Tips penurunan berat badan

Saya mau sedikit berbagi nih ke temen-temen blogger mengenai proses penurunan berat badan saya. Saya turun 6kg hanya dalam waktu sebulan! Dulu saya ngira itu mustahil, ternyata enggak sama sekali dan caranya gampang banget!

Saya sebenernya udah dari bulan Januari olahraga rutin tapi berat badan saya stabil gak turun-turun, tapi emang badan jadi lebih kebentuk aja. Saya mikir-mikir apa ya yang salah? Oh ternyata makan saya masi belom di atur. Makan masih semaunya dan masi ada cemilan manis yang bikin timbangan gak turun-turun.

Saya akhirnya nyoba food combining yang kebetulan caranya gampang banget plus murah. Saya cek di internet dan nerapin sejak bulan maret kemarin sampai sekarang. Hasilnya oke banget!

Gimana caranya?

1. Pagi-pagi saya pasti minum air hangat pake perasan jeruk nipis. Katanya ini bagus buat lambung yang udah bekerja keras semalaman memproses makanan kita. Ini seperti reward buat si lambung. Plus katanya juga bisa menghancurkan lemak dan memperlancar buang air besar.

2. Makan siang disarankan gak makan nasi selama seminggu, tapi saya memilih untuk stop makan nasi sama sekali. Nasi justru yang bikin perut buncit dan bikin cepet ngantuk. Saya biasanya makan daging/ikan dengan sayur. Dalam food combining nasi, pasta, kentang, singkong, mie gak boleh di campur dengan protein hewani. Semua harus ditemani dengan sayur. Begitu juga kalo mau makan nasi, bolehnya ya nasi pake sayur dan tahu tempe aja.

3. Sore makan sayur atau buah. Ya kalo laper cemilannya ini deh. Bisa pilih fresh fruit, jus, salad atau apapun yang penting buah dan sayur.

4. Makan malam paling lambat jam 8. Setelah itu kalo lapar makan buah atau sayur. Karena setelah jam 8 itu adalah siklus pencernaan.

5. Banyakin minum air putih. Usahakan setiap pergi kemana pun jangan lupa bawa air putih di dalam tas.

6. Cheat day (makan apapun yang kita mau) boleh ada setiap seminggu sekali supaya kita tetep semangat ngejalanin dietnya

Nah itu kira-kira tips dan trik buat food combining. Gak hanya makan yang di jaga, tapi olahraga juga harus rutin. Minimal seminggu 4x deh. Setiap hari juga boleh tapi cardio aja kayak treadmill atau sepedaan. Lumayan buat buang lemak aja. Kalo olahraga berat, setelahnya harus longkap satu hari karena tubuh perlu istirahat. Pembentukan otot juga terjadi saat kita istirahat.

Kalo jadwal olahraga saya itu setiap hari. Jadi senin dan rabu saya muaythai, sisanya saya fitness aja. Biasanya cuman treadmill selama 40 menit sampai satu jam. Udahannya bisa sepedaan atau kalo udah capek ya push up dan sit up masing-masing 40x. Itu udah cukup membuang kalori banget dan membentuk tubuh juga.

Apa yang saya rasakan setelah sebulan menjalani program diet ini? Saya ngerasa lebih seger dan kuat! Biasanya saya tuh suka ngantukan atau capekan tapi ini saya ngerasa lebih bugar aja. Tidur juga lebih nyenyak dan bangun tidur selalunya jadi pagi terus tanpa ngantuk sama sekali. Semua orang di sekitar saya sakit dan saya baik-baik aja. Sistem kekebalan tubuh juga ternyata ikut meningkat. Stamina jadi oke. Jadi selain kurus sehatnya juga dapet.

Intinya untuk penurunan berat badan dengan hasil signifikan itu yang dibutuhkan hanya fokus ,niat, dan disiplin. Gak boleh ada alasan untuk skip olahraga, makan dengan porsi berlebihan, atau malah menyerah ditengah jalan. Tidak ada yang tidak mungkin asal dari diri kita sendiri udah punya target yang ingin dicapai.

Selamat mencoba!

