Kebudayaan Begata Jaga

“Mengingat ingat wahai orakan
Kebudayaan begata jaga
begata jaga kebudayaan
be’ret udayam budaya luar”
 

Sering banget saya kepikiran. Kalimat diatas itu adalah penggalan lirik lagu tari saman, tari khas Aceh dan sudah pasti asli Indonesia :)

Saya kalo lagi nari saman dan dengerin lirik yang satu ini bikin saya selalu yakin kalau dari dulu nenek moyang kita ini takut budaya luar lebih unggul daripada budaya kita sendiri. Terlupakan. Hilang. Punah…

Ada banyak banget budaya menarik dari Indonesia yang bahkan orang bule-bule saking tertariknya bisa sampe pindah ke Indonesia hanya untuk belajar. Teman saya orang Malaysia pernah cerita dia dulu sengaja ke Padang hanya untuk belajar silek harimau yang kayak di film Merantau itu!!! Gila banget! Saya sampe takjub. Saya orang Indonesia asli aja gak sampe seniat itu dia kok bisa ya?

Sebenernya gak salah loh belajar kebudayaan negara lain. Itu bagus. Menambah wawasan kita. Tapi yang jadi penekanan buat saya, kalau kamu suka banget sama budaya luar paling enggak kamu bisa nguasain satu aja apapun itu dari budaya kita sendiri. Bahkan dulu teman saya pernah bilang dia gak hafal lagu Indonesia Raya!!! Ckckck…..sedih dengernya.

Kenapa kita jadi makin kurang menghargai budaya sendiri ya? Apakah sekuat itu pengaruh budaya barat yang udah tertanam di negara kita ini? Saya malah ngerasa kita masih juga belum merdeka. Masih juga dijajah dan bahkan lebih parah. Cara kita berpikir, berbicara, makan, berpakaian kebanyakan udah terpengaruh sama budaya lain. Gak salah kalo kita bisa nyaring yang negatif dan serap yang positif.

Kalau mau negara kita maju, jangan selalu kritik pemerintahannya aja. Kita sebagai warga juga harus bisa mempertahankan. Coba tanya diri kita sendiri dulu. Negara yang kuat bisa di cerminkan dari perilaku penduduknya itu sendiri.
Yuk mulai dari sekarang kita nyoba buat lebih mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia

Saya cinta Indonesia!

Salam,

Image

(Saya waktu tampil dengan tim tari saman dalam acara Bazaar Indonesia di kampus)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s