Sakitnya Wisdom Teeth

Jumat kemarin saya tau ada yang gak beres sama gigi bungsu kiri saya yang paling belakang. Gigi ini tumbuh belakangan dan telat dari sodara-sodaranya. Nama gigi ini wisdom teeth. Tumbuhnya antara umur 17-30 kalo saya gak salah ya. Nah gigi ini tuh sebagai gigi cadangan kalau gigi geraham kita tanggal atau copot. Kenapa? Karena pada zaman purba dulu manusia masih makan makanan yang keras dan sulit di kunyah. Sering banget gigi tiba-tiba copot, sementarakan karena masih zaman dulu jadi gak ada dong yang namanya dokter gigi atau apa ya. Jadinya secara alami Tuhan udah nyiptain gigi cadangan pengganti untuk kita.

ย 

ย 

Penampakan si wisdom teeth yang bikin hati galau gundah gulana

Image

Selain itu, dengan makan makanan yang keras bisa melatih tulang rahang kita secara alami dan ngebuat si rahang itu punya ruangan yang besar untuk gigi. Masalahnya adalah zaman kita sekarang ini makanan jadi lebih mudah di kunyah jadi kemungkinan gigi tanggal secara tiba-tiba karena makanan juga kecil. Karena rahang kita gak terlatih jadi berdampak kepada rahang yang semakin mengecil dan sempit. Akhirnya gigi yang gak tanggal itu tetep ada plus wisdom teeth tumbuh juga dan mendesak gigi yang lain. Sering kali tumbuhnya gak normal dan selalunya suakiittt banget karena infeksi dan lain- lain.

ย 

Orang dulu ukurannya lebih gede nih daripada kita-kita sekarang

Image

Anyway, jumat kemarin saya guling-guling kesakitan. Cepet-cepet saya langsung minum obat dan googling ada apa ini. Menurut apa yang saya baca di internet saya kena perikoronitis. Apa itu? Jadi perikoronitis tuh kondisi dimana wisdom teeth ini kena infeksi karena bakteri yang ngumpul di antara gigi dan gusi. Letak si gigi juga jauh kan di belakang jadi susah buat bersihinnya. Gusi saya bengkak dan astaga…sakitnya luar biasa! Bahkan buat buka mulut aja kerasa sakitnya๐Ÿ˜ฆ Gak tau gimana saat saya sakit gigi tiba-tiba sinus saya kambuh! Jadi deh combo paket 2 sakitnya. Gigi sakit dan hidung meler bersin-bersin. Maknyussss….

ย 

Perikoronitis

Image

ย 

Sabtu pagi saya langsung pergi menuju rumah sakit dan dokter bilang emang udah infeksi. Dia menganjurkan saya buat operasi ekstraksi gigi bungsu dan saya langsung mengiyakan. Bah sakit banget lah jadi saya mau secepetnya di ambil. Kata temen saya masa penyembuhan bakal lama๐Ÿ˜ฆ Tapi tergantung Immune System setiap orang sih ada yang lama ada yang enggak. Semoga aja saya gak lama๐Ÿ˜ฆ Udah bosen juga dari kemarin dirumah aja. Bagusnya sih bakalan ada banyak waktu buat blog :p

Senin besok saya akan operasi dan ini akan menjadi operasi pertama selama hidup saya. Takuuttt hehehe. Tapi asiknya kita diharuskan makan yang dingin-dingin supaya luka jahitan cepet sembuh. Well then, hello ice cream and friends๐Ÿ˜€

19 thoughts on “Sakitnya Wisdom Teeth

  1. Bisa langsung dioperadi ya. Dulu-dulu klo gigi ku masih sakit biasanya dokter ga mau langsung cabut, jadi di kadih obat dulu. Sebenarnya klo langsung ducabut ya enak juga langsung hilang sumber sakitnya๐Ÿ˜€ .

    1. Gak langsung sih mbak hehe kemarin sabtu aku dikasi pain killer sama antibiotik. Baru senin aku di operasi. Abisnya udah ga enak banget mbak mengganggu aktivitas gitu๐Ÿ˜ฆ

  2. Bulan puasa kemarin juga si wisdom tooth nongol di gusi gw, Ai. Mana nggak tanggung-tanggung, di kanan kiri tumbuh barengan. Mana pas lagi patah hati pula.. Kebayang kan sakit gigi campur sakit hati, sakitnya kayak apa? Hahahaha.. *curhat colongan ya sis*. Anyway, alhamdulillah nggak sampai harus operasi, karena tumbuhnya nggak mengganggu, cuma sakitnya aja yang bikin berat badan turun drastis..๐Ÿ˜†

    Cepet sembuh ya say, biar bisa makan enak lagi๐Ÿ˜†

  3. Aku udah cabut 2 wisdom teeth-nya nih.. Emang perih bgt ya kalo numbuh. Apalagi kalau aku sampe ngelukain dinding milut.. Jadi perihnya makin jadi deh. Tapi setelah dicabut langsung enak lagi (setelah bbrp hari sih).. Hihihi

    Semoga cepat sembuh ya giginyaaa.. ^__^

    1. Gapapa kok mbak abis di operasi emang sakit, tapi cuma untuk beberapa minggu. Asal ikut kata dokter dan makan yang lembek2 setelah operasi pasti cepet sembuhnya๐Ÿ˜€

  4. Ai aku belom numbuh masa wisdom teethnya, ntah telat apa gimana.. Tapi gak kebayang sih kalo tumbuh ntar bakal kaya apa sakitnya huhuhu.. semoga lancar ya ai operasinya dan giginya cepet sembuh๐Ÿ˜€

    1. Hmm..mungkin emang gigi kamu bagus tumbuhnya gak miring gitu. Tapi kalo emang belum tumbuh semoga tumbuhnya baik2 aja hehe. Makasi ya re๐Ÿ™‚ Sembuhnya cepet kok ga lama

  5. Aku belum pernah operasi sih makanya agak-agak serem dan nggak bisa kasih saran apa-apa ya hehe
    Tapi demi kelancaran ke depan, didoain biar operasinya lancar yaaa๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

  6. Aq lagi ngerasain ini sakitny wisdom teeth mbak aiko.. Ampuuunn nyerinya, tp blm ke dokter.. Klo dokter nyuruh operasi gmn ya, bln dpn aq mau nikah..

    1. Mba puput semangatttt huhu udah mau nikah lagi bulan depan. Untuk sekarang cek ke dokter secepatnya takut pembengkakan semakin parah. Habis makan usahakan kumur terus dan sikat gigi jangan pernah ketinggalan. Make sure area mulut bersih terus yaa

Leave a Reply