75 thoughts on “Tips penurunan berat badan

  1. wahh tipsnya oke nih ai, btw berarti kamu gak makan carbo sama sekali ya? gak lemes gitu? aku udah lumayan bisa gak makan nasi sih, tapi kadang masih makan kentang rebus atau jagung rebus *sama aja yak*. Trus olahraga 4x seminggu ini yg agak susah huhuhu

    1. Aku gak makan nasi doang sih mbak kentang masi makan :p aku gak kuat kalo udah urusannya kentang hihi :p

      Nah itu mbak emang berat sih awalnya tapi lama-lama kalo udah kebiasaan malah jadi ngerasa kurang kalo gak olahraga😀 Semangat mbak!

    1. Itu sebenernya oke mbak jalan kaki. Coba setelah jalan kaki di tambah sama sit up push up jumping jacks mountain climb sama plank. Lumayan banget hehehe

      Ayo mbak semangat berolahraga biar sehat selalu😀 Bareng sama mas Matt juga biar makin seruu

      1. Aku gak bisa terlalu bergerak Ai, bekas OP di perut masih baru 4 bulan hehe. Masih sakit kalo bergerak heboh.

        Matt itu dulu olahragawan. 3 taon terakhir jg naik turun gunung trus tapiiiiiiii sejak nikah n kerja, bangun pagi aja susah. Paling jalan kaki pas abis dinner doang.

      2. Oh kalo gitu lari2 kecil dan jalan sore mbak hehe

        Wuih mantep abis naik turun gunung! Aku pernah dan capeknya bukan makn :s

      3. Iya Ai, sekarang gitu sih sekitar 30 menitan. Pagi or sore

        Matt kan kemaren penelitian gibbon n siamang utk sekolahnya. Nah hutannya itu diatas gunung\bukit. Selama 3 taon dia tinggal di hutan itu, so tiap hari yah naik turunlah haha

  2. Sebulan 6 kilo, ko? Ciyus nih??? Wooaahh.. worth to try nih, tapi kalo nasi pas sarapan sama makan malem masih boleh gak sih? Masih gak kuuuaatt kalo jauh2 dari nasi.. hehe… Oia, gue juga lagi nyoba self massage buat bagian peyut buncit, katanya sih bagus… ntar kasiin laporannya deh🙂

    1. Ciyus banget non bahkan gw udah menuju 7 kilo nih turunnya. Yuk silahkan dicoba😀

      Sebenernya idenya itu adalah mengurangi asupan karbohidrat ke tubuh. Kalo masi gak kuat gada nasi porsinya aja di kurangin. Tapi nasi buat malem ga boleh non lebih bagus pagi atau siang krn kita kan beraktivitas tuh siang jadi kepake carbs nya. Kalo malem udah keburu dibawa tidur akhirnya jadi timbunan lemak deh hehe

      Wah self msg kayak gimana tuh? Kalo ngaruh kabarin ya non gw juga mau coba😀

      1. Udah di kurangi, mamamnya pake mangkok kecil sekarang, berasa orang jepang gitu.. Hihihi… Semoga aja berhasil, turun sekilo apa 2 kilo gitu😀
        Self massage terutama di perut lumayan bikin perut relax sih, terutama kalo lagi konstipasi.. hehe😀

      2. Ciee imut banget hihi. Oh iya katanya sih warna piring juga ngaruh. Pilih warna biru karena bikin gak selera makan. Gw sih mau warna apa aja piringnya emang dasarnya rakus pasti abis aja hahahahha

        Itu gimana self msg? Perutnya dipijet biasa aja? Butuh minyak gitu?

      3. Sama… kagak bakal ngaruh juga itu warna… Haha… Kecuali bau ye, beberapa makanan kan ada tuh yang baunya “ajaib” bener, kalo gue sih mending gak makan deh, puasa sekalian =__-”
        Cuma di pijet biasa kok, minyaknya bisa pake minyak apa aja kecuali minyak jelantah *ngoahahaha… Gue biasa pake baby oil atau kalo kepepet gak ada, olive oil pun jadi🙂
        Oia, ada tutorialnya di youtube.. lupa bilang, ntar deh noni share post😀

      4. HUhauuahuah iyaa puasa pun gak turun beratnya malah tambah naik karena laper :p

        Yahahah skalian minyak nyong2 yakansss.. Bole dehhh mau coba ahh pijet pijet

    1. Wah naikin aku kurang tau mbak tapi mungkin caranya sama kali ya cuma beda di makan aja. Olahraga harus biar badan tetep kenceng dan sehat.

