Pertemuan untuk Indonesia

Parah juga nih ya saya udah lama banget gak ngepost dan update ini blog. Rasanya bersalah dan sebel aja kok ya masih juga gak bisa update sesuai dengan keinginan *huft*

Betewe, saya dua hari yang lalu baru aja sampe Jakarta *Hamdalah*. Udah takut aja sih naik pesawat gara-gara berita MH17 yang baru-baru ini jatoh ditembak walaupun gak mungkin juga pesawat yang saya naikin ditembak. Yah karena parno yang gak jelas itu saya berniat buat tidur setidur-tidurnya selama 2 jam menuju Jakarta. Ipod dengan full batre udah siap aja di tas.

Saya telat waktu itu. Lebih tepatnya pas banget udah final call buat masuk pesawat dan sambil lari-lari bawa koper langsung masuk cari kursi. Ih rame bener deh. Maklumlah udah mau lebaran orang-orang pada pulang kampung.

Nah, saya kira saya duduk sendiri tuh. Asik deh bisa bobok sampe pesawat nyampe. Taunya ujung deket jendela, which is sebelah kursi saya (saya duduk di tengah) ada bule. Dari keliatannya ni bule bentukan petualang gitu *sok tau deh Ai*. Yah gapapa lah kursi sebelah kiri saya kosong jadi gak bakal rusuh-rusuh amat dan si mas bul juga palingan diem aja. Bisa diterusin niatan boboknya deh.

Udah duduk plus megang ipod nih siap-siap mau ngeluarin, eh si mas bul ngajakin ngobrol. Ternyata dia ini lagi tinggal di Indonesia buat belajar bahasa sama buat research tentang banjir di Jakarta. Dia jelasin kalo betapa interestingnya Indonesia dengan segala kebudayaan dan kekayaannya, termasuk juga banjir. Dia juga dengan bangganya ngomong pake bahasa Indonesia yang lumayan lancar berkat hasil belajar bahasa pas di Amerika dan di Solo. Mas bul juga cerita soal perjalanan dia selama di Indonesia yang..bener aja petualangan banget. Dia udah naik beberapa gunung sampe ke puncaknya loh! Bahkan dengan lancarnya dia jelasin gunung mana yang paling baik di naikin sampe yang tracknya berbahaya. Saya cuma bisa melongo kagum. Jujur saya lebih menjelajah negara luar daripada negara sendiri yang jadi bikin saya super kesel sama diri sendiri kenapa gak explore Indonesia lebih dalam. Naik gunung emang salah satu to do list saya yang sampe sekarang gak tau kapan bakal terlaksana. Semoga tercapai deh *amiin*

Selama dia cerita, saya tuh ngerasa…Beugh…plak! Rasanya gak tau kenapa kayak di tampar aja gitu pipi pas denger. Kagum campur malu campur ndlesek nyatu semua jadi satu. Kagum karena mas bul ini begitu terlihat rasa cinta dan kagumnya sama Indonesia. Dia gak berhentinya muji-muji Indonesia dari segala sisi. Malu karena bule aja bangga dan suka banget sama Indonesia, tapi kenapa masih banyak orang-orang Indonesia di luar sana yang sangat gak suka dengan Indonesia? Kenapa masih banyak yang lebih mengelu-elukan negara lain yang…seharusnya porsi itu diberikan lebih ke Indonesia? Heran aja gitu sama kita-kita yang punya negara sendiri tapi masih suka buang sampah seenaknya jadi bikin banjir dan lingkungan jorok. Saya juga baru sadar kalo saya sama aja dengan orang-orang Indonesia di luar sana yang lebih suka buat pergi ke luar negeri daripada jalan-jalan di negara sendiri. Masih banyaaak banget kota di Indonesia yang saya gak pernah injek dan bahkan tau dengan pasti letaknya dimana.

Pertemuan dengan mas bul ini bikin saya jadi ngebuka mata kalo saya harus lebih “Indonesia”, dalam artian budaya, pariwisata dan kesadaran. Generasi muda zaman sekarang udah terlihat banget lupa dengan semua kekayaan yang dimiliki Indonesia. Gak heran kalau apa yang kita punya selama ini banyak yang di curi sama negara lain atau di claim tiba-tiba hanya karena kita gak perhatian dan aware sama apa yang kita punya.

Setelah selesai ngobrol dengan mas bul, saya cuma bisa bengong dan mikir apa yang baru aja saya denger. Semua percakapan kita tadi terngiang di kepala saya dengan jelas.

“Indonesia itu kaya, Indonesia itu hebat, tapi semua itu sia-sia belaka kalau yang memiliki hanya memajang di dalam etalase tanpa menjaganya dengan baik” ujar saya dalam hati, lalu pelan-pelan saya tertidur.

18 thoughts on “Pertemuan untuk Indonesia

      1. Iya, karena ga di kelola dengan bener jadinya biaya ke Raja Ampat bisa seharga tiket ke US😦
        Mudah2an nih pas presiden baru bisa di benahin ya

      2. Hyaaa mahal bingit -__- jadi galau makanya mau menjelajah negara sendiri ya kok mahalnya kebangetan

        amiin amiin semoga ya mbak

      3. Ke Indonesia timur emang mahal tapi worth is siiiih secara katanya bagus banget. Hahaha aku baruuu sampe bali aja udah termehek mehek gimana kalo makin ketimur sanaπŸ™‚

        Amiiin semoga dah

      4. Gara2 dibukakan matanya aku jadi masukin list untuk mengelilingi Indonesia kalau ada rejekinya kapan2. Iyaah aku liat foto temen ku aja udah mupeng bener pengen. Ngapain jauh2 kalau negara sendiri aja sebenernya bagus ya mbakπŸ˜€

        Iya aku paling2 kalo pantai ke bali aja:/ huhu

      5. Hahaha ayoo nabung nabung. Kalo kata Trinity nya naked traveler, asal udah khatam di Indonesia, traveling ke luar itu cemeeenπŸ™‚

  1. Iyaa.. sering menemukan orang asing yang malah cinta sama Indonesia dan mungkin tahu lebih banyak tentang Indonesia daripada kita. Jadi semacam pengingat juga yaa supaya kita lebih mengenal dan mencintai Indonesia.
    Dan optimisme itu dimulai dari diri sendiri, lebih baik nyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan kan. Semoga kita nggak termasuk yang jelek-jelekin Indonesia terus tanpa berbuat apapun. Realistis itu harus, tapi bertindak nyata lebih baik lagi.πŸ™‚

  2. Nasionalisme emang biasanya tumbuh ketika orang itu gak berada di negara itu, at least itu buat aku sih, berasa makin cinta tanah air ketika sekarang tinggal di negara orang. Pokoknya tiap mudik, ga mau explore daerah yang itu lagi itu lagi, selalu cari destinasi baruπŸ™‚

    1. Iya ya mbak apalagi kalo bisa ngenalin kebudayaan kita ke orang asing atau ada yang gak tau dimana Indonesia. Nah itu mbak aku pengen banget explore ke daerah lain tapi masi blom ada waktu yang pas. Semoga abis lulus bisa jalan rencananya aamiinπŸ˜€

Leave a Reply

