, tapi yang saya liat Marshanda sangat wajar melakukan apa yang dia lakukan sekarang. Lepas jilbab dan sebagainya adalah 100% hak dia. Kalo dosa ya itu urusan dia dengan Tuhan. Kalo dia sekarang ilang, ya mungkin dia emang lagi pengen tenang dari media dan masyarakat yang bisanya cuma ngejudge. Padahal gak kenal sama sekali sama dia. Lain halnya dengan Robin Williams katanya di meninggal gara-gara depresi yang menyangkut dirinya. Dia, mungkin hampir sama dengan laki-laki diluar sana yang susah buat curhat dan cerita ke orang lain karena….mereka laki-laki. Biasa di pendam sendiri padahal sebenernya butuh pertolongan.

Saya dulu juga pernah depresi berat yang bikin saya kehilangan banyak temen, ngelakuin hal-hal bodoh yang seharusnya gak saya lakuin, dan sebagainya. Saat itu gak ada satupun yang nemenin saya dan jujur, berat banget buat ngejalaninnya. Mungkin kalau ada yang support, depresi saya lebih ringan dan gak mikir yang aneh-aneh terus. Untungnya, saya ketemu ngeblog. Dari nulis, saya nuangin semuanya dan selalu ngerasa lega. Ibarat temen deh ngeblog itu. Saya bisa ngomong apa aja yang saya mau tanpa harus ngerasa di judge, Senengnya lagi, temen blogger gak ada yang ngejudge kayak di dunia nyata. Semakin nyamanlah saya untuk nulis terus di blog ini hehe.

Dari contoh-contoh diatas, bisa banget di ambil pelajaran untuk selalu care sama orang di sekitar kita. Jangan salah, bukan hanya sakit secara fisik yang bahaya, tapi juga sakit secara jiwa. Gak bisa di samain dengan gila ya, tapi lebih kepada jiwa kita sedih, kesepian, kosong dan ya..simpel, butuh cinta dan support. Obatnya itu aja kok gak lebih.

So, share as much as love and support to other people! Coz, you might saved someone’s life!πŸ™‚

Big hug and love from Aiko❀

7 thoughts on “Depresi

  1. iya serem ya ama depresi itu…
    emang harus hati2 ngontrol perasaan/emosi. dan harus sering2 sharing juga ama keluarga/temen deket supaya jangan sampe kebablasan trus jadi depresi…

  2. Aku juga pernah ngerasain mbak Ai. Dan rasa pengen mati itu beneran udah di ujung jari kalo udah depresi. Yang ada di bayangan kalo mati semuanya bakal beres. Seserem itu kalo udah depresi tapi emang masih banyak yang nganggep enteng. Support dari orang sekitar penting banget. Mudah2an makin banyak yang aware ya kalo depresi bisa jadi masalah yang serius😦

    1. Iya mbak😦 Kalo udah depresi tuh pasti pikiran otomatis kemana-mana kan dan jadi gak jernih mikirnya. Harus sering sharing ya mbak sama orang di sekitar jangan di pendam sendiri😦

      Ayo kita semangat ngelawan depresi mbak!πŸ˜€

  3. tulisannya bener banget, kebetulan saya cowok dan merasakan hal itu. kosong. sepi. tapi blum ketemu solusinya. yang bisa saya lakuin skrang ya jalani aja apa yang mau terjadi. terjadilah. hehe.

    Keep Bloging aikoo, tulisannya saya suka. Terima kasih

    1. Halo mas RudyπŸ™‚ Semangat ya mas, coba di salurkan ke yang mas suka dan jangan di pendam sendiri biar gak makin berlarut-larut. Believe that you have a purpose in this life
      Terimakasih atas supportnya mas insha Allah akan terus menulis hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s