      Itu dia mbak pipi tuh entah kenapa ya susah banget di kecilinnya gembil2 samsak gitu huhu. Aku kalo berat naik ngaruh ke paha lengan sama pipi hiks

    1. Iya mbak lebih baik asupan nasinya di jatah banget soalnya itu yang bikin badan cepet lemes + ngantuk + perut buncit ternyata huhu. Tapi ya gimana kita orang Indonesia makan gak nendang tanpa nasi ya hehe

  3. Whooaaa… Thanks Aiko!! Kalo jagain makannya doang ga pake olah raga bisa ga ya?? *nawar*.
    Aku pernah dikasih tau emang katanya karbo itu ga boleh dicampur sama daging2an. Itu pengaruhnya sama asam basa gitu…

    1. Bisa aja tapi badannya jadi gak kebentuk gitu hehe jadi lembek kurusnya bukan kurus yang ada tone nya.

      He eh aku pas baca tentang food combining pun baru tau katanya gak cocok antara karbo dengan daging. Emang harus makan sayur sih ya ternyata

  4. 6 kilo dalam sebulan??? aku mauu bangett.. aku sudah atur pola makan tapi tetap ga turun .. ya kadang klo malam sambil nonton suka terbayang-bayang keripik, ya samber deh di lemari😀.

    1. Ayo mbak di coba hehehe. Intinya sih carbsnya di kurangin nah itu juga cemilan kalo bisa di ganti dengan buah/sayur/yoghurt. Banyakin makanan diatas mbak. Pas lagi laperrr banget nyambernya yang itu hehe

  5. Oke banget deh scheme nya! Sehat bgt. Buat gw susah jg nih olahraga nya secara ngantor, paling banter juga 2x seminggu😦 aku sempet program detox gitu (disini biasa bgt orang2 program detox) Jd makan daging/ikan+sayuran. Ga makan karbo sama sekali. Trus sama sekali ga konsumsi gula dalam bentuk apa apun (stevia juga gak) Lumayan seminggu turun 3 kilo,cm kalo detox gt ga boleh lebih dr 2 mgg. Suka bgt liat orang yg niat nurunin badan dgn sehat kayak kamu deh. Ini lebih efektif drpd ngonsumsi nutrishake, crash diet, dan puasa makan….Really a nice post🙂 & memotivasi bgt ^^

    1. Wah yang aku lakuin itu sebenernya termasuk detox juga dong ya mbak? Aku baru tau😀 hehe. Makasi infonya mbak.

      Kalo gak sempet olahraga sedikit sebelum mandi mbak. Kayak push up sit up dan bentuk olahraga lain yang bisa dilakuin di rumah tanpa equipment. Lumayan buat bakar lemak hehe

      Iya mbak menurut aku pake obat itu gak perlu asal kita disiplin, fokus, dan niat aja kok. Semua pasti bisa🙂

      Makasi banyak mbak alhamdulillah hehe Semoga post aku bisa membantu

  6. Paling bener sih katanya ngurangin nasi, beda loh sama nggak makan nasi hehehe.. Katanya sih paling nggak, makan nasi sehari sekali. Sisanya banyakin buah dan sayur. Plus olahraga😆

    1. Iya mbak sebenernya sih dibilangin untuk makan nasi abis itu cuma porsinya dikurangin, cuma aku lagi urgent banget nih harus kurus gara2 kakak aku mau nikah hehe biar pas pake kebaya bagus :p

      Betul skali mbak sayur buah dan olahraga. Itu aja sih😀

  7. Wah!! Aiko jago!!! Dulu gue juga rajin fitness dan ngatur makan, sukses turun berat badan. =)
    Sekarang balik piggin out lagi. Hahaha.
    Lagi ngerutinin berenang lagi tapi susah buat stop makan malam/ makan buah aja. Yang paling susah yah nggak makan karbo. karena saya sangat2 suka karbo. Hadeuh. X(

    1. Yuk mbak semangat semangat hehehe. Aku biasanya lepas kontrol kalo lagi ujian deh. Jadi gak peduli sama timbangan gitu huhu

      Di coba pelan2 aja mbak jadi kayak hari ini makan buah besok makan biasa gitu kalo malem. terus sampe kebiasaan lama2 dikurangin dan di ganti jadi buah.

      Aku pun sempet agak sedih pas liat nasi..kangen banget!!!! hahahahahaha tapi karena lagi program jad aku milih untuk gak makan dulu deh. Nanti kalo udah mencapai target baru aku makan nasi lagi😀

    1. Hahahah pasti heboh soal makan apa olahraga dan cheat day yah

      Aku lagi nerapin sebulan alhamdulillah lumayan terasa. Dicoba mbak pelan-pelan hehe

      1. huaaa… katanya ga boleh makan nasi sebelum jam 12, haha. padahal biasanya aku sarapan jam 7. maksi jam 11, haha. dan semuanya nasi😛

      2. Wah aku malah gatau jam2annya mbak. aku tapi emang udah stop makan nasi sih sampe ntr mencapai target baru boleh hehe.

        Nasi enak banget mbak huhu aku rindu hahahah

    1. Aku sempet nengok badan ku beberapa tahun yang lalu..Astaga…gembil banget hahaha. Pingin rasanya buat foto before and after gitu biar jadi penyemangat :p

  8. Salam kenal dan tq atas infonya Sis
    mengenai olahraga untuk menurunkan berat badan apakah sista ada aalternatif lainnya selain treadmill? dan menurut sista antara olahraga senam zumba dan senam aerobik itu untuk menurunkan berat badan bagus yang mana ya?
    dan jika sista berolaharaga senam paling suka mengunakan baju senam wanita dengan merk apa Sis? tq🙂

    1. Halo salam kenal juga🙂 Makasi ya udah mampir2 hehe

      Kalo menurut aku sih jogging di luar lebih kerasa manfaatnya ketimbang lari di treadmill. Karena kalo di treadmill kan kecepatan dan medan areanya stabil, sementara kalo lari diluar itu secara gak langsung semua beda dan lebih membakar lemak😀

      Hmm… aku rasa sih zumba ya soalnya gerakannya lebih heboh dan pastinya seru. Aku sih biasa zumba di rumah liat youtube, hari ini baru mau coba zumba secara langsung hehe.

      Aku senam biasa gak pake merk tertentu sih paling kaos sama celana pendek. Tapi pengen banget beli nike atau adidas😀

  9. Aku juga udh cobain food combining selama 2bln..dan joggingnya ga bs tiap hr krn ngantor.so cm wiken doang jogging….hasilnya udh turun 5 kg….semangat….

  10. Waah memotivasi sekali postingannya, agak minder untuk urusan skip nasi karena aku kayaknya tipe indonesia banget yg ‘belum makan kalo makan nasi’ hahaha… semoga aku bisa tertular semangat ber pola makan sehat (dan konsisten) seperti mu, ai😀

    1. hehe makasi banyak mbak udah mau mampir ke blog aku🙂
      Iyaa aku juga awalnya rada stress gitu ga makan nasi sama sekali. Tapi aku saranin jangan langsung berenti. Pelan2 aja ukuran nasi nya dikurangin. Lama2 ga sama sekali hehe. Kalo mau makan nasi bisa diganti sama nasi merah atau oat lebih baik. Iya mbak di coba aja dulu hehe nanti kalo udah kebiasa badannya enak sendiri😀

  11. Sy udah rajin olahraga spt jogging, senam aerobik n ngurangin mkn nasi tp kok blm turun ni berat badan, sedih.

    1. Mmm udah nyoba minum air putih yg banyak? Atau mungkin emg metabolisme kamu lambat jadinya jg butuh waktu buat nuruninnya. Sabar dan terus semangat ya😀

  12. apakah dibolehkan menggabungkan antara senam yoga dan senam aerobik untuk bertujuan menurunkan berat badan secara cepat? dan mau tanya tentang pakaian olahraga senam, menurut Gan baju senam terbaru bermerk apa yaa yang paling nyaman bahannya dipakek senam?

    1. Hai makasi ya udah mampir2 dan kasi komen🙂

      Menurut ku sih gak masalah asal badannya bisa tahan. Bagusnya sih aerobik dulu baru yoga karena menurut aku yoga itu bagus buat latihan pernapasan, peregangan dan pelemasan otot dan nenangin gitu setelah heboh senam aerobik😀

      Kalo baju aku lagi suka banget sama NIKE. Selain bahannya yang super nyaman juga designnya yang keren banget. Tapi dasarnya apapun baju olahraga itu asalkan nyaman dipake dan gak mengganggu olahraga hehe

    1. boleh aja. kamu bakal turun berat badan pasti jauh lebih banyak tapi resikonya kamu bisa cepet lemes karena asupan energi nya kurang. Kalo bisa di tambah dengan potongan ayam dan telur untuk nambahin energi🙂

  13. Kalau orang ke kurangan karbon, maka saat olah raga atu gym energi akan mengambil dari otot sehingga otot akan mengecil malh jadi kurus kering. Karbon emang penting tapi di batasi, makan porsinya d kurangi sktar 50% perbanyak protein

  14. Hallo salam kenal Aiko,… aku juga baru coba Nih Zumba saat Weekend dan lari pagi setelah Shubuh alhasil memang turun 2 kilo, tp thx bgd ya info nya😀

    1. Hai🙂

      Iyaa asal ada kemauan dan niat bisa cepet banget kok. Tapi tetep make sure asupan makanannya semua balance ya biar badannya gak lemes dan cepet sakit.

      Kalo soal baju senam mah yang enak dan nyaman aja. Kalo ada budget lebih bisa beli yang khusus untuk olahraga yang bisa menyerap banyak keringat dan ringan bahannya🙂

  15. mksh ya infonya, baru baca,mau coba juga,smga berhasil kyk mbak hehehe, susah bnget klo g mkan nasi n agak mles jga buat olahraga tp demi diet harus dong haha,

    oh ya mau tnya, jd klo pagi itu cuma minum perasan jeruk nipis? g sarapan gtu?

    1. Sama2 semoga membantu ya hehe

      Emang awalnya susah tapi kalo udah kebiasaan sih gak masalah kok malah jadi gak niat makan nasi lagi pengennya makan kentang rebus aja gitu udah kenyang banget. Iya olahraga sih kuncinya ya kalo emang pengen cepet turun berat badannya.

      Aku emang orangnya gak suka sarapan sih males haha.Sebenernya gak bagus juga krn kita butuh tenaga buat aktivitas. Kalo mau abis minum jeruk nipis makan roti gandum sama selai kacang + pisang udah cukup banget hehe

      1. Olahraganya jalan santai pagi sm sore bisa apa tdk ya,,soalnya tdk ada waktu buat olahraga..itu jalannya santainya aja skalian kerja.

      2. Boleh banget mbak🙂 tapi harus rutin yaa setiap hari 30 menit. Cukup buat badan jadi seger dan gak numpuk deh lemak-lemaknya hehe

    1. nah kalo sering sakit maag dan takut kena maagnya, minum air putih anget aja tiap pagi juga gak masalah, untuk memperlancar peredaran darah😀

  16. Kak, kalo aku dietnya itu cuman makan nasi sekali dalam seminggu. Setiap harinya cuman konsumsi 2 sendok quacker oats sama minum perasan air jeruk. Olahraga tiap hari (30mnt). Gimana menurut kk? Ini udh tepat gak?
    Tapi, alhamdulillah baru seminggu perut udh rada kempes sih hehe.

    Pelajar, 16 thn

    1. Hai noviani,
      mnrt aku sih kamu jangan terlalu diet ketat banget sampe makannya cuma quacker oats sama perasan air jeruk. Krn kamu masi dalam masa pertumbuhan, dietnya diimbangi dengan sayur dan buah ya biar tetep bergizi. Makan daging ayam/sapi/ikan bagus loh buat protein. Nah nasi, mie, roti yang musti di hindari.

      Olahraganya juga udah bener. Tinggal makannya tambahin yang bergizi plus jangan lupa air putih yang banyak🙂

      Semoga membantu!

      cheers

  17. mbak kl kita saya lakuin diet detox dicampui diet mayo blh gak ? kyk pagi saya melakui perasan jeruk nipis . paginya saya sarapan jus wartel dan semangka. siang saya makan rebusan sayur +daging tanpa garam tanpa nasi . sore nya saya minum jus nenes campur sawi . kl malam saya minum perasan jeruk nipis lagi .
    aapa diet ini tlalu berlebih …

    1. Hai Santi,
      Menurut aku sih mending dietnya satu2 jangan di borong hehe. Intinya ubah gaya hidup dan niat untuk jadi lebih sehat. Soalnya kalo niat buat kurus itu ntar kalo udah kurus malah bablas lagi hehe. Banyakin buah, sayur dan air putih sih. Stop makan yang gak penting kayak fast food dan ganti aja nasi atau roti dengan si sayuran atau buah itu. Makan daging jg perlu untuk sumber protein

      Semangat ya🙂 Smoga membantu

      Cheers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s