Merpati Putih yang Hampir Terlupakan

betako-merpati-putih

Zaman sekarang orang-orang khususnya generasi muda lagi gandrung banget sama yang namanya ikutan olahraga beladiri keras dari Thailand yang namanya Muaythai. Kemarin saya pas lagi makan sushi di salah satu restoran terkemuka di Jaksel sempet curi-curi denger omongan meja sebelah.

Meja sebelah saya ini ada 4 orang. Dua laki-lak dan dua perempuan. Tampilannya gaul dengan gaya masa kini. Si cewek-cewek full make up dengan baju ala The Goods Dept dan yang cowok-cowok klimis asik dengan gaya Darahku Biru. Mereka semua lagi gosip soal muaythai. Ternyata salah satu cowok disitu ikutan dan lagi ngerayu temen-temennya ini untuk nyobain.

“Meeennn gila muaythai itu asik banget! Cuapekkk abis dan kringet gw ngocor kayak keran wudhu,” dalam hati saya ngakak ini lucu juga ngomongnya. Kedua cewek di depan dia dengerin dengan penuh semangat dan akhirnya kepingin nyoba. “Lumayan biar gw seksi katanya bisa nurunin berat badan cepet,” kata salah satu cewek itu sambil berandai-andai.

Sekilas bisa dilihat percakapan diatas ini seolah hal yang udah lumrah diantara masyarakat kita. Setiap ada yang lagi ngetrend pengen langsung coba. Saya juga gitu sih hehe tapi yang mau saya tekankan disini kenapa bangga ikut bela diri luar negri? Padahal Indonesia punya buanyaaakkk banget silat-silat hebat. Salah satunya Merpati Putih.

Apa itu Merpati Putih?

Sering disingkat menjadi MP, Merpati Putih ini adalah perguruan pencak silat beladiri tangan kosong (PPS BETAKO) yang asli dari indonesia. Merpati Putih sebenarnya adalah singkatan dalam bahasa Jawa. Mersudi Patitising TindakPusakane Titising Hening yang berarti mencari sampai mendapat kebenaran dalam ketenangan. Wuihhh.. dalem banget ya? Kata bapak saya, MP ini awalnya dibuat oleh prajurit-prajurit perempuan Pangeran Diponegoro. Wusss hebat banget ya perempuan pada zaman itu? Kata wikipedia terbentuk sekitar tahun 1550. Bela diri ini lebih mengutamakan pada ilmu pernapasan, getaran, dan kekuatan tenaga dalam. Paling terkenal dari MP ini adalah pemecahan benda keras seperti besi, baja, bata, dsb.

Jadi perhatian saya selama ini adalah, kenapa para pemuda pemudi bangsa zaman sekarang sedikit yang tertarik? Ini adalah salah satu aset budaya bangsa yang harus dilestarikan loh. Jangan sampai kalah tergerus oleh masuknya budaya luar.

Saya memang masih muaythai sampai sekarang. Karena di Malaysia tidak ada silat Indonesia dan saya gak mau belajar silat Malaysia dengan alasan pengen yang punya Indonesia aja. Muaythai asik dan seru memang, tapi ada sesuatu yang saya rasa kurang. Sekarang saya lagi belajar silat MP ini dan saya akhirnya menemukan apa yang kurang.

Ketenangan diri

4008960510_41cb158e3b_z

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s