Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening

Saya kemarin  mendapat satu ilmu penting setelah latihan merpati putih. Jadi saat latihan selesai pelatih saya, Mas Bary menyuruh kami semua untuk duduk bersila dan mengatur napas sebagai penutup sesi latihan pada hari itu. Kami diharuskan untuk duduk rileks dengan mata terpejam dan bernafas sehalus mungkin. “Tarik perlahan nafas dari hidung lalu keluarkan selembut mungkin dari mulut”, kata Mas Bary memberi instruksi. Semua oksigen diharuskan untuk betul-betul dirasakan sampai masuk ke pori-pori kulit. Teknik olah pernapasan ini lumayan agak lama sekitar 5-10 menit.

Menurut saya teknik ini sangat menarik untuk menenangkan jiwa. Saat saya stres, saya mencoba untuk bermeditasi sebentar dan hasilnya perasaan saya jauh lebih baik.

Merpati putih mengajarkan saya untuk selalu tenang dan rileks dalam kondisi apapun. Sekarang saya mengerti kenapa semua orang yang sudah memiliki level tinggi di MP dapat menghancurkan benda keras dengan mudah, mencari benda dengan mata terpejam, dan menebak sesuatu dengan hanya perasaan. Mereka semua memiliki kekuatan pikiran dan ketenang jiwa yang luar biasa. Dimana diri mereka dapat mengontrol seluruh bagian tubuh untuk tenang saat mencari apa yang mereka inginkan. Sama halnya jika anda sedang dalam bahaya. Apabila anda panik, semua akan bertambah parah. Anda bisa terhipnotis dengan mudah, ambil langkah yang salah dll. Bela diri mengharuskan kita untuk tenang dan menguasai situasi. Bukan situasi yang menguasai kita.

 

Saya sekarang baru sadar kenapa para biksu harus sering bermeditasi. Selain menghilangkan pikiran negatif dan menenangkan, itu adalah cara yang amat baik untuk membuka ide baru, menyelaraskan jiwa maupun raga dan menyegarkan pikiran. Mungkin pengarang kartun Jepang Ikyusan (menceritakan tentang biksu cilik yang cerdik dan cerdas selalu bermeditasi saat berpikir dan  mencari ide) tau bahwa manfaat meditasi ini sangat besar dan banyak. Ia tau bahwa dengan bermeditasi seseorang bisa berpikir lebih jernih.

Ketenangan yang kita peroleh dari bermeditasi akan menghasilkan  jawaban paling akurat yang mungkin selama ini kita cari-cari. Apapun itu yang kita kerjakan kalau tergesa-gesa biasanya hasil tidak akan maksimal.

Jika anda mencari kebenaran, carilah ketenangan terlebih dahulu🙂

*Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening (Mencari sampai mendapat kebenaran dengan ketenangan)*

4 thoughts on “Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening

  1. Guru SMA-ku dulu ikutan MP — mungkin masih sampe sekarang, soalnya 3 tahun SMA dulu selalu ngeliat beliau latihan di lapangan SMA-ku dulu. Mungkin sekarang udah jadi ekskul disana hehehe. Pembawaan guruku nggak tenang sih, orangnya suka ngelawak. Tapi kalo ada murid yang nakal dan suka nyontek dia bisa tau tanpa interogasi atau lirik sana-sini. Hebat yeh.. Jadi pengen ikutan MP😆

    1. wow gurunya mbak udah nguasain getaran banget tuh bisa tau orang nyontek tanpa liat hihi. Temen aku malah mau ikut MP biar bisa nyontek baca pikiran orang lain -_- mana bisa ya hahahah
      Ikut aja mbak siapa tau bisa kayak gurunya, tau siapa yang nyontek :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s