Election day In Malaysia? Jangan keluar!

Dari lama semua temen saya udah wanti-wanti buat jangan keluar rumah hari ini. Kenapa? Karena akan ada election buat PM yang baru. Semua bilang kalo Malaysia lagi ada election itu hebohnya bukan main. Heboh disini dalam artian rusuh dan nyeremin. Malah lebih ke arah bahaya. Apalagi buat international student kayak saya ini. Semua bilang untuk lebih baik tinggal di rumah aja sampai election selesai. Kalau perlu senin besok juga jangan keluar rumah karena keadaan masih rawan.

Seluruh Malaysia udah tenggelam dengan lautan bendera, poster, banner warna biru. Logo dan simbol partai politik ada dimana-mana dan cenderung berantakan. Banget. Gak enak diliatnya. Gak lupa foto calon perdana mentri yang di jagokan dari tiap partai juga ikut di pajang. Pilih si anu pilih si ini. Coblos si itu.

Malaysia ini jauh banget beda sama Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia harusnya merasa bangga karena kita itu gak pernah peduli apakah si orang itu cina, melayu, hitam, putih, berasal dari mana. Indonesia ini satu dan memang terbukti kita semua pasti gak pake pilah pilih temen. Lain halnya dengan di Malaysia, orang-orangnya masih main dengan sesama ras mereka. Cina dengan yang cina, India dengan India dan Melayu dengan melayu. Entah kenapa mereka lebih senang untuk ngomongin ras lain bukannya mencoba untuk bersatu dan mengenal satu sama lain. Entah lah.. ini masih menjadi masalah utama disini dan saya pun ngerasain banget.

Bahaya disini lebih tertuju kepada lokal sih. Apalagi chinese. Saya denger ada yang di libas pake pedang di daerah manaaa gitu. Serem banget. Tadi juga ada yang sempet bilang ke saya kalo di luar gerbang apartemen saya ini pada ricuh soal partai masing-masing. Ada yang gak mau muslim menang lah, ada yang bilang chinese ini apalah dan sebagainya. Satpam berjaga-jaga di gerbang depan takut kalau ada kejadian yang gak diinginkan dan orang yang rusuh pada masuk ke area apartemen.

Buat yang international, bahayanya kalo udah pergi keluar. Wah.. bisa-bisa diberentiin mobilnya dan dibuat jadi masalah. Bahkan bisa dimintain duit deh. Banyak yang memanfaatkan keadaan ini untuk keuntungan mereka sendiri.

Anyway, saya hari ini cuma dirumah aja. Seharian tiduuuur terus kayak kebo hehe. Kebangun dikit, ngecek hape, tidur lagi. Lumayan udaranya juga mendukung. Mendung-mendung gitu malah sempet hujan deras yang bikin tidur makin nyenyak hehe. Saya lebih milih untuk stay aja deh di rumah jauh dari macet, rusuh, demo dan sebagainya.

10 thoughts on “Election day In Malaysia? Jangan keluar!

    1. Kasihan banget yang jadi minoritas di Malaysia sana ya. Ke mana-mana pasti disinisin.. Boro-boro bisa menang Pemilu, bisa hidup jadi warga negara tenang aja kayaknya mahal banget..

      1. Iya mbak susah deh disini tuh masi rasis banget. Aku juga kaget kok level rasisnya begini banget.
        Bangga deh jadi orang indonesia pokoknya hehe

  1. Wah baru tau kalau disana masih kayak gitu juga. Jadi inget tahun depan Swedia juga ada pemilu. Semoga partai yang terkenal agak cenderung rasis ga menang lagi..😦

    1. Aku juga pertama kali ngalamin mbak. Agak mencekam sih situasinya aku jadi teringat kerusuhan mei di indonesia😦

      Wah semoga aman2 aja ya mbak pas pemilu disana. Situasinya lebih terkendali

    1. Hi mbak MoudyπŸ˜€ salam kenal juga

      Iya mbak aku juga mulanya gak tau kalo pemilu disini lebay abis huhu. Tapi keadaan udah mulai membaik sih..gak terjadi hal-hal yang lebih parah lagi untungnya

    1. Iya mbak aku pun gak nyangka sampe se gila itu situasinya huhu

      iya alhamdulillah gak terjadi apa2. semua udah ngira bakal ada kejadian semacam mei 98 soalnya:/

Leave a Reply